11 Resep Tempe Orek ala Warteg, Menu Sederhana Penyelamat Tanggal Tua

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 8 Agustus 2022 17:03
11 Resep Tempe Orek ala Warteg, Menu Sederhana Penyelamat Tanggal Tua
Kamu pasti sudah punya resep tempe orek favoritmu sendiri -sendiri tapi nggak ada salahnya buat mengintip deretan yang satu ini

Bumbunya sederhana dengan proses memasak yang udah dan cepat, tempe orek adalah menu masakan sehari-hari yag banyak banget dibuat. Dengan resep tempe orek yang bisa berbeda pada setiap orang, kamu bisa menirunya untuk mendapatkan sensasi yang berbeda pada atu jenis sajian. Contohnya nih, tempe orek basah dan kering atau tempe orek dengan bumbu tumis atau bumbu ulek. Atau ada pula tempe orek dengan penambahan teri hingga udang.

Tempe orek biasa disajikan sebagai pendamping atau menu utama itu sendiri. Misalnya, tempe orek sebagai pelengkap nasi uduk hingga nasi kuning. Menu ini juga biasanya bisa dengan udah kita temui di warteg kan? Harganya yang murah bisa jadi penyelamat kita di saat tanggal tua melanda.

Bikin dari resep tempe orek berikut ini yuk!

1 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Bumbu Simple

Resep Tempe Orek Bumbu SimpleResep Tempe Orek Bumbu Simple © instagram.com/uminyanada.kitchen

Hanya dengan tempe dan beberapa bumbu simple yang pasti ada di rumah, jadi deh menu makan sedap penyelamat tanggal tua.

Bahan:

  • 1 papan tempe
  • Seruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • Kecap secukupnya
  • Sedikit air
  • Garam
  • Gula

Bumbu Iris:

  • 6 buah cabe hijau besar
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah

Cara Membuat:

  • Potong dadu tempe, goreng hingga kering, sisihkan.
  • Tumis bumbu iris, lengkuas dan daun salam sampai harum, masukan kecap aduk rata sampai mengental.
  • Masukan tempe kemudian aduk-aduk lalu tambahkan air sedikit gula dan garam aduk hingga kecap tercampur rata, koreksi rasa, angkat.

2 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Garing

Resep Tempe Orek GaringResep Tempe Orek Garing © instagram.com/mattan_chai

Resep orek tempe garing ini cocok baget buat disimpan lama dan jadi stok masakan yang enak walaupun dimakan dengan nasi putih saja.

Bahan :

  • Tempe setengah batang ukuran besar. Iris, taburi sedikit garam lalu goreng dengan api kecil sampai garing,sisihkan.
  • Sedikit kacang tanah, goreng
  • Teri ukuran besar, goreng

Bumbu:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe kriting merah, iris
  • 10 buah cabe kriting ijo, iris
  • 3 lembar daun salam
  • Penyedap
  • 1 sdm sisiran gula merah
  • 1 sdm gula putih
  • 1/2 sdt garam
  • Sedikit asam jawa
  • 1 sdm kecap kental

Cara membuat :

  • Tumis bawang sampia wangi dan agk kering, masukan seluruh cabe yang sudah diiris lalu aduk dengan api kecil.
  • Masukan bumbu yang tersisa, aduk, tambahkan tempe, kacang dan teri lalu aduk kembali dan masak sampai bumbu meresap.
  • Koreksi rasa dan sajikan.

3 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Sederhana

Resep Tempe Orek SederhanaResep Tempe Orek Sederhana © Instagram/@yoanitasavit

Nah kalau resep tempe orek ini cuman pakai bawang merah dan bawang putih saja. Rasa sedap dari sajian akan hadir dari beragam saus yang ditambahkan.

Bahan:

  • Tempe
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • Garam secukupnya

Bahan saus:

  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 3 sdm air matang

Cara membuat:

  • Potong tempe, goreng hingga kecokelatan. Sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  • Tambahkan semua bahan saus, masukkan tempe aduk rata hingga bumbu meresap.
  • Koreksi rasa, tambahkan garam jika kurang asin.
  • Angkat dan sajikan hangat.

4 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Ayam Suwir

Resep Tempe Orek Ayam SuwirResep Tempe Orek Ayam Suwir © Cookpad.com/Ihdanas

Ada ayam sedikit boleh banget dicampurkan dalam resep tempe orek seperti hidangan Ihdanas berikut ini.

Bahan:

  • 1 potong ayam goreng, suwir
  • 1 papan tempe, potong kecil sedikit memanjang
  • 3 siung bawang merah, iris
  • 1 siung bawang putih, iris
  • 5 buah cabai rawit orange
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • secukupnya Garam dan kaldu bubuk

Cara membuat :

  • Goreng tempe sampai berkulit, sisihkan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, tambahkan irisan cabai. Tumis sampai cabai layu.
  • Masukkan sedikit air, bumbui dengan garam, gula, kecap dan saus tiram. Masukkan tempe dan suwiran ayam. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Koreksi rasa. Sajikan

5 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Tanpa Minyak

Resep Tempe Orek Tanpa MinyakResep Tempe Orek Tanpa Minyak © Cookpad.com/Mutabikh Uwmi

Tempe memiliki banyak manfaat buat kesehatan yang cocok buat diet. Hidangan ini lebih sempurna lagi untuk tujuan tersebut bila dimasak tanpa menggunakan minyak.

Bahan :

  • 1 papan tempe (potong dadu)

Bahan bumbu iris :

  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe rawit merah
  • 1 batang serai (ambil batang putihnya)
  • 1 sdm kecap asin
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdm saus tiram

Cara membuat :

  • Panaskan teflon anti lengket, panggang tempe hingga kecoklatan dan harum. Angkat dan sisihkan
  • Iris seluruh bumbu, tumis di teflon tanpa menggunakan minyak yah! Tambahkan tempe dan bumbu lainnya, aduk rata, beri air dan masak sampai air menyusut.
  • Koreksi rasa dan sajikan.

6 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Basah Bumbu Ulek

Resep Tempe Orek Basah Bumbu UlekResep Tempe Orek Basah Bumbu Ulek © Cookpad.com/Susan Mellyani

Menggunakan bumbu ulek, memiliki cita rasa yang khas dan sedap banget.

Bahan :

  • 1 papan tempe potong sesuai selera
  • 3 buah cabe ijo iris
  • Secukupnya kecap manis
  • Secukupnya gula,garam,penyedap
  • Secukupnya air

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 buah tomat
  • 3 buah cabe merah kriting/cabe rawit
  • 2 butir kemiri
  • 1/4 sdt ketumbar

Cara membuat :

  • Goreng tempe yang sudah dipotong dalam minyak panas hingga matang. Goreng jangan sampai kering
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, lalu tuangi air secukupnya, tambahkan kecap manis, gula, garam dan penyedap, tes rasanya
  • Masukan tempe dan cabe hijau lalu aduk hingga rata dan bumbu meresap, angkat dan sajikan

7 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Basah

Resep Tempe Orek BasahResep Tempe Orek Basah © shutterstock.com/amalliaeka

Tempe orek basah cocok banget disantap dengan sayur bayam dan hidangan lainnya. Sebagai pelegkap nasi uduk juga enak banget kok!

Bahan :

  • 1 papan tempe, potong dadu
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air
  • 100 ml minyak goreng

Bumbu Iris :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 buah cabai hijau besar
  • 5 buah cabai merah keriting

Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar

Cara membuat :

  • Goreng tempe hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu iris, lengkuas, daun salam, dan serai hingga setengah layu. Masukkan bumbu halus. Tumis sampai harum.
  • Tambahkan garam, kecap manis, saus tiram, dan gula merah. Aduk rata.
  • Lanjutkan dengan memasukkan air sesuai selera. Masak sampai mendidih.
  • Masukkan tempe. Masak sampai bumbu meresap. Koreksi rasa, angkat dan sajikan.

8 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Pedas

Resep Tempe Orek PedasResep Tempe Orek Pedas © via Merdeka.com

Irisan cabai merah pada resep tempe orek ini bikin pedasnya makin terasa nih!

Bahan:

  • 1 papan tempe, potong dadu
  • 2 lembar daun salam
  • 1 serai geprek
  • 1 cm lengkuas, geprek
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus sambal
  • Garam, kaldu dan gula

Bumbu iris:

  • 10 buah cabai rawit
  • 5 cabai keriting
  • 8 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Tumis bumbu iris sampai harum.
  • Masukkan salam, serai, lengkuas.
  • Masukkan tempe. Beri kecap, saus sambal, gula, kaldu dan garam.
  • Koreksi rasa.
  • Siap disajikan

9 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Pedas Manis

Resep Tempe Orek Pedas ManisResep Tempe Orek Pedas Manis © instagram.com/Cynthiahali

Rasa manis yang ada pada tempe orek ini menyeimbangkan rasa pedasnya, membuatnya makin nikmat disantap.

Bahan :

  • 1 papan tempe, potong kotak, goreng jangan terlalu kering
  • 2 cabai merah keriting, iris
  • 1 cabai hijau besar, iris
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • 5 bawang merah, iris
  • 4 bawang putih, iris
  • Kecap sesuai selera
  • Gula aren, haluskan
  • 2 sdm saus tiram
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • Minyak untuk menggoreng tempe dan menumis
  • Air secukupnya
  • Garam
  • Lada

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau. Masukkan daun jeruk, salam, lengkuas.
  • Tambahkan air secukupnya, masukkan saus tiram, kecap, gula aren, garam, lada.
  • Masukkan tempe yang sudah digoreng. Aduk. Koreksi rasa.
  • Sajikan.

10 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek Teri

Resep Tempe Orek TeriResep Tempe Orek Teri © Cookpad.com/Erna's kitchen

Salah satu tips dari resep tempe orek dengan teri ini adalah agar tempe tetap renyah, usahakan untuk menggoreng tempe hingga benar-benar kering dan simpan di wadah yang tertutup rapat.

Bahan :

  • 2 papan Tempe, potong kecil
  • 100 gram kacang tanah
  • 100 gram teri jengki
  • 3 lembar daun jeruk

Bumbu halus :

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • secukupnya garam, kaldu bubuk dan gula pasir

Cara membuat :

  • Goreng tempe dan teri jengki hingga kering. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga benar benar harum dan matang. Masak sampai berserabut agar lebih awet.
  • Masukkan teri dan tempe, tambahkan garam, gula dan penyedap serta aduk sampai bumbu rata lalu matikan api.

11 dari 11 halaman

Resep Tempe Orek dengan Udang

Resep Tempe Orek dengan UdangResep Tempe Orek dengan Udang © instagram.com/lieai111

Bikin menu makan yang menggiurkan dengan resep di bawah ini yuk!

Bahan :

  • 1 papan tempe
  • 200 gram udang
  • 4 sdm minyak goreng
  • gula pasir secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 15 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 10 buah cabai hijau
  • 2 cm lengkuas

Cara membuat :

  • Cuci bersih udang dan goreng tempe ampai matang keemasan
  • Haluskan bumbu halus sementara bahan lainnya diiris.
  • Tumis bumbu halus di minyak panas hingga matang, masukkan irisan cabe hijau, tambahkan lengkuas, masak sebentar dan masukkan udang.
  • Masukkan tempe ke dalam wajan, tambahkan kecap manis, gula dan garam lalu aduk sampai bumbu tercampur dan meresap serta kuahnya mendidih.
  • Koreksi rasa, angkat dan sajikan.

Resep orek tempe kayanya harus ada dalam daftar menu maskaan rumahan sehari-hari deh.

Beri Komentar