8 Cara Memasak Nasi untuk Nasi Goreng agar Tidak Lengket

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 28 Oktober 2022 16:45
8 Cara Memasak Nasi untuk Nasi Goreng agar Tidak Lengket
Salah satu cara memasak nasi untuk nasi goreng adalah dengan menggunakan beras pera

Suka heran nggak sih kenapa kalau memasak nasi goreng sendiri suka beda rasanya dengan nasi goreng yang dijual abang-abang atau di gerai makanan? Tapi ternyata nih penyebab perbedaan rasa tersebut bukan cuman perkara bumbunya doang tapi mulai dari teknik memasak gimana cara memasak nasi untuk nasi goreng. Seperti apa bedanya?

Kalau ngomongin bumbu tentu akan berbeda selera setiap orang. Ada yang suka dengan nasi goreng berbumbu merah karena tambahan saos, nasi goreng chinnese yang rasa gurihnya didapat dari perpaduan kecap ikan, saos tiram, kecap manis dan juga kecap asin atau nasi goreng Jawa dengan rasa khas dari terasi.

1 dari 5 halaman

Selain itu pernahkah kamu perhatikan penggunaan api saat memasak nasi goreng oleh penjualnya? Kebanyakan mereka tak menggunakan kompor rumahan namun kompor gas besar. Kompor ini menghasilkan suhu yang luar biasa tinggi. Apa pengaruhnya terhadap nasi goreng?

Ini karena terbentuknya reaksi Maillard. Reaksi maillard adalah reaksi yang terjadi ketika molekul gula dan protein dipanaskan sampai mencapai suhu 140 - 165 derajat celcius. Reaksi ini dapat menyebabkan makanan menjadi cokelat dan melepaskan aroma serta rasa yang enak pada nasi goreng.

Kunci nasi goreng yang enak pada restoran Chinesse juga terletak pada teknik memasak yang menghasilkan ‘wok hei’. Apa itu? Memasak makanan Chinesse umumnya dilakukan dengan menggunakan wajan cekung yang disebut wok. “ Hei” merupakan Bahasa Cantonese yang berarti energi.

Grace Young dalam bukunya The Wisdom of the Chinese Kitchen: Classic Family Recipes for Celebration and Healing mengatakan kalau wok hei adalah kombinasi dari aroma mengepul yang dihirup dan sensasi hampir terbakar di lidah yang dapat meningkatkan cita rasa suatu hidangan.

Namun di luar, tak kalah penting juga nasi yang digunakan dalam membuat nasi goreng. Kalau diperhatikan, nasi goreng yang enak biasanya adalah nasi yang tak lengket satu sama lain atau tak menggumpal. Bumbunya melapisi setiap bulir nasi dengan sempurna. Selain itu teksturnya juga tak pulen atau seperti nasi yang baru saja matang.

2 dari 5 halaman

Cara Memasak Nasi untuk Nasi Goreng © Diadona

Berikut ini Diadona kasih sederet cara memasak nasi untuk nasi goreng biar enak seperti yang dijual.

Jangan Masak Nasi Lembek

Nasi yang lembek akan menggupal, membuat bumbu tak bisa menyebar secara merata. Agar tak menggumpal, gunakan nasi yang sudah dingin atau nasi pera. Nasi pera sendiri merupakan nasi yang tidak pulen dan ini tergantung pada jenis beras yang digunakan.

Pakai Nasi Pera

Kayak yang disebut sebulumnya, cara memasak nasi untuk nasi goreng adalah dengan menggunakan nasi pera. Nasi ini tidak pulen dan didapat dari memasak beras pera.

Jadi endosperm yang merupakan bagian terbesar dari beras, mengandung pati. Pati ini tersusun dari amilosa dan amilopektin. Perbedaan komposisi kedua jenis pati ini yang menentukan pera atau pulennya nasi.

Dikutip dari jurnal Unika, beras dengan amilosa tinggi akan menghasilkan nasi yang pera atau kering. Sementara itu nasi dengan amilosa rendah akan menghasilkan nasi pulen dan lembut. Nggak cuman komposisi kedua penyusun pati tersebut sih, kepulenan nasi juga dipengaruhi oleh rasio air yang ditambahkan pada proses penanakan.

Kalau kamu ingin memasak nasi pera untuk nai goreng, masak beberapa merk beras per yang ada di pasaran misalnya merk IR 42, dan Unus Mayang. Nggak cuman nasi goreng, nasi pera juga enak dimasak untuk nasi uduk, lontong atau ketupat.

3 dari 5 halaman

Tambahkan Sedikit Minyak

Bagaimana bila nasi yang digunakan untuk nasi goreng ternyata menggumpal? Tenang aja, kamu masih bisa mengatasinya dengan menambahkan sedikit minyak pada nasi lalu aduk rata. Selanjutnya, baru masak sebagai nasi goreng.

Hindari menambahkan minyak terlalu banyak karena minyak sendiri juga akn ditambahkan ketika menumis bumbu. Bila terlalu banyak maka akan merusak cita rasa nasi goreng.

Gunakan Wajan Panas

Sebelum mulai memasak, pastikan wajan yang digunakan sudah benar-benar panas. Selanjutnya tuangan minyak dan tunggu sampai benar-benar panas untuk memasukkan bahan selanjutnya.

Wajan yang kurang panas akan membuat nasi jadi lengket sehingga rasa dan teksur yang dihasilkan kurang optimal.

4 dari 5 halaman

Gunakan Api Besar

Pakai api besar untuk menghasilkan suhu tinggi saat memasak nasi goreng. Hanya saja panas tinggi ini nggak selalu digunakan selama proes memasak. Kamu bisa mengatur besar apinya agar nasi goreng tidak gosong.

Gunakan Nasi Dingin

Dikutip dari Delish, nasi goreng yang basah disebabkan karena dibuat menggunakan nasi yang masih panas. Jadi dalam membuat nasi goreng, gunakan nasi yang sudah dingin sebelum dimasak. Sebab nasi yang udah dingin ini cenderung lebih kering saat dimasak karena udah mengalami dehidrasi.

Lalu gimana bila kamu kamu sedang teruru-buru memasak naigorng sementara nasi yang akan kamu gunakan masih panas? Letakkan nasi di aas loyang lebar dan ratakan. Dengan demikian, panas akan lebih cepat keluar dari nasi sehingga nasi segera dingin.

5 dari 5 halaman

Gunakan Nasi Kemarin

Untuk mendapatkan buliran nasi goreng yang tidak lengket, kamu bisa menggunakan nasi sisa. Namun tentu saja perhatikan kualitas dari nasi ya, jangan sampai kamu memasak nasi goreng dengan nasi yang hampir basi. Dibandingkan dengan nasi yang baru saja matang, nasi sisa memiliki tekstur yang lebih kering dan nggak lengket.

Masukkan Nasi ke Dalam Kulkas

Untuk mendapatkan tenstur seperti nasi pera pada nasi yang pulen, kamu bisa memasukkan nasi tersebut ke dalam kulkas. Letakkan nasi yang sudah dingin ke wadah tertutup lalu masukakn di kulkas semalaman. Nasi akan jadi kering dan tidak lengket ketika diola menjadi nasi goreng. Sebelum memasukkan ke dalam kulkas, pastikan nasi sudah dingin ya!

Kondisi nasi dalam memasak nasi goreng adalah salah satu yang menentukan kualitas nasi goreng

Beri Komentar