Cara Membuat Ayam Kecap Plus Rahasia Agar Daging Empuk serta Bumbu Meresap

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 22 Desember 2020 14:02
Cara Membuat Ayam Kecap Plus Rahasia Agar Daging Empuk serta Bumbu Meresap
Cara membuat ayam kecap perlu tips khusus nih agar bumbu kecap yang meresap hingga ke daging yang juicy..

Cara membuat kecap untuk ayam bumbu ini ada banyak variasi teknik dan bumbu yang digunakan, meski tetap sih menggunakan bahan dasar yang sama yakni kecap dan bawang. Kelezatannya tergantung pada rasa kecap yang digunakan, komposisi bumbu dan tentu aja gimana bumbu merseap ke dalam daging ayamnya.

Coba deh bayangin manis legitnya kecap dalam daging ayam yang empuk. Menggugah selera banget kan? Ayam kecap adalah salah satu menu olahan ayam yang paling mudah disajikan, sederhana dan praktis. Kamu bisa menggunakan bumbu dasar yang ada di dapur, atau melengkapinya dengan rempah tambahan untuk membuatnya lebih kaya rasa.

Kalau kamu searching gimana cara membuat ayam kecap di internet, kamu akan menemukan bantak banget variasi resep dan cara membuatnya. Mana nih yang paling enak? Semuanya tergantung selera kamu.

Ada cara membuat ayam kecap yang dilakukan dengan merebus potongan ayamnya terlebih dahulu sampai empuk, ada juga yang menggorengnya setengah matang atau ada juga nih yang memasak ayam mentah beserta bumbunya hingga matang. Meski begitu, semua tergantung pada selera masing-masing.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk sini kepoin gimana resep dan cara membuat ayam kecap berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Ayam Kecap

Cara Membuat Ayam KecapCara Membuat Ayam Kecap © 2020 cheche_kitchen via masakanmama.com/

Kalau kamu bingung akan mempraktikkan resep ayam kecap yang mana nih, coba deh ikuti resep dan cara membuat ayam kecap dari Agnes J.R berikut ini.

Bahan:

  • 1 kg ayam, potong sesuai selera trus rebus sampai empuk
  • 5 siung bawang merah, haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdm kecap
  • merica bubuk
  • penyedap rasa
  • minyak goreng atau margarin

Cara membuat ayam kecap

  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum,bisa dengan menggunakan margarin atau cukup dengan minyak aja kok. T
  • rus masukkan juga bawang bombay dan tumi sampai harus dan kecoklatan.
  • Masukkan ayam, aduk.
  • Tambahkan berbagai bumbu seperti penyedap rasa, garam, kecap, trus beri satu gelas air putih.
  • Aduk rata, trus tutup wajan kira-kira selama 10 menit. Kalau udah, masukkan saos sesuai selera atau kalau kamu nggak suka, kamu bisa melewatkan bagian ini. Aduk dan tutup kembali selama sekitar 10 menit.
  • Buka tutup wajan dan koreksi rasa. Kamu bsia menambahkan bumbu apa yang menurut kamu masih kurang pas. Aduk lagi dan sajikan deh!

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Ayam Kecap ala Xander Kitchen

Cara Membuat Ayam KecapCara Membuat Ayam Kecap © 2020 masakapahariini.com/

Untuk kamu yang rajin banget mantengin resep di instagram, pasti familiar dengan sosok yang kerap membagikan resep makanan rumahan ini. Dalam menu ayam kecap ala Xander's Kitchen adalah salah satu menunya yang nggak boleh kamu lewatkan. Seperti apa nih?

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung (800 - 900 gr)
  • 2 lbr daun salam
  • Seruas lengkuas, geprek
  • 1 liter air
  • 4-5 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdm air asam jawa
  •  2 bh tomat hijau, potong2
  • 1 bh jeruk limau
  • secukupnya garam
  • secukupnya cabe rawit

Bumbu iris

  • 100 gr bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 bh cabe merah besar
  • 3 bh cabe hijau besar

Cara membuat ayam kecap ala Xander's Kitcehn

  • Siapkan wajan dan minyak panas, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, daun salam dan lengkuas hingga harum.
  • Selanjutnya masukkan ayam dan tumis sampai berubah warna. Dalam cara membaut ayam kecap ini, ayam yangd igunakan yakni yang masih mentah ya.
  • Selanjutnya tambahkan kecap manis, garam, gula pasir serta air asam jawa dan aduk sampai merata.
  • Masukkan air, masak sampai mendidih dengan api kecil dan air menyusut.
  • Jangan lupa masukkan tomat hijau dan juga cabe rawit trus masak lagi sampai kuahnya mengental dan ayam empuk serta matang.

3 dari 4 halaman

Tips dalam Cara Membuat Ayam Kecap yang Gurih dengan Bumbu Meresap

Salah satu indikator ayam kecap yang enak terletak pada bumbu kecapnya yang meresap hingga ke dalam daging. Nggak asal masukin kecap nih, namun ada tipsnya lho.

Menurut salah satu pakar kuliner Indonesia, William Wongso, ada cara khusus nih gimana agar kecap meresap dengan baik ke masakan, yakni dimasukkan ketika tahap akhir memasak. Dengan demikian, rasa kecap jadi nggak hilang karena bumbu yang lainnya.

Untuk masakan yang berkuah, misalnya, kecap sebaiknya dimtambahkan ke masakan setelah masuknya air dan juga kaldu. Kenapa demikian?

Karena bila kecap dibubuhkan dengan bumbu lainnya, maka akan membentuk karamel mengingat kecap memiliki kandungan gula yang tinggi. Dan dalam cara membuat ayam kecap, setelah kecap dan daging tercampur, masak keduanya dengan api kecil.

4 dari 4 halaman

Tips dan Cara Membuat Ayam Kecap Lebih Empuk

Cara Membuat Ayam KecapCara Membuat Ayam Kecap © 2020 resepkoki.id

Meski ayam telah matang, namun banyak penikmat yang menginginkan tekstur ayam tetap juicy dan empuk di bagian dalam. Ini nih tantangan yang harus dipenuhi.

Beberapa tips bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ayam tekstur tersebut. Lebih lanjut simak dalam ulasan berkut ini:

Kukus Daging Ayam dengan Daun Salam

Sebelum mencampukan ayam dengan bumbu kecap, kukus dulu daging ayam dengan tambahan daun salam sampai setengah matang.

Rebus Daging Ayam dengan Air Kelapa

Beberapa orang mempercaya kalau kandungan asam pada air kelapa bisa membantu mengempukkan daging ayam. Kukus sampai setengah empuk dan biarkan ayam dingin, lalu masak dengan bumbu kecap.

Rendam Daging Ayam dengan Air Panas

Bukannya dikukus atau direbus, namun cukup merendam daging ayam dengan air panas yang baru aja mendidih. Diamkan sampai air tersebut dingin, trus rebus kembali sampai ayam benar-benar empuk. Selanjutnya ayam bisa langsung dimasak dengan bumbu sebagai ayam kecap.

Beri Komentar