11 Resep Bihun Kuah Beragam Cita Rasa yang Sederhana, Gampang Dibuat dan Ekonomis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 24 Oktober 2022 10:10
11 Resep Bihun Kuah Beragam Cita Rasa yang Sederhana, Gampang Dibuat dan Ekonomis
Resep bihun kuah ini menggunakan bahan-bahan dan proses memasak yang simple pol!

Ngomongin bihun nih, ini adalah jenis mie dengan rasa yang ringa, bentuk tipis dan berwarna putih yang cantik. Rasanya hampir plain dengan tekstur yang kenyal. Biasanya nih bihun diolah dengan ditumis menggunakan bumbu atau juga dengan resep bihun kuah yang sedap.

Resep bihun kuah bisa jadi pilihan one dish meal yang bisa kamu siapkan dalam waktu sekejap. Tambahkan dengan bahan lain favorit kamu atau bumbu kesukaan maka jadi deh satu sajian yang nggak cuman enak tapi juga udah memenuhi nutrisimu.

 

1 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Tomyam

Resep Bihun Kuah TomyamResep Bihun Kuah Tomyam © 2022 cookpad.com/Susan Mellyani

Rasa pedas dan asam dari resep bihun tomyam ini bikin hidangan kamu terasa segar

Bahan :

  • 1 pack bihun AAA seduh air panas tiriskan
  • 1 kuntum pokcoy rebus
  • Secukupnya basko seafood
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • 4 lembar daun jeruk sobek-sobek
  • 2 batang sereh geprek
  • 1,5 liter air

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 10 buah cabe merah keriting
  • sesuai selera garam, gula, kaldu jamur

Cara Membuat

  • Didihkan air di panci
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukan sereh, daun jeruk, tumis hingga bumbu matang
  • Setelah bumbu matang masukan tumisan bumbu ke air yang sudah mendidih, beri garam, kaldu jamur dan gula secukupnya, koreksi rasanya
  • Masukan aneka bakso seafood, biarkan hingga bakso matang, beri air jeruk nipis, matikan api
  • Tata bihun AAA dan pokcoy di mangkuk saju,siram dengan kuah tomyam berikut baksonya, sajikan selagi hangat.

2 dari 11 halaman

Bihun Kuah Asam Pedas Segar

Resep Bihun Kuah Asam Pedas SegarResep Bihun Kuah Asam Pedas Segar © 2022 cookpad.com/Lisda Trijianto

Sama-sama bercita rasa asam dan segar dengan bihun tomyam, resep bihun kuah ini nggak menggunakan kemiri namun ditambah dengan saus tomat.

Bahan:

  • 1 lembar bihun jagung
  • 1/2 potong kembang kol, potong korek api
  • 2 buah bakso, belah jadi 6 bagian
  • 1 buah tomat
  • 1 butir telor
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdm saos raja rasa
  • 10 buah cabe rawit merah, iris
  • 10 buah cabe rawit hijau, biarkan utuh
  • Secukupnya air
  • Secukupnya garam, gula, lada dan kaldu bubuk
  • Bawang goreng

Bahan tumis :

  • 3 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat

  • Rebus sebentar mie bihunnya hingga setengah lunak. Sisihkan.
  • Tumis bawang merah, bawang putih dan daun jeruk hingga harum dengan sedikit minyak. Lalu segera tambahkan air 
  • Tambahkan baso, cabe rawit merah, kembal kol, tomat, biarkan sampai mendidih. Masukkan telur, aduk aduk hingga telur hancur dan biarkan matang.
  • Kecilkan api, beri gula, garam, lada, kaldu bubuk dan saos raja rasa. Aduk, koreksi rasa. Masukkan bihun, masak hingga bihun matang sempurna..
  • Terakhir tambahkan potongan daun bawang, perasan jeruk nipis dan cabe hijau rawit. Aduk sebentar dan matikan api.
  • Tata dalam mangkok, taburi dengan bawang goreng.

3 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Pedas

Resep Bihun Kuah PedasResep Bihun Kuah Pedas © 2022 cookpad.com/Renie Wisra

Dengan rasa pedas, resep bihun kuah ini pas banget di-recook ketika hujan.

Bahan :

  • 100 gr super bihun aaa
  • 3 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
  • 2 buah cabe merah keriting, haluskan/iris
  • 3 batang sawi hijau, potong potong
  • 2 batang daun bawang dan seledri, iris
  • 350 ml air, saya air kaldu ayam
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • Secukupnya udang dan baso
  • Secukupnya garam, gula, lada bubuk, kaldu jamur
  • Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat

  • Seduh super bihun dengan air mendidih selama kurang lebih 5 menit lalu tiriskan.
  • Tumis sampai harum bawang merah, bawang putih dan cabe merah yang sudah dihaluskan lalu masukkan udang dan bakso. Aduk aduk sampai udang berubah warna.
  • Tambahkan air, tunggu mendidih kemudian masukan sawi, daun bawang dan seledri. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur, lada bubuk, kecap asin dan minyak wijen secukupnya. Koreksi rasa.
  • Tata secukupnya bihun dalam mangkuk lalu siram dengan kuah pedas yang sudah mendidih tadi. Tabur bawang goreng dan beri perasan jeruk nipis bila suka Sajikan hangat.

4 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah ala Kaki Lima

Resep Bihun Kuah ala Kaki LimaResep Bihun Kuah ala Kaki Lima © 2022 cookpad.com/Angeline Hosen

Penasaran nggak sih seperti apa resep bihun kuah yang dijual abang-abang?

Bahan-bahan :

  • 1 keping bihun jagung
  • 3 bakso sapi, iris, ganti daging yang lain
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 ikat caisim, iris
  • 1 buah tomat merah, belah 6
  • 2 sdm kecap manis
  • 500 ml
  • Secukupnya garam, gula pasir, lada bubuk, dan kaldu jamur
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Bumbu halus :

  • 3 buah cabe merah keriting
  • 2 bawang putih
  • 3 bawang merah
  • 2 kemiri, sangrai
  • 1 sdm ebi, sangrai
  • Bahan pelengkap
  • Bawang goreng

Cara Membuat

  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bakso/daging masak hingga matang. Tambahkan telur, masak orak-arik.
  • Masukkan air masak hingga mendidih. Tambahkan caisim dan tomat, beri bumbu lainnya dan koreksi rasa.
  • Rebus bihun jagung 2-3 menit. Tiriskan dan taruh dalam mangkuk, siram dengan kuah tek tek.

5 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Jjampong

Resep Bihun Kuah JjampongResep Bihun Kuah Jjampong © 2022 cookpad.com/anakimmy

Jjamppong adalah mie kuah pedas Korea yang dicampur dengan makanan laut dan gochugaru. Berbumbu seperti masakan Korea, seperti apa resep bihun kuah ini?

Bahan :

  • 50 gram bihun
  • 250 gram udang
  • 100 gram sawi putih
  • 5 buah telur puyuh rebus
  • Irisan bawang daun secukupnya

Bahan kuah:

  • 400 mL air
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 cm jahe, cincang halus
  • 1 sdm bubuk cabe
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1/4 sdt kaldu ayam
  • secukupnya Garam dan lada bubuk

Cara Membuat

  • Rebus bihun hingga empuk dan siapkan semua bahan lainnya
  • Tumis bawang putih dan jahe hingga harum
  • Lalu masukan udang dan air. Biarkan hingga mendidih
  • Beri saus, garam, kaldu, lada dan bubuk cabe ke dalam kuah
  • Terakhir, masukan sawi putih. Cukup 2 menit, angkat kuah jjampong
  • Untuk penyajian: siapkan bihun, telur puyuh dan irisan bawang daun dalam mangkuk. Lalu siramkan kuah jjampong

6 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Rempah

Resep Bihun Kuah RempahResep Bihun Kuah Rempah © 2022 instagram.com/dapurfoody/

Bumbu rempah seperti jahe dan kayu manis ditambahkan pada resep bihun kuah ini untuk meningkatkan cita rasanya.

Bahan:

  • 250 gram bihun
  • 100 gram kol
  • 200 gram daging rebus sapi sandung lamur
  • 1 l air
  • 2 sdm minyak goreng
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, memarkan
  • ½ buah bawang bombai, iris tipis
  • 1 cm kayu manis
  • ½ buah pekak
  • ½ sdt bubuk merica
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya

Pelengkap:

  • 4 buah cabai rawit merah, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 buah jeruk nipis

Cara Membuat:

  • Rendam bihun dengan air panas hingga lunak, tiriskan. Sisihkan.
  • Rebus daging dengan api sedang sampai daging empuk. Angkat daging, iris bentuk korek api. Masukkan kembali daging ke dalam air rebusan.
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombai sampai harum. Masukkan kayumanis, pekak, merica bubuk, kecap asin, gula, dan garam, aduk rata. Angkat.
  • Tuang tumisan ke dalam air rebusan daging. Didihkan kembali. Angkat.
  • Susun bihun dan kol dalam mangkuk, tuang kuah dan dagingnya. Taburi cabai rawit, daun bawang, dan perasan jeruk nipis.

7 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Udang Bakso

Resep Bihun Kuah Udang BaksoResep Bihun Kuah Udang Bakso © 2022 instagram.com/luis_widarto/

Ditambah udang serta bakso yang kenyal namun lembut, bikin kuah pada resep bihun ini makin terasa sedap

Bahan :

  • 4 buah bakso sapi
  • 70 gr bihun, rebus, tiriskan
  • 3 ekor udang, kupas
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap manis
  • garam dan kaldu bubuk secukupnya
  • 500 ml air kaldu sapi
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap :

  • pokcoy rebus
  • daun bawang
  • potongan cabe rawit

Cara Membuat :

  • Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan udang, tumis kembali sampai udang berubah warna.
  • Selanjutnya masukkan air kaldu dan semua sisa bahan, aduk rata, biarkan mendidih, cicipi rasa, angkat.
  • Tuang bihun bakso kedalam mangkuk saji, lalu tambahkan dengan bahan pelengkap, sajikan.

8 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Nyemek

Resep Bihun Kuah NyemekResep Bihun Kuah Nyemek © 2022 instagram.com/mamasupersekali/

Kuahnya tak terlaku banyak namun tetap terasa sedap dan segar

Bahan :

  • 1 keping bihun
  • 3sdm minyak ayam
  • 2 sdm mentega/ minyak goreng
  • 6 bakso sapi
  • 6 bakso keju
  • 100gram ayam suwir
  • 15ekor udang
  • 6 lembar sawi hijau, rajang kasar
  • 2 batang daun bawang rajang
  • 2 buah rawit iris
  • 800ml air

Bumbu iris;

  • 4 bawang merah
  • 2 bawput cincang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt gula putih

Cara membuat :

  • Panaskan minyak ayam, masukan bawang putih dan bawang merah, lalu udang, 
  • Aduk hingga matang, beri air 800ml, masukan bakso dan bumbu, 
  • Setelah mendidih test rasa, masukan kepingan bihun, ayam suwir, bawang daun, sawi dan rawit
  • Aduk sebentar, angkat dan sajikan.

9 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Sederhana

Resep Bihun Kuah SederhanaResep Bihun Kuah Sederhana © 2022 via instagram.com/nusantararesepmasakan1/

Cuman haluskan dua bawang dan pakai beberapa jenis saus, jadi deh resep bihun kuah yang sederhana ini.

Bahan-bahan

  • 200 gram bihun, seduh air panas lalu tiriskan
  • 100 gram ayam suwir
  • 2 butir telur
  • 4 lembar sawi hijau, potong-potong
  • 4 lembar daun kol, iris tipis
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 batang daun seledri, iris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm kecap manis
  • 400 ml kaldu ayam
  • 2 sdm minyak goreng

bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sdt ebi
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula

Cara Membuat :

  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Sisihkan di pinggir wajan.
  • Pecahkan telur lalu buat orak-arik, di wajan yang sama.
  • Masukkan suwiran ayam, sawi, kol dan tomat. Aduk rata.
  • Masukkan saus tiram, saus sambal, kecap dan kaldu. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
  • Masukkan bihun, daun bawang, dan seledri. Aduk rata dan masak sebentar. Koreksi rasanya. Angkat.
  • Siap disajikan.

10 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah ala Thailand

Resep Bihun Kuah ala ThailandResep Bihun Kuah ala Thailand © 2022 instagram.com/dapurfoody/

Rasa khas dari daun ketumbar menciptakan sensasi khas Thailand pada resep bihun kuah berikut ini.

Bahan :

  • 300 gram bihun
  • 500 ml air untuk merebus bihun
  • 200 gram daging dan kulit ayam
  • 1 bungkus tahu jepang, iris bulat
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis
  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • 2 tangkai daun bawang, potong 1 cm
  • 400 ml air
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt kaldu ayam instan
  • 1 sdt garam
  • 3 tangkai daun ketumbar, iris beserta batangnya
  • 3 lembar caisim, potong-potong

Cara Membuat:

  • Didihkan air, lalu masukkan bihun. Aduk dan tunggu sampai layu, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Goreng daging ayam sampai kuning. Angkat lalu suwir-suwir. Sisihkan. Goreng tahu jepang, sisihkan.
  • Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang putih dan daun bawang sampai harum. Beri air, kecap ikan, kaldu ayam instan, dan garam. Masukkan daun ketumbar dan caisim. Didihkan sebentar, kemudian angkat.
  • Masukkan bihun rebus ke dalam panci. Aduk sebentar, kemudian sajikan dengan taburan daging ayam suwir dan tahu jepang yang sudah digoreng.

11 dari 11 halaman

Resep Bihun Kuah Rumahan

Resep Bihun Kuah RumahanResep Bihun Kuah Rumahan © 2022 instagram.com/primakusumadewi/

Bahan:

  • 1 bungkus bihun jagung, rebus sampai matang
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 300 ml air
  • 4 buah bakso, belah jadi 4
  • 1 ikat pokcoy, potong-potong
  • bawang daun
  • garam, gula, kaldu jamur, merica

Cara Membuat:

  • Tumis bawang putih sampai wangi. Lalu orak arik telur.
  • Tuang air. Masukkan bakso, bihun jagung, pokcoy dan bawang daun. Masak sampai mendidih.
  • Tambahkan garam, gula, kaldu jamur dan merica. Jangan lupa test rasa. Masak sebentar lalu matikan api.

Kamu jadi harus sedia stok bihun yang banyak biar gampang re-cook resep bihun kuah di atas nih!

Beri Komentar