10 Resep Nasi Goreng Spesial ala Restoran, Lezat dan Gampang Dibuat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 6 Mei 2022 17:43
10 Resep Nasi Goreng Spesial ala Restoran, Lezat dan Gampang Dibuat
Setiap orang tentu bisa bikin nasi goreng, tapi siapa nih yang punya resep nasi goreng spesial yang seperti tersaji di restoran?

Salah satu makanan yang terkenal bagi orang Indonesia adalah nasi goreng. Sajian ini tak pernah salah disuguhkan di berbagai kesempatan, mulai dari untuk sarapan, sajian di hajatan, menu di restaurant atau ketika ada nasi sisa yang sayang untuk dibuang. Apa yang membuatnya berbeda? Karena resep nasi goreng spesial yang tentu tak sama di setiap pembuatnya.

Di artikel berikut ini Diadona membagikan beragam resep nasi goreng spesial yang cocok untuk selera kamu. Pilih salahs atu dan segera cobain deh!

1 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Spesial Pedas

Nasi GorengNasi Goreng © 2019 https://www.diadona.id/fitmencook.com

Makanan pedas emang lagi tren, dan nasi goreng dengan rasa capsaicin yang nendang banget ini punya banyak penggemar. Biar resep nasi goreng pedasmu nggak cuman kerasa pedas doang, intip bahan dan caera membuatnya berikut ini:

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 3 biji bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 100g frozen vegetables
  • 3 butir telur
  • 2 buah sosis
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • Timun dan tomat, diiris

Cara membuat

  • Panaskan minyak secukupnya, pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Cuci dan iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. kemudian panaskan minyak untuk menumis. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Kemudian masukkan frozen vegetables, dan sosis yang sudah diiris. Aduk-aduk.
  • Masukkan nasi, dan telur orak arik kemudian aduk hingga merata.
  • Tambahkan garam, kecap manis, dan bumbu penyedap sesuai selera. Aduk kembali hingga merata.
  • Sajikan dalam piring dan tambahkan pelengkap timun dan tomat yang sudah diiris. Nasi goreng pedas spesial siap disantap!

2 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Spesial Udang

Resep Nasi Goreng SpesialResep Nasi Goreng Spesial © cookidoo.international

Pecinta seafood nggak boleh melewatkan gurihnya resep nasi goreng spesial dengan udang berikut ini:

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 1 batang daun bawang
  • 3 butir telur
  • 150 gram udang
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis
  • Kecap asin
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng

Cara membuat :

  • Panaskan minyak secukupnya, pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Kemudian panaskan minyak untuk menumis . Cuci dan iris bawang putih, bawang merah, dan cabai merah, kemudian masukkan. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Masukkan udang yang sudah dicuci bersih dan direndam air garam, tumis hingga udang mendekati matang.
  • Cuci bersih daun bawang dan iris. Kemudian masukkan kedalam tumisan.
  • Masukkan nasi dan telur orak arik kedalam tumisan. Aduk aduk hingga merata
  • Tambahkan garam, kecap manis, kecap asin dan bumbu penyedap sesuai selera. Aduk kembali hingga merata.
  • Nasi goreng spesial udang siap disajikan. Selamat makan!

3 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Spesial Terasi

Resep Nasi Goreng SpesialResep Nasi Goreng Spesial © Christopher Alvarenga on Unsplash

Menambahkan terasi dalam resep nasi goreng spesial akan meningkatkan rasa gurih dan tentu saja wangi. Warna nasi gorengnya juga akan terlihat makin cantik.

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 5 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sendok teh terasi
  • 2 buah kemiri, disangrai
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • Timun dan tomat, diiris
  • 2 butir telur

Cara membuat :

  • Pecahkan dan kocok telur, serta tambahkan garam secukupnya. Panaskan minyak dan goreng telur. Angkat dan sisihkan.
  • Cuci dan haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, terasi dan kemiri sangrai.
  • Kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Tambahkan nasi aduk-aduk hingga merata.
  • Kemudian tambahkan kecap manis, garam, dan bumbu penyedap secukupnya sesuai selera. Aduk lagi hingga merata.
  • Sajikan nasi goreng dengan topping telur, timun, dan tomat. Nasi goreng spesial terasi siap disantap!

4 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Spesial Ala Restoran Chinese Food

Resep Nasi Goreng SpesialResep Nasi Goreng Spesial © shutterstock.com

Resep nasi goreng spesial dari restoran Chinese food menggunakan bahan-bahan tertentu seperti kecap asin, saus tiram hingga minyak wijen untuk membangkitkan rasanya yang gurih dan khas.

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • ½ buah bawang bombay, dicincang
  • 150g udang kecil, dikupas dan diiris kasar
  • 1 sendok makan ebi, direndam dan dihaluskan
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kaldu jamur
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Garam secukupnya
  • 2 butir telur, dikocok
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil
  • Minyak sayur
  • Minyak wijen

Cara membuat :

  • Panaskan minyak dan 1 sendok teh minyak wijen untuk menumis. Masukkan bawang putih, dan bawang bombay. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Masukkan potongan udang dan ebi, kemudian aduk-aduk hingga warnanya berubah.
  • Masukkan nasi dan tambahkan kecap asin, kaldu jamur, saus tiram, dan garam. Aduk-aduk hingga merata. Usahakan aduk dengan cepat diatas api panas.
  • Tuangkan telur yang sudah dikocok diatas nasi, aduk-aduk hingga telur seperti menyatu dengan nasi.
  • Tambahkan daun bawang, aduk-aduk.

 

5 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Sederhana untuk Anak Kos

Resep Nasi Goreng SederhanaResep Nasi Goreng Sederhana © 2022 eggs.ca

Disebut dengan resep nasi goreng yang cocok buat anak kos karena cuman memakai bahan sederhana., seperti bawang putih saja, penyedap dan boncabe untuk sensasi pedas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 piring penuh nasi putih
  • 1 butir telur
  • 1 buah wortel ukuran sedang/kecil
  • 2 lembar daun kol
  • 2 siung bawang putih
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • 1 sachet Boncabe (opsional)

Cara membuat :

  • Cuci bersih bawang putih, wortel dan kubis, kemudian wortel dipotong dadu dan kubis diiris sesuai selera. Iris tipis bawang putih.
  • Panaskan minyak, kemudian pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Kemudian tumis bawang putih, setelah aroma wangi tercium tambahkan wortel dan aduk aduk. Kemudian tambahkan kubis yang sudah diiris dan aduk aduk hingga merata.
  • Tambahkan nasi dan aduk aduk hingga merata. Kemudian tambahkan garam, kecap, boncabe, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk aduk lagi hingga semua bumbu sudah merata.
  • Nasi goreng sederhana ala anak kos siap dihidangkan!

6 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Rice Cooker

Resep Nasi Goreng SederhanaResep Nasi Goreng Sederhana © pexels.com/Djoan

Nggak ada bumbu dapur dan cuman punya rice cooker doang sebagai alat masak, tapi pengen bikin nasi goreng? Resep nasi goreng ini bakalan menyelamatkanmu nih!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 2 cup beras
  • 1 sachet bumbu nasi goreng instan
  • Garam secukupnya
  • Sosis/bakso/daging menyesuaikan selera

Cara membuat

  • Cuci beras hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam rice cooker, tuangkan air secukupnya dan tekan tombol cook. Tunggu hingga keluar asap dalam keadaan mendekati matang.
  • Tambahkan bumbu nasi goreng instan, garam secukupnya, dan aduk hingga merata.
  • Kemudian masukkan bahan tambahan seperti sosis atau bakso atau daging yang sudah diiris sesuai selera. Aduk kembali.
  • Tunggu hingga matang dan diamkan selama beberapa menit.
  • Nasi goreng sederhana ala rice cooker siap dihidangkan!

 

7 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng ala Resto Solaria

Resep Nasi Goreng SolariaResep Nasi Goreng Solaria © youtube.com/Devina Hermawan

Resep nasi goreng yang satu ini dijamin mirip banget dengan yang biasa kamu santap di restoran terkenal tersebut. Diracik oleh Devina Hermawan, resep ini adalah salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan.

Bahan :

  • 2 porsi nasi
  • 2 butir telur
  • 4 bakso ikan, potong
  • 50 gram ayam, potong dadu
  • 6 ekor udang, kupas
  • 3 siung bawang merah, parut
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 2 batang daun bawang, potong
  • 1 cabai merah
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2-1 sdm gula
  • 1/2 sdt merica
  • Penyedap
  • 1/2 sdm margarin
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat :

  • Panaskan wok dengan api besar, tuang minyak lalu tumis ayam dan udang kemudian aduk dan masukkan bakso ikan masak sebentar lalu sisihkan.
  • Gunakan wok yang sama, gunakan api besar dan tuang minyak lalu orak-arik telur hingga kering dan minyak berbuih kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih parut lalu tumis hingga wangi.
  • Masukkan kecap ikan, bakso ikan, udang, ayam, cabai, dan daun bawang lalu tumis sebentar.
  • Masukkan nasi, kecap asin, kecap manis, saus tiram, gula, merica, saus tiram, dan penyedap kemudian aduk sampai
  • Masukkan daun bawang bagian hijau dan margarin, aduk rata lalu matikan api. Siap disajikan.

8 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Telur Cuman 10 Menit

Resep Nasi Goreng Telur Cuman 10 MenitResep Nasi Goreng Telur Cuman 10 Menit © Youtube.com/Devina Hermawan

Resep nasi goreng dari Devian Hermawan ini ini cuman membutuhkan waktu sekitar 10 menit aja nih. Bikin yuk!

Bahan:

  • 3 butir telur omega
  • 350 gr nasi putih matang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang ukuran sedang
  • ½ buah jagung
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt kecap ikan
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdt gula
  • ½ sdt kaldu bubuk / penyedap
  • ¼ sdt merica
  • Minyak untuk menumis.

Cara membuat :

  • Cincang bawang putih, iris daun bawang, dan pipil jagung
  • Pisahkan kuning telur dengan putih telur lalu campurkan nasi ke dalam kuning telur, aduk rata
  • Panaskan sedikit minyak, masukkan putih telur, aduk hingga wangi lalu masukkan bawang putih dan daun bawang bagian putih, aduk rata
  • Masukkan nasi, aduk rata kemudian masukkan kecap asin dan kecap ikan, aduk rata
  • Tambahkan gula, merica, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata
  • Tambahkan jagung dan sisa daun bawang, aduk. Koreksi rasa lalu sajikan.

9 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Jawa

Resep Nasi Goreng JawaResep Nasi Goreng Jawa © asianinspirations.com.au

Salah satu yang khas dari resep nasi goreng Jawa ini adalah keberadaan terasi dan juga kemiri yang menambah rasa sedap dalam masakan.

Bahan-bahan :

  • 2 piring nasi
  • garam, penyedap rasa, merica secukupnya

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri sangrai
  • 3 buah cabe merah iris2
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 1/2 sachet terasi
  • kecap manis sesuai selera

Bahan tambahan :

  • Sosis iris tipis
  • Ayam suwir (optional)
  • Telur ceplok
  • Sayuran hijau
  • Timun
  • Bawang goreng
  • Kerupuk

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan sosis, ayam suwir, irisan cabe lalu aduk rata
  • Masukkan sayuran, aduk, tambahkan nasi lalu aduk sambil ditekan agar nasi tidak bergerindil. Ratakan, tambahkan kecap manis, garam, lada, penyedap rasa dan aduk terus kembali. Koreksi rasa, bil sudah pas, matikan kompor dan siap disajikan.

10 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Rawon

Resep Nasi Goreng RawonResep Nasi Goreng Rawon © asianfoodnetwork.com

Apa jadinya masakan dari gabungan nasi goreng serta rawon? Hidangan bercita rasa unik ini adalah nasi goreng yang dimasak dengan bumbu kluwek dan rempah khas rawon lainnya seperti sereh, kunyit dan juga jahe. Bukan cuman rasanya aja yang unik, tapi penampilannya juga menarik.

Cobain resep nasi goreng rawon dari Asian Food Network berikut ini yuk!

Bahan :

  • 500 gr nasi putih
  • 300 gr daging sapi
  • emping / kerupuk secukupnya

Bumbu Halus A :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt jinten
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 sdt lada putih
  • 1 ½ sdt ketumbar
  • 2 buah cabe merah besar

Bumbu Halus B :

  • 70 gr kluwek
  • 2 batang sereh, geprek
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 ruas jari lengkuas, geprek

Bumbu Nasi Goreng :

  • 3 sdt kaldu bubuk
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam

Pelengkap :

  • 5 siung bawang merah (slice tipis)
  • 1 batang daun bawang (slice tipis)
  • 30 gr kecambah
  • 2 butir telur asin (optional)

Cara membuat :

  • Siapkan bumbu rawon terlebih dahulu dengan menghaluskan bahan B panaskan minyak dalam wajan. Masukan rempah dan tumis sampai matang atau sampai minyaknya keluar.
  • Blender bahan A, trus masukan ke dalam bumbu tumisan dan tumis kembali sampai matang. Angkat lalu sisihkan.
  • Gunakan wajan baru, panaskan minyak goreng trus masukkan bawang merah slice. Tumis sampai harum, masukkan daging sapi, tumis lagio sampai daging matang. Tambahkan 2 sdm bumbu rawon, aduk lagi sampai rata.
  • Kemudian masukkan nasi dan aduk lagi, kecilkan api trus tambahkan bahan seasoning dan aduk lagi sampai rata. Koreksi rasa, angkat, sajikan.

 

11 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Jawa Magelangan

Respe Nasi Goreng Jawa MagelanganRespe Nasi Goreng Jawa Magelangan © IG:@tiyarahmatiya via ResepKoki

Yang bikin beda dari resep nasi goreng Jawa Magelkangan yakni ada tambahan mie instan, bawang, telur dan kecap yang dimasak menjadi satu dalam wjan.

Bahan:

  • 2 porsi nasi
  • 1 bungkus Indomie
  • 2 cabai merah keriting (iris)
  • 5 cabai rawit (iris)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • bumbu sajiku (secukupnya)
  • kecap manis (sesuai selera)
  • garam, penyedap (sesuai selera)
  • 5 buah bakso

Cara memasak:

  • Rebus Indomie, sisihkan.
  • Tumis bawang merah, bawang putih, dan dua cabai.
  • Masukkan irisan bakso.
  • Masukkan nasi dan Indomie.
  • Beri bumbu sajiku dan kecap manis sesuai selera. Aduk rata, masak hingga matang.
  • Sajikan dengan topping sesuai selera.

12 dari 12 halaman

Resep Nasi Goreng Semarang

Resep Nasi Goreng JawaResep Nasi Goreng Jawa © Tripadvidor.com/Kraton Resto

Irisan babat adalah khas dari resep nasi goreng Jawa Semarangan ini. Cocok nih buat kamu yang punya stok babat dan bingung mengolahnya.

Bahan:

  • nasi putih
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 sdm air kaldu sapi
  • 6 sdm kecap manis
  • 1 batang daun bawang
  • garam
  • lada
  • minyak goreng
  • Rebusan babat:
  • 300 gram babat sapi
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm garam

Cara memasak:

  • Rebus babat, beri bawang putih, daun salam, jahe, dan garam. Rebus hingga empuk, tiriskan lalu potong kecil. Sisihkan.
  • Tumis bawang merah, masukkan babat.
  • Tuang air kaldu, masak hingga bumbu meresap.
  • Tambahkan nasi, aduk rata.
  • Beri garam dan lada sesuai selera. Aduk rata.
  • Tuang kecap, aduk lagi.
  • Sajikan nasi dengan irisan daun bawang, telur ceplok dan taburan bawang goreng

Resep nasi goreng spesial yang udah Diadona tulis barusan bikin nasi gorengmu terasa sangat berbeda dari yang biasanya. Kalau nggak percaya, cobain aja!

Penulis : Syafna Nadya Fatmaturrida

Beri Komentar