9 Resep Cumi Hitam yang Sedap dengan Bumbu dan Cara Masak Super Simple

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 29 Oktober 2022 13:11
9 Resep Cumi Hitam yang Sedap dengan Bumbu dan Cara Masak Super Simple
Resep cumi hitam di bawah ini no ribet deh cuman tumis-tumis doang, bahkan ada yang pakai bawang putih dan merica saja lho!

Cumi-cumi punya rasa dan tekstur unik yang bikin makanan laut ni punya banyak penggemar. Resep olahan cumi mulai dari dibumbu dengan saus asam manis, dimasak sambal pedas, diolah dengan bumbu padang yang nendang atau dimasak dengan resep cumi hitam dengan tintanya yang super lezat.

Ngomongin soal tinta cumi nih, sebenarnya bagi cumi-cumi, tinta ini digunakan sebagai pertahanan diri ketika menghadapi predator. Mengutip Hello Sehat, warna biru kehitaman pada tinta cumi disebabkan oleh melanin, yaitu pigmen alami yang berasal dari senyawa turunan asam amino. Nggak cuman enak, tinta cumi ini juga punya banyak manfaat kesehatan mulai dari kandungan antioksidannya mencegah kanker, menjaga kesehatan sel otak dan saraf serta masih banyak lainnya.

Sajikan makanan sehat, enak dan bergizi dengan resep cumi hitam yang udah Diadona kumpulkan dari beragam sumber di bawah ini yuk!

 

1 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Khas Madura

Resep Cumi Hitam Khas MaduraResep Cumi Hitam Khas Madura © cookpad.com/dita_mulya13

Biar mirip dengan yang ada di warung Madura, ikuti resep cumi hitam berikut ini.

Bahan :

  • 1 kg cumi, bersihkan, jangan buang tintanya

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 biji cabe merah
  • 2 biji kemiri
  • 1 buah tomat

Cara Membuat

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan cumi dan bumbu ke dalam panci
  • Tambahkan minyak 5 sendok makan, aduk
  • Aduk rata, tutup sebentar  dan nanti air dari cumi akan keluar dengan sendirinya
  • Tambahkan kaldu bubuk, garam dan sedikit gula
  • Tutup panci sekitar 10 menit, aduk sesekali agar tidak gosong. Bila cumi belum empuk, tambahkan air.
  • Ketika cumi sudah empuk, matikan kompor. 

2 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Bumbu Pedas

Resep Cumi Hitam Bumbu PedasResep Cumi Hitam Bumbu Pedas © cookpad.com/Vivi Febriany

Resep cumi hitam ini udah di-recook sampai empat ratus kali lho! Kamu harus ikutan!

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg cumi basah

Bumbu iris :

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai hijau besar
  • 1 Batang daun bawang
  • 1 buah tomat 

Bumbu lain :

  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 1 lembar daun salam
  • Gula pasir sejumput kecil, sesuai selera
  • Kaldu bubuk, secukupnya
  • Merica bubuk, secukupnya
  • Penyedap rasa, secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Membuat

  • Cuci bersih cumi, hati-hati jangan sampai tintanya pecah, justru tinta hitamnya yang membuat masakan makin enak dan gurih beri perasan jeruk nipis diamkan sebentar,lalu bilas.
  • Tumis bumbu iris, lengkuas, salam, jahe, tomat sampai harum dan agak layu, lalu masukkan cumi-cumi dan daun bawang, masak sambil diaduk, boleh tambahkan sedikit air
  • Masukkan bumbu yang lain, masak hingga cumi-cumi menjadi berubah warna.
  • Cicipi cumi-cumi jika telah matang dan empuk, angkat dan sajikan dengan nasi hangat

3 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Bumbu Lada dan Bawang Putih

Resep Cumi Hitam Bumbu Lada dan Bawang PutihResep Cumi Hitam Bumbu Lada dan Bawang Putih © Cookpad.com/Tintin Rayner

Nah kalau resep cumi hitam yang ini dibuat dari tiga bahan saja. Penasaran nggak sih seperti apa rasanya?

Bahan :

  • 500 gram cumi bertinta segar
  • 4 butir bawang putih keprek
  • 1 sdt merica butir haluskan
  • Garam/penyedap rasa
  • Gula
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat

  • Tarik pelan plastik cumi, lumuri dengan jeruk nipis.
  • Panaskan 2 sdm minyak ,tumis dengan bawang putih sampe harum.
  • Masukkan cumi, masak dengan api kecil,
  • Beri bumbu garam/penyedap, merica ,gula
  • Cumi akan mengeluarkan juice dan kaldu, masak trus sampai kaldu dan tinta mengering kental,
  • Koreksi rasa dan sajikan

4 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Bumbu Uleg

Resep Cumi Hitam Bumbu UlegResep Cumi Hitam Bumbu Uleg © cookpad.com/Ai

Nah kalau resep cumi hitam yang ini menggunakan bumbu uleg, cocok buat kamu yang nggak puas dengan bumbu yang diiris saja.

Bahan-bahan

  • 1/2 kg cumi segar, potong bulat
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, keprek
  • 2 cm lengkuas, keprek
  • 3 buah cabe hijau, iris
  • 5 buah cabe rawit domba, iris

Bumbu halus :

  • 10 butir merica kalau kamu suka pedas
  • 6 buah cabe merah keriting, suka pedas
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • garam
  • gula
  • penyedap

Cara Membuat

  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukan cabe hijau, rawit, salam, sereh,lengkuas, daun jeruk,serai
  • Masukan cumi, oseng hingga tinta hitamnya keluar, bila ingin banyak air masak bisa tambahkan air sedikit
  • Masak 5 menit, beri garam, gula, penyedap, masak lagi 5 menit, koreksi rasa, angkat dan sajikan

5 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Kental

Resep Cumi Hitam KentalResep Cumi Hitam Kental © cookpad.com/Olive

Kuah tinta hitam yang kental tentu menyajikan cita rasa yang berbeda. Seperti apa? Makanya cobain deh resep cumi hitam berikut ini.

Bahan :

  • 1,5 kg cumi-cumi
  • 2 batang serai, geprek
  • 1 jempol jahe, geprek
  • 6 lembar daun jeruk, buang batangnya
  • 4 lembar daun salam
  • 4-5 sdm air asam jawa
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/4 sdt lada / merica bubuk
  • 3/4 sdt kaldu jamur
  • 2 buah cabe merah, boleh ditambah kalau suka pedas
  • Cabe rawit sesuai selera, opsional, kalau suka pedas
  • Secukupnya minyak

Bumbu Halus :

  • 15 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri

Cara Membuat

  • Bersihkan cumi-cumi. 
  • Jangan buang kantong tintanya ya. Untuk kepala dan kulitnya bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Beri perasan jeruk nipis. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air.
  • Siapkan bumbu yang lain. Iris cabe merah dan haluskan semua bahan bumbu halus.
  • Tumis bumbu halus bersama jahe, serai, daun jeruk, daun salam dan cabe merah dengan minyak yang cukup.
  • Masukkan cumi. Aduk rata. Cumi-cumi akan mengeluarkan air. Tambahkan asam jawa, garam, gula, lada, kaldu bubuk dan cabe rawit, aduk rata. Masak kira-kira 30-60 menit sampai cumi-cumi empuk dan air menyusut / mengental sambil dicicipi dan koreksi rasanya. Jika air sudah menyusut tapi cumi belum empuk bisa ditambah air lagi sambil koreksi rasa, tambah garam, dll jika perlu.
  • Matikan kompor. Angkat lalu sajikan.

6 dari 9 halaman

Resep Cumi Masak Hitam Pedas Berkuah

Resep Oseng Cumi Hitam Pedas BerkuahResep Oseng Cumi Hitam Pedas Berkuah © instagram.com/lilik_indrayani_81/

Salah satu tips memasak cumi yakni jangan masak terlalu lama agar daging cumi tidak keras. 

Bahan :

  • Cumi merah segar / sotong, ukuran sedang / bisa menggunakan cumi putih biasa ukuran kecil, tidak perlu dibuang kulit luar cumi karena ketika dimasak akan terkelupas sendiri kulitnya, sebagian tinta dibuang dan sebagian utuh tidak dibuang. 
  • Serai geprek, optional
  • Daun jeruk segar, optional
  • Laos geprek
  • Cabe kecil utuhan
  • Irisan cabe ijo / cabe merah besar
  • Kaldu bubuk
  • Garam
  • Kecap manis tidak terlalu banyak
  • Saos tiram 
  • Bumbu iris & cabe ulek kasar yang ditumis
  • Bawang bombay, optional
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe kecil dan cabe keriting merah diulek kasar / cincang menggunakan chopper
  • Tomat hijau / merah

Cara membuat : 

  • Bila ingin tumisan yang kering tanpa kuah maka rebus cumi sebentar di air mendidih lalu angkat tiriskan dan masak dengan bumbu yang sudah ditumis tadi.
  • Bila berkuah, maka tumis langsung cumi mentah dengan bumbu. Nantinya selama proses masak cumi akan mengeluarkan air. Tambahkan lagi air bila ingin menambah kuah pada cumi.

7 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Bumbu Kunyit

Resep Cumi Hitam Bumbu KunyitResep Cumi Hitam Bumbu Kunyit © instagram.com/andinskitchen/

Nah kalau resep cumi hitam yang ini didominasi oleh bumbu kunyit. Seperti apa rasanya? Cobain aja!

Bahan :

  • 500 gram cumi, cuci tanpa membuang tintanya
  • Sesuai selera cabai rawit hijau
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya kaldu bubuk

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1/2 sdr ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt kunyit bubuk

Bumbu daun :

  • 2 lembar daun salam
  • 4 cm jahe, geprek

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus dan bumbu daun hingga harum dan matang.
  • Masukkan cumi lalu aduk hingga cumi berubah warna. Saat cumi mengeluarkan air, masukkan cabai, garam, gula, dan kaldu bubuk.
  • Tekan perut cumi agar keluar tintanya. Masak terus hingga air menyusut kering dan bumbu menempel pada cumi. Koreksi rasa dan sajikan.

8 dari 9 halaman

Resep Tumis Cumi Hitam

Resep Tumis Cumi HitamResep Tumis Cumi Hitam © instagram.com/susan_gracia/

Dengan bumbu simple dan ditumis-tumis doang, kamu bisa menyajikan hidangan super endul dan bergizi melalui resep cumi hitam berikut ini.

Bahan :

  • 500 gr cumi, cuci bersih hati jangan sampai tintanya terbuang
  • 2 cabai merah besar, potong serong
  • 2 cabai hijau besar, potong serong
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, geprek
  • 2 ruas lengkuas

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 6 Cabai rawit
  • 3 Cabe merah keriting
  • 1 ruas jahe

Caranya :

  • Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga harum.
  • Masukan cumi, cabai merah, cabai hijau, garam, gula dan kaldu bubuk. Masak hingga mengental. Angkat dan Sajikan hangat.

9 dari 9 halaman

Resep Cumi Hitam Masak Tinta

Resep Cumi hitam Masak TintaResep Cumi hitam Masak Tinta © instagram.com/carolinelc88/

Bahan :

  • 500 gram cumi sedang
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdm kecap manis,  sesuai selera 
  • 1 sdt kaldu sapi / garam secukupnya
  • 1 sdt gula pasir
  • 15 buah cabe rawit utuh
  • 100 - 200 ml air,  sesuai selera mau agak nyemek atau kering 

Bumbu Halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabe rawit, selera
  • 1/4 sdt merica butiran
  • 1 cm jahe

Cara Membuat :

  • Bersihkan cumi hingga benar-benar bersih di air mengalir, hati-hati waktu mencuci bagian kepala agar tinta tidak pecah waktu di cuci.
  • Remas-remas dengan 1/4 sendok teh garam dan biarkan tintanya pecah sehingga keluar semua tintanya. Sisihkan 
  • Tumis bumbu hingga benar-benar matang
  • Masukkan cumi dan semua tintanya, tambahkan air dan semua bumbu, tutup panci
  • Masak dengan api besar sekitar 5 hingga 10 menit, jangan terlalu lama ya agar cumi tidak alot
  • Koreksi rasa, segera sajikan hangat

Selamat menciba beragam resep cumi hitam di atas dan share gimana hasil masakanmu di kolom komentar ya?

Beri Komentar