21 Resep Sawi Putih Beragam Kreasi, Lezat, Sederhana dan Murah Meriah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 11 Oktober 2022 10:29
21 Resep Sawi Putih Beragam Kreasi, Lezat, Sederhana dan Murah Meriah
Muali dari ditumis, disayur bening, kuah santan hingga diis dengan daging, berikut ini resep sawi putih yang nggak boleh kamu lewatkan.

Sawi putih adalah sayuran favorit masyarakat. Keberadaannya mudah ditemukan di setiap sudut pasar, murah meriah dan juga mudah diolah. Resep sawi putih sangat beragam, mulai dari disayur bening, ditumis dan lainnya. Rasanya manis, renyah dengan aroma seledri yang segar. Sayuran ini disukai karena menyerap cita rasa masakan dengan sangat baik.

Sawi putih adalah sayuran berdaun hijau yang sangat rendah kalori. Setiap 100 gramnya mengandung 16 kalori saja. Sawi putih punya banyak senyawa antioksidan, folat juga sumber serat yang bagus banget. Kalau kau punya stok sawi putih dan bingung akan diolah apa saja, Diadona kasih nih deretan resep sawi putih berbagai olahan yang pas di lidah keluarga.

 

1 dari 21 halaman

Resep Tumis Sawi Putih Bumbu Pedas

Resep Tumis Sawi Putih Bumbu PedasResep Tumis Sawi Putih Bumbu Pedas © Rudy Choirudin

Berbekal nasi hangat dan kerupuk doang nih, resep sawi putih berikut ini dijamin bikin acar makanmu menyenangkan.

Bahan 1 :

  •  3 buah cabe merah, diulek kasar
  •  5 buah cabe rawit merah, dirajang serong
  •  50 gram daging ikan, dipotong serong serasi tipis
  •  150 gram sawi putih, dibelah dan dipotong serasi
  •  100 gram sawi hijau, dipotong serasi
  •  50 ml air

Bahan 2 :

  •  4 sdm minyak goreng
  •  4 siung bawang putih, dirajang
  •  6 buah bawang merah, dirajang
  •  3 cm lengkuas, dibelah dan dimemarkan
  •  2 lembar daun salam
  •  1 sdm kecap asin

Bahan 3

  •  ½ sdt garam
  •  1 sdt gula pasir
  •  ½ sdt ladaku merica bubuk

Cara Memasak :

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga kekuningan
  • Masukkan bawang merah, tumis hingga harum, tambahkan lengkuas dan daun salam, tumis kembali hingga harum
  • Masukkan kecap asin, diamkan hingga mendidih kemudian aduk rata
  • Masukkan daging ikan, tumis sesaat, tambahkan cabe merah dan cabe rawit merah, tumis hingga cabe layu
  • Masukkan sawi putih, sawi hijau dan air, tumis hingga cukup layu
  • Masukkan garam, gula dan Ladaku Merica Bubuk, aduk rata, angkat lengkuas dan daun salam yang sudah tidak dipergunakan
  • Angkat dan sajikan selagi hangat

2 dari 21 halaman

Resep Urap Sawi Putih

Resep Urap Sawi PutihResep Urap Sawi Putih © instagram.com/bunda_didi/

Rasanya yang kriuk-kriuk bikin urap sayur kamu jadi makin nikmat disantap

Bahan :

  • Sayuran rebus bisa apa saja, misalnya pucuk labu, sawi putih, kacang panjang, taoge, wortel.
  • Rebus dengan sedikit garam

Bumbu :

  • 1/2 butir kelapa muda
  • 5 cabai merah, 2 rawit
  • 1 bawang putih
  • 2 cm kencur, 2 daun jeruk
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt terasi bakar
  • 1 sdt garam

Cara membuat :

  • Ulek bumbu, campur kelapa, cek rasa
  • Bungkus daun pisang, kukus 15 menit
  • Campur dengan sayur rebus
  • Segera sajikan.

3 dari 21 halaman

Resep Sayur Bening Sawi Putih dan Bakso

Resep Sayur Bening Sawi Putih dan BaksoResep Sayur Bening Sawi Putih dan Bakso © instagram.com/yoanitasavit/

Kangen masak yang seger-seger dan super simple? Cobain resep sawi putih berikut ini yuk!

Bahan :

  • 1 bonggol sawi putih
  • 10 buah bakso, iris
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • Garam, merica, kaldu bubuk
  • 1 sdt kecap ikan
  • Air secukupnya

Cara buat:

  • Potong sawi kecil, cuci bersih
  • Tumis bawang putih hingga harum
  • Masukan bakso, sawi dan air, tambahkan semua bumbu
  • Masak hingga bakso dan sawi matang, koreksi rasa. Angkat dan sajikan.

4 dari 21 halaman

Resep Tumis Sawi Putih dan Tahu

Resep Tumis Sawi Putih dan TahuResep Tumis Sawi Putih dan Tahu © instagram.com/yscooking/

Daripada bikin resep sawi putih tumis dan menggoreng tahu, gimana kalau padukan keduanya dalam satu sajian saja?

Bahan

  • 5 lembar sawi putih potong
  • 1 buah tahu putih, potong kotak, goreng
  • 2 siung bawang putih iris
  • 2 butir bawang merah iris
  • 1 batang daun bawang iris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • Garam, merica

Cara membuat :

  • Tumis dua bawang sampai harum. Masukan tahu dan sawi, beri bumbu aduk rata
  • Tuang sedikit air, masak sampai matang
  • Masukan daun bawang, angkat

5 dari 21 halaman

Resep Sawi Gulung Isi Daging

Resep Sawi Gulung Isi DagingResep Sawi Gulung Isi Daging © instagram.com/lindahabsari/

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang segar berpadu dengan lembut dan cita rasa khas daging

Bahan :

  • daun sawi putih
  • Daun bawang

Bahan isian:

  • 400 gr daging ayam cincang
  • 200 gr udang cincang kasar
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1,5 sdm saos tiram
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/4 bawang bombay cincang halus
  • 2 sdm tepung maizena

Bahan saos :

  • Saos bbq, saya pake saos la fonte
  • Saos extra pedas, delmonte
  • Kecap asin
  • Saos tiram
  • Gula
  • Garam
  • Merica
  • Bawang bombay iris tipis
  • 2 siung bawang putih geprek halus
  • 1 buah tomat merah ukuran besar
  • 3 cabe merah rawit
  • Perasan jeruk nipis/lemon, sesuai selera
  • Air
  • Mentega

6 dari 21 halaman

Capcay Sawi Putih

Capcay Sawi PutihCapcay Sawi Putih © instagram.com/dada.tastes/

Penuhi kebutuhan sayuran harian kamu dengan resep sawi putih berikut ini yuk!

Bahan :

  • 3 siung bawang putih halus
  • 1/2 buah bawang bombay  iris
  • Cumi iris
  • Daging ayam iris
  • Brokoli potong
  • Bunga kol iris
  • Sawi putih iris
  • Wortel iris
  • Kacang arcis
  • Saus tiram, kecap asin, garam, gula dan merica secukupnya
  • Larutan tepung maizena

Cara membuat

  • Rebus dulu brokoli dan wortel sebentar, angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak di wajan tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi masukkan cumi dan daging ayam beri kecap asin, gula dan merica tumis sebentar.
  • Masukkan brokoli, sawi putih, wortel dan kacang arcis tumis sebentar tambahkan saus tiram, kecap asin, garam, gula dan merica secukupnya.
  • Masukkan larutan maizena aduk hingga rata.
  • Siap di sajikan dengan nasi hangat.

7 dari 21 halaman

Resep Cah Sawi Putih dan Telur

Resep Cah Sawi Putih dan TelurResep Cah Sawi Putih dan Telur © instagram.com/lusiaa_vv/

Telur yang diorak-arik lalu dicampur dalam resep sawi putih ini juga menambah rasa dan kekentalan kuahnya.

Bahan:

  • 1 bonggol sawi putih
  • 2 butir telur ayam kampung
  • 3 butir bawang putih, geprek
  • 1 sdm saus tiram
  • cabe rawit, sesuaikan selera
  • Garam, lada bubuk dan gula secukupnya.

Cara masak : 

  • Cuci bersih sawi putih lalu potong dan pisahkan bagian putih yang keras lalu tiriskan.
  • Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng, masukan telur lalu orak arak, angkat.
  • Masukan satu sdm minyak goreng tumis bawang putih dan cabe rawit sampai wangi,masukan bagian putih sawi masak sampai layu tuang dikit air,biarkan mendidih baru masukan daun sawi,saus tiram,bumbui garam,dikit lada dan gula,aduk rata dan terakhir masukan orak arik telur,tes rasa,angkat sajikan

8 dari 21 halaman

Tumis Sawi Putih, Wortel dan Telur

Tumis Sawi Putih, Wortel dan TelurTumis Sawi Putih, Wortel dan Telur © Cookpad.com/Mama Albiyan

Rasanya enak, tampilannya cantik dan penuh gizi. Bikin resep sawi putih ini yuk!

  • Bahan :
  • 1 bonggol sawi putih, potong
  • 1 buah wortel, iris serong
  • 1 batang daun bawang, iris2
  • 1 buah telur
  • 1 sdm saus tiram
  • secukupnya Kaldu jamur/garam dan lada bubuk

Bumbu iris :

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit setan
  • 2 buah cabai merah keriting

Cara Membuat

  • Tumis bumbu iris hingga wangi dan harum.
  • Masukkan irisan wortel. Beri sedikit air. Masam hingga wortel setengah matang.
  • Masukan telur, buat orak-arik
  • Kemudian masukkan irisan sawi. Beri saus tiram, kaldu jamur/garam dan lada bubuk. Jangan lupa koreksi rasa.
  • Terakhir, masukkan irisan daun bawang. Aduk hingga sawi matang. Angkat dan siap disajikan.

9 dari 21 halaman

Resep Sawi Gulung Isi Ayam Kuah Bening

Resep Sawi Gulung isi Ayam Kuah BeningResep Sawi Gulung isi Ayam Kuah Bening © Cookpad.com/lidia lestari

Kalau resep sawi gulung tadi tuh diisi dengan cincangan daging,l kali ini diganti dengan versi yang lebih ramah di kantong yakni ayam. Tentu saja rasanya tak kalah enak, dong!

Bahan:

  • 10 lembar sawi putih cari yang lebar supaya leluasa pas melipat

Bahan Isi:

  • 250 gr daging ayam cincang
  • 50 gr wortel diparut
  • 25 gr daun bayam, saya skip
  • 1 butir putih telur
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt saus tiram
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm mayonaise
  • 1 sdt lada bubuk

Bahan Kuah:

  • 2 siung bawang putih,cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 sdt saus tiram
  • 1 sdt saos botol
  • 1 sdm sambal botol
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 tangkai daun bawang
  • 200 ml air
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat

  • Cuci bersih sawi,lalu rebus sampai batangnya cukup lunak. Tiriskan.
  • Campur semua bahan isi,aduk rata.Koreksi rasa dengan ambil sedikit adonan lalu goreng.
  • Ambil 1 lembar sawi isi dengan 1 sdm adonan isi,lalu gulung seperti menggulung risoles. Lakukan sampai habis.
  • Kukus sawi selama 20 menit.
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan bahan saos jangan lupa koreksi rasa. Tata sawi dalam piring lalu tuang dengan saosnya.Sajikan.

10 dari 21 halaman

Resep Sawi Putih Jamur Tiram

Resep Sawi Putih Jamur TiramResep Sawi Putih Jamur Tiram © Cookpad.com/Dapur Ade

Dengan resep sawi putih yang pas, ditambah isian apa aja tetap enak kok!

Bahan-bahan

  • 1 buah sawi putih, potong
  • 200 gr jamur tiram, disuwir
  • 2 buah wortel, potong korek api
  • 1 papan pete

Bumbu Iris;

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit
  • 1/2 buah tomat
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • larutan maizena secukupnya untuk mengentalkan

Cara Membuat

  • Tumis bawang, cabe, tomat dan daun bawang hingga harum, kemudian masukkan wortel, tambahkan sedikit air, 1/2 gelas belimbing
  • Masukkan sawi putih dan jamur tiram
  • Tambahkan bumbu, terakhir masukkan pete

11 dari 21 halaman

Resep Sawi Putih Kuah Santan

Resep Sawi Putih Kuah SantanResep Sawi Putih Kuah Santan © Cookpad.com/Yessil Chechiel

Rasa sayur sawi yang segar dipadukan dengan gurihnya kuah santan.

Bahan :

  • 1 bonggol sawi putih
  • 1 bungkus santan kara
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 300 ml air
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan Bumbu Halus :

  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 3 butir cabe merah
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • Bahan Lainnya :
  • bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat

  • Siapkan semua bahan, cuci bersih bahan yang telah dikupas dan sayur yang sudah diiris-iris
  • Haluskan / blender semua bahan bumbu halus. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi. Jika bumbu tumis sudah keset, masukkan serai, daun salam dan lengkuas. Aduk rata hingga harum.
  • Masukkan sawi putih, tambahkan air, beri gula, garam, kaldu jamur. Aduk rata, kemudian masukkan santan kara, masak hingga sawi putih menjadi sedikit layu
  • Koreksi rasa dan sajikan. Jangan lupa beri taburan bawang goreng, biar semakin maknyuss

12 dari 21 halaman

Tumis Sawi Putih Belacan

Tumis Sawi Putih BelacanTumis Sawi Putih Belacan © Instagram/@malika.saskia

Kalau biasanya nih resep sawi putih ditumsi dengan bumbu bening atau oriental, cobain deh dengan bumbu terasi yang super gurih.

Bahan:

  • 1 bonggol sawi putih
  • 1 batang daun bawang

Bumbu ulek:

  • 1 tomat kecil
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cabai besar merah
  • 3 rawit merah
  • 1 sachet terasi abc
  • Garam dan gula
  • 30 ml air

    Resep Lodeh Sawi Putih Bumbu IrisResep Lodeh Sawi Putih Bumbu Iris © cookpad.com/Ma2 Khansa A.N

Cara membuat:

  • Tumis bumbu ulek sampai harum.
  • Masukkan sawi dan daun bawang, aduk-aduk sebentar.
  • Beri air, masak sampai matang.

13 dari 21 halaman

Resep Lodeh Sawi Putih Bumbu Iris

Resep Lodeh Sawi Putih Bumbu IrisResep Lodeh Sawi Putih Bumbu Iris © cookpad.com/Ma2 Khansa A.N

Siapa bilang bikin resep sawi dengan bumbu lodeh tuh ribet? Dengan bumbu iris, masakan ini jadi super simple!

Bahan :

  • 1 bonggol kecil sawi putih potong kasar
  • 1 buah wortel potong
  • 1 papan pete Iris
  • 3 bawang merah Iris
  • 1 bawang putih Iris
  • 4 cabe kriting hijau potong serong
  • 2 cabe rawit oren potong
  • seiris laos
  • 2 daun salam
  • 1/2 sdt garam sesuaikan
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt gula pasir
  • ±500ml air
  • 1/2 bungkus santan di encerkan

Cara Membuat

  • Tumis semua bumbu iris dan pete sampai berubah warna dan layu. Masukkan sayur sawi dan wortel. Aduk rata biarkan agak layu. Masukin air tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih masukkan santan aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu jamur. Sesekali diaduk biar santan tidak pecah
  • Kalo santan dan mulai mendidih cek rasa aduk kembali matikan apinya. Siap sajikan. 

14 dari 21 halaman

Resep Sayur Sawi Putih dan Udang

Resep Sayur Sawi Putih dan UdangResep Sayur Sawi Putih dan Udang © Instagram/@dapur_yumz

Udang dalam resep sawi putih ini nggak cuman jdi bahan isian tapi juga ngasih rasa kaldu yang gurih banget!

Bahan:

  • 1 buah sawi putih ukuran sedang, potong-potong
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 4 buah bakso sapi, potong-potong
  • 4 ekor udang besar
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 200 ml air
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 1 sdm minyak wijen
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  • Panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bakso dan udang, aduk-aduk.
  • Masukkan tomat dan air. Masak hingga mendidih. Tambahkan sawi putih, garam dan lada. Masak hingga matang.
  • Koreksi rasa. Tambahkan minyak wijen dan aduk sebentar kemudian matikan api.
  • Angkat dan sajikan.

15 dari 21 halaman

Resep Sawi Putih Gulung isi Ayam dan Tahu

Resep Sawi Putih Gulung isi Ayam dan TahuResep Sawi Putih Gulung isi Ayam dan Tahu © cookpad.com/Najmi Robbani

Biar isiannya makin banyak dan teksturnya lembut, tambah dengan isian tahu ya!

Bahan-bahan :

  • 10 lembar sawi putih, pilih yang daunnya lebar
  • 1 genggam ayam ungkep suwir, boleh skip
  • 6 potong tahu
  • 2 sdm daun bawang iris
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdt saus tiram
  • Secukupnya garam & penyedap

Bahan Saus

  • 1/2 buah bawang Bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 3 biji cabai merah
  • 2 biji cabai rawit/sesuai selera, boleh skip
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • Secukupnya garam
  • 200 ml Air + -
  • 1 sdm maizena, larutkan ke dalam 2 sdm air

Cara membuatnya ada di laman berikut ini ya!

16 dari 21 halaman

Resep Sup Sawi Putih

Resep Sup Sawi PutihResep Sup Sawi Putih © cookpad.com/Happy End

Bikin yang seger-seger dengan resep sawi putih berikut ini yuk!

Bahan :

  • 6 helai sawi putih ukuran besar
  • 10 butir telur puyuh
  • 1 batang wortel, potong-potong
  • 1 buah kentang, kupas, potong-potong
  • 1 batang bawang prei, iris-iris
  • Kalau ada 1 batang seledri, kehabisan
  • 2 siung bawang merah, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris-iris
  • 700 ml air, sesuaikan saja
  • Secukupnya garam, kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt gula pasir, sesuaikan saja
  • Kalau ada, taburan bawang merah goreng

Cara Membuat

  • Cuci tangan dan berdoa. Pastikan semua bahan dalam keadaan bersih. Sawi dipotong-potong dan dipisahkan antara daun dan batang putihnya. Batang putihnya digeprek, dan dibagi dua agar tidak terlalu besar.
  • Tumis bawang merah, bawang putih, bawang prei dengan sedikit minyak. Tumis hingga harum. Setelah itu, tambahkan air. Biarkan mendidih.
  • Tambahkan telur puyuh, kentang, wortel, batang sawi., daunnya belakangan agar tidak terlalu lembek Masukkan garam, kaldu, lada bubuk, saus tomat, gula pasir. Masak hingga sayuran setengah matang.
  • Tambahkan daun sawi. Masak hingga layu. Cicipi dan koreksi rasa. Padamkan api. Sup Sawi Putih siap dihidangkan.

17 dari 21 halaman

Resep Sawi Putih Gulung isi Udang Tahu Bayam

Resep Sawi Putih Gulung isi Udang Tahu BayamResep Sawi Putih Gulung isi Udang Tahu Bayam © cookpad.com/Priadarsini

Resep sawi putih gulung ini bisa dikreasikan dnegan berbagai isian lho!

Bahan ;

  • 10 lembar sawi putih
  • 8 ekor udang kupas
  • 4 potong tahu kecil, saya lagi ada stok tahu kuning. pakai tahu putih juga boleh
  • 1 ikat bayam, ambil daunnya saja
  • 1 butir telor ayam kampung, boleh ayam negeri
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • 1.5 sdt saos tiram
  • secukupnya air
  • kuah sambal
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • secukupnya cuka
  • 250 ml air
  • secukupnya minyak jagung

Cara Membuat

  • Cuci sawi putih. Kemudian rebus dengan api sedang sebentar, hingga sawi matang tapi jangan sampai terlalu matang atau layu.
  • Sementara menunggu sawi matang. Siapkan bahan2 isian.
  • Hancurkan tahu dan udang, masukan Bayam yang sudah diambil daunnya.
  • Setelah sawi tampak matang, angkat dan tiriskan.
  • Lalu kembali ke bahan isian. Masukan lada, kaldu jamur dan bawang putih bubuk juga telor. Aduk2.
  • Masukan saos tiram. Aduk hingga menyatu semua.
  • Ambil bahan isian sesuai dengan lebarnya sawi. Gulung2 sawi.
  • Kukus selama 15 menit.
  • Sementara menunggu kukusan. Siapkan kuah sambalnya. Giling cabe merah. Cacah bawang putih. Iris cabe rawit.
  • Panaskan minyak jagung dengan api sedang. Masukan cabe merah dan bawang putih. Tumis hingga wangi.
  • Masukan cabe rawit. Tumis hingga matang.
  • Masukan garam dan gula. Tumis hingga gula lengket.
  • Masukan air dan cuka, sesuai selera keasaman
  • Setelah mendidih dan tampak matang, koreksi rasanya terutama cuka dan garam sudah sesuai selera belum.
  • Angkat sawi yang sudah dikukus.
  • Siram dengan kuah sambalnya.

18 dari 21 halaman

Resep Sawi Wijen Pedas

Resep Sawi Wijen PedasResep Sawi Wijen Pedas © Instagram/@missis_nelly

Bahan:

  • sawi putih, potong
  • saus sambal
  • saus tomat
  • saos tiram
  • gula
  • garam
  • kaldu jamur
  • bawang bombay, iris
  • wijen, sangrai

Bumbu halus:

  • cabai merah
  • bawang putih
  • Cara memasak:
  • Tumis bumbu halus dan bawang bombay.
  • Tambahkan saus, gula, garam, dan kaldu jamur.
  • Masukkan sawi, masak hingga matang.

19 dari 21 halaman

Resep Sawi Putih Tauco

Resep Sawi Putih TaucoResep Sawi Putih Tauco © Instagram/@herhungryhusband

Bahan:

  • 500 gram sawi putih, cuci bersih, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 sdm tauco manis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan sedikit minyak di wajan. Tumis bawang putih dan cabai sampai harum.
  • Masukkan tauco lalu aduk rata.
  • Masukkan sawi putih, gula, dan garam. Oseng sampai layu.
  • Koreksi rasa. Angkat dan hidangkan.

20 dari 21 halaman

Resep Sayur Sawi Putih Lombok Ijo

Resep Sawi Putih Lombok IjoResep Sawi Putih Lombok Ijo © Instagram/@mjshomecooking

Tampilannya nampak segar sekali, bukan?

Bahan:

  • 1 buah sawi putih ukuran sedang,potong-potong
  • 5 buah cabai hijau, iris serong
  • 1 bungkus santan kara kecil
  • 50 gr teri Medan, goreng kering
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • Garam, gula merah, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 kemiri

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai matang.
  • Masukkan air lalu santan instan, aduk rata masak sampai mendidih.
  • Masukkan garam, gula merah, dan kaldu secukupnya.
  • Masukkan sawi putih,masak sampai matang, koreksi rasa.
  • Matikan api beri taburan teri Medan, siap disajikan.

21 dari 21 halaman

Resep Sawi Putih Kuah Daging

Resep Sawi Putih Kuah DagingResep Sawi Putih Kuah Daging © Instagram/@trikmasak

Bahan:

  • 350 gr sawi putih, bersihkan,potong-potong
  • 250 gr telur puyuh rebus
  • 200 gr daging sapi tanpa lemak, potong-potong
  • Gojiberry untuk memberikan rasa manis
  • Garam secukupnya
  • Penyedap jamur
  • Air

Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • Lada sesuai selera

Cara membuat:

  • Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu hingga matang dan tidak bau langu.
  • Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna sekitar 5 menit, lalu tuangkan air, tambahkan garam dan penyedap jamur. Masak daging hingga matang dan empuk. Jika air berkurang, tambahkan lagi.
  • Setelah daging matang, tambahkan sawi dan telur puyuh rebus, masak hingga kuah mendidih, taburi gojiberry, koreksi rasa, angkat, sajikan hangat.

Dengan kemudahan mengolah serta sawi putih yang gampang menyerap berbagai cita rasa, resep sawi putih banyak sekali ya!

Beri Komentar