7 Resep Empal Daging Super Empuk dan Lezat untuk Stok Lauk

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 29 Agustus 2022 20:19
7 Resep Empal Daging Super Empuk dan Lezat untuk Stok Lauk
Dengan resep empal daging yang pas dan cara penyimpanan yang tepat, daging melimpah bisa jadi stok lauk yang enak, bisa disantap kapan saja dan cocok dengan sajian apapun.

Empal daging adalah salah satu olahan daging yang Jawa. Resep empal daging yakni dengan merebus daging hingga empuk trus dimasak dengan beragam bumbu. Bentuknya pipih dengan rasa rempah

Setelah direbus, biasanya empal dipukul-pukul agar empuk. Kamubisa memukul daging dengan menggunakan alat apa saja mulai dari pemukul daging atau meat hammer, ulekan atau gagang pisau. Namun menurut Chef Aiko, dalam hal ini meat hammer lebih disarankan karena bagian bergerigi membuat daging tidak mudah hancur.

Biasanya sih resep empal daging menggunakan daging sapi. Tapi hal itu nggak saklek kok. Empal bisa dibuat dari daging kambing hingga daging ayam tergantung pada persediaan kamu di rumah.

Ada stok daging di rumah? Olah dengan resep empal ini yuk. Selain lezat, empal juga bisa diproses agar tahan lama yakni dengan mengurangi kadar airnya. Apa saja jenis olahannya dan gimana cara membuatnya? Pantegin dalam deretan resep berikut ini.

 

1 dari 7 halaman

Resep Empal Daging Sapi yang Empuk

Resep Empal Daging Sapi yang EmpukResep Empal Daging Sapi yang Empuk © Cookpad.com/dapurVY

Selain memilih bagian daging yang pas, salah satu tips biar daging empal empuk adalah potong daging berlawanan dengan serat. Gunakan meat hammer untuk memukul daging agar tidak hancur.

Bahan :

  • 500 gram daging sapi potong
  • secukupnya air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm gula merah sisir
  • 65 ml santan instan kental
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdt gula pasir
  • secukupnya garam, kaldu bubuk

Bumbu halus :

  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari lengkuas muda

Cara membuat :

  • Rebus daging sampai nyaris empuk. Memarkan satu per satu
  • Tumis bumbu halus sampai matang. Masukkan daun salam dan gula merah, tumis sampai gula larut
  • Tuang santan, air, air asam, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata
  • Masukkan daging, ungkep dengan api kecil sampai air menyusut sambil sesekali diaduk. Goreng sebentar, sajikan.

 

2 dari 7 halaman

Resep Empal Daging Sapi Manis

Resep Empal Daging Sapi ManisResep Empal Daging Sapi Manis © Instagram/@iindapur

Dengan cita rasa yang dominan manis, resep empal daging ini cocok banget bersama nasi panas serta sambal sebagai pelengkapnya. Eh, empal berikut juga bisa jadi stok lauk di freezer lho.

Bahan :

  • 1 kg daging sapi 
  • 3 helai daun salam
  • 300 ml air
  • secukupnya minyak untuk menggoreng

Bumbu :

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas muda /segar
  • 2 cm jahe
  • 1-2 cm kunyit
  • sejempol asam jawa, dicairkan dengan 1 sdm air
  • 100 gram gula merah
  • secukupnya garam

Cara membuat : 

  • Agar mudah empuk, potong daging berlawanan serat dengan ketebalan 0,5 - 1 cm. Cuci bersih.
  • Haluskan seluruh bumbu dan lalu pukul daging di atas bumbu pake ulekan.
  • Pindahkan daging dan bumbu halus ke kuali tambahkan daun salam dan air, masak diungkep dengan api sedang cenderung kecil dengan kuali ditutup.
  • Masak hingga air agak berkurang, kemudian ambil daging satu persatu gepuk/pukul lagi hingga seratnya terurai.
  • Kembalikan daging ke kuali, ungkep kembali hingga airnya kering. Kalau daging masih kurang empuk, tambahkan sedikit air dan ungkep lagi.
  • Goreng sebentar dengan minyak, cukup balik satu kali.

3 dari 7 halaman

Resep Empal Daging Balado

Resep Empal Daging BaladoResep Empal Daging Balado © Cookpad.com/safarazkitchen

Rasa pedas favorit kamu sudah menyatu dalam daging tanpa perlu cocolan sambal. Bikin tuk pake resep empal daging berikut.

Bahan :

  • 200 gram daging sapi potong dadu
  • 50 gram bawang merah giling
  • 50 gram bawang putih giling
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada

Bumbu Balado:

  • 200 gram cabe merah giling kasar
  • 1 buah tomat potong dadu kecil-kecil
  • 1/2 sdt saos tiram
  • 400 ml air
  • sesuai selera garam
  • sesuai selera gula
  • minyak goreng

Cara membuat :

  • Marinasi daging dengan bawang merah dan bawang putih giling, ketumbar, lada, garam selama kurang lebih 15 menit. Rebus dalam panci berisi air mendidih selama kurang lebih 20 menit.
  • Sambil menunggu daging, rebus cabe merah giling bersama dengan bawang merah, bawang putih dan tomat. Masak sampai matang.
  • Tiriskan daging dan jangan buang air kaldunya ya. Pipihkan daging dengan memukul-mukulnya menggunakan pemukul dagig atau ujung pisau.
  • Goreng daging sampai kecoklatan atau sesuai selera misalnya menjadi kriuk dan kering atau yang masih basah.Angkat.
  • Tumis bumbu balado dalam minyak panas, lalu tambahkan dengan air kaldu daging kira kira 150 ml. Masak terus sampai berkurang airnya, tambahkan garam, gula, saos tiram, koreksi rasa.
  • Masukkan daging goreng dalam tumisan. Aduk sampai rata.

4 dari 7 halaman

Resep Empal Gepuk Daging Sapi

Resep Empal Gepuk Daging SapiResep Empal Gepuk Daging Sapi © Youtube.com/ CR COOK

Bahan : 

  • ½ kg daging sapi (bagian paha atas)
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • Jahe
  • 1 sdt ketumbar (sangrai dulu biar wangi)
  • ½ sdt merica
  • Sedikit asam jawa
  • Sedikit pala
  • 1 saset santan instan (kara)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh
  • 100 gram lengkuas
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm kaldu sapi bubuk
  • 3 sdm gula pasir
  • 50 gram gula merah (gula aren)

Cara pembuatannya ada di video berikut ini ya!

5 dari 7 halaman

Resep Empal Daging Serundeng Tahan Lama

Resep Empal Daging Serundeng Tahan LamaResep Empal Daging Serundeng Tahan Lama © Youtube.com/ Devina Hermawan

Dengan penyimpanan yang tepat, empal daging bisa bertahan lama di freezer. Caranya dengan menyimpannya di wadah kedap udara dan bagi per sajian jadi daging nggak mengalami pemanasan dan pembekuan berulang.

Bahan:

  • 1,2 kg daging sapi topside
  • 1,2 liter air
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • ¼ sdt merica

Bahan lainnya:

  • 100 gram kemiri
  • 100 gram lengkuas, iris
  • 80 gram gula merah
  • 2 sdm air asam jawa
  • 150 ml santan instan
  • 4 batang serai, geprek, potong
  • 6 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 500 ml air
  • 500 ml air kaldu sapi

Bahan bumbu halus:

  • 15 siung bawang putih
  • 18 buah bawang merah
  • 3 cm jahe, iris
  • 2 sdt ketumbar
  • ½ butir pala
  • 100 ml minyak goreng

Lainnya:

  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  • Masukkan daging, air, garam, kaldu bubuk, dan merica ke dalam presto. Presto selama 30 menit 
  • Dinginkan daging, potong-potong lalu pukul-pukul perlahan dengan ulekan batu atau rolling pin 
  • Haluskan kemiri dengan food processor lalu sangrai hingga wangi dan sedikit kecokelatan, sisihkan
  • Haluskan lengkuas dengan sedikit air hingga halus, sisihkan
  • Blender bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, pala, dan minyak goreng hingga halus 
  • Tumis bumbu halus hingga wangi lalu masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk, tumis kembali
  • Masukkan kemiri dan lengkuas, aduk rata masak di api kecil hingga wangi
  • Tambahkan air, santan, air asam jawa, gula merah, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan air kaldu sapi, aduk rata
  • Masukkan daging, masak di api sedang hingga air menyusut, sisihkan daging 
  • Masak kembali sisa bumbu di api sedang kecil hingga menyusut dan mengeluarkan minyak, sisihkan 
  • Panaskan minyak goreng lalu goreng daging hingga kecokelatan, tiriskan
  • Goreng serundeng di api sedang kecil hingga kecokelatan, sisihkan
  • Empal serundeng siap disajikan dengan nasi dan taburan bawang goreng sebagai pelengkap

6 dari 7 halaman

Resep Empal Daging Sapi Tanpa Santan

Resep Empal Daging Tanpa SantanResep Empal Daging Tanpa Santan © Shutterstock/Hanifah Kurniati

Sebenernya nih resep empal daging bisa lho tanpa menggunakan santan. Santan memang bisa memberikan rasa gurih berlemak, tapi tanpa kehadirannya pun masih bisa memberikan rasa yang nikmat pada empal.

Bahan:

  • 500 gram daging sapi
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdm gula merah
  • 3 butir asam jawa 
  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas

Bumbu halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 ruas jahe
  • minyak secukupnya

Cara memasak :

  • Rebus daging sapi hingga matang. Tiriskan dan iris tipis, pukul-pukul dengan palu atau ulekan agar empuk. Tidak perlu sampai hancur ya.
  • Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Tumis hingga matang.
  • Tuang air kaldu daging sapi yang bekas rebusan secukupnya. Masukkan daging sapi, gula merah, garam dan gula pasir secukupnya. Ungkep daging hingga empuk. 
  • Tiriskan dan goreng hingga matang kecoklatan.

7 dari 7 halaman

Resep Empal Daging Sapi Berkuah

Resep Empal Daging Sapi BerkuahResep Empal Daging Sapi Berkuah © Instagram/@seto_beri

Dengan kuah pedas dan daging sapi yangempuk, sajian ini bikin diet kamu bakalan gagal.

Bahan :

  • 1/2 kg daging sengkel/paha potong tipis
  • Kecap manis
  • Kecap asin
  • Kaldu jamur/garam
  • Air secukupnya
  • Daun salam
  • 1 batang serai
  • Lengkuas keprek
  • Jahe keprek

Bumbu halus:

  • 6 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 10 cabai merah
  • 1 tomat merah kecil
  • Sedikit merica halus

Cara membuat:

  • Rebus daging dengan keprekan jahe sebentar, lalu air rebusan pertama dibuang.
  • Rebus kembali daging lalu jika masih terlihat ada busa di air ambil dengan saringan, kemudian jika sudah empuk sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, serai, dan lengkuas.
  • Lalu masukkan air kaldu daging tadi disusul dengan potongan daging yang sudah sedikit dipukul-pukul dengan palu daging.
  • Lalu bisa tambahkan kecap manis sesuai selera, kecap asin, dan kaldu jamur/garam.
  • Masak sampai air agak meresap dan daging semakin empuk.

Resep empal daging adalah solusi untuk kamu yang punya banyak stok daging dan ingin membuat sajian daging lama yang bisa disantap kapan saja dan cocok dengan menu pendamping apapun.

Beri Komentar