Resep Kolak Ayam Khas Gresik, Peninggalan Sunan Dalem yang Gurih Legit Berkhasiat

Reporter : Nasa
Sabtu, 28 Januari 2023 13:14
Resep Kolak Ayam Khas Gresik, Peninggalan Sunan Dalem yang Gurih Legit Berkhasiat
Hidangan kolak ayam khas Gresik biasanya dikonsumsi pada bulan Ramadhan...

Berbeda dengan kolak di daerah-daerah lain di Indonesia, Gresik memiliki kuliner khas kolak yang bercita rasa gurih legit loh, Diazens. Konon katanya, kolak ayam Gresik ini sudah menjadi tradisi selama lima abad lamanya.

Jika kolak di daerah lain umumnya menggunakan campuran buah manis dan gula, kolak ayam khas Gresik ini justru menggunakan bahan utama daging ayam dengan cita rasanya yang gurih dan khas. Kolak ayam sendiri menjadi tradisi di Desa Gumeno, Gresik.

Hal unik yang menjadi bagian dari kuliner ini adalah, para pembuat kolak ayam haruslah dari kalangan pria atau laki-laki saja. Kolak ayam khas Gresik biasanya akan dibuat dalam skala besar tepat pada bulan Ramadhan di Masjid Jami' Sunan Dalem Desa Gumeno.

1 dari 4 halaman

Tradisi Peninggalan Sunan Dalem

Tradisi pembuatan kolak ayam ini bermula ketika Sunan Dalem melakukan dakwah di Desa Gumeno pada tahun 1540 Masehi. Putra pertama dari Sunan Giri ini mendirikan sebuah masjid di desa tersebut.

Tak lama setelah membangun masjid, Sunan Dalem jatuh sakit. Kabar sakitnya Sang Wali ini cukup membuat para santri dan penduduk terkejut sehingga mereka menandai peristiwa ini dengan sebutan Sanggiring, berasal dari kata 'Sang' (raja, pemimpin) dan 'Gering' (sakit).

Sang Wali yang jatuh sakit selama beberapa waktu itu membuat para santri dan penduduk bingung mencari obat penyembuhnya. Hingga pada tanggal 22 Ramadan 946 Hijriah, sebuah mimpi menghampiri Sunan Dalem.

2 dari 4 halaman

Kolak Ayam Khas Gresik © Diadona

Berdasarkan mimpi tersebut, ia mendapatkan petunjuk tentang obat penyakitnya, yakni ia harus memakan sebuah makanan dengan ayam jago berusia muda sebagai salah satu syarat utama bahan masakan.

Sunan Dalem kemudian mengutus para lelaki untuk mempersiapkan bumbu-bumbu masakannya, yakni daun bawang merah, gula jawa, jintan, dan santan kelapa. Sementara itu para santri mencarikan ayam jago muda.

Proses pemasakannya pun harus di atas kuali dari tanah liat dengan api dari kayu bakar. Masakan ini pun kemudian disebut dengan 'kolak ayam'. Namun sebenarnya sebutan 'Kolak Ayam' berasal dari bahasa Arab kholaqul ayyam yang artinya 'mencari berhati-hari' merunut dari kisah sakitnya Sunan Dalem tersebut.

3 dari 4 halaman

Prosesi masak besar kolak ayam ini kemudian menjadi tradisi bagi warga Desa Gumeno sampai sekarang. Tradisi Kolak Ayam selalu dilaksanakan di Masjid Jami' Sunan Dalem Desa Gumeno yang dimulai pukul 16.00.

Berkat tradisi ini pula warga Desa Gumeno dan warga dari kampung lainnya menjadi semakin erat silaturahminya. Karena memang hanya dilakukan setahun sekali, itupun pada bulan suci Ramadan, tradisi turun temurun ini makin sering dikunjungi warga di luar Gresik seperti dari Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan Surabaya.

Makanya gak heran, setiap tradisi ini digelar, porsi Kolak Ayam yang disajikan pun sampai ratusan bahkan ribuan. Terlebih kita tidak akan menemukan sajian ini di desa lain di Kabupaten Gresik karena memang di Desa Gumeno inilah Kolak Ayam mulai dikenal.

Namun, buat kamu yang gak sempat bertandang ke Gresik, bisa juga mencoba deretan resep berikut di rumah. Ini dia resep kolak ayam khas Gresik yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber:

4 dari 4 halaman

Resep Kolak Ayam Khas Gresik

Kolak Ayam Khas Gresik © Diadona

Bahan-bahan:

  • 500 gr ayam
  • 2 sdt jinten putih/1 sdt jinten bubuk
  • 30 gr gula merah
  • 100 gr bawang daun
  • 800 ml santan encer
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk

Cara Membuat:

  • Gongseng jinten di dalam wajan yang sudah panas,setelah itu masukkan santan cair.aduk-aduk
  • Setelah santan mendidih masukkan ayam,gula merah,kaldu bubuk.aduk-aduk, biarkan agar ayam empuk
  • Bersihkan bawang daun, potong-potong menjadi 3 bagian,setelah ayam setengah empuk masukkan bawang daun dan garam.biarkan hingga ayam empuk.
  • Selamat mencoba! Hidangan ini pas banget dinikmati selagi hangat!

Meski pada tradisi aslinya hanya boleh dibuat oleh para laki-laki, buat kamu yang berada jauh dari daerah Gresik bisa mencoba cita rasa kolak ayam khas Gresik dengan membuat sendiri di rumah.

Beri Komentar