65+ Resep dan Menu Sahur serta Buka Puasa Sebulan, Lengkap Beserta Takjilnya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 24 Januari 2023 08:41
65+ Resep dan Menu Sahur serta Buka Puasa Sebulan, Lengkap Beserta Takjilnya!
Simpan artikel berikut buat inspirasi menu sahur dan berbuka

Bulan Ramadan adalah saatnya menikmati hidangan lezat dan bergizi untuk menyenangkan lidah dan menyehatkan tubuh yang sedang berpuasa. Resep dan menu buka puasa serta sahur haruslah lezat tapi tak bikin kamu kelamaan di dapur lalu tak sempat beribadah. Yang tak kalah penting harus mengandung gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh yang sedang berpuasa.

Di menu buka puasa serta sahur ini, Diadona bakalan menyajikan inspirasi bahan masakan tinggi protein untuk hidangan lauk serta sajian kaya serat dan vitamin untuk hidangan sayur mayurnya. Biar nggak repot, sesekali kamu boleh menambahkan one dish meal atau satu hidangan yang mengandung karbohidrat, sumber protein dan sayuran.

di bawah ini, Diadona ngasih kamu daftar menu untuk buka dan sahur selama 30 hari menjalani ibadah puasa ini. Jangan lupa disimpan ya!

 

1 dari 5 halaman

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ayam LaosMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ayam Laos © Youtube.com/Devina Hermawan

Hari

Menu Sahur

Menu Buka

1 Koloke Ayam Ayam Laos dan Lalapan
  Cah Taoge Sambal tomat atau sambal terasi 
    Es Semangka 

Tips :

  • Bikin ayam fillet goreng tepung untuk sajian koloke pada malam hari sebelum tidur dan siapkan bahan-bahan sausnya. Jadi tinggal goreng aja deh!
  • Kamu bisa membuat ayam laos dalam jumlah banyak lalu disimpan di freezer sebagai stok lauk yang bisa dinikmati kapan saja.
  • Kombinasikan dengan sayuran lainnya misalnya jamur merang, jamur tiram, wortel dan masih banyak lagi.
  • Pastikan untuk membersihkan brokoli dengan tepat ya!
Tempe dan Tahu Goreng  Bihun Goreng Seafood
  Tumis Labu Siam dan Udang  Bubur Mutiara Sagu

Tips : 

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ikan Bakar KecapMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ikan Bakar Kecap © shutterstock.com/Reezky Pradata

3 Sup Tomat Telur Ikan Bakar Kecap
   Tempe Goreng  Tumis Kangkung Bumbu Belacan
     Es Avokad Kocok

Tips :

  • Sup telur tomat adalah hidangan super cepat naun lezat dan bergizi karena terdiri dari telur, dan juga tomat. Kamu bisa tambahkan dengan bahan lain sesuai dengan selera misalnya sosis, bakso dan sayuran lain.
4 Pepes Tahu Jamur  Nugget Ayam
  Sayur Asem Tumis Pare Cabe hijau
    Kolak Kacang Hijau

Tips :

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Sambal CumiMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Sambal Cumi © via Merdeka.com

5 Sambal Cumi  Udang Goreng Mentega
  Sayur Oyong  Cah Brokoli
    Salad Buah 

Tips :

  • agar memasak udang goreng bisa kamu lakukan dengan waktu yang singkat, tapi bersihkan udang terlebih dahulu segera setelah membelinya
  • kepala dan cangkang udang juga bisa kamu olah sebagai kaldu udang lho!
6 Sapo Tahu   Ayam Goreng Bawang Putih
  Empal Daging Goreng  Sambal Bawang
    Rujak Serut

Tips :

  • Sisa brokoli di hari sebelumnya bisa kamu olah bersama dengan wortel dan sayuran lainnya untuk membuat sapo tahu pada menu atau resep sahur atau berbuka puasa.
  • Bikin rujak serut dari bahan buah yang sedang musim agar lebih hemat

 

2 dari 5 halaman

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Mangut LeleMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Mangut Lele © instagram.com/arindazikri/

Hari

Menu Sahur

Menu Buka

7 Sup Ayam Mangut Lele
    Bayam Rebus
    Es Kopi

Tips :

  • Agar bisa menikmati stok lele dalam sajian mangut yang lezat, kamu bisa membuat bumbu mangut terlebih dahulu untuk beberapa kali penyajian. Bumbu yang sudah ditumis kemudian disimpan di freezer dalam wadah tertutup. Lele mentah yang sudah dibumbui juga bisa kamu simpan di freezer. Jangan lupa pindahkan ke kulkas bagian bawah sebelum digoreng.
8 Gulai Ikan Patin Tahu dan Telur Balado
  Urap Sayur Cah Sawi Putih 
    Setup Pisang

Tips :

  • Salah satu tips mengolah masakan balado yang cepat yaitu dengan membuat bumbu merah stok. Caranya, haluskan bumbu-bumbu balado seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah serta bumbu rempah lainnya lalu masak. Tunggu dingin, letakkan di wadah tertutup dan simpan di kulkas. Ambil bumbu dengan menggunakan sendok bersih dan kering, masak dengan tambahan bumbu lainnya seperti kecap, garam, gula dan juga penyedap. Klik untuk lihat resep bumbu balado dan tips menyimpannya.

Resep Masak Hemat 10 Ribu - Sambal Tempe KemangiResep Masak Hemat 10 Ribu - Sambal Tempe Kemangi © Cookpad/@dapurVY

9 Sup Bakso Sayur Bayam
    Sambal Tempe Kemangi dan Telur Ceplok
    Es Pisang Coklat 

Tips :

  • Biar simple, kamu bisa membeli bola-bola daging bakso instan dan masak dengan resep kuah bakso favorit kamu lalu beri isian sesuai selera. Jangan lupa makan pakai nasi dan juga sayur ya!
10 Udang Goreng  Ayam Lombok Ijo
  Cah Taoge Daun Singkong Rebus
    Cola Cofee Float

Tips :

  • Perpaduan ayam sambal hijau dan daun singkong rebus bikin kamu berasa sedang berbuka di Restoran padang. Boleh banget bila kamu menambahkan gulai nangka muda nih. Tambahkan dengan coffee float yang super segar bikin kamu buka puasa dengan bahagia!
  • Agar cepat empuk, rebus daun singkong dengan tambahan garam dan baking soda

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Puding Sutra BuahMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Puding Sutra Buah © instagram.com/dhora_kusumadewi/

 11 Ceker Pedas  Ikan Crispy Asam Manis
  Tumis Sawi   Tumis Pakcoy Bawang Putih
    Puding Sutra Buah

Tips :

  • Saus asam manis yang kamu bikin untuk menu sahur bisa disimpan di kulkas lalu dihangatkan kembali ketika akan disantap. Padukan dengan hidangan yang punya rasa kuat dan khas ini dengan sayuran bercita rasa ringan.
  • Biar irit waktu dalam memasak ceker, praktikkan metode 7/20/10 yaitu rebus di air mendidih selama 7 menit, matikan kompor lalu diamkan dengan panci tertutup selama 20 menit dan masak kembali selama 10 menit.
 12 Telur Puyuh Balado Perkedel Kentang dan Tempe Orek
  Tumis Buncis dan Taoge Sayur Sop
    Es Blewah

Tips :

  • Bikin tempe orek kering dalam jumlah banyak yuk lalu gunakan sebagai stok yang nikmat disantap kapan saja. Sebagai resep dan inspirasi menu sahur serta buka puasa, kamu bisa memasak perkedel kentang untuk dua kali makan. Santap lagi sebagai sajian sahur bersama dengan menu sayuran.

 

3 dari 5 halaman

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Rica Ayam KemangiMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Rica Ayam Kemangi © ist

Hari

Menu Sahur

Menu Buka

13 Fuyunghai Ayam Rica Kemangi
  Capcay Kuah  Lalap
    Es Kelapa Muda Jeruk

Tips 

  • Agar bisa dinikmati dua kali yakni sahut dan berbuka, bagi masakan ayam rica yang belum ditambah dengan dan kemangi ke dalam wadah berbeda lalu simpan di lemari es. Panaskan dan tambahkan daun kemangi sebelum disajikan.
14 Usus Ayam Pedas ala Warteg Plecing Kangkung
  Sayur Sop Lele Goreng
    Sambal Tomat
    Es Kelapa Muda

Tips :

  • Usus ayam pedas ala warteg adalah sajian murah meriah, gampang bikinnya dan juga enak. Sebagai menu sahur, bikin usus ayam pedas ini beberapa waktu sebelumnya lalu tunggu dingin, simpan di freezer dan panaskan ketika akan disantap.

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ayam Masak KecapMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ayam Masak Kecap © Shutterstock.com/yogi Hadijaya

15 Ayam Masak Kecap Tongkol Suwir Pedas
   Tumis Pakis Pedas Tumis Daun Singkong
    Susu Kurma

Tips :

  • Nah untuk masak ayam kecap, salah satu indikator ayam kecap yang enak terletak pada bumbu kecapnya yang meresap hingga ke dalam daging. Menurut salah satu pakar kuliner Indonesia, William Wongso, ada cara khusus nih gimana agar kecap meresap dengan baik ke masakan, yakni dimasukkan ketika tahap akhir memasak. Dengan demikian, rasa kecap jadi nggak hilang karena bumbu yang lainnya.
16 Bandeng Presto Goreng  Ikan kembung
  Tumis Genjer Terasi Cah Toge
    Korean Strawberry Milk Latte

Tips :

  • Ada banyak banget variasi masakan ikan kembung untuk menyemarakkan menu sahur dan buka puasa kamu selama sebulan, mulai dari ikan kembung goreng, pepes ikan kembung, ikan kembung masak pesmol dan masih banyak lagi

Resep Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Pecak TerongResep Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Pecak Terong © instagram.com/aleenalatifa/

 17 Telur Geprek  Ayam Goreng
  Tumis Kangkung dan Tempe Pecak Terong Kuah Santan
    Sayur Rebus
    Sambal Korek
    Infused Water

Tips :

 18 Tempe Orek dan Telur Rebus Gado-Gado dan Lontong
  Sayur Bayam Buah Potong

Tips :

  • Stok sayuran yang dimasak untuk gado-gado saat buka puasa bisa kamu sajikan sebagai urap sayur saat sahur keesokan harinya nih.

 

4 dari 5 halaman

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ceker PedasMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ceker Pedas © Shutterstok.com/TMON

Hari

Menu Sahur

Menu Buka

19 Urap Sayur Ayam Saus Mentega
  Tahu dan Tempe Bacem  Tumis Pakcoy Bawang Putih
  Sambal Terasi  Es Coklat Panjang Umur

Tips 

  • Siapkan bumbu urap sebelum tidur dan rebus sebentar. Menjelang sahur, kamu hanya perlu mencampurnya dengan sayuran rebus.
20 Jamur Kancing dan Sosis Masak Lada Hitam Sayur Lodeh
  Telur Gulung ala Korea Ayam Goreng
   Brokoli Rebus Sayur Rebus
    Es Kelapa Muda

Tips :

  • Sayur lodeh dari nangka muda, sayur lodeh rebung, lodeh terong dan ada banyak lainnya. Untuk mempersingkat waktu memasak, kamu bisa menggunakan bumbu stok atau bumbu instan. Masak juga ayam goreng dari stok.
  • Bila kamu ingin menyantap sayur lodeh sebagai menu sahur juga, lakukan hal berikut : Setelah sayur lodeh mendidih walaupun isiannya belum empuk, ambil bagian untuk sahur di wadah kedap udara. Tunggu sampai dingin, tutup wadah dan simpan di lemari pendingin. Panaskan saat akan disantap.

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ikan KembungMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Ikan Kembung © instagram.com/delle.kitchen/

21 Tumis Buncis Ayam Cincang Soto Ayam Bening
   Tempe Goreng Perkedel Kentang
    Salad Buah

Tips :

  • Dada ayam bahan soto juga bisa kamu olah sebagai menu sahur dengan resep ayam suwir. Caranya tinggal tambahkan bumbu balado dari stok di kulkas, masukkan garam, gula, penyedap rasa, kecap dan bahan lainnya. Tambahkan sedikit air dan masak hingga bumbu meresap. Masukkan beberapa lembar daun kemangi biar lebih wangi..
22 Ayam Suwir Pedas Pesmol Ikan kembung
  Sayur Daun Kelor Sayuran Rebus
    Es Kopyor

Tips :

  • Ada banyak banget variasi masakan ikan kembung untuk menyemarakkan menu sahur dan buka puasa kamu selama sebulan, mulai dari ikan kembung goreng, pepes ikan kembung, ikan kembung masak pesmol dan masih banyak lagi
 23 Tahu Cabe Garam Kresengan Daging
  Tumis Sawi Putih, Wortel dan Telur Es Cendol

Tips :

 24 Beef Donburi Sapo Tahu Bumbu Telur Asin
  Salad Sayur Capcay Kuah
    Es Campur Tanpa Buah

Tips :

  • Mimin paham nih, menjelang akhir bulan Ramadan biasanya ditandai dengan magernya sahur. Solusinya, bikin menu kesukaan kamu atau menu makan cepat yang bisa kamu santap sambil merem tapi tetep bergizi.
  • Perhatkan beberapa tips cara menggoreng tofu agar tidak hancur ya, mulai dari cara memotong, baluran tepung maizena hingga teknik menggorengnya.

 

5 dari 5 halaman

Menu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Bihun KuahMenu Sahur dan Buka Puasa Sebulan - Bihun Kuah © cookpad.com/anakimmy

Hari

Menu Sahur

Menu Buka

25 Ayam Fillet Sambel Matah Kerang Hijau Saus Padang
  Salad Sayur Tumis Brokoli dan Jamur Merang
     Puding Lumut

Tips 

  • Selain dimasak dengan bumbu saus padang, kerang hijau juga diolah dengan bumbu lainnya seperti kerang hijau sambal kecap dan masih banyak lagi.
  • Potongi ayam dalam ukuran kecil dan siapkan di lemari es bagian bawah saja bila kamu akan memasaknya segera. Gunakan tepung instan atau racikan kamu sendiri untuk menghasilkan lapisan tepung yang kriuk
26 Kimbab Tumis Taoge dan Tuna
  Sate Taichan Tempe Goreng Kriuk
     

Tips :

  • Walaupun nampak berukuran kecil, satu potong kimbab dijamin bikin kamu kenyang! Jangan lupa penuhi asupan sayurmu juga ya!
27 Bihun Kuah Cumi Masak Hitam
  Buah Potong Es Buko Pandan

Tips :

  • Mager makan nasi di hari-hari terakhir sahur? Bikin aja bihun kuah dengan isian full yang bikin kamu kenyang dan tubuhmu ternutrisi.
28 Ayam Teriyaki Gurame Saus Tiram
  Salad Sayur Nasi Goreng
    Bubur Candil

Tips :

  • Bikin ayam teriyaki untuk menu sahur tuh gampang banget lho! Marinasi ayam beserta dengan bumbunya di kulkas pada malam hari menjelang tidur dan masak selama kurang lebih 10 menit saja saat sahur. Sajikan dengan salad sayur yang telah dibuat beberapa waktu sebelumnya.
  • Agar nasi goreng yang kamu bikin mirip dengan nasi goreng resto, gunakan bumbu yang pas dan nasi yang tepat untuk nasi goreng.
  • Sajian bubur cocok banget disantap sebagai takjil karena enak dan nyaman banget di perut
 29 Sosis Asam Manis Ayam Panggang Teflon
  Tumis Jamur Tiram Lalapan
  Cah Sawi Putih Sambal Tomat
    Es Cincau Nutrijel

Tips :

  • Mimin paham nih, menjelang akhir bulan Ramadan biasanya ditandai dengan magernya sahur. Solusinya, bikin menu kesukaan kamu atau menu makan cepat yang bisa kamu santap sambil merem tapi tetep bergizi.
 30 Sate Jamur Tiram Rendang Ayam
  Sayur Bening Es Buah 
  Bakwan Jagung   

 

 Simpan tabel di atas buat inspirasi menu sahur dan buka puasa sebulan biar nggak perlu bingung lagi, ygy!

 

Beri Komentar