7 Makanan Ini Bisa Kamu Konsumsi Agar Puasa Kuat Seharian dan Kenyang Tahan Lama

Reporter : Galang
Selasa, 12 April 2022 10:17
7 Makanan Ini Bisa Kamu Konsumsi Agar Puasa Kuat Seharian dan Kenyang Tahan Lama
Mau makanan kenyang tahan lama? Ini rekomendasi buat kamu!

Kalau kamu pingin puasa kuat seharian, salah satu saran yang sering diberikan ialah mengonsumsi pangan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karena makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa bikin kenyang lebih lama.

Para pakar kesehatan mendorong masyarakat yang melakukan santap sahur dan buka puasa dengan menu bernutrisi seimbang. Baik itu dari segi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Namun untuk pilihan karbohidrat sebaiknya perlu dicek ulang.

Melansir Very Well Health, karbohidrat terbagi atas dua jenis. Jenis tersebut yakni karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat dengan susunan struktur kimi sederahana dan mudah dicerna tubuh.

1 dari 8 halaman

Sementara karbohidrat kompleks memiliki struktur kimia lebih kompleks dan perlu waktu untuk dicerna.

Walau sama-sama bisa menjadi bahan bakar tubuh, tapi kamu lebih disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karena lebih lama dicerna, maka pelepasan energinya pun bertahap.

Berikut ini sejumlah makanan dengan karbohidrat kompleks yang bisa kamu kenyang tahan lama:

2 dari 8 halaman

Oatmeal

Ilustrasi OatmealIlustrasi Oatmeal © 2020 https://rawpixel.com

Di samping memberikan asupan karbohidrat kompleks, oatmeal akan menjaga kesehatan usus. Oatmeal mengandung tinggi serat yang akan jadi asupan baik buat bakteri usus.

3 dari 8 halaman

Ubi

Ilustrasi ubiIlustrasi ubi © https://www.kompasiana.com/

Sumber karbohidrat tidak selalu dari nasi. Anda bisa memperoleh karbohidrat terutama karbohidrat kompleks dari ubi. Ubi pun tidak harus menggunakan minyak untuk proses pengolahannya.

Ubi cukup direbus atau dipanggang untuk menemani menyantap sayuran, dada ayam panggang lengkap dengan minyak zaitun.

4 dari 8 halaman

Talas

 

Talas termasuk keluarga umbi-umbian yang banyak terdapat di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Rasanya mirip dengan kentang tetapi lebih bertekstur dan berserat besar. Talas dapat diolah seperti ubi dan kentang seperti direbus, dikukus, dipanggang maupun ditumbuk.

5 dari 8 halaman

Singkong

Ilustrasi SingkongIlustrasi Singkong © 2020 https://anooverghis.wordpress.com/

Singkong sudah umum dikonsumsi di Indonesia dengan berbagai cara. Tumbuhan ini kaya akan karbohidrat kompleks. Selain itu, anda juga akan mendapat asupan serat dan mineral.

6 dari 8 halaman

Kentang

KentangKentang © greatbritishchefs.com

Dari satu buah kentang, Anda akan memperoleh aneka nutrisi termasuk karbohidrat kompleks, protein, juga mineral. Seperti dilansir Women's Health Magazine, satu buah kentang berukuran sedang mengandung potasium yang lebih banyak daripada potasium pada pisang. Kandungan pati pada kentang pun mampu menyehatkan usus.

7 dari 8 halaman

Roti Gandum

Roti gandumRoti gandum © thekitchn.com

Sahur praktis dengan roti tidak akan jadi soal asalkan dengan pilihan roti yang tepat. Sebaiknya pilih roti yang terbuat dari gandum utuh.

Gandum utuh akan membantu Anda kenyang lebih lama, memberikan suplai energi secara bertahap dan mengandung serat yang baik buat pencernaan. Tambahkan poached egg dan potongan alpukat untuk kelengkapan nutrisi roti Anda.

8 dari 8 halaman

Bubur kacang hijau

bubur kacang hijaububur kacang hijau © storyofakitchen.com

Dalam 100 gram kacang hijau mengandung 81 kalori, 14 g karbohidrat, 6 g gula, 5 mg garam, 6 g serat dan 5 g protein. Dalam semangkuk bubur kacang hijau, Anda bisa mendapatkan semua nutrisi penting ini. Di samping itu, kacang hijau juga mengandung vitamin A, C, K, dan asam folat.

Beri Komentar