Cara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak Menggumpal, Lengket dan Berwarna Cantik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 6 Januari 2023 14:27
Cara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak Menggumpal, Lengket dan Berwarna Cantik
Salah satu cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal yakni dengan memasukkan ke dalam panci berisi air yang sudah mendidih

Kamu mungkin sering menjumpai bubur mutiara ini pada sajian es campur atau disantap hangat sebagai isian bubur. Bubur mutiara adalah makanan berbentuk bulat seperti mutiara dan berwarna merah muda bening. Saat dimakan, bubur mutiara bertekstur kenyal dan terasa manis. Karena terbuat dari tepung sagu, tak tahu cara membuat bubur mutiara membuatnya jadi menggumpal.

Bila ini terjadi, tampilan bubur mutiara jadi tak cantik lagi. Selain itu bubur mutiara yang lengket jadi sulit untuk disendok untuk disantap atau disajikan. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Kalau gitu yuk praktikkan cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal seperti yang disharing oleh pengguna Cookpad Shirley Wijaya berikut :

 

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak MenggumpalCara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak Menggumpal © 2023 cookpad.com/Shirley Wijaya

Pertama, didihkan air. Ada yang menyebut bahwa bubur mutiara sebaiknya dimasak dengan cara menuangkannya di air yang masih dingin lalu dipanaskan. Cara ini disebut membuat lama waktu perebusan jadi lebih singkat, tapi juga bisa bikin sagu mutiara jadi hancur dan juga lengket.

Selanjutnya masukkan sagu mutiara ke panci tersebut sesuai kebutuhan dan masak kira-kira 5 menit menggunakan api besar. Cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal memerlukan ketepatan waktu memasak, jadi pastikan kamu sambil memantau jam ya!

Saat memasak di fase ini, bubur mutiara jangan diaduk.

Matikan api kompor lalu tutuplah pancidan diamkan Lalu nyalakan api kembali tapi gunakan api kecil. Selanjutnya masukkan bahan lainnya seperti gula pasir, essence vanilla, dan lainnya. Tutup panci dan masak kembali selama 7 menit dengan menggunakan api kecil saja ya!

Setelah tujuh menit, mantikan api. Hasilnya adalah sagu mutiara yang transparan, tidak lengket dan kenyalnya pas!

2 dari 2 halaman

Cara membuat bubur mutiara di atas menggunakan metode 5/30/7 yang umum digunakan untuk mengempukkan daging. Nggak diketahui penjelasan ilmiah mengenai metode tersebut namun kemungkinan proses mendiamkan bahan makanan di air mendidih selama 30 menit dengan panci tertutup merupakan proses pemasakan lanjutan. Cara ini tergolong disukai karena jadi hemat gas.

Selain cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal dengan metode 5/30/7, ada juga nih metode dengan langsung memasaknya di air mendidih selama kurang lebih 30-40 menit sambil sesekali diaduk.

Praktikkan cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal di atas dan share hasilnya di kolom komentar ya! Bubur mutiara cocok banget untuk inspirasi takjil buka puasa nih!

Beri Komentar