5 Resep Sayur Lodeh Jawa dari Berbagai Bahan, Sederhana Makin Gurih dengan Tempe Semangit

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 9 September 2022 11:43
5 Resep Sayur Lodeh Jawa dari Berbagai Bahan, Sederhana Makin Gurih dengan Tempe Semangit
Tempe semangit atau tempe hampir busuk adalah rahasia rasa gurih sedap dari resep sayur lodeh Jawa ini

Buat kamu masyarakat Jawa pastinya sudah tak asing dengan sajian yang satu ini. Rasanya yang khas gurih dan lezat didapat dari resep sayur lodeh Jawa yang mengandung banyak rempah dan dimasak dengan santan. Isiannya bisa berbeda-beda tergantung apa yang sedang tersedia.

Biasanya nih reses sayur lodeh Jawa menggunakan tambahan bumbu terasi atau udang rebon untuk membuat rasanya jadi gurih. Rasa manis pada lodeh Jawa didapat dari penambahan sedikit gula merah. Ditambahkan juga tempe semangit atau tempe yang hampir busuk yang membuatnya jadi makin lezat. Nah untuk sayur lodeh Betawi sendiri menggunakan cabai merah untuk membuat kuahnya berwarna kemerahan. 

Bumbu pada resep sayur lodeh umumnya terdiri dari bawang merah, bawang putih yang ditambah dengan rempah lainnya seperti kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, dan lainnya. Bikin yuk!

Diadona udah ngumpulin banyak resep sayur lodeh Jawa dari berbagai sumber, Mana yang paling menarik buat dibikin?

 

1 dari 5 halaman

Resep Sayur Lodeh Labu Siam dan Tempe

Resep Sayur Lodeh Labu Siam dan TempeResep Sayur Lodeh Labu Siam dan Tempe © Cookpad.com/Susan Mellyani

Ada dua jenis sayuran pada resep sayur lodeh Jawa ini lalu ditambah dengan tempe dan telur membuatnya jadi paket masakan yang komplit. Tinggal tambah kerupuk deh!

Bahan :

  • 2 buah labu siam ukuran sedang
  • 1/2 papan tempe potong dadu
  • 5 buah kacang panjang potong
  • 1 papan pete kupas
  • 3 butir telur rebus,kupas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh geprek
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 2 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 500 ml santan yang dibuat dari 1 butir kelapa tua
  • Gula, garam, kaldu bubuk

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm ebi

Cara membuat :

  • Kupas labu siam lalu potong berbentuk batang korek api, beri 1 sdm garam lalu remas-remas hingga teksturnya lunak, cuci bersih kembali
  • Didihkan 500ml air di panci, masukan labu, kacang panjang dan tempe, aduk rata
  • Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas, tumis hingga bumbu matang dan jangan lupa diaduk
  • Masukan tumisan bumbu tersebut ke panci, aduk rata
  • Tuang santan, beri gula, garam, kaldu bubuk sesuai selera, jangan lupa aduk tersu agar santan tidak pecah
  • Masukan telur rebus dan pete, masak lagu hingga semua matang, angkat dan sajikan.

2 dari 5 halaman

Resep Sayur Lodeh Kacang Panjang dan Terong

Resep Sayur Lodeh Kacang Panjang dan TerongResep Sayur Lodeh Kacang Panjang dan Terong © cookpad.com/rreen

Kacang panjang emang cocok banget dipadukan dengan terong ungu seperti pada resep lodeh Jawa berikut ini.

Bahan :

  • 9 lanjar kacang panjang
  • 4 buah terong ungu ukuran kecil
  • 2 buah tahu potong dadu kecil
  • 1 genggam tempe potong dadu kecil
  • Bumbu uleg:
  • 5 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 25 cabe rawit

Bumbu lain:

  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1/2 sdm ketumbar bubuk
  • 2 sdm udang rebon
  • 1,5 sdm garam
  • 1/2 sdm gula
  • 4 lembar daun salam
  • 1 liter santan cair (3 mangkuk)

Cara membuat :

  • Haluskan bumbu, rebus sebentar dengan menggunakan sedikit air untuk membuatnya mudah hancur. Tambahkan garam
  • Rebus santan dengan api kecil sampai mendidih
  • Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, ketumbar, udang rebon, lengkuas, tahu, tempe, gula, dan daun salam. Tunggu sampai mendidih. Koreksi rasa,
  • Masukkan kacang panjang dan terong, masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Koreksi rasa dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Resep Sayur Lodeh Jawa dari Jagung, Labu, Kacang Panjang Wortel

Resep Lodeh Jawa dari Jagung, Labu, Kacang Panjang WortelResep Sayur Lodeh Jawa dari Jagung, Labu, Kacang Panjang Wortel © instagram.com/laysisilia/

Resep sayur lodeh Jawa ini nggak cuman lezat tapi punya tampilan yang menarik banget karena terdiri dari sayuran berbagai macam warna.

Bahan :

  • 1 buah jagung manis, potong
  • 1 buah labu, potong
  • 1 buah wortel, potong
  • kacang panjang, potong
  • 1 buah terong, potong
  • 3-4 lembar kol, robek
  • 100 ml santan kental
  • 3-4 sdm krimer bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • Garam kaldu dan gula secukupnya
  • Kemplang kering, rendam sampe ngembang

Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdm terasi
  • 1 sdm udang ebi
  • 1 sdm ketumbar bubuk

Cara memasak :

  • Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu tuang air secukupnya dan tambahkan santan dan krimer. Selanjutnya masak sampai mendidih.
  • Masukkan sayuran dengan urutan yang paling lama matang, dimulai dari jagung, wortel dankacang panjang lalu labu.
  • Bumbui dengan garam dan kaldu secukupnya, koreksi rasa

4 dari 5 halaman

Resep Sayur Lodeh Jawa dari Pepaya Muda

Pepaya muda adalah salah satu bahan yang paling umum berada dalam resep sayur lodeh Jawa.

Bahan :

  • 1 kg pepaya muda kupas rajang korek
  • 250 gram udang bersihkan
  • 1000 ml air
  • 65 ml santan instan + 500 ml air
  • Minyak untuk menumis
  • Bawang goreng untuk taburan (optional)

Bumbu cemplung

  • 2 ruas lengkuas geprek
  • 4 lembar daun salam

Bumbu halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 1 sdt terasi
  • 3 ekor udang
  • 1 ruas kencur
  • 1 sdt gula pasir /sesuai selera
  • garam sesuai selera

Cara Membuat:

  • Lumuri pepaya dengan garam lalu remas remas hingga layu. Cuci dengan air hingga bersih. Sisihkan
  • Tumis udang hingga berubah warna. Masukkan bumbu halus dan bumbu cemplung tumis hingga matang. Masukkan pepaya dan aduk merata. Tuang air masak hingga air mendidih.
  • Tuang air santan dan masak sampai matang. Koreksi rasa lalu sajikan dengan bawang goreng.

5 dari 5 halaman

Resep Sayur Lodeh Jawa Ndeso

Resep Sayur Lodeh Jawa NdesoResep Sayur Lodeh Jawa Ndeso © instagram.com/ocha_chupid/

Ada beragam isian dan komplitnya bumbu yang digunakan pada resep sayur lodeh Jawa ini. Disantap dengan nasi hangat atau lontong, wah, enak banget. 

Bahan :

  • 1 buah kluwih, cincang kasar
  • 1 ikat kecil kacang sriwet, potong
  • 100 gr kulit melinjo
  • 3 ikat kecil daun so
  • 250 gr balungan iga/bisa pakai tetelan sapi, rebus empuk

Bumbu halus (goreng utuhan dulu baru diulek):

  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 8 buah cabai keriting
  • 15 buah cabai rawit
  • 5 buah kemiri

Bumbu lain:

  • 1sdm ketumbar bulat
  • 3cm lengkuas, geprek
  • 5lembar daun salam
  • Sepotong tempe semanggit
  • 500ml santan/50gr fibercreme
  • Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Haluskan bumbu yang sudah digoreng bersama dengan ketumbar, masukkan tempe semanggit bejek-bejek sebentar, sisihkan
  • Dalam panci didihkan air, masukkan kluwih dan kulit melinjo
  • Masukkan bumbu halus dan juga tulangan iga yang sudah direbus
  • Setelah kluwih agak empuk, tambahkan kacang sriwet dan juga daun so
  • Tambahkan gula, garam, merica dan kaldu bubuk
  • Masukkan santan/fibercreme, koreksi rasa, masak sampai matang, angkat lalu sajikan

Resep sayu rlodeh Jawa bis asaja berbeda antara satu rumah dengan yang lainnya. Bagiaman dnegan resep di rumahmu?

Beri Komentar