4 Cara Mencuci Brokoli untuk Hilangkan Kotoran dan Ulat, Efektif dan Sederhana

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 28 September 2022 11:48
4 Cara Mencuci Brokoli untuk Hilangkan Kotoran dan Ulat, Efektif dan Sederhana
Bentuknya yang unik membuat cara mencuci brokoli beda dengan sayuran lainnya.

Brokoli, sayuran sehat rendah kalori dengan kandungan vitamin C, vitamin K, folat dan mangan yang bagus banget buat tubuh kamu. Rasanya enak dan bisa diolah dengan berbaagi resep. Ditumis dengan sayran lain? Enak. Direbus doang lalu disantap dengan suas lainnya? Lezat banget!

Sayangnya ketika mendarat di dapur kamu, bukan nggak mungkin brokoli membawa sejumlah kontaminan, hama dan juga pestisida. Terlebih dengan bentuknya yang rimbun layaknya pohon nih, cara mencuci brokoli tentu berbeda dengan cara membersihkan buah dan sayuran lainnya.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Brokoli, seperti kubis sepupunya, mengeluarkan senyawa tanaman yang disebut glukosinolat yang secara alami membantu untuk mencegah hama serangga. . Tapi brokoli yang kamu beli mungkin aja disemprot pestisida, terkena kontaminan selama di perjalanan dan lainnya jadi tentu kamu harus tahu gimana cara membersihkan brokoli ini.

Seperti apa caranya?

Brokoli dan juga sayuran lain sebaiknya dicuc bukan ketika kita habis membelinya dari pasar lalu akan menyimpannya nih, tapi ketika akan diolah. Kalaupun kamu ingin memasukkannya dlam kondisi bersih ke kulkas, pastikan buat mengeringkannya dulu.

Sebelum dicuci, potong brokoli menjadi potongan kumtum individu dan sesuaikan ukurannya dengan resep kamu.

1 dari 2 halaman

Cara Mencuci Brokoli di Bawah Air Mengalir

Cara Mencuci BrokoliCara Mencuci Brokoli © shutterstock.com/Vincent Drolet Lamarre

Setelah dalam bentuk potongan, tempatkan dalam wadah berlubang dan cuci di bawah air mengalir. Goyang-goyangkan untuk memastikan seluruh bagiannya terkena air ya! Pastikan semua kotoran atau serangga yang mungkin bersembunyi di bagian kecil dalam brokoli, hilang tak bersisa. Ini adalah cara mencuci brokoli yang paling cepat dan mudah.

Cara Mencuci Brokoli dengan Merendamnya

Ambil mangkuk besar, isi dengan air dingin atau boleh air hangat deh. Masukkan brokoli lalu diamkans elama kurang lebih dua menit. Saring brokoli untuk membuang airnya dan bilas dengan air mengalir.

2 dari 2 halaman

Cara Mencuci Brokoli dengan Cuka

Cara Mencuci BrokoliCara Mencuci Brokoli © shutterstock.com/New Africa

Sebenernya sih ada bahan komersial yang klaimnya bisa membunuh bakteri dan menghilangkan kotoran pada buah dan sayuran. Namun ada cara yang lebih murah dan direkomendasikan, yakni dengan menggunakan larutan cuka.

Cara mencuci brokoli ini gampang banget kok! Pertama isi mangkuk besar dengan air dingin atau air hangat dan beberapa sendok cuka. Pastikan untuk memasukkan air secukupnya agar seluruh kepala brokoli terendam seluruhnya. Masukkan brokoli dan biarkan selama sekitar 15-20 menit. Selanjutnya, buang air dan bilas brokoli menggunakan air mengalir.

Cara membersihkan brokoli dengan larutan cuka ini bisa lebih efektif menghilangkan pestisida dan bakteri daripada air saja.

Cara Mencuci Brokoli dengan Air Garam untuk Menghilangkan Cacing

Buat brokoli organik, keberanaan cacing di dalam kuntum brokoli sangat mungkin terjadi. Kalau kamu khawatir ini terjadi, lakukan cara mencuci brokoli dengan menggunakan air garam

Masukkan 1 sdt garam untuk setiap liter air dalam mangkuk, baru deh masukkan brokoli. Kocok-kocok brokoli agar cacing cepat keluar dari kuntum brokoli.

Kalau kamu nggak melihat adanya cacing keluar, teruskan proses perendaman selama beberapa saat untuk memastikan cacing nggak sedang bersembunyi.

Saat brokoli berada di dalam air, cacing di kuntum akan berkontraksi di air dingin dan mengapung ke atas. Untuk mengeluarkannya dari air, ambil dengan saringan atau sendok berlubang.

Selanjutnya bilas brokoli denganb air mengalir untuk meghilangkan garam yang menempel. Pegang brokoli terbalik di atas bak cuci dan ketuk bagian bawah tangkai untuk mengusir cacing yang tersisa. Lakukan selama sekitar 15 detik ya!

Cara mencuci brokoli harus benar-benar kamu lakukan dengan baik ya, jangan sampai ada cacing atau serangga yang ikut dalam masakan.

Beri Komentar