17 Resep Buncis Berbagai Olahan yang Lezat, Sederhana dan Gampang Dibuat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 20 Desember 2022 20:59
17 Resep Buncis Berbagai Olahan yang Lezat, Sederhana dan Gampang Dibuat
Ada resepbuncis ang dikombinasikan dengan sayuran lain atau buncis dengan jamur, daging sapi, ayam hinga ikan suwir

Tumis buncis mungkin adalah salah satu resep buncis yang akan terlintas di pikiran kita setiap kali akan membawa sayuran hijau ini pulang dari pasar. Dikombinasikan dengan sayuran lainnya seperti taoge atau wortel saja udah enak. Kaang ditambahkan dengan udang, telur atau tahu.

Dalam satu mangkok buncis mentah terkandung 31 kalori, no lemak dan cuman 3.6 gram gula, dikutip dari Healthline. Fakta yang bagus banget untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Buncis mengandung banyak vitamin esensial, termasuk folat. Satu cangkir kacang hijau mentah mengandung 33 mikrogram (mcg) folat, hampir 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Buncis juga merupakan sumber yang bagus dari deretan vitamin berikut ini :

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin K: 43 mcg
  • Thiamin: 0,1 mg
  • Niasin: 0,7 mg
  • Vitamin B-6: 0,14 mg
  • Vitamin E: 0,41 mg

Beberapa sayuran bisa menyebabkan kembung. Ini terjadi karena karbohidrat dalam sayuran yang nggak tercerna lalu dimetabolisme oleh bakteri di usus dan menyebabkan sakit perut, kembung, diare dan juga sembelit. Tapi ini nggak bakalan terjadi kalau kamu makan buncis. 

Yuk dapatkan manfaat dari sayuran murah meriah ini dengan deretan resep buncis berikut.

 

1 dari 17 halaman

Resep Tumis Buncis Udang

Resep Tumis Buncis UdangResep Tumis Buncis Udang © instagram.com/cicie_kitchen/

Resep buncis dengan udang ini nggak cuman enak tapi juga cepet banget bikinnya cocok buat sarapan dan bekal.

Bahan :

  • 6 udang besar
  • 200 gr buncis, iris serong
  • Seruas jahe, iris korek api
  • 4 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • 1sdt saus tiram
  • 1sdt minyak wijen

Bumbu Iris :

  • 10 cabe rawit merah
  • 4 bawang merah
  • 1tomat

Cara membuat :

  • Cuci bersih udang, buang kepalanya lalu sisihkan
  • Tumis bawang merah dan bawang putih,setelah agak layu masukan bumbu-bumbuan
  • Beri sedikit air, masak sampai meletup
  • Masukan buncis, aduk rata
  • Setelah itu masukan udang dan tomat,
  • Masak sampai matang

2 dari 17 halaman

Resep Tumis Buncis dan Tahu

Resep Masakan Mudah dan Cepat untuk Bekal - Tumis Buncis dan TahuResep Masakan Mudah dan Cepat untuk Bekal - Tumis Buncis dan Tahu © instagram.com/linasutiono/

3 dari 17 halaman

Resep Buncis Kriuk

Resep Bunci KriukResep Bunci Kriuk © dapurkobe.co.id

Siapa bilang buncis cuman bisa diolah sebagai sayuran. Buncis kriuk cocok banget jadi camilan atau lauk nih.

Bahan :

  • 250 gr buncis segar, potong menjadi 2 bagian
  • 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (@210 gr)
  • 130 ml air
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat Buncis Kriuk

  • Potong buncis menjadi dua bagian dengan ukuran panjang yang sama
  • Campurkan 100 gr Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air 130 ml. Aduk rata dan menjadi adonan basah
  • Setelah minyak panas, celupkan buncis ke dalam adonan basah hingga rata. Goreng hingga matang kecoklatan
  • Sajikan selagi hangat dengan taburan BonCabe di atasnya

4 dari 17 halaman

Resep Buncis Sapi

Resep Buncis SapiResep Buncis Sapi © instagram.com/linda.ljf/

Bahan :

  • 100 gr daging sapi giling, marinasi dengan kecap asin 3 sdm, 1 sdm saus tiram, kecap manis, merica bubuk
  • 250 gram buncis
  • 2 buah cabe merah besar iris
  • 2 sdm bawang merah giling kasar 
  • 1 sdm bawang putih giling kasar
  • minyak goreng
  • 2 sdm saus xo,  bisa diganti dengan saus lada hitam

Cara Masak :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih, cabe sampai harum
  • Masukan daging sapi yang sudah dimarinasi, aduk rata kemudian masak sampai matang,
  • Masukan buncis, XO Sauce, garam, penyedap rasa, optional
  • Aduk rata, kasih sedikit air, kecilkan api, tutup, masak sebentar sampai buncis cukup matang
  • Setelah daging matang, tinggal dicampur buncis
  • Baru tambahkan garam dan penyedap rasa

5 dari 17 halaman

Resep Oseng Buncis Ikan Suwir

Resep Oseng Buncis dan TelurResep Oseng Buncis dan Telur © instagram.com/cooking_spot13/

Selain udang dan daging, ikan suwir juga cocok banget dengan rasa manis dari buncis.

Bahan

  • 1 ikat buncis
  • 1/2 kaleng tuna chunk, suwir/ 1 ekor ikan kembung/ cuwe, goreng lalu suwir
  • 2 siung bawang putih iris
  • 2 butir bawang merah iris
  • 2 cabe merah iris
  • 1 sdm sais tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam, merica

Cara

  • Tumis duo bawang dan cabe sampai harum.
  • Masukkan ikan, tumis sebentar.
  • Masukkan buncis beri bumbu, beri air sedikit. Masak sampai matang

6 dari 17 halaman

Oseng Buncis dan Telur

Resep Oseng Buncis dan TelurResep Oseng Buncis dan Telur © instagram.com/cooking_spot13/

Bahan :

  • Segenggam buncis, potong-potong
  • 2 buah telur
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Irisan cabe secukupnya
  • Saos tiram
  • Kaldu jamur

Cara membuat :

  • Tumis bawang merah, bawang putih sampai berubah warna, lalu tambahkan telur sambil diorak arik.
  • Masukkan buncis, irisan cabe, saos tiram, kaldu jamur dan beri sedikit air.
  • Test rasa dan masak sebentar saja agar buncis tetap renyah.

7 dari 17 halaman

Resep Oseng Buncis dan Teri

Resep Oseng Buncis dan TeriResep Oseng Buncis dan Teri © instagram.com/jennynovembria/

Bahan :

  • 250 gram buncis, cuci bersih, potong-potong
  • 50 gram teri medan, goreng, sisihkan
  • 1 buah tomat, potong wedges
  • Seruas lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • Garam & gula secukupnya

Bumbu halus :

  • 8 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Cara membuat :

  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus berikut lengkuas dan daun salam hingga bumbu matang, kemudian masukan tomat, aduk sebentar, masukan buncis dan teri medan barengan, aduk rata, bubuhi garam, gula seperlunya
  • Hati-hati memasukkan garam karena teri uda asin, beri sedikit aja air, masak hingga tercampur rata & matang, koreksi rasa, angkat, sajikan

8 dari 17 halaman

Resep Buncis Cah Jamur

Resep Buncis Cah JamurResep Buncis Cah Jamur © instagram.com/tsaniwismono/

Dengan bumbu yang ringan, resep buncis berikut ini cocok bange untuk menu diet kamu

Bahan :

  • 250 gram buncis, siangi, potong jadi 2
  • 150 gram jamur kancing, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • Secukupnya garam
  • 1/4 sdt merica
  • 150 ml air
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Memasak :

  • Siangi buncis, potong jadi 2, cuci bersih. Rebus buncis dengan air mendidih sebentar sjaa, angkat kemudian siram dengan air dingin, tiriskan
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum
  • Masukkan jamur kancing, aduk sampai layu. Bubuhi saus tiram, kecap asin, garam, merica, aduk rata.
  • Masukkan buncis, aduk rata, beri air, kemudian masak sampai mendidih.
  • Angkat dan sajikan

9 dari 17 halaman

Resep Buncis Ayam

Resep Buncis Ayam Fillet Saus tiramResep Buncis Ayam Fillet Saus tiram © instagram.com/siskacookings/

Bahan 1 :

  • 100 gr daging ayam cincang
  • marinasi selama ½ jam
  • 1 sdm kecqp ikan
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • merica bubuk
  • 250 gr buncis baby, potong sesuai selera 

Bahan 2, haluskan

  • 7 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 7 buah cabe merah keriting,  buang biji 

Bahan 3 :

  • 3 buah cabe merah keriting potong sesuai selera
  • Garam, gula
  • 2 sdm XO Sauce, bisa diganti dengan saus tiram
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Masak :

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukan cabe, ayam, masak hingga ayam matang, kemudian masukan XO sauce
  • Masukan buncis yang telah disiangi,
  • Tambahkan garam, gula,  penyedap rasa optional
  • Aduk rata, tambahkan sedikit air
  • Kecilkan api, tutup waja , masak hingga buncis matang
  • Test Rasa

10 dari 17 halaman

Resep Green Bean Casserole

Resep Green Bean CasseroleResep Green Bean Casserole © instagram.com/regunancha/

Bahan:

  • 750 gram buncis siangi dan potong potong , saya potong jadi dua atau tiga
  • 1 buah bawang bombay rajang
  • 3 sdm butter
  • 3 sdm tepung terigu
  • 500 ml susu cair full cream
  • 40 gram keju cheddar parut
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • garam & merica hitam bubuk sesuai selera
  • 1/2 sdt thyme, optional
  • 1/4 sdt chayene pepper, optional
  • Air secukupnya untuk merebus

Taburan:

  • 40 gram keju cheddar parut
  • Bawang goreng sesuai selera, bisa pakai bawang merah goreng biasa pakai bawang bombay goreng

Cara Membuat:

  • Didihkan air beri garam dan rebus buncis hingga matang tapi teksturnya masih crunchy dan warnanya masih hijau. Angkat dan cuci dengan air mengalir hingga dingin tiriskan.
  • Lelehkan butter di wajan lalu masukkan bawang bombay, tumis hingga mulai kuning kecoklatan. Masukkan tepung terigu dan tumis hingga matang. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk hingga rata. Tambahkan keju parut, garam, merica, thyme dan chayenne pepper. Aduk hingga matang mengental matikan kompor.
  • Masukkan buncis di wajan dan campur rata dengan saus. Siapkan pinggan tahan panas. Tuang buncis serta sausnya di pinggan. Ratakan dan taburi dengan keju parut. Panggang di oven dengan suhu 200 C selama 30 menit. Angkat dan taburi dengan bawang goreng. Diamkan selama 10-15 menit dan sajikan

11 dari 17 halaman

Resep Oseng Buncis Tauge

Resep Oseng Buncis TaogeResep Oseng Buncis Taoge © instagram.com/yscooking/

Bahan

  • 1 pak tauge
  • 15 batang buncis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 2 butir bawang merah iris
  • 10 rawit
  • 1 blok terasi
  • Kaldu bubuk
  • Garam, merica

Cara membuat :

  • Tumis terasi sampai hancur dan wangi, masukkan duo bawang dan rawit. Tumis sampai harum.
  • Masukkan buncis, tunis sampai setengah matang, lalu masukkan taugw dan bumbu
  • Masak sampai matang

12 dari 17 halaman

Resep Buncis Ayam Fillet Saus Tiram

Resep Buncis Ayam Fillet Saus tiramResep Buncis Ayam Fillet Saus tiram © instagram.com/siskacookings/

Bahan:

  • 1/2kg buncis, potong
  • 1/4 ayam fillet, marinasi dgn lada hitam dan garam
  • 7 siung bawang putih, geprek
  • 1/2 bombay, iris
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe merah
  • 3 sdm saus tiram
  • Secukupnya gula, garam, lada bubuk, kaldu jamur dan kecap sedikit
  • Secukupnya minyak goreng

Cara membuat:

  • Roasted ayam fillet dalam teflon sampai berubah warna, sisihkan.
  • Tumis bawang putih sampai harum, lalu tambahkan saus tiram, gula, garam, kaldu jamur, lada bubuk, dan kecap. Aduk2 sampai bumbu mengental. Masukkan cabe rawit dan buncis. Terakhir campur ayam fillet dan bombai. Tumisnya gak perlu lama biar buncisnya tetep krenyes. Aduk rata dan siap disajikan

13 dari 17 halaman

Resep Tumis Buncis Cumi

Resep Tumis Buncis CumiResep Tumis Buncis Cumi © henywidy

Bahan :

  • 1/4 kg cumi basah
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 20 buah buncis
  • 2 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit orange
  • 3 buah bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 telunjuk lengkus geprek
  • 1/4 buah bawang bombay*iris panjang
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 1 sdt saos tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • secukupnya garam,gula dan kaldu bubuk

cara buat

  • Bersihkan cumi lalu potong-potong dan kucuri dgn air jeruk nipis diamkan 10 menit,lalu bilas kembali
  • Iris serong buncis dan didihkan air lalu masak cumi sebentar saja 3 menit. sisihkan
  • Iris duo cabe dan duo bawang lalu tumis hingga harum masukkan daun salam dan lengkuas
  • Masukan buncis dan cumi lalu tambahkan air sedikit saja,masukan minyak wijen,saos tiram,kecap manis,garam,gula dan kaldu bubuk secukupnya
  • Setelah air agak menyusut masukan irisan bawang bombay aduk-aduk sebentar saja lalu koreksi rasa jika sudah pas matikan kompor dan siap disajikan

14 dari 17 halaman

Resep Tumis Baby Buncis dengan Udang

Resep Makan Siang Sehat - Tumis Baby Buncis dengan UdangResep Makan Siang Sehat - Tumis Baby Buncis dengan Udang © cookpad.com/xander's kitchen

Biar tekstur baby buncis tetap kriuk, masak sebentar di api sedang.

Bahan :

  • 200 gr baby buncis
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • secukupnya udang
  • secukupnya garam dan gula

Cara membuat :

  • Seduh buncis dengan air panas, sisihkan
  • Tumis bawang putih sampai harum, masukkan udang tumis sebentar
  • Masukkan buncis. Bumbui dg garam dan sedikit gula. Aduk rata
  • Masak dengan api besar sebentar saja. Angkat. Sajikan

15 dari 17 halaman

Resep Telur Dadar Buncis

Resep Sahur Sederhana - Telur Dadar BuncisResep Sahur Sederhana - Telur Dadar Buncis © Instagram/@balicatering.id

Cara makan sayur buncis yang lezat dan praktis nih.

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 100 gr buncis, iris halus
  • 5 buah cabai merah keriting, iris
  • 2 lembar smoke beef, iris
  • 1 sdt bawang putih goreng
  • 1 sdm air larutan maizena
  • garam, merica secukupnya
  • sedikit gula pasir

Cara membuat:

  • Campur semua bahan jadi satu aduk rata, lalu tuang ke teflon dengan api kecil masak hingga matang, angkat dan sajikan.

16 dari 17 halaman

Resep Buncis Putren Teri

Resep Oseng Buncis Putren TeriResep Oseng Buncis Putren Teri © yscooking

Bahan

  • 1 pak buncis
  • 6 buah putren potong-potong
  • 1/2cup teri kecil, rendam air panas, cuci
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 2 butir bawang merah iris
  • 1 cabe merah cincang
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 1sdt kecap ikan
  • Garam, meric

Cara membuat :

  • Goreng teri hingga kering, angkat.
  • Pakai sedikit minyak bekas goreng teri, tumis bawang putih sampai wangi
  • Masukkan buncis dan putren, tumis sampai layu, beri bumbu.
  • Masak sampai matang. Matikan api lalu masukkan teri, aduk rata. Angkat

17 dari 17 halaman

Resep Buncis Ayam Pedas

Resep Buncis Ayam PedasResep Buncis Ayam Pedas © instagram.com/iindapur/

Bahan :

  • 200 gram buncis
  • 200 gram ayam cincang
  • 1 bawang bombay kecil, iris kecil
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 5 cabe merah, cabe pedas, potong serong
  • Jahe parut sesuai selera, 1/2 sdt boleh lebih, yang penting terasa aja tapi ga terlalu kuat
  • 1 sdm kecap manis 
  • 2 sdm kecap asin 
  • 1/2 sdm saus tiram 
  • 1 sdt gula pasir 
  • 1 sdt minyak wijen 
  • Garam, lada, cabe bubuk secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat :

  • Tumis buncis dengan 1-2 sdm minyak hingga agak layu, beri garam dan lada sedikit, aduk rata. Sisihkan.
  • Tumis bawang bombay, bawang putih, cabe merah dengan 1-2 sdm minyak hingga harum, masukkan parutan jahe, aduk rata, lalu masukkan ayam. Masak hingga ayam berubah warna, boleh ditambahkan sedikit air.
  • Tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, gula pasir, garam, lada dan cabe bubuk, cicipi rasanya. Masak hingga ayam matang dan air menyusut, lalu matikan api. Tambahkan 1 sdt minyak wijen aduk rata. Masukkan buncis yang telah ditumis tadi atau sajikan tumisan ayam diatas buncis.

Resep buncis di atas pada bikin ngiler semua kan?

Beri Komentar