19 Resep Mangut Lele Khas Yogyakarta yang Lezat, Dijamin Bikin Dietmu Gagal!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 13 Agustus 2022 14:27
19 Resep Mangut Lele Khas Yogyakarta yang Lezat, Dijamin Bikin Dietmu Gagal!
Bosen dengan olahan lele yang gitu-gitu aja? Eksekusi resep mangut lele yang bumbunya gurih dan nampol ini deh

Seperti namanya, resep mangut lele terdiri dari lele goreng yang diberi bumbu mangut. Kuah santan membuat rasanya makin gurih terlebih bila dibuat dengan cabe yang banyak agar pedas nampol.

Mangut lele merupakan makanan khas daerah Jogja-Solo dan Semarang- Kendal. Tapi nggak perlu ke sana deh untuk mencicipi hidangan penggagal diet ini karena kamu bisa bikin sendiri di rumah. Bikin yuk, biar stok ikan lele mu nggak cuman digoreng doang.

 

1 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Pete

Resep Mangut Lele PetaiResep Mangut Lele Petai © Instagram/@ocha_chupid

Isian pete pada resep mangut lele bikin makan kamu jadi lebih lahap.

Bahan:

  • 5 ekor ikan lele asap, cuci bersih
  • 1 ikat daun kemangi, petiki daunnya
  • 2 papan petai, belah dua
  • 6 buah cabai rawit utuh
  • 500 ml santan kental

Bumbu iris tipis:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah kemiri
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kencur
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar bulat
  • 1 buah cabai keriting
  • 8 buah cabai rawit

Bumbu lain:

  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • Gula, garam merica, kaldu jamur secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, tumis irisan bawang putih dan merah hingga kecokelatan.
  • Masukkan bumbu halus beserta lengkuas, serai, daun jeruk dan daun salam, tumis hingga matang.
  • Beri air secukupnya, masukkan cabai rawit utuh dan santan, bumbui dengan gula, garam merica dan kaldu jamur, koreksi rasanya.
  • Masukkan lele asap dan petai, terakhir masukkan daun kemangi.
  • Mangut lele siap disajikan.

2 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Khas Yogyakarta

Resep Mangut Lele Khas Yogyakarta Resep Mangut Lele Khas Yogyakarta © Cookpad.com/Renie Wisra

Merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta, mangut lele dulunya disajikan sebagai hidangan utama raja-raja Keraton. 

Bahan : 

  • 7 ekor lele
  • Segenggam daun kemangi 
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jari lengkuas (geprek)
  • 1/2 buah kara instan
  • 10 buah cabe rawit utuh

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas jari kencur
  • 1 ruas jari kunyit
  • 3 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk

Cara memasak : 

  • Bersihkan lele dengan jeruk nipis dan lumuri dengan garam, goreng
  • Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata.
  • Tambahkan secukupnya air, santan kara, gula, garam dan kaldu jamur. Setelah mendidih, masukkan lele yg sudah digoreng tadi, cabe rawit utuh dan terakhir daun kemangi. Koreksi rasa, sajikan.

3 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Bumbu Melimpah

Resep Mangut Lele Bumbu MelimpahResep Mangut Lele Bumbu Melimpah © instagram.com/dapur_cantikchannel/

Saat lelenya sudah habis, bumbunya pun masih enak untuk dimakan bersama dengan lauk yang lain misalnya telur atau tempe goreng.

Bumbu

  • 6ekor ikan lele
  • 8siung bawang merah
  • 3 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • 2 sdm udang rebon
  • 1 tomat merah
  • 40 gram gula merah
  • 10 cabe rawit merah
  • 10 cabe rawit hijau
  • 400ml air
  • 2sdm santan instan kental
  • 1sdt garam
  • 1sdt kaldu jamur

Bumbu Mangut Lele Yang Dihaluskan

  • 6 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri sangrai
  • 10 bj cabe merah besar

Cara membuat mangut lele :

  • Cuci ikan lele dengan air jeruk nipis sampai bersih, kemudian bilas dengan air bersih mengalir.
  • Bumbui ikan lele dengan garam dan bawang putih secukupnya, kemudian goreng. Jangan terlalu kering supaya dagingnya tidak keras
  • Setelah itu panggang ikan lele beberapa saat sampai tektur kulit luarnya sedikit kehitaman.
  • Persiapkan semua bumbu yang akan digunakan
  • Haluskan bumbu mangut lele
  • Tumis bawang merah yang sudah diiris tipis hingga harum, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, bersama dengan lengkuas, daun salam,daun jeruk purut dan udang rebon. Tumis hingga harum dan bumbunya matang
  • Jika bumbu sudah matang, masukkan air. Tambahkan gula jawa, garam, kaldu jamur, tunggu hingga mendidih.
  • Selanjutnya masukkan santan instan kental, aduk perlahan dan konstan agar kuah tidak pecah.
  • Tambahkan cabe rawit hijau dan cabe rawit merah serta tomat.
  • Cicip dan koreksi rasa
  • Masukkan ikan lele yang sudah dipanggang. Tunggu higga kuahnya sedikit menyusut agar meresap ke ikan lelenya. Sesuaikan banyaknya kuah atau bumbu sesuai dengan selera masing masing
  • Mangut ikan lele siap disajikan

4 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele

 

Resep Mangut Lele EnakResep Mangut Lele Enak © NonyQueeny

Bahan :

  • 500 gram lele ikan lele, bersihkan
  • 1 sdt garam untuk baluran lele
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 3 cabai merah besar, diiris
  • 3 cabai hijau besar, diiris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 400 ml santan

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 cabai rawit merah
  • 4 cabai merah besar
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 cm jahe

Cara membuat:

  • Lumuri ikan lele dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Goreng ikan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai ikan matang. Sisihkan
  • Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan irisan cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas dan serai. Masak sampai harum
  • Masukkan santan, garam, gula merah. Aduk rata. Masak sampai mendidih sambil diaduk. Masukkan ikan lele. Masak dengan api kecil sampai kental dan berminyak. Sajikan

5 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Berbumbu Kental

Resep Mangut Lele Berbumbu KentalResep Mangut Lele Berbumbu Kental © instagram.com/khoirunnisa_khoirun/

Menu ini harus masuk dalam daftar masakan harian karena mudah dibuat dan ekonomis.

Bahan :

  • Lele 1 kg, diberi jeruk nipis garam di
  • diamkan beberapa saat, kalau sudah dibilas lalu di goreng garing.

Bumbu halus

  • 10 siung bawang merah besar
  • 8 siung bawang putih besar
  • ketumbar
  • gula jawa
  • 10 buah cabai setan 
  • 14 buah cabai merah
  • ½ ruas kecil kunyit
  • garam
  • totole

Bahan tambahan :

  • 2 bungkus santan kara ukuran 65gr
  • 3 lembar daun salam diremas
  • 4 lembar daun jeruk diremas
  • 2 batang serai memarkan
  • 5 buah cabai setan utuh
  • Daun kemangi sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga wangi
  • Masukan daun salam, daun jeruk, dan serai
  • Tuang santan aduk hingga rata
  • Tuang air
  • Masukan cabai utuh dan daun kemangi
  • Masukan lele
  • Masak hingga matang
  • Koreksi rasa dan sajikan

6 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele ala Mbah Marto

Resep Mangut Lele ala Mbah MartoResep Mangut Lele ala Mbah Marto © Youtube.com/Domo Bramantyo

Aroma mangut lele Mbah Marto yang begitu  khas dan rasa lezatnya bumbu yang bikin lidah kesetrum, pantas saja membuat warung sederhana di tengah desa ini tak pernah sepi pembeli. Untuk kamu yang belum berkesempatan mencicipinya, resep mangut lele berikut ini bisa mengobati rasa penasaranmu.

Bahan: 

  • 500 gram lele segar
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya

Bumbu utuh:

  • 2 batang serai
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 buah tomat
  • 4 buah cabe hijau
  • garam
  • gula
  • kaldu jamur

Bumbu halus

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 cm kencur
  • 1 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 6 buah cabe merah
  • santan

Cara pembuatannya ada di video berikut ini

7 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Rumahan

Resep Mangut Lele RumahanResep Mangut Lele Rumahan © instagram.com/mona_rendra/

Biar makin mantap, sajikan dengan sayuran rebus misalnya bayam, kenikir atau yang lainnya.

Bahan & bumbunya :

  • 6 ekor ikan lele goreng

Bumbu halus :

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 butir kemiri
  • 2 bulatan kencur
  • 1 ruas jari kunyit
  • 3 buah cabe merah keriting

Bumbu pelengkap :

  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang serai
  • Sejempol kaki lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • Segenggam kemangi
  • 8 buah cabe rawit merah
  • 500 ml santan
  • 1 sdt kaldu jamut
  • 3/4 sdt garam
  • 1 sdm gula aren

Caranya :

  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, tumis kembali sampai bumbu menyusut serta berubah warna.
  • Masukkan santan, cabe rawit merah, garam, kaldu jamur, gula aren. Masak sampai mendidih dan bumbu mateng.
  • Masukan ikan lele goreng, daun bawang dan daun kemangi.
  • Aduk sebentar & siap disajikan.

8 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Sederhana

Resep Mangut Lele SederhanaResep Mangut Lele Sederhana © instagram.com/januari_masak/

Meskipun merupakan masakan yang dulunya disajikan sebagai menu makanan para Raja, resep mangut lele bisa dibilang sederhana

Bahan : 

  • 4 ekor lele goreng
  • 1 sachet santan kara
  • Segenggam cabe
  • segenggam kemari
  • Garam Gula penyedap

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 buah kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas kencur
  • sedikit jahe
  • 3 buah cabe merah

Bumbu geprek

  • 2 lembar salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 serai
  • 1 ruas lengkuas

Pantengin cara bikin resep mangut lele di atas dalam video berikut:

9 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele dan Tahu

Resep Mangut Lele dan TahuResep Mangut Lele dan Tahu © instagram.com/dewi.yuliana23/

Tambah dengan isian tahu agar lebih banyak dan lebih puas ya kan?

Bahan :

  • 3 ekor ikan lele yang sudah dibersihkan, beri perasan jeruk nipis, garam, merica dan sedikit kunyit bubuk aduk rata diamkan sebentar, lalu goreng
  • 5 buah tahu goreng, potong segitiga + 1 buah terong, potong lalu goreng 
  • 650 ml santan segar/ boleh ditambah apabila ingin lebih banyak kuahnya
  • Cabe rawit utuh sesuai selera (optional)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk sobek2
  • 1 batang sereh keprek
  • 1 sdm air asam jawa
  • Gula merah, garam, kaldu jamur dan merica bubuk secukupnya .

Bumbu ulek :

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting/sesuai selera
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 1 cm kencur 

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun salam, daun jeruk dan sereh tumis lagi agak lama sampai bumbu benar2 matang dan mengeluarkan minyak
  • Tambahkan santan lalu didihkan, masukkan lele, tahu dan terongnya, beri air asam jawa, gula merah, garam, kaldu jamur dan merica bubuk secukupnya
  • Terakhir masukkan cabe rawit utuh, masak terus dengan api sedang sampai bumbu meresap dan kuah santan sedikit menyusut dan mengental, jangan lupa cek rasa 

10 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Pedas Nampol

Resep Mangut Lele Pedas NampolResep Mangut Lele Pedas Nampol © instagram.com/cheche_kitchen/

Pecinta pedas nggak boleh melewatkan resep mangut lele yang satu ini.

Bahan:

  • 500 gram ikan lele (boleh ganti ikan lain)
  • Jeruk nipis & garam, untuk lumuri lele
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 bh tomat, potong2
  • 1/2 ruas lengkuas, geprek
  • Daun kemangi secukupnya (boleh skip)
  • Pete jika suka
  • 100ml santan 
  • 400ml air/secukupnya
  • Garam & kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng

Bumbu halus:

  • 10-15 cabe merah keriting
  • 10 rawit lombok (optional)
  • 3-4 siung bwg putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1/2 bh tomat
  • 2cm jahe
  • 2 butir kemiri
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  • Lumuri lele dg jeruk nipis & garam, diamkan 30 menit, lalu goreng dan sisihkan. 
  • Tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai hingga harum.
  • Tambahkan air secukupnya & santan, masak hingga semua matang. Tambahkan garam & kaldu bubuk.
  • Tambahkan lele goreng, kemangi, pete jika pake & tomat.
  • Biarkan semua meresap.
  • Koreksi rasa sebelum api dimatikan.

11 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Bumbu Rujak

Resep Mangut Lele Bumbu RujakResep Mangut Lele Bumbu Rujak © Instagram/@ocha_chupid

Gimana rasanya? Cobain aja deh!

Bahan:

  • 500 gram ikan lele, bersihkan, beri jeruk nipis dan garam, bilas, lalu goreng kering
  • 500 ml santan
  • Bumbu halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 buah cabai merah besar
  • 6 buah cabai rawit

Bumbu lain:

  • 1 cm jahe, geprek
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 tomat, iris tipis
  • Gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus bersama bumbu yang digeprek, daun jeruk, serta daun salam hingga harum dan matang.
  • Masukkan santan, bumbui gula, garam, dan kaldu bubuk.
  • Masak sambil diaduk agar santan tidak pecah.
  • Koreksi rasa, jika sudah pas dan kuah sudah menyusut, baru masukkan ikan lele yang sudah digoreng beserta potongan tomat.
  • Masak sebentar saja, lalu angkat dan sajikan

12 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Sederhana

Resep Mangut Lele SederhanaResep Mangut Lele Sederhana © instagram.com/rani_rifayati/

agar dapat menyajikan masakan ini dengan cepat untuk sarapan, kamu bsia menyiapkan bumbu halusnya di malam hari serta menggoreng lelenya. 

Bahan:

  • 6 ekor lele
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh
  • lengkuas
  • 500 ml air
  • 65 ml santan kental
  • 1 buah tomat
  • 4 cabe rawit merah utuh
  • 3 cabe rawit hijau utuh
  • daun kemangi
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • ketumbar bubuk secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 9 cabe merah keriting
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1½ cm kencur

Cara Membuat:

  • Cuci bersih lele, lalu marinasi dengan air jeruk nipis selama 15 menit. Goreng sampai matang. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas.
  • Tuang air dan santan. Masak sampai mendidih.
  • Masukkan tomat dan cabe utuh.
  • Masukkan seasoning. Cek rasa.
  • Masukkan lele yang sudah digoreng tadi. Masak beberapa saat lalu matikan api.
  • Siap disajikan.

13 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Tanpa Santan

Resep Mangut Lele Tanpa SantanResep Mangut Lele Tanpa Santan © Instagram/@resepcinap

Resep mangut lele juga bisa tanpa meggunakan santan yang dihindari sebagain orang.

Bahan:

  • 2 ekor ikan lele asap
  • 3 genggam daun kemangi
  • 1 genggam ale
  • Gula dan garam

Bumbu iris:

  • 1 batang serai
  • 4 daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas
  • 20 cabai rawit
  • Bumbu halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas kencur
  • 1 ruas jahe
  • 3 cabai merah besar
  • 1/2 sdt merica

Cara membuat:

  • Tumis matang bumbu halus.
  • Masukkan bumbu iris, lanjut tumis sampai harum.
  • Beri 350 ml air. Bumbui gula dan garam. Koreksi rasa. Masukkan lele asap dan ale. Lanjut masak di api kecil sampai air menyusut.
  • Masukkan daun kemangi. Aduk sebentar. Matikan api. Sajikan.

14 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele dengan Kemangi

Resep Mangut Lele dengan KemangiResep Mangut Lele dengan Kemangi © instagram.com/arindazikri/

Kemangi dalam resep mangut leleakan memberikan rasa dan aroma yang makin sedap

Bahan:

  • ½ kg ikan lele
  • 2 buah tomat
  • 10 buah rawit utuh
  • 2 ikat kemangi
  • 500 ml santan cair
  • 2 ruas lengkuas digeprek
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang sereh digeprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis
  • minyak goreng

Bumbu lele:

  • 1 sdt garam
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt kunyit bubuk
  • ½ sdt lada bubuk
  • 4 sdm air
  • Aduk semua sampai rata sisihkan

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 6 buah cabe rawit
  • 2 butir kemiri
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas kencur

Cara membuat:

  • cuci bersih ikan lele, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan
  • selama 15-20 menit.
  • panaskan minyak goreng, masukkan lele, biarkan 2-3 menit, siram dengan bumbu lele yang sudah dicampur, masak sampai 1 sisi kecoklatan, balik dan siram kembali, masak sampai matang, angkat dan tiriskan
  • Panaskan sedikit minyak di wajan lain, tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Tumis sampai wangi
  • Masukan santan aduk sampai mendidih
  • Masukan ikan lele, masak sampai bumbu meresap
  • Masukan kemangi, tomat dan rawit utuh, tunggu agak layu
  • Angkat dan sajikan

15 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele dengan Terong

Resep Mangut Lele dengan TerongResep Mangut Lele dengan Terong © instagram.com/wulanfoods/

Terong memang biasa ditambakan dalam berbagai macam sayur, dan salah satunya adalah pada resep mangut lele ini

Bahan :

  • Ikan Lele
  • Terong bulat
  • Santan secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 9 buah cabe rawit
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt kencur bubuk
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bumbu tambahan :

  • 1 batang serai geprek
  • 1 ruas laos geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus dan bumbu tambahan sampai harum, masukkan air dan santan, tunggu mendidih lalu masukkan terong, masak sebentar kemudian masukkan ikan lele, masak sampai kuah sedikit menyusut.
  • Koreksi rasa dan sajikan.

16 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Cabe Hijau

Resep Mangut Lele Cabe HijauResep Mangut Lele Cabe Hijau © Instagram/@sarongsarie

Resep mangut lele berikut ini nampak menggoda sekali bukan?

Bahan lele:

  • 500 gram lele
  • Garam
  • Kunyit bubuk
  • Ketumbar bubuk

Bumbu:

  • 4 butir bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 15 cabai hijau, iris
  • 3 daun jeruk
  • 1 daun salam
  • 2 lengkuas
  • 1/2 sdt gula kelapa
  • 2 tomat hijau kecil, potong
  • 1 bungkus atau 65 ml santan instan
  • 750 ml air
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih lele, marinasi 1 jam dengan garam, kunyit bubuk, dan ketumbar bubuk.
  • Goreng lele, sisihkan.
  • Panaskan minyak secukupnya, tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi.
  • Masukkan cabai hijau, tumis.
  • Masukkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.
  • Tuang air dan santan.
  • Tunggu mendidih, masukkan lele dan tomat hijau.
  • Beri garam, kaldu bubuk, dan gula kelapa.
  • Kecilkan api, masak sampai meresap.
  • 10. Cek rasa dan siap disajikan.

17 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Mudah Dibuat

Resep Mangut Lele SederhanaResep Mangut Lele Sederhana © instagram.com/januari_masak/

Bahan :

  • Lele 1/2 kg digoreng dulu
  • Daun kemangi secukupnya
  • Santan
  • Air matang

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 8 buah cabe keriting  (sesuai selera)
  • 3 buah cabe rawit merah 
  • Tomat
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • Garam secukupny
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula

Bumbu cemplung

  • laos
  • salam
  • sereh
  • 1 lembar daun jeruk
  • cabe rawit utuh

Cara memasak :

  • Haluskan semua bumbu halus, kalau cabe aku uleg kasar aja.
  • Tumis bumbu halus sampe matang, masukan bumbu cemplung, tambahkan air secukupnya
  • Masukkan santan, garam, bumbu penyedap, gula, cabe rawit utuh,
  • tunggu sampe mendidih. Lalu masukan lele
  • Tunggu santan meresap ke lele. Masukkan daun kemangi (optional).. Tes rasa. Angkat dan sajikan

18 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele Anti Amis

Resep Mangut Lele Anti AmisResep Mangut Lele Anti Amis © Instagram/@foodrecipely

Agar tak amis, ikuti resep mangut lele berikut:

Bahan:

  • 1/2 kg lele, cuci bersih
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1 ikat kemangi
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • Sedikit kaldu bubuk
  • 500 ml air
  • 1 bungkus santan instan
  • 1 buah tomat, potong

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Cara membuat:

  • Lumuri lele dengan air perasan jeruk nipis, lalu goreng hingga matang dan sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk dan lengkuas, tumis.
  • Masukkan air, santan dan tomat. Masak hingga mendidih.
  • Masukkan kaldu bubuk, kemangi dan lele. Masak sebentar, koreksi rasa dan sajikan.

19 dari 19 halaman

Resep Mangut Lele dengan Cabe Utuh

Resep Mangut Lele dengan Cabe UtuhResep Mangut Lele dengan Cabe Utuh © Instagram/@oliviaashanum

Menambahkan cabe utuh pada resep mangut lele ini pas banget bila memasak untuk orang-orang dengan tingkat kesukaan pedas yang berbeda.

Bahan:

  • 1/2 kg lele
  • 65 ml santan
  • 1 ikat daun kemangi
  • 6 buah cabai rawit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt gula
  • Air secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas kencur
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 butir kemiri
  • 6 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai keriting merah

Bumbu pelengkap:

  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai (geprek)
  • 2 ruas lengkuas (geprek)

Cara membuat:

  • Cuci lele sampai bersih kemudian potong-potong sesuai selera lumuri dengan jeruk nipis.
  • Goreng lele sampai kecokelatan lalu sisihkan.
  • Tumis bumbu halus tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas tumis sampai harum dan matang.
  • Tambahkan air secukupnya tunggu sampai mendidih masukkan cabai utuh tunggu sampai cabai sedikit layu. Kemudian masukkan lele yang sudah digoreng, aduk-aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan santan aduk-aduk, tambahkan garam dan kaldu bubuk.
  • Terakhir masukkan daun kemangi.
  • Setelah daun kemangi layu matikan kompor dan siap disajikan.

Ngeliat deretan resep mangut lele di atas beserta fotonya tuh beneran bikin ngiler kan ya? Aduh, nggak jadi nggak sabaran pengen segera bikin.

 

Beri Komentar