17 Resep Sahur Sederhana Berbahan Dasar Telur, Menu Praktis, Cepat dan Murah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Januari 2023 09:32
17 Resep Sahur Sederhana Berbahan Dasar Telur, Menu Praktis, Cepat dan Murah
Ada resep sahur dari telur berupa telur geprek, ayam saus asam manis, ayam kecap ala Wilgoz yang terkenal dan sempat viral, telur dadar ala Spanyol dengan kentang dan bombay serta masih banyak lagi

Pengennya sih menyajikan menu sahur yang lezat dan bergizi, namun kadang karena satu dan lain hal, yang penting sih perut segera terisi. Menjelang puasa, banyak orang menyetok berbagai bahan makanan yang praktis agar sahur tak jadi kegiatan yang hectic. Misalnya, bahan makanan beku, telur, atau sekedar buah-buahan.

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling bayak dimakan. Cukup digoreng atau direbus, tersaji deh makanan kaya gizi dengan rasa yang lezat. Selain mudah didapat, harganya juga murah meriah. Bisa dibilang nih telur adalah salah satu bahan yang selalu ada di dapur rumah.

Tapi kalau cuman didadar, ceplok atau rebus doang sebagai menu sahur sederhana, tentu bosan kan? Tapi tak sempat juga membuat olahan lainnya karena keterbatasan waktu dan tenaga. Tapi Diadona punya nih deretan kreasi olahan telur yang enak dan tentu saja simple. Cobain deh!

1 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Geprek

Resep Sahur Sederhana - Telur GeprekResep Sahur Sederhana - Telur Geprek © Shutterstock/Ainul Ghurri

Tak ada ayam, telur pun jadi. Nggak cuman lezat dan bikin melek, tapi menu sahur ini juga sederhana dan mudah dibuat.

Bahan :

  • 3-4 butir telur ayam
  • 1 ikat daun bawang, iris halus

Pencelup:

  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Tepung Pelapis:

  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • minyak goreng secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara memasak :

  • Pecahkan telur dan kocok bersama irisan daun bawang. Selanjutnya panaskan minyak dan buat dadar gulung tebal. Potong-potong sesuai selera.
  • Haluskan bawang putih dari bahan pencelup, kemudian tuangkan air dan garam. Jangan tuangkan terlalu banyak agar pencelup tidak terlalu encer saat digunakan untuk marinasi.
  • Masukkan telur dadar dalam pencelup sampai rata, kemudian gulingkan dalam tepung pelapis. Lapisi seluruh permukaan telur dadar dengan tepung pelapis, kemudian cubit-cubit untuk menciptakan tekstur crispy pada permukaannya.
  • Goreng telur balut tepung dalam minyak panas dan banyak. Gunakan api kecil saja. Setelah bagian luarnya berwarna coklat keemasan, tiriskan minyaknya dan sisihkan.
  • Buat sambal bawang dari resep favoritmu dan geprek telur. Sajikan

2 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Dadar Buncis

Resep Sahur Sederhana - Telur Dadar BuncisResep Sahur Sederhana - Telur Dadar Buncis © Instagram/@balicatering.id

Cara makan sayur buncis yang lezat dan praktis ada di menu sahur sederhana berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 100 gr buncis, iris halus
  • 5 buah cabai merah keriting, iris
  • 2 lembar smoke beef, iris
  • 1 sdt bawang putih goreng
  • 1 sdm air larutan maizena
  • garam, merica secukupnya
  • sedikit gula pasir

Cara membuat:

  • Campur semua bahan jadi satu aduk rata, lalu tuang ke teflon dengan api kecil masak hingga matang, angkat dan sajikan.

3 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Kukus

Resep Sahur Sederhana - Sup TelurResep Sahur Sederhana - Sup Telur © Shutterstock/nesavinov

Adalah resep sahur sederhana yang nggak cuman enak tapi sehat karena terhindar darilemak jahat. Cocok nih untuk menyiasati tingginya harga minyak goreng saat ini. Biar makin lezat dan bergizi, tambahkan sayur sesuai selera kamu.

Bahan :

  • 2 butir telur ayam
  • 3 kotak tahu putih
  • 2 batang dau bawang yang sudah dirajang halus
  • 1 batang wortel ukuran kecil yang dirajang tipis
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus tahu selama 5 menit, tiriskan dan haluskan dengan menggunakan sendok.
  • Campur tahu yang sudah dihaluskan dengan telur, daun bawang, dan irisan wortel. Jangan lupa menambahkan garam.
  • Setelah tercampur rata, tuangkan adonan ke cetakan atau mangkuk, kukus selama 15 menit.
  • Keluarkan adonan telur kukus dari cetakan. Telur kukus siap dihidangkan.

4 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Sup Telur

Resep Sahur Sederhana - Telur KukusResep Sahur Sederhana - Telur Kukus © shutterstock.com

Sajian ini cocok banget nih untuk kamu yang menu sahur sederhana dengan telur dalam kuah lezat yang hangat.

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • garam, kaldu, dan lada bubuk secukupnya

Cara memasak :

  • Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum, masukkan tomat dan tumis hingga matang. Tuang air secukupnya.
  • Kocok telur lepas, tuang ke dalam kuah yang sudah mendidih. Biarkan 1 menit agar agak matang, aduk rata.
  • Masukkan garam, kaldu, dan lada bubuk secukupnya sesuai selera.

5 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Tomat ala Devina

Resep Sahur Sederhana - Telur Tomat ala DevinaResep Sahur Sederhana - Telur Tomat ala Devina © Youtube/ Devina Hermawan

Tambahan tomat dalam meu sahur sederhana ini membuat rasanya lebih lezat dan tampilan yang menarik

Bahan :

  • 5 butir telur, kocok
  • 2 buah tomat, iris
  • 1/2 siung bawang bombay, iris
  • 3 siung bawang putih, geprek
  • 1 batang daun bawang, potong kurang lebih 3 cm
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 80 ml air
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt penyedap
  • 1/2 sdm gula
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  • Campurkan air, saus tomat, kecap asin, saus tiram, merica, penyedap, dan gula di dalam mangkuk, lalu aduk rata.
  • Panaskan wajan dengan api besar, lalu tuang minyak agak banyak. Setelah panas, matikan api kemudian tuang telur dan aduk-aduk sebentar, sisihkan.
  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi. Kemudian, masukkan tomat dan daun bawang bagian putih, lalu masak sebentar.
  • Tuang saus dan telur, lalu aduk hingga rata.
  • Masukkan daun bawang bagian hijau, aduk dan matikan api.

6 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Ceplok Viral ala Wilgoz

Resep Sahur Sederhana - Telur Ceplok Viral ala WilgozResep Sahur Sederhana - Telur Ceplok Viral ala Wilgoz © cookpad/ Dela Permana

Cuman dengan beberapa jenis kecap, telur ceplokmu untuk resep menu sahur yang sederhana jadi terasa makin istimewa.

Bahan : 

  • 2 telor
  • 1 daun bawang, potong
  • 1 bawang putih cincang halus
  • Minyak goreng
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 2 sdm air

Cara membuat :

  • Panaskan minyak, masukkan daun bawang dan bawang putih, tumis hingga berbau harum
  • Masukkan telur satu persatu, usahakan agar bagian kuningnya tidak pecah
  • Masukkan bumbu kecap
  • Masak telur sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Sajikan.

7 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Ceplok Kecap

Resep Sahur SederhanaResep Sahur Sederhana © Cookpad/ Herawati Wasito

Biar telor ceplokmu untuk menu sahur tak terasa biasa-biasa saja.

Bahan :

  • 6 butir telur, digoreng ceplok, sisihkan
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • daun bawang secukupnya, potong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay, potong panjang
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 buah cabai merah besar, potong serong
  • 3 buah cabai hijau besar, potong serong
  • cabai rawit sesuai selera, potong serong
  • sedikit lada halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 hingga 3 sdm kecap manis (sesuai selera)
  • sedikit garam
  • 300 ml air

Cara memasak:

  • Tumis bawang putih, cabai rawit dan sebagian bawang bombay hingga harum, lalu masukkan cabai merah dan cabai hijau, tumis hingga layu, tuangkan air, aduk rata, bubuhi saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada halus dan sedikit garam
  • Tunggu hingga mendidih lalu masukkan telur ceplok, aduk pelan saja, lalu masukkan tomat, masak hingga meresap, sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan sebagian sisa bawang bombaynya, aduk rata,koreksi rasa, angkat dan sajikan.

8 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Balado dengan Stok Bumbu

Resep Telur BaladoResep Telur Balado © shutterstock.com /Aris Setya

Bikin bumbu balado emang ribet dan kayaknya nggak dulu deh jadi salahs atu masakan sahur sederhana yang kilat. Tapi tunggu dulu, kamu bisa lho membuat stok bumbu baladonya terlebih dahulu. Masak bumbunya hingga mendidih, biarkan dingin lalu simpan di jar tertutup rapat di lemari es. Tinggal cemplingin doang nggak cuman dengan telur rebus atau telur ceplok namun dengan bahan lainnya.

Bahan :

  • Telur secukupnya

Bumbu balado :

  • 10 biji cabai merah keriting
  • cabai rawit merah sesuai selera
  • 8 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 tomat merah ukuran sedang
  • 2 batang serai keprak yah
  • 1/2 terasi bakar
  • garam,penyedap rasa,gula pasir

Cara membuat :

  • Haluskan semua bumbu balado. Panaskan minyak, masukkan serai dan bumbu, tumis hingga harum sampai mendidih. Dinginkan dan stok bumbu balado bisa digunakan.
  • Masak telur dengan cara direbus atau diceplok. Campurkan dengan bumbu balado.

9 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Ceplok Masak Pedas

Resep Sahur Sederhana - Telur Ceplok PedasResep Sahur Sederhana - Telur Ceplok Pedas © Facebook/ Resep Bunda

Irisan cabai merah, cabai rawit, tomat dan bumbu lainnya bikin menu sahur sederhana dari telur ini terasa makin istimewa.

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1 buah tomat, iris
  • 1/2 bawang bombay, rajang
  • 1/3 sdt garam
  • 1/3 sdt penyedap rasa
  • 70 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • Minyak goreng

Bumbu halus:

  • 7 cabai merah keriting
  • 2 cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah

Cara membuat:

  • Ceplok telur. Sisihkan.
  • Panaskan minyak dan tumis bumbu halus.
  • Tambahkan bawang bombay dan daun salam, masak sampai harum.
  • Masukkan air, garam, penyedap rasa, dan irisan tomat.
  • Aduk sampai mengental.
  • Masukkan telur aduk rata. Angkat dan sajikan.

10 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Kemangi ala Thai

Resep Sahur Sederhana - Telur Kemangi ala ThailandResep Sahur Sederhana - Telur Kemangi ala Thailand © Cookpad/ Devina Hermawan

Perpaduan rasa pedas dari cabai dan wangi dari kemangi membuat sajian ini bikin cita rasa luer jadi berbeda dan terasa lezat. Menu sahur ini cocok nih untuk bikin mata kamu melek saat menyantapnya.

Menu ini terinspirasi dari masakan Thailand di mana daging ayam atau daging lain dimasak dengan bumbu oriental lalu ditambahkan dengan kemangi dan irisan besar bawang merah.

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 genggam bawang merah kupas
  • 10 cabai rawit merah / hijau / campur
  • 2 cabai merah keriting
  • 1 cabai gendot
  • 25 gram kemangi
  • 2 sdm kecap ikan
  • 2 sdm saus tiram
  • 1.5 sdt gula
  • 2 sdm air
  • Penyedap sesuai selera
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng telur

Cara membuat:

  • Panaskan pan, ceplok telur bisa setengah matang atau dadar sampai matang. Angkat lalu sisihkan
  • Iris cabai rawit, cabai keriting, dan cabai gendot sesuai selera
  • Tumis bawang merah hingga wangi
  • Masukkan semua cabai yang sudah diiris dan bawang putih
  • Bumbui dengan kecap ikan, saus tiram, gula, dan penyedap
  • Masukkan daun kemangi, masak hingga sedikit layu
  • Tambahkan sedikit air, aduk rata
  • Campurkan bumbu kemangi dengan telur yang sudah digoreng sebelumnya

11 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Gulung ala Korea

Resep Sahur Sederhana - Egg Roll ala KoreaResep Sahur Sederhana - Egg Roll ala Korea © koreanbapsang.com

Harus diakui kalau telur merupakan salah datu bahan dalam menu sahur yang sederhana, murah dan bergizi. Biar nggak bosen, cobain telur gulung ala Korea atau gyeran mari berikut ini.

Bahan :

  • 3 butir telur
  • 1 sdm susu
  • 1 sdm wortel, cincang halus
  • 1 bawang bombai, cincang halus
  • 1 daun bawang, ambil bagian hijaunya saja dan cincang halus
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat :

  • Pecahkan telur, letakkan di wadah, kocok sampai rata. Masukkan wortel, daung bawang, bawang bombai, dan lada dan kocok
  • Siapkan teflon, lumuri dengan minyak sayur sedikit saja. Panaskan teflon sampai sedikit panas. Tuang 1/2 campuran telur, masak dengan api kecil sampai setengah matang.
  • Gulung telur sampai setengah saja, geser ke bagian pinggir teflon. Tuang 1/4 campuran telur ke bagian teflon yang kosong, masak sampai setengah matang.
  • Gulung lagi, lalu geser ke bagian pinggir. Lakukan langkah yang sama sampai campuran telur habis.
  • Jika sudah matang, letakkan telur di atas talenan, biarkan dingin dan potong sesuai selera.

12 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Omelet Telur Bayam

Resep Sahur Sederhana - Omelet Telur BayamResep Sahur Sederhana - Omelet Telur Bayam © archanaskitchen.com

Menggabungkan gizi dari bayam dan telur serta dimasak dengan praktis sebagai omelet, menu ini wajib ada dalam resep sahurmu. Resep dari Susi Agung ini dijamin sedap dan lezat.

Bahan-bahan:

  • 25 gram daun bayam iris tipis
  • 3 buah telur
  • 2 buah sosis iris cincang halus
  • 1 tangkai daun bawang iris halus
  • 3 buah cabai rawit iris halus
  • 3 sdm minyak goreng.

Bumbu :

  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt garam.

Cara memasak :

  • Masukan semua bahan kemudian kocok perlahan sampai tercampur rata
  • Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng
  • Saat minyak sudah agak panas, masukkan bahan. Minyak yang tidak terlalu panas bakalan menghasilkan omelet yang lembut
  • Sajikan!

13 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Asam Manis

Resep Sahur Sederhana - Telur Asam ManisResep Sahur Sederhana - Telur Asam Manis © Instagram/@susan_mellyani

Bumbu asam manis biasanya diolah dengan bahan protein lain misalnya ayam dan seafood. Namun menggunakan telur ceplok atau telor dadar pun tak kalah enak untuk menu sahur yang sederhana.

Bahan :

  • 4 butir telur ceplok
  • 2 siung bawang merah iris tipis
  • 1 siung bawang putih geprek sampai hancur
  • 1/2 tangkai daun bawang potong 1 cm
  • 1 1/2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1/4 sdm gula pasir
  • Garam, merica secukupnya
  • Kaldu jamur
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, saus tiram, kecap manis, gula, aduk rata.
  • Tuangkan air secukupnya, koreksi rasa.
  • Masukkan telur ceplok, aduk rata dan biarkan bumbu meresap serta mengental, terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar, angkat dan sajikan.

14 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Telur Dadar Spanyol

 

Resep Sahur Sederhana - Telur Dadar ala SpanyolResep Sahur Sederhana - Telur Dadar ala Spanyol © spanishsabores.com

Telur dadar di resep sahur berikut ini ditambahkan irisan kentang yang bikin sahurmu terasa kenyang. Juga irisan bawang bombay dalam jumlah banyak yang bikin telur dadar jadi terasa gurih dan wangi.

Bahan :

  • 4 butir telur
  • 2 bawang bombai ukuran sedang
  • 2 kentang ukuran sedang
  • Garam, merica sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  • Iris bawang bombai besar-besar.
  • Iris kentang lebih tipis dibanding bawang bombai.
  • Goreng bawang bombay hingga layu dan harum. Masukkan kentang, goreng hingga kecokelatan. Kalau ingin versi yang lebih sehat, kamu bisa mengukus kentangnya.
  • Angkat lalu tiriskan dalam wadah, diamkan hingga dingin.
  • Masukkan telur, kocok hingga semua tercampur rata.
  • Bumbui dengan garam dan merica lalu diamkan sekitar 10 menit.
  • Siapkan pan, beri sedikit minyak. Goreng telur hingga matang dan warnanya kuning keemasan.

Dengan deretan resep sahur sederhana di atas, kulkas kosong nggak bikin panik kan?

 

15 dari 16 halaman

Resep Sahur Sederhana - Sup Tomat Telur

Resep Sup Tomat Telur (Tan Hua Tang)Resep Sup Tomat Telur (Tan Hua Tang) © cookpad.com/Mia Shary

Sup tomat telur adalah sajian sup asal Taiwan yang dibuat dari tomat dan telur dengan rasa ringan. Kadang pembuatannya juga ditambah dengan bahan lain misalnya sosis, daging ayam atau tofu.

Karena cara pembuatannya yang mudah, cepat dan memerlukan sedikit bahan, sup tomat telur adalah menu sahur yang nggak boleh kamu lewatkan.

Bahan :

  • 1 butir telur
  • 2 buah tomat
  • 1 batang daun bawang potong halus
  • Secukupnya lada,garam, penyedap rasa
  • 400 cc air bersih
  • 1 sdm minyak wijen

Cara Membuat

  • Potong tomat agak besar. Telur kocok lepas, potong halus daun bawang.
  • Siapkan panci beri air 400 cc masak sampai mendidih masukkan potongan tomat masak kira-kira 2 menit. Masukkan garam, penyedap rasa. 
  • Aduk bentar lalu masukkan telur yang sudah dikocok, tunggu 30 detik baru diaduk. Masukkan lada bubuk dan daun daun bawang
  • Koreksi rasa, bila sudah pas tambahkan sedikit minyak wijen. Sajikan

16 dari 16 halaman

Telur Ceplok Kecap Viral

Resep Telur Ceplok Kecap ViralResep Telur Ceplok Kecap Viral © shutterstock.com/Dini Riyanti

Cuman ditambah denan tiga macam kecap dan dijamin menu sahur telor ceplokmu lagung naik level!

Bahan :

  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan air
  • 2 siung bawang putih, memarkan dan cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis (optional)
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kecap asin, bisa diganti dengan garam bila tidak ada
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  • Goreng telur ceplok atau mata sapi, angkat dan taruh di atas nasi.
  • Campurkan 2 sdm air, saus tiram, lada bubuk, kecap manis dan kecap asin.
  • Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum, masukkan saus, aduk rata.
  • Tuangkan ke atas telur mata sapi.

Resep sahurberbahan dasr telur di atas bisa kamu bikin dengan mudah, cepat, tapi tetap bergizi. Jangan lupa sertakan juga menu olahan sayur ya!

Beri Komentar