3 Resep Ayam Laos Gurih dan Garing, Bisa Buat Stok Lauk juga lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 7 Oktober 2022 15:52
3 Resep Ayam Laos Gurih dan Garing, Bisa Buat Stok Lauk juga lho!
Penasaran nggak sih dengan resep ayam laos yang biasa ada di RM Padang?

Bila dilihat sekilas sih mirip dengan ayam goreng biasa hanya saja setelah disantap, rasanya lebih gurih dengan taburan parutan laos yang digoreng kering. Apakah resep ayam laos hampir sama dengan ayam goreng biasanya?

Untuk bumbu ungkepnya sih resep ayam laos ini tak jauh berbeda dengan resep ayam goreng. Tapi tentu saja, ditambah dengan laos yang diparut dan digoreng. Tapi gimana sih cara membuatnya?

Nah, pantengin deretan resep ayam laos dari banyak sumber terpercaya berikut ini ya!

1 dari 3 halaman

Resep Ayam Laos Kremes

Resep Ayam Laos KremesResep Ayam Laos Kremes © cookpad.com/Erni Affandi

Paritan laos yang digoreng garing ini terasa gurih dan sedap banget bagaikan lagi makan kremesan.

Bahan : 

  • 1 ekor ayam di potong jadi 12 potong
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 ruas jahe
  • 4 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • 2 ruas lengkuas, parut dan sisihkan
  • 100 ml air, garam dan kaldu bubuk

Cara Membuat

  • Haluskan bumbu : bawang putih merah, ketumbar, kemiri, kunyit, jahe
  • Tumis bumbu halus bersama dengan lengkuas parut, daun salam, sereh sampai harum. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa dan juga sedikit air.
  • Masak sampai ayam empuk serta bumbu meresap, air mengering dan sesekali diaduk
  • Goreng semua ayam dengan minyak panas dengan api sedang.
  • Goreng sisa bumbu ungkepan sampai kering dan kecoklatan. Tiriskan untuk taburan diatas ayam goreng.

2 dari 3 halaman

Resep Ayam Laos Devina Hermawan

Resep Ayam Goreng Laos Devina HermawanResep Ayam Goreng Laos Devina Hermawan © Youtube.com/Devina Hermawan

Devina juga punya nih resep ayam laos yang menggugah selera. Dia juga membagikan tips gimana agar menu ini bisa kamu jadikan stok lauk. 

Bahan:

  • 2 ekor ayam pejantan, potong
  • 1 liter air kelapa
  • 1 ½ sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk / penyedap
  • ½ sdt merica
  • 200 gr lengkuas
  • 250 ml air

Bumbu halus:

  • 3 batang serai, geprek
  • 5 lembar daun salam
  • 10 butir kemiri
  • 10 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 2 sdt ketumbar
  • 50 ml minyak
  • 8 gr terasi (opsional)

Cara membuat 

  • Potong lengkuas mengikuti serat, blender dengan menggunakan air dan jangan terlalu halus
  • Masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan minyak kedalam blender kemudian haluskan
  • Tumis bumbu halus hingga wangi dengan api kecil hingga setengah kering, masukkan serai dan daun salam kemudian tumis lagi hingga matang
  • Tambahkan terasi dan air kelapa aduk rata
  • Masukkan lengkuas, masak hingga bumbu matang

Langkah memasak resep ayam laos ini bisa kamu lihat di video berikut ini ya!

 

3 dari 3 halaman

Resep ayam Goreng Laos ala RM Padang

Suka panasaran nggak sih dengan resep ayam laos yang biasa di rumah makan Padang? Apa aja bahannya dan gimana cara pembvuatannya kok bisa seenak itu? Nah mungkin kamu harus cobain resep yang satu ini ih!

Bahan:

  • 1 kg paha ayam atas dan bawah
  • 5 siung bawang putih besar
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 2 butir telur ayam
  • 120 gram lengkuas parut
  • 1.5 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1.5 batang serai
  • 1/4 sdm merica bubuk
  • 2 helai daun salam
  • 5 helai daun limau purut kecil
  • Garam secukup rasa
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bikin resep ayam laos di atas dengan ngikutin video pembuatannya di bawah ini ya!

Tiga resep ayam laos di atas tuh udah direcook oleh banyak orang lho. Kamu harus jadi salah satunya nih!

Beri Komentar