7 Resep Sate Taichan yang Empuk dan Juicy dalam 3 Langkah Mudah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 15 Agustus 2022 18:45
7 Resep Sate Taichan yang Empuk dan Juicy dalam 3 Langkah Mudah
bumbu yang digunakan dalam resep sate taichan pun hanya bawang putih serta garam dan lada juga nih

Kalau sate pada umumnya berwarna coklat karena bumbu kacang atau kecap, sate taichan berwarna putih pucat sebab hanya dihidangkan dengan sambal bawang aau sambal korek. Resep sate taichan bisa dibilang sederhana banget karen dlm resep sate taichan, sebelum dibakar, daging ayam hanya dimarinasi dengan bumbu bawang putih, garam dan bumbu sederhana lainnya.

Dari mana sih asal sate taichan ini?

Sate taichan mulai ngehits di Jakarta pada 2016 lalu. Sajian ini hadir dipelopori oleh Amir yang berada di daerah Senayan, Jakarta Pusat. Banyak yang bilang kalau awalnya makanan ini terbentuk ketika sepasang turis Jepang memesan sate ayam. Dia kaget dong dengan cia rasa sate yang unik karena baluran bumbu kacang di bagian luarnya.

Nah selanjutnya nih orang tersebut meminta buat satenya hanya dibakar biasa saja tanpa sambal kacang dan hany dikucuri oleh garam serta jeruk nipis. Dan dari situlah kemudian resep sate taichan tercipta.

Diadona udah ngumpulin banyak resep sate taichan terbaik buat bantuin kamu bikin sate taichan yang kamu sukai itu. Cuman modal sedikit, dijamin deh kamu bisa menghasilkan puluan tusuk sate taichan yang harganya bisa berkali-kali lipat bila dijual di kedainya. Yakin nggak mau coba?

 

1 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Senayan

Resep Sate Taichan WillgozResep Sate Taichan Willgoz © outube.com/ One Big Hap

Di channel Youtubenya, Willgoz ngasih tau gimana resep sate taichan ala Senayan. Ini aja bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan :

  • 500 gram dada ayam
  • 15 tusukan sate

bumbu dihaluskan untuk marinasi :

  • 5 bawang putih
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan/ganti kecap asin 
  • 1/2 sdm kaldu ayam
  • 1 sdt lada putih
  • 2 sdm margarin cair
  • 1 sdt micin ( kelupaan pake )
  • ( boleh di uleg )
  •  

Cabe taichan : 

  • 2 sdm minyak goreng
  • 10 cabe rawit
  • 5 bawang putih 
  • 1 sdm kaldu ayam
  • 2 sdt gula
  • 100 ml air
  • parutan kulit jeruk nipis ( opsional )

Langkah lengkap pembuatan dari resep sate tachan di atas ada di berikut ini:

2 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Bakar Teflon

Resep Sate Taichan TeflonResep Sate Taichan Teflon © Cookpad.com/Awaleeya (Leyas Recipe)

Resep ste taichna nggak cuman menggunakan bahan-bahan yang gampang, tapi juga proses pemanggangannya yang cukup menggunakan teflon

Bahan :

  • 500 gram paha ayam fillet
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdm merica
  • 1/2 sdm kaldu bubuk
  • 1/2 sdm garam
  • Secukupnya minyak untuk dioles

Bahan sambal:

  • 35 buah cabe rawit
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 buah jeruk purut/nipis
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm kaldu bubuk
  • 1/2 sdm merica
  • 1/2 sdm garam
  • Tusukan sate

Cara memasak :

  • Cuci bersih ayam fillet, potong dadu, masukkan bawang putih, merica, garam dan kaldu bubukdan  marinasi selama 30 menit dalam chiller
  • Tusuk daging ayam dengan tusukan sate
  • Panaskan teflon, masukkan sate olesi sate dengan minyak goreng masak dengan api kecil hingga matang sambil dibolak balik
  • Bikin sambal : blender bawaag putih dan cabe rawit sampai halus lalu masukkan dalam teflon
  • Masak sampai matang, tambahkan daun jeruk, gula, garam, merica, dan jeruk nipis lalu aduk rata

3 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Empuk

Resep Sate Taichan EmpukResep Sate Taichan Empuk © Youtube.com/ Ade Koerniawa

Tak Ketinggalan, Ae Koerniwana jugangasih resep sate taichan sekaligus tipsnya biar epuk

Sate Taichan :

  • 500 gram dada ayam (potong dadu)
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 perasan jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih (parut)

Sambal :

  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 200 ml air
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • garam dan kaldu jamur secukupnya

Instruksi cara membuatnya ada di video berikut ini:

4 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Juicy

Resep Sate Taichan JuicyResep Sate Taichan Juicy © instagram.com/a_little_bubu/

Tips bir resep sate taichan menghasilkan sate dengan daging yang empuk dan juicy adalah jangan panggang sate terlalu lama. Selain itu, jangan potong daging terlalu tipis.

Bahan :

  • 500 gram dada ayam 
  • 2 pcs bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara membuat:

  • Potong dadu dada ayam, campur dengan bawang putih halus, garam dan kaldu aduk rata. Marinasi selama 30 menit.
  • Siapkan tusuk sate dan tusuk satu persatu daging ayam.
  • Oles teflon dengan margarin dan panggang dengan api sedang hingga kecoklatan sambil dibolak balik.

Sambel

  • 5pcs bawang putih
  • 20/sesuai selera cabe rawit merah
  • 150-200ml air
  • 1/2sdt garam
  • 1sdt kaldu bubuk
  • 1-2sdt gula
  • 1-2sdt cuka

Cara membuat:

  • Haluskan bawang putih dan cabe rawit.
  • Masak hingga hilang menyusut, beri garam, kaldu dan gula
  • Matikan api dan masukan cuka. Dalam pembuatan sambal, cuka ditambahkan untuk menambah rasa sekaligus bikin sambal awet

5 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Sederhana

Resep Sate Taichan SederhanaResep Sate Taichan Sederhana © instagram.com/susie.agung/

Hanya butuh dada ayam dan tusuk sate serta eberaa bumbu yang pasti ada di rumah serta proses yang sederhana, kamu bisa bikin menu makan malam atau camilan yang lezat dan melimpah.

 

Bahan:

  • 1 kg dada ayam, potong dadu
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • Secukupnya garam, gula dan lada bubuk

Sambal:

  • 35 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • 6 cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 sdt kaldu jamur
  • Garam & gula secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Pelengkap:

  • Lontong
  • Irisan jeruk nipis
  • Bawang putih goreng, remukkan

Cara membuat:

  • Bumbui daging ayam dengan bawang putih, kaldu jamur, jeruk nipis, garam, sedikit gula dan lada bubuk, aduk, diamkan di kulkas minimal 15 menit.
  • Ambil tusuk sate, tusukkan daging maksimal sesuai selera
  • Panaskan panggangan, oles sedikit minyak/margarin, bakar sate sampai matang. 
  • Sambal: rebus semua bahan kecuali jeruk nipis, angkat, ulek bersama garam, kaldu jamur dan gula lalu tumis dengan sedikit minyak, beri sisa air rebusan cabe bila terlalu kering, angkat, sajikan sate dengan pelengkap.

6 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Hemat

Resep Sate Taichan HematResep Sate Taichan Hemat © instagram.com//nawang_okta/

Cuman dengan 300 gram dada ayam fillet, kamu bisa mendapatkan beberapa porsi sate taichan yang kalau beli sih harganya pasti berkali-kali lipat.

Bahan :

  • 300 gram dada ayam fillet
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1,5 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt garam atau sesuaikan dengan selera
  • 1 sdt air perasan lemon/jeruk nipis
  • Tusuk sate

Cara membuat :

  • Potong ayam berbentuk dadu, lumuri dengan air perasan lemon.
  • Campur dengan semua bumbu, aduk hingga merata.
  • Tusuk daging ayam, lakukan sampai daging habis. Diamkan minimal 1 jam supaya bumbu meresap.
  • Panaskan grill pan, panggang sate hingga matang.
  • Sajikan dengan sambal bawang.

7 dari 7 halaman

Resep Sate Taichan Mozzarella

Resep Sate Taichan MozarellaResep Sate Taichan Mozarella © instagram.com/intankarinaijo/

Rasa sate taichan yang cenderung plin namun lembut, cocok banget disantap dengan balutan keju mozarella lumer yang creamy dan gurih di mulut. 

Bahan marinasi sate:

  • 3 buah paha ayam fillet,potong kotak
  • 4 bawang putih haluskan
  • 2 jeruk limau
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt minyak wijen
  • Kaldu jamur secukupnya
  • 1 sdm mentega dan 1 sdm minyak untuk memanggang sate di atas teflon

Cara membuat :

  • Campurkan semua bahan ke dalam ayam kecuali mentega. Aduk rata lalu marinasi selama sejam. Bila ingin lebih lama agar bumbu meresap atau dimasak di pagi hari, kamu bisa memarinasinya selama semalaman di lemari es.
  • Tusuk tusuk daging ayam dengan tusukan sate
  • Bakar di atas api atau panggangan sambil dioles dengan minyak/mentega hingga matang , sebelum diangkat taburi mozarella hingga meleleh, sajikan

Bahan sambal :

  • 15 cabe rawit
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 sdm rebon /ebi
  • 1 buah jeruk limau
  • 1/2 sdm gula
  • 1 sdm kaldu jamur bubuk
  • 150 ml air untuk merebus

Cara membuat :

  • Rebus cabe, bawang merah dan bw putih sampai mendidih, tiriskan
  • Haluskan sambal dan rebon
  • Letakkan seluruh bahan di ata dalam sebuah panci, tambahkan sedikit

Yakin deh ngeliat resep sate taichan di atas bikin langsung ngiler kan? Mimin aja mau coba!

Beri Komentar