5 Resep Sosis Asam Manis Super Simple dan Ekonomis untuk Sarapan Anti Ribet

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 19 Oktober 2022 16:10
5 Resep Sosis Asam Manis Super Simple dan Ekonomis untuk Sarapan Anti Ribet
Bahan-bahan dan cara pembuatannya gampang banget nih!

Buka stok makanan dan cuman ada sosis doang? Yah, bosen banget nggak sih kalau cuman bikin sosis goreng? Nah Diadona punya nih salah satu lahan sosis yang enak, simpel dan ekonomis yakni resep sosis asam manis.

Bumbu yang digunakan super simple kok dengan cara buat yang cepat. Kamu bisa membuatnya sebagai menu sarapan anti ribet tapi tetap enak dan bergizi. Saus asam dan juga manisnya menyelimuti daging sosis yang kenyal dan lembut. Deretan resep sosis asam manis bisa kamu intip di bawah ini ya!

 

1 dari 5 halaman

Resep Sosis Asam Manis

Resep Sosis Asam ManisResep Sosis Asam Manis © instagram.com/aras_galery

Kamu cuman butuh bahan-bahan yang super sederhana untuk membuat resep sosis asam manis ini.

Bahan

  • 8 buah sosis sapi
  • 1 bombay
  • 2 cabe merah besar
  • 2 cabe hijau besar
  • 2 siung bawang putih ukr besar
  • 1 tomat merah 
  • saus tiram, kecap inggris, saus sambal, saus tomat, kecap manis dengan takaran sesuai selera ya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdm margarin
  • Garam 

Caranya

  • Potong sosis, kerat ujungnya jgn sampai putus
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih cincang sampai harum, masukkan potongan sosis dan tomat cincang, aduk-aduk sampai rata lalu masukkan sekitar segelas kecil air matang, bumbui semua saus, kecap, lada bubuk dan garam
  • Setelah air mulai susut, masukkan potongan cabe dan bombay, masak lagi sampai cabe dan bombay layu, koreksi rasa

2 dari 5 halaman

Resep Sosis Telur Asam Manis Ekonomis

Resep Sosis Telur Asam ManisResep Sosis Telur Asam Manis © cookpad.com/Bunda Ela

Tambahkan telur pada resep sosis asam manis ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisimu.

Bahan

  • 2 buah sosis, potong dan iris seperti cumi
  • 1 butir telur
  • 1/4 siung bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm larutan maizena

bahan saus :

  • 1/3 sdt garam
  • 1/3 sdt lada bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambel
  • 1 sdt saus tiram
  • 1 sdt kecap manis

Cara membuat :

  • Bikin orak arik telur, sisihkan
  • Tumis bawang hingga wangi, masukkan sosis. biarkan 1-2 menit
  • Masukkan bahan saus, aduk rata dan tambahkan air. Kentalkan dengan larutan maizena lalu masukkan telur orak arik. Aduk rata
  • Angkat dan siap dihidangkan

3 dari 5 halaman

Resep Sosis Bakso Sawi Asam Manis

Resep Sosis Bakso Sawi Asam ManisResep Sosis Bakso Sawi Asam Manis © cookpad.com/Indit Kurnianingtyas

Nggak perlu bikin menu sayur lagi deh kalau udah eksekusi resep sosis asam manis ini.

Bahan :

  • 6 buah sosis
  • 5 buah bakso
  • 3 buah rolade/galantin
  • 1 ikat sayur sawi
  • Gula
  • Garam
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus pedas
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap
  • secukupnya Lada

Bahan yang diiris :

  • 3 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1/2 bawang bombay
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai kriting

Cara Membuat

  • Tumis bahan potong-potong, kalau sudah harum, masukkan sosis, rolade dan baksonya
  • Masukkan saus tiram, saus tomat, saus pedas, kecap, gula, garam dan lada
  • Tambahkan air sedikit saja, masukkan sayur sawi, tunggu hingga agak layu dan berair. Cek rasa dan sajikan

4 dari 5 halaman

Resep Sosis Tahu Asam Manis Pedas

Resep Sosis Tahu Asam Manis PedasResep Sosis Tahu Asam Manis Pedas © instagram.com/seto_beri/

Sebenernya sih kamu bisa menambahkan bahan apa dalam resep sosis saus asam manis, termasuk tahu sutra favorit kamu.

Bahan :

  • 4 buah sosis sapi
  • 2 tahu goreng dipotong kotak
  • 1/2 bawang bombay iris
  • 3 bawang putih cincang
  • 1 cabai merah besar
  • 1 cabai hijau besar
  • 3 rawit merah
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • Daun bawang iris
  • Kaldu Jamur dan merica
  • Margarin
  • Sedikit air

Cara membuat :

  • Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine sampai harum
  • Masukkan cabai dan sosis
  • Beri kecap, saus tiram, saus tomat
  • Beri merica dan kaldu jamur
  • Beri sedikit air agar bumbu meresap dan terakhir masukkan potongan tahu
  • Masak hingga meresap lalu beri taburan daun bawang

5 dari 5 halaman

Resep Sosis dan Jagung Muda Asam Manis

Resep Sosis dan Jagung Muda Asam ManisResep Sosis dan Jagung Muda Asam Manis © instagram.com/intanpurnamasari81/

Tekstur jagung manis yang kriuk bikin sajian ini jadi makin lezat!

Bahan:

  • Sosis, kerat kerat jangan sampai putus
  • 1 buah bawang bombay, iris tebal tebal
  • 3 siung bawang putih, geprek cincang halus
  • 5 buah jagung muda, iris serong
  • 2 sdm margarin
  • 5 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Goreng sosis yang sudah di kerat kerat, tiriskan.
  • Lelehkan margarin, tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai layu dan wangi.
  • Masukkan jagung muda,saus tomat, saus sambal, kecap manis, saus tiram dan sedikit air, aduk dan tunggu sampai meletup letup.
  • Masukkan sosis goreng dan secukupnya gula pasir. Aduk dan cicipi. Tunggu sampai meresap dan saus mengental.
  • Hidangkan

Mumpung ada stok sosis di kulkas, Mimin mau praktik resep sosis asam manis ini ah!

Beri Komentar