13 Resep Ayam Panggang dengan Teflon dan Oven, Sederhana, Praktis, Gampang Dibuat Bekal atau Makan Besar Bareng Keluarga

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 19 September 2022 17:47
13 Resep Ayam Panggang dengan Teflon dan Oven, Sederhana, Praktis, Gampang Dibuat Bekal atau Makan Besar Bareng Keluarga
Ada resep ayam panggang yang cocok banget buat kamu yang lagi diet dan bekal ke kantor saking gampang banget dibuatnya!

Harganya yang murah, rasa dagingnya yang lembut serta mudah ditemukan bikin daging ayam jadi salah satu sumber protein hewani yang paling diminati. Pengolahannya juga gampang dan pasti enak, mulai dari resep ayam berkuah, ayam digoreng hingga resep ayam panggang yang dengan bumbu meresap.

Tapi tahukah kamu apa bedanya antara ayam bakar dengan resep ayam panggang? Ayam bakar dimasak di atas bara api langsung seperti sate nih contohnya. Sedanggkan ayam panggang dimasak tanpa bara api langsung, biasanya menggunakan udara panas. Ayam panggang umumnya dimasak dengan bantuan oven.

Karena itu resep ayam panggang biasanya lebih praktis karena kamu nggak perlu mengeluarkan alat bakar nih. Padukan dengan berbagai bumbu favorit dan jadi deh masakan super lezat dengan daging ayam yang lembut serta juicy. Pantengan deretan resepnya di bawah ini ya!

 

1 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Teflon Bumbu Rujak

Nggak ada oven tentu nggak masalah karena kamu tetap bisa bikin resep ayam panggang dengan menggunakan teflon aja.

Bahan :

  • 1/2 kg ayam
  • 4 potong tahu
  • 4 potong tempe
  • 4 daun salam
  • 6 daun jeruk 
  • 1 serai, geprek
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • 1 buah gula merah
  • 1 buah jeruk limau
  • Secukupnya kecap
  • Secukupnya air
  • 1 sdm minyak wijen
  • Secukupnya kecap
  • Secukupnya margarine
  • Bumbu Halus
  • 1 buah tomat
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 13 cabe keriting
  • 9 cabe rawit
  • Secukupnya minyak
  • 1 sdt terasi yang sudah digoreng

Cara membuat :

  • Rebus ayam sekali untuk membuang kotorannya.
  • Haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender atau bisa diulek manual.
  • Siapkan wajan dan tambahkan 1 sdm minyak wijen lalu tumis bumbu halus.
  • Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, garam, gula ke dalam tumisan.
  • Tumis bumbu hingga wangi, lalu tambahkan gula merah. Tumis lagi sampai bumbu mengental dan berubah warna.
  • Masukkan ayam, tahu, dan tempe ke dalam bumbu. Tumis merata bahan dan bumbu tersebut.
  • Tambahkan air secukupnya untuk mengungkep ayam, tahu, dan tempe.
  • Tunggu hingga air meresap dan ayam tahu tempe boleh dibolak balik supaya merata.
  • Siapkan teflon dan oleskan margarine pada teflon. Lalu panggang ayam, tahu, dan tempe ke dalam teflon. Bolak balik ayam, tahu, tempe agar panggangan merata.
  • Selagi menunggu panggangan, tambahan kecap di sisa bumbu pada wajan. Tes rasa.
  • Angkat ayam, tahu, tempe yang sudah dipanggang dan masak lagi di bumbu yang ada di wajan agar lebih nendang rasanya. Masak sebentar 5-10 menit.
  • Ayam panggang siap disajikan.

2 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Brokoli untuk Diet

Resep Ayam Panggang Brokoli untuk DietResep Ayam Panggang Brokoli untuk Diet © cookpad.com/Kristina Puspita Dewi

Siapa bilang kalau diet itu menyiksa? Resep ayam panggang berikut ini nggak cuman enak tapi juga gampang dibikin.

Bahan :

  • 1 buah brokoli hijau
  • 250 gr dada ayam fillet
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Bubuk paprika (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Air (secukupnya)
  • Teflon anti lengket

Cara membuat :

  • Baluri ayam dengan 1 sdm saus tiram, 1 sdm minyak wijen dan bubuk paprika hingga rata. Diamkan di kulkas maksimal semalam.
  • Potong brokoli, rebus air hingga setengah mendidih, tambahkan sejumput garam agar lebih gurih. Rebus hingga setengah matang, tiriskan.
  • Siapkan teflon anti lengket, panaskan dengan minyak kecil, panggang ayam selama 5-7 menit di tiap sisi
  • Tidak perlu tambahkan minyak goreng karena ayam sudah mengandung minyak wijen.
  • Angkat dada ayam yang sudah matang, lalu potong seperti di gambar. Sajikan dengan brokoli rebus.

3 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Oven Mudah - Classic Roasted Rosemary Chicken

Resep Ayam Panggang Oven MudahResep Ayam Panggang Oven Mudah © cookpad.com/Jeanette Pareira

Tampilannya yang menawan banget dan gampang dibikin membuat resep ayam panggang ini jadi andalan buat ngirim hampers ke saudara dan orang terdekat.

Bahan :

  • 1 ekor ayam berat 1kg
  • 1/2 block butter
  • Secukupnya daun rosemary dan oregano kering atau mixed italian herbs 
  • 1 bonggol kecil bawang putih
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada bubuk

Side Dish

  • 2 buah wortel potong segitiga
  • 2 buah kentang ukuran besar potong wedges
  • 1 buah bawang bombay potong wedges, kulit jangan dikupas
  • 1 bonggol bawang putih
  • 5 buah bawang merah yang agak besar, kupas
  • 2-3 daun bawang, potong

Cara membuat :

  • Ayam harus suhu normal, keringkan ayam, jangan basah. Lalu masukkan jari/sendok di bawah kulit ayam dan pisahkan kulit agar tidak menempel ke daging ayam. Gunanya agar ada space untuk butter masuk dan nantinya kulit ayam crispy. Lipat ujung sayap ayam ke belakang (optional), agar bagian ujung tidak gosong duluan.
  • Campur butter, rosemary, oregano atau thyme, garam, lada. Masukkan ke piping bag atau plastik biasa, gunting ujungnya.
  • Masukkan campuran butter ke bawah kulit ayam, ratakan sampai ke seluruh dada dan paha. Spread di bagian sayap juga. Lalu masukkan 1 bonggol bawang ke dalam rongga perut ayam, dan taburkan rosemary, garam, lada. Taburkan juga di atas permukaan ayam.
  • Tata sayuran dan bawang di loyang, beri minyak dan taburkan garam, lada, herbs.
  • Tata ayam di atas potongan sayuran, lalu panggang di suhu 200-250 derajat celcius selama 60-90 menit (sesuaikan oven masing-masing). 
  • Oles dengan butter setiap 15 menit.
  • Angkat dan pindahkan ke wadah.

4 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Khas Malaysia

Resep Ayam Panggang Khas MalaysiaResep Ayam Panggang Khas Malaysia © instagram.com/dada.tastes/

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung 
  • 1 lembar daun kunyit
  • 250 ml santan segar
  • Air asam jawa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam, gula dan kaldu bubuk

Bahan halus :

  • 10 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 3 kemiri
  • 3 cm kunyit bakar
  • 2 btg serai
  • 2 cm jahe
  • 6 cabe merah
  • 1/2 sdm merica butiran

Cara membuat :

  • Panaskan minyak tumis semua bahan halus dan daun kunyit sampai wangi
  • Masukkan santan, garam, gula, kaldu bubuk, air dan air asam jawa secukupnya aduk rata
  • Masukkan ayam, ungkep ayam sampai empuk, sisahkan kuahnya
  • Bakar ayam di alat pemanggang, bolak balik sambil olesi sisa bumbu
  • Angkat dan siram kuah. Sajikan

5 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Bumbu Kuning

 

Resep Ayam Panggang Bumbu KuningResep Ayam Panggang Bumbu Kuning © instagram.com/dada.tastes/

Resep ayam panggang bumbu kuning punya rasa rempah ala masakan bumbu kuning lainnya seperti bumbu soto.

Bahan:⁣

  • 1 ekor ayam organik⁣
  • 2 buah jeruk nipis⁣
  • 3 batang serai geprek⁣
  • 2 lembar daun salam⁣
  • 4 lembar daun jeruk⁣
  • 2 cm lengkuas⁣
  • Garam dan gula secukupnya ⁣
  • 2 sdm air asam jawa⁣
  • 500 ml air dan krimer⁣

Bumbu halus : 

  • 8 butir bawang merah⁣
  • 3 siung bawang putih⁣
  • 2 cm jahe⁣
  • 4 cm kunyit bakar⁣
  • 1 sdm kerumbar sangrai ⁣
  • 3 butir kemiri sangrai⁣
  • 1 sdm merica butiran⁣

Cara:⁣

  • Bersihkan ayam, potong jadi 4 bagian.⁣
  • Beri perasan jeruk nipis diamkan 5 menit kemudian bilas.⁣
  • Panaskan minyak tumis bahan halus sampai wangi masukkan serai geprek, daun salam, daun jeruk dan lengkuas aduk rata.⁣
  • Masukkan ayam aduk sampai berubah warna baru masukkan air, krimer dan air asam jawa, tambahkan garam dan gula secukupnya.⁣
  • Masak sampai ayam empuk dan bumbu meresap.⁣
  • Angkat boleh simpan atau langsung panggang bolak balik sambil diolesi sisa bumbu.⁣

6 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Kecap

Resep Ayam Panggang KecapResep Ayam Panggang Kecap © instagram.com/dada.tastes/

Nah kalau resep ayam panggang yang satu ini nih punya rasa manis legit yang enak banget!

Bahan :⁣

  • 1 ekor ayam kampung utuh⁣
  • 1 sdt garam⁣
  • 2 sdt lada⁣
  • 2 sdm kecap asin⁣
  • 5 siung bawang putih iris⁣
  • 2 cm jahe iris⁣
  • 1 buah bawang besar iris⁣
  • Daun bawang iris⁣
  • 1 sdm arak putih⁣
  • Minyak dikit utk sapuan kulit⁣

Cara membuat :⁣

  • Cuci bersih ayam, marinasi ayam dengan garam, lada dan kecap asin diamkan dalam kulkas selama 30 menit. ⁣
  • Keluarkan ayam taruh di dalam perut ayam bawang putih iris, jahe iris, bawang besar, daun bawang dan arak. ⁣
  • Sapukan sedikit minyak ke seluruh kulit luar ayam, panggang dengan air fryer atau oven selama ⁣ 180 ¢ selama 20 menit bolak balik atau sampe matang tergantung oven masing-masing.

7 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang dan Sayuran

Resep Ayam Panggang dan SayuranResep Ayam Panggang dan Sayuran © instagram.com/dada.tastes/

Tampilannya cantik, rasanya enak dan resep ayam panggang yang ini tuh gampang banget lho! 

Bahan:

  • 1 ekor ayam organik
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 buah kentang potong
  • 1 buah brokoli potong
  • Cherry Tomatoes
  • 2 buah jagung potong
  • 1 buah apel potong
  • Olive oil
  • Mix of herbs
  • Bubuk cabe secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Lada hitam secukupnya
  • Madu secukupnya
  • Tali ikat
  • Alluminium foil

Bahan oles:

  • Mentega cair + madu

Cara membuat :

  • Bersihkan ayam beri perasan jeruk nipis bumbui dengan saus tiram, kecap asin, manis, lada hitam , mix herbs dan madu secukupnya diamkan dalam kulkas selama sehari.
  • Masukkan kentang, brokoli, tomat dan jagung ke dalam wadah, bumbui dengan olive oil, garam , bubuk cabe dan lada hitam secukupnya aduk rata dan biarkan selama 20 menit.
  • Keluarkan ayam, masukkan potongan buah apel ke dalam ayam, bungkus bagian paha dan sayap dengan kertas aluminium foil biar tidak hangus dan ikat bagian paha dan sayap agar panggang tetap cantik bentuknya.
  • Panggang dalam oven 170 selama 60 menit, sapukan campuran bahan olesan bolak balik.
  • Keluarkan ayam, masukkan kentang, brokoli, tomat dan jagung panggang kembali 180 selama 30 menit (tergantung oven masing-masing)
  • Angkat dan keluar dan Siap disajikan

8 dari 13 halaman

Resep Ayam Ungkep Panggang

Resep Ayam Ungkep PanggangResep Ayam Ungkep Panggang © instagram.com/dada.tastes/

Kalau ayam ungkep biasanya digoreng, kali ini tuh beda karena dibakar. Seperti apa sih rasanya?

Bahan :

  • 4 Paha ayam
  • 2 buah serai geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 250 ml santan
  • Air asam jawa secukupnya
  • 200 ml air
  • Garam, gula dan perasa secukupnya

Bahan halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 6 buah cabe merah
  • 3 buah cabe rawit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1 sdt ketumbar butiran
  • 1 sdt merica butiran

Cara membuat :

  • Panaskan minyak di wajan tumis bahan halus sampai harum.
  • Masukkan serai, daun salam, daun jeruk aduk sampai rata, harum dan pecah minyak.
  • Masukkan garam, gula dan perasa secukupnya tambahkan air dan air asam jawa secukupnya, aduk sebentar biarkan mendidih dulu dan masukkan santan sambil di aduk-aduk.
  • Masukkan paha ayam tutup wajan, sampai air menyusut, mengental dan ayam empuk.
  • Angkat dan panggang ayam di alat pemanggangan sambil bolak balik sambil di olesi sisa bumbu tadi.
  • Sajikan dengan lalapan dan sambal

9 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Madu

Resep Ayam Panggang MaduResep Ayam Panggang Madu © instagram.com/sarongsarie/

Rasa legit dan manisnya tentu lebih nampol daipada resep ayam panggang kecap. Kamu nggak penasaran?

Bahan Ayam:

  • 500 gram ayam bagian sayap (potong jadi 2 bagian)
  • jeruk nipis

Bahan marinasi:

  • 3 bawang putih, haluskan
  • 1 cm jahe haluskan
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm madu 
  • secukupnya garam, kaldu jamur bubuk, lada bubuk

Cara membuat :

  • Balur ayam dengan perasaan jeruk nipis, kemudian cuci bersih
  • Campur ayam dengan bahan marinasi, aduk sampai rata dan diamkan di kulkas minimal 2 jam lebih lama lebih enak 
  • Ungkep ayam yang sudah dimarinasi dengan menambahkan air secukupnya sampai matang empuk dan bumbu meresap
  • Panggang di teflon sambil dibalik agar nggak gosong.

10 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Rica-Rica

Resep Ayam Panggang Rica-RicaResep Ayam Panggang Rica-Rica © CIAFebri

Sedap dan pedasnya bumbu rica-rica bisa kamu temuin di resep ayam panggang yang satu ini.

Bahan :

  • 1 ekor ayam

Bumbu marinasi ayam :

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak goreng untuk marinasi
  • 2 sdm margarin untuk memanggang ayam
  • Bumbu tumis :
  • 2 sdm minyak untuk menumis bumbu
  • 2 sdm tomat pasta, bia dianti dengan satu buah tomat
  • 1 buah tomat potong kotak
  • 10 buah cabe hijau keriting iris2
  • 2 batang sereh geprek
  • 1 liter air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica
  • 3 sdm gula pasir

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:

  • Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan bumbu marinasi. Remas-remas dan simpan di kulkas selama 15 menit hingga bumbu meresap.
  • Nyalakan kompor. Tumis minyak dengan bumbu halus hingga harum lalu masukkan tomat, cabe hijau,sereh aduk hingga harum. Tambahkan air.
  • Setelah mendidih masukkan ayam.
  • Aduk rata. Beri gula, garam, merica, kaldu jamur. Aduk hingga ayam matang dan air menyusut. Koreksi rasa dan jangan lupa matikan api.
  • Panaskan margarin. Bakar/ Panggang ayam hingga coklat sambil terus dioles bumbu hingga habis.

11 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Klaten

Resep Ayam Panggang KlatenResep Ayam Panggang Klaten © instagram.com/vhe.veronicaa/

Seperti namanya, resep ayam panggang ini khas dari Klaten dengan cita rasa gurih dan taste manis.

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung utuh
  • 800 ml air kelapa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu cemplung :

  • 2 batang serai, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 4 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 keping gula merah
  • 2 sdm air asam jawa
  • 4 sdm kecap manis
  • 120 ml santan kental instan

Bumbu :

  • 1 sdm garam
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt jinten bubuk
  • ½ sdt merica bubuk

Bumbu halus:

  • 15 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri bakar
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara membuat :

  • Siapkan pan, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, hingga matang.
  • Masukkan air kelapa masak hingga mendidih, tambahkan gula merah, air asam jawa, kecap dan semua bumbu, aduk hingga merata
  • Masukkan ayam kampung utuh, bolak balik ayam sesekali, tambahkan santan kental instan, aduk kembali hingga merata
  • Koreksi rasa, masak ayam kampung hingga empuk, bumbu meresap, air menyusut dan mengental
  • Setelah itu, panggang ayam dengan oven sebentar saja, sesekali oleskan sisa bumbu tadi
  • Sajikan ayam panggang dengan lalapan

12 dari 13 halaman

Resep Honey Spicy Chicken Wings

Resep Honey Spicy Chicken WingsResep Honey Spicy Chicken Wings © instagram.com/mus_cook/

Bukan cuman buat teman makan nih tapi resep ayam panggang yang satu ini pas banget buat ngemil, mirip dengan yang sering kamu lihat di tayangan drakor itu lho!

Bahan :

  • 1 kg sayap ayam dibersihkan dan beri 1 buah perasan jeruk nipis
  • Unsalted butter atau margarine secukupnya
  • 2 buah daun bawang
  •  Wijen secukupnya

Bahan Marinasi :

  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm bawang putih bubuk
  • 3 sdm Madu
  • 3 sdm saus gochujang 
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm blackpeper
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm Mirin (optional )
  • 3 sdm air
  • Semua bahan diatas dicampur jadi satu

Cara membuat :

  • Campur Sayap ayam dengan bumbu marinasi aduk rata dan simpan dalam wadah tertutup dan marinasi min 2 jam atau lebih baik semalaman, Simpan didalam kulkas dengan wadah tertutup
  • Panaskan Grill pan dan lelehkan butter atau margarin.
  • Grill sayap ayam hingga matang dan warnanya kecokelatan. Masak dengan menggunakan api sedang agar tidak gosong

13 dari 13 halaman

Resep Ayam Panggang Manis Pedas

Resep Ayam Panggang Manis PedasResep Ayam Panggang Manis Pedas © instagram.com/mus_cook/

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung belah jadi 2 atau 4 bagian . Lumuri dengan Jeruk nipis dan diamkan 1 jam
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula aren
  • 500ml air kelapa atau santan
  • 3 lembar daun salam dan jeruk
  •  1 buah serai digeprek
  • Garam, lada dan penyedap secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menumis bumbu halus

Bahan yan dihaluskan :

  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 8 buah cabai merah keriting
  • 3 buah rawit
  • 1/2 buah tomat

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus dan juga daun salam, jeruk dan serai hingga harum dan matang
  • Masukan ayam, aduk rata dengan bumbu halus tumis dan masak hingga berwarna pucat
  • Masukan air kelapa atau santan dan masak menggunakan api sedang
  • Setelah agak medidih masukan kecap manis dqn gula arennya aduk rata
  • Beri garam, lada dan penyedap aduk lagi dan koreksi rasanya
  • Masak hingga air agak asat lalu angkat
  • Siapkan Grill pan dan panaskan
  • Panggang ayam dan olesi lagi dengan tumisan bumbu halus di setiap sisinya
  • Panggang hingga matang dan sajikan

Hayo, langsung kepengen nyobain resep ayam panggang yang mana nih?

Beri Komentar