28 Resep Ikan Kembung Berbagai Kreasi yang Sederhana, Enak dan Ekonomis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 29 Agustus 2022 14:45
28 Resep Ikan Kembung Berbagai Kreasi yang Sederhana, Enak dan Ekonomis
Ada resep ikan kembung kuah, ikan kembung bakar, ikan kembung panggang dengan teflon dan masih banyak lagi

Resep ikan kembung wajib masuk dalam daftar sumber protein hewani kamu. Sebab, rasanya yang enak, mudah diolah dan tentu saja murah meriah. Ikan kembung masih satu golongan dengan ikan tuna, tenggiri, dan ikan mackerel.

Ikan ini punya kandungan omega 3 dan 6 yang boleh disandingkan dengan ikan salmon. Ikan kembung juga merupakan sumber vitamin D alami yang membantu metabolisme fosfor dan kalsium

Tapi bingung nggak sih bikin resep ikan kembung apa aja?

Ikan kembung adalah salah satu jenis ikan laut. Ikan kembung memiiki daging yang lembut dan gurih, durinya cuman terpusat pada pada tulang belakang menjadikan ikan ini banyak diminati. Ikan kembung bisa digoreng doang, dibakar atau dimasak dengan saus serta kuah berempah. Biar resep ikan kembung kamu nggak itu-itu aja, intip dalam deretan di bawah ini ya!

 

1 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Goreng

Resep ikan kembung Goreng © Diadona

Ikan kembung cuman perlu digoreng doang untuk lauk ditemani dengan sambal korek, sambal bawang atau sambal terasi. Hmm, nikmat banget!

Bahan :

  • Ikan kembung
  • Jeruk nipis
  • Garam
  • Tepung serbaguna

Cara membuat ikan kembung goreng :

  • Bersihkan ikan kembung, kerat badannya
  • Cuci bersih dengan air jeruk nipis lalu bilas. 
  • Marinasi ikan dengan garam sama air jeruk nipis selama beberapa saat trus sebelum digoreng, gulingkan ikan ke tepung serbaguna
  • Goreng ikan kembung hingga garing dan siap disajikan.

2 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Saus TIram

Resep Ikan Kembung Saus TIram © Diadona

Dagingnya yang gurih jadi makin gurih dengan resep ikan kembung saus tiram ini.

Bahan

  • 500 gram ikan kembung segar
  • 3 lonjor pete
  • 1 bombay ukuran kecil
  • 1 jeruk nipis
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm margarin
  • Garam dan sedikit gula pasir

Cara membuat ikan kembung saus tiram :

  • Cuci bersih ikan kembung, lumuri air jeruk nipis dan garam lalu goreng dalam minyak panas, tiriskan
  • Panaskan margarin, tumis irisan bawang merah dan bawang putih, setelah harum masukkan pete, irisan bombay dan rawit merah lalu bumbui dengan saos tiram, kecap asin, garam dan sejumput gula pasir, tambah sedikit air matang masak sampai pete dan bombay layu, koreksi rasa,
  • Siramkan tumisan pete di atas ikan kembung goreng

3 dari 28 halaman

Resep Pesmol Ikan Kembung

Resep Pesmol Ikan Kembung © Diadona

Nikmati cita rasa ikan kembung dengan bumbu gurih, asam, manis dan pedas dengan resep ikan kembung masak pesmol berikut.

Bahan :

  • 6 ekor ikan ikan kembung
  • 1 batang sereh
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 batang daun bawang
  • 3 butir bawang merah iris kasar
  • 3 cabai rawit merah keriting iris kasar
  • 1 sdt cuka beras
  • Garam gula pasir.
  • 50 ml air lebih kurang

Bumbu halus :

  • 3 butir kemiri
  • 2 cabai merah keriting
  • 1 ruas kunyit
  • 1 cm jahe

Caranya :

  • Cuci ikan kembung, beri sedikit garam dan perasan jeruk nipis
  • Goreng ikan hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  • Tumis bumbu hingga harum lalu masukan daun jeruk, batang sereh, garam, gula pasir dan air 
  • Aduk rata, tambahkan cuka lalu aduk rata lagi
  • Masukan ikan kembung yang sudah digoreng ke dalam kuah sambil dibolak balik, koreksi rasa dan sajikan bila sudah matang dan terasa pas.

4 dari 28 halaman

Resep Ikan kembung Masak Pepes

Resep Ikan kembung Masak Pepes © Diadona

Pepes ikan kembung cocok banget disantap dengan sayur berkuah bening, misalnya sayur bayam, sayur sop dan lainnya.

Bahan:

  • 500 gram ikan kembung, bersihkan kotorannya, cuci bersih
  • 3 buah tomat hijau uk kecil, potong kasar
  • 10 buah cabai rawit merah utuh, sesuai selera
  • 5 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, geprek
  • 2 cm lengkuas, keprak
  • 2 ikat kemangi, petik daunnya
  • Garam, secukupnya

Bumbu halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 6 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe

Pelengkap:

  • Daun pisang dan tusuk gigi untuk menyemat

Cara membuat ikan kembung masak pepes :

  • Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sampai harum, tambahkan garam, cicipi rasa, angkat, sisihkan
  • Setelah dingin, campur bumbu yang sudah ditumis dengan kemangi, tomat hijau dan cabai utuh
  • Lumuri ikan kembung dengan bumbu, biarkan sebentar hingga meresap, bungkus dengan daun pisang
  • Kukus ikan kembung hingga matang. Menjelang disajikan bakar pepes ikan di atas bara api/teflon, angkat dan sajikan segera.

5 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Kuah Kemangi

Resep Ikan Kembung Kuah Kemangi © Diadona

Lembaran daun kemangi yang ditambahkan pada resep ikan kembung satu ini dijamin bikin kamu terus menerus menyendok nasi.

Bahan :⁣

  • 500 gram ikan kembung/ sesuai selera⁣
  • 500 ml air /sesuai selera⁣
  • 1 sdt terasi goreng⁣
  • 1 ikat kemangi ambil pucuknya⁣
  • 2 buah jeruk nipis, 1 untuk olesan ikan, 1 untuk kuah⁣
  • Garam, gula, penyedap jamur secukupnya⁣

Bumbu iris:⁣

  • 3 siung besar bawang putih⁣
  • 5 siung besar bawang merah
  • 10 buah cabai rawit⁣
  • 1 buah tomat besar⁣
  • 1 ruas jahe⁣

Cara membuat ikan kembung kuah kemangi :

  • Buang kotoran ikan kembung, cuci dan kerat lalu beri 1 buah air perasan jeruk nipis, diamkan sesaat lalu bilas dengan air
  • Didihkan air, masukkan bumbu iris beserta terasi, gula, garam, dan penyedap jamur lalu masukkan ikan dan masak hingga ikan matang⁣
  • Menjelang diangkat tambahkan kemangi yang sudah dicuci.
  • Masak hingga kemangi layu beserta 1 buah perasan jeruk nipis, jangan lupa koreksi rasa lalu matikan dan sajikan.

6 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Masak Pesmol

 Resep Ikan Kembung Masak Pesmol © Diadona

 

Bumbu pesmol yang sedap karena bahan-bahan rempah melimpah, cocok banget dengan daging ikan kembung.

Bahan :

  • 5 ekor ikan kembung ukuran kecil
  • 2 batang serai, gerek
  • 1 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis
  • cabai rawit utuh secukupnya
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • Garam, gula
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

  • 8 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 3 cabai merah keriting
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 ruas kunyit

Cara buat ikan kembung masak pesmol :

  • Cuci bersih ikan kembung, kerat badan nya lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam diamkan di kulkas selama 30 menit, goreng lalu sisihkan
  • Panaskan minyak tumis bumbu halus dan daun salam, serai, hingga bumbu matang dan wangi
  • Masukan air, garam, gula, dan cabai rawit utuh biarkan mendidih
  • Masukan ikan kembung dan masak hingga bumbu meresap, test rasa. Terakhir masukan tomat biarkan sebentar, angkat dan sajikan

7 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Bakar

Resep Ikan Kembung Bakar © Diadona

Bumbu dari resep ikan kembung bakar ini meresap masuk ke dalam dagingnya yang lembut.

Bahan :

  • 5 ekor ikan kembung, bersihkan, kemudian beri perasan jeruk nipis
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 batang sereh
  • 2 biji asam kandis
  • 65 ml santan kental
  • Garam, gula dan bubuk kaldu secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu halus :

  • 10 cabai merah
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit dibakar
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe

Cara membuat ikan kembung bakar :

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, lalu tumis dan masukkan daun jeruk, daun salam, daun kunyit, sereh dan asam kandis
  • Aduk rata dan masak bumbu sampai harum. 
  • Tambahkan santan kental dan air secukupnya, beri garam, gula pasir dan bubuk kaldu secukupnya, aduk rata, masak hingga bumbu mendidih
  • Kemudian masukkan ikan kembung, masak ikan sampai bumbu mengental dan menyusut, koreksi rasa, angkat. 
  • Kemudian pindahkan ikan kembung yang sudah berbumbu ke tempat bakaran ikan, olesi ikan dengan sisa bumbu, bakar ikan bolak balik sampai matang, sajikan dengan sambal kecap.

8 dari 28 halaman

Resep Pecak Ikan Kembung

Resep Pecak Ikan Kembung © Diadona

Pecak merupakan salah satu hidangan Jawa dengan kuah dan bumbu khas yang lezat. Mengolah ikan kembung dengan bumbu pecak tentu saja menjadikannya makin nikmat.

Bahan :

  • 4 ikan kembung ukuran kecil, bersihkan
  • 1 jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • lada
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 cm kunyit, jahe, kencur cincang halus
  • 1 cm lengkuas geprek
  • 1 batang sereh geprek
  • 4 helai daun jeruk
  • 4 cabai merah keriting atau sesuai selera
  • 2 tomat merah 
  • 1 cabai rawit
  • 1 gram stevia
  • air secukupnya

Cara membuat pecak ikan kembung :

  • Beri sayatan di permukaan ikan kembung, beri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu goreng sebentar. Bisa dengan dipanggang sebentar untuk menghindari penggunaan minyak.
  • Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, kencur dan kunyit dengan minyak sampai halus. 
  • Tambahkan cabai dan tomat, tumis sebentar, tambah air, garam, merica, stevia, dan sisa rendaman ikan. 
  • Koreksi rasa serta tambah sisa jeruk nipis kalau kurang asam. 
  • Setelah pas, masukkan ikan kembung, siramkan bumbu di atasnya, tutup sebentar, angkat dan sajikan

9 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Bakar Teflon

Resep Ikan kembung Bakar Teflon © Diadona

Siapa bilang kamu nggak bisa bikin resep ikan kembung bakar hanya dengan teflon doang? Tentu bisa dan rasanya tak kalah dengan ikan yang dibakar di atas bara api langsung.

Bahan :

  • 1/2 kg ikan kembung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 batang serai, geprek

Bumbu halus :

  • 7 buah cabai merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • Garam, gula secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara buat ikan kembung bakar :

  • Cuci bersih ikan kembung, bumbui dengan garam dan perasan air jeruk nipis, diamkan di kulkas min 30 menit. Lalu goreng setengah matang. Sisihkan
  • Tumis bumbu halus dan serai hingga matang. Matikan api
  • Setelah bumbu dingin balurkan ke seluruh ikan hingga rata. Diamkan min 1 jam hingga bumbu meresap
  • Panaskan teflon anti lengket, panggang ikan kembung oleskan sisa bumbu sambil dibolak balik agar matang merata

10 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Bumbu Kuning

Resep Ikan Kembung Bumbu Kuning © Diadona

Ikan kembung bumbu kuning ini dijamin bikin nasi cepet habis!

Bahan :

  • 1/2 kg ikan kembug, rendam dahulu dengan perasan jeruk nipis lalu bilas kembali sampai bersih
  • 3 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk segar
  • 1 jempol laos geprek
  • 1 buat tomat ukuran besar iris iris
  • 1 batang daun bawang iris
  • cabai kecil utuhan / optional
  • daun bawang (opsional)
  • kemangi
  • kaldu bubuk
  • garam
  • sedikit gula pasir
  • air kurang lebih 300 ml

Bumbu ulek :

  • 9 siung siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 jempol jahe
  • 1/2 jempol kunyit
  • 6 biji kemiri
  • setengah genggam cabai kecil
  • 4 buah cabai merah besar / bisa diskip dan hanya menggunakan cabai kecil aja
  • Semua bahan ulek atau haluskan menggunakan chopper

Cara buat ikan kembung bumbu kuning :

  • Tumis bumbu hingga layu dan wangi, masukkan serai geprek, laos, daun jeruk, daun salam, aduk sebentar 
  • Kemudian beri air kurang lebih 300 ml, beri garam, gula, kaldu bubuk, irisan tomat dan cabai kecil utuh
  • Setelah mendidih masukkan ikan, masak di api kecil atau sedang
  • 5 menit sebelum ikan kembung akan diangkat, beri irisan daun bawang, koreksi rasa dan taburi kemangi dan daun bawang agar makin wangi.

11 dari 28 halaman

Resep Mangut Ikan Kembung

Resep Mangut Ikan kembung © Diadona

Ikan kembung pun juga enak banget dimasak dengan bumbu mangut lho!

Bahan-bahan :

  •  500 gram ikan kembung
  •  65 ml santan instan
  •  1 buah jeruk nipis
  •  2 gelas air matang
  •  Secukupnya garam, kaldu bubuk dan gula

Bumbu Halus :

  •  3 siung bawang putih
  •  4 siung bawang merah
  •  4 buah cabai merah keriting
  •  2 butir kemiri
  •  1 ruas kunyit
  •  1/2 sdt merica butiran
  •  1/2 sdt ketumbar

Bumbu Iris :

  •  1 siung bawang merah
  •  1 siung bawang putih
  •  2 buah cabai hijau besar
  •  2 buah cabai merah besar
  •  5 buah cabai rawit
  •  1 ruas lengkuas
  •  1 ruas jahe

Bumbu Cemplung :

  • .2 lembar daun salam
  •  3 lembar daun jeruk
  •  1 batang sereh

Cara Membuat Mangut Ikan Kembung :

  • Bersihkan ikan kembung, lalu beri perasan jeruk nipis, biarkan selama 15 menit lalu cuci bersih. Goreng ikan hingga matang. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan bumbu iris dan bumbu cemplung, tumis hingga bumbu matang. Tambahkan 2 gelas air. Tambahkan gula dan garam secukupnya, masak hingga air mendidih.
  • Masukkan ikan yang telah digoreng, masak hingga bumbu meresap.
  • Tambahkan santan instan dan kaldu bubuk, koreksi rasa. Masak sebentar sambil terus diaduk agar tidak pecah. Matikan kompor.
  • Mangut ikan kembung siap disajikan

12 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Sambal Korek

Resep Sambal Korek Ikan Kembung © Diadona

Sajian ikan kembung ini sederhana banget tapi rasanya tentu tak kalah spesial

Bahan:

  • 500 gram ikan kembung
  • 1 sdm jeruk nipis
  • 15 cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • Minyak goreng
  • Garam dan gula pasir

Cara membuat:

  • Bersihkan ikan kembung, beri garam dan air jeruk nipis, diamkan 15 menit.
  • Goreng ikan sampai matang, lalu suwir-suwir, dan sisihkan terlebih dahulu.
  • Cara membuat sambal korek: ulek kasar cabai rawit merah dan bawang putih.
  • Panaskan minyak goreng, tuang ke campuran cabai, beri garam dan gula sedikit, aduk rata, koreksi rasa.
  • Aduk ikan kembung yang sudah disuwir dengan sambal korek, siap disajikan.

13 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Lempah Kuning

Resep Ikan Kembung Lempah Kuning © Diadona

Bahan⁣

  • 4 ekor ikan kembung /masing2 potong 2 bagian atau biarkan utuh⁣
  • 2 bh timun potong sesuai selera⁣
  • 3 cm lengkuas geprek⁣
  • 2 batang serei digeprek⁣
  • 1200 ml air⁣
  • 3 sdm air asam jawa (saya pake air jeruk sonkit 5sdm)⁣
  • 1 sth terasi .⁣
  • Garam, gula, secukupnya⁣

Bumbu yang dihaluskan :⁣

  • 8 siung bawang merah .⁣
  • 3 siung bawang putih⁣
  • 8 cabai merah keriting + 5 cabai rawit⁣
  • 3 cm kunyit⁣

Cara masa ikan kembung lempah kuning :⁣

  • Panaskan air, tuang bumbu halus, masak sampai mendidih.⁣
  • ⁣Tambahkan lengkuas dan serei serta terasi.⁣
  • ⁣Tuang ikan, air asam /air jeruk, garam dan gula.⁣
  • ⁣Terakhir masukkan timun
  • Test rasa , angkat dan sajikan.⁣  Ikan kembung lempah kuning siap disantap.

14 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Kuah Asam

Resep Ikan Kembung Kuah Asam © Diadona

Pengolahan ikan kembung yang nggak terlalu susah, duri yang cuman terpusat di tulang belakang dan rasanya yang gurih banget membuat ikan ini banyak dikonsumsi masyarakat. Diolah dengan resep ikan kuah asam, ikan kembung terasa makin nikmat.

Bahan :

  • 1/2 kg ikan kembung
  • belimbing wuluh secukupnya, potong-potong, rebus sebentar
  • rawit utuh secukupnya 
  • 65 ml santan Kara
  • Air secukupnya
  • 1 sdt asam jawa larutkan dengan sedikit air
  • garam
  • gula 
  • kaldu bubuk
  • lengkuas, geprek
  • 1 daun salam 

Bumbu Halus

  • 8 bawang merah
  • 1 bawang putih
  • seruas kunyit
  • 1sdt terasi
  • cabai merah secukupnya
  • 2 buah kemiri

Cara membuat ikan kembung kuah asam :

  • Tumis bumbu halus sampe harum, masukkan air lalu santan dan aduk rata
  • Setelah mendidih, masukkan air asam jawa, ikan lalu masukkan belimbing dan rawit 
  • Beri gula, garam, kaldu bubuk dan masak sampai matang dengan kuah. Ikan kembung kuah asam punya cita rasa segar yang nggak akan bikin kamu bosan.

15 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Balado

Resep Ikan Kembung Balado © Diadona

Bumbu balado khas Minang ini populer banget di tengah masyarakat. Rasanya pedas, manis dan gurih merasuk hingga ke dalam daging ikan kembung

Bahan :

  • 1 kg ikan kembung. Bersihin dan kerat punggungnya
  • 3 lembar daun salam
  • Air secukupnya
  • Gulapasir
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 1 sdm air asam jawa

Bumbu Uleg :

  • 15 cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit merah
  • 1 buah tomat agak besar
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt terasi

Cara Membuat Ikan Kembung Balado :

  1. Siangi ikan kembung dengan sedikit garam dan air jeruk nipis lalu goreng hingga matang. Sisihkan.
  2. Sisakan sedikit minyak goreng ikan tadi. Tumis bumbu uleg bersama daun salam hingga harum. Tambahkan air secukupnya dan beri semua bumbu-bumbu lainnya. Masak hingga bumbu balado matang dan jangan lupa koreksi rasa.
  3. Masukkan ikan kembung goreng. Lalu aduk-aduk perlahan hingga ikan berbalut sambal. Angkat dan ikan kembung balado siap disajikan.

16 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Kuah Asam Pedas

Resep Ikan Kembung Kuah Asam Pedas © Diadona

Selain rempah dan santan, ikan kembung juga enak dibuat kuah bening yang asam segar dan pedas sehingga rasanya lebih nikmat.

Bahan :

  • 2 ekor ikan kembung - potong 2-3 bagian/bisa jenis ikan lain
  • 1 buah tomat - iris
  • 1 ikat daun kemangi (opsional)
  • 10 cabai rawit utuh/sesuai selera
  • 2 bh jeruk nipis
  • 2 batang daun bawang - potong panjang
  • 2 batang serai - geprek, pakai bagian bawah
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • daun bawang, opsional
  • 1 sdm gula merah
  • 500 ml air
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Bumbu penyedap

Bumbu halus - blender/ulek

  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 cabai merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1/2 ruas lengkuas
  • Secukupnya merica

Cara Membuat :

  1. Balur ikan kembung dengan sedikit garam dan jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan serai, daun salam dan dan daun jeruk. Tumis beberapa saat. Tuang air dan masukkan ikannya. Bolak balik ikan dengan pelan- pelan
  3. Saat ikan sudah hampir matang, masukkan tomat dan daun bawang.
  4. Tambahkan gula merah, garam, gula, bumbu penyedap dan 1 sdm air jeruk nipis/sesuai selera. Koreksi rasa. Masukkan kemangi dan daun bawang. Matikan kompor dan sajikan ikan kembung kuah asam pedas.

17 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Rica-Rica

Respe ikan Kembung Rica-Rica © Diadona

Bumbu rica yang khas banget dipadukan dengan ikan kembung yang lezat. Resep dari Dita Mulya ini dijamin bikin dietmu gagal.

Bahan :

  • 5 ekor ikan kembung
  • 1 tangkai daun bawang, iris
  • 6 siung bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah sereh, geprek
  • 3 buah cabai keriting, iris serong
  • 8 buah cabai rawit, iris serong
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 1 cm jahe, geprek
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Secukupnya kecap
  • Secukupnya gula

Cara Membuat Ikan Kembung Rica-Rica :

  • Bersihkan ikan kembung, beri sedikit garam dan kaldu bubuk (bisa skip)
  • Goreng ikan jangan terlalu kering, sisihkan
  • Siapkan bahan dan tumis bawang merah, bawang putih, sereh, daun jeruk, daun salam, cabai keriting, cabai rawit, dan jahe hingga harum, tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula
  • Masukkan ikan, daun bawang dan tomat, dan kecap aduk namun sebisa mungkin ikan jangan terlalu di aduk agar tidak hancur ya. Koreksi rasa dan sajikan ikan kembung rica-rica.

18 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Tumis Cabe

Resep Ikan Kembung Tumis Cabe © Diadona

Cuman modal iris-iris bumbu doang, olahan ikan kembung ini cocok banget buat pemula.

Bahan :

  • 500 gram ikan kembung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 15 buah cabai ijo keriting
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 buah tomat
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdm saos tiram
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • 100 ml air
  • Garam
  • Gula

Cara Membuat Ikan Kembung Tumis cabai :

  • Cuci bersih ikan kembung. Marinasi menggunakan jeruk nipis dan garam kemudian diamkan 15-20 menit. Lalu goreng ikan sampai matang.
  • Iris semua bahan termasuk bawang merah dan bawang putih, kecuali daun salam dan lengkuas (digeprek). Panaskan minyak secukupnya, masukkan bawang putih dan bawang merah. Tumis sampai harum. Masukkan daun salam, lengkuas, cabai ijo dan cabai merah. Tumis hingga agak layu, kemudian masukkan tomat.
  • Tambahkan air, garam, gula dan saos tiram. Masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk-aduk dan diamkan sebentar. Koreksi rasa dan sajikan ikan kembung tumis cabai.

19 dari 28 halaman

Resep Pepes Ikan Kembung Kemangi

Resep Pepes Ikan Kembung Kemangi © Diadona

Dibungkus dengan daun pisang dan ditambah dengan daun kemangi membuat sajian ini sedap dan wangi banget. Intip resep ikan kembung yang super sedap berikut :

Bahan :

  • 6 ekor ikan kembung fresh
  • 5 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat iris
  • 4 ikat daun kemangi
  • 15 cabai rawit utuh
  • 1 jeruk nipis
  • Kaldu bubuk
  • Garam
  • Secukupnya daun pisang
  • Secukupnya lidi / tusuk gigi

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • Seruas jahe
  • Seruas lengkuas
  • 2 batang serai ambil bagian dalam putihnya

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung:

  • Siangi ikan kembung bersihkan kerat-kerat daging ikan lalu cuci bersih perasi jeruk nipis
  • Lumuri ikan dengan bumbu halus tambahkan kaldu bubuk dan garam, kemudian marinasi ikan kurleb 10-15 menit agar bumbu meresap pada ikan
  • Lalu campurkan daun kemangi,daun salam, daun jeruk, irisan tomat dan cabai rawit utuh aduk rata
  • Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, masukkan ikan yang sudah di lumuri bumbu lalu bungkus dan sematkan dengan lidi / tusuk gigi di kedua ujung daun
  • Panaskan kukusan, lalu kukus kurang lebih 25-30 menit
  • Kemudian panggang di atas teflon yang sudah di olesi 1 sdt minyak, panggang sampai mengeluarkan harum atau daun berubah warna coklat menghitam, angkat dan sajikan pepes ikan kembung.

20 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Masak Kecap

Resep Ikan Kembung MAsak Kecap © Diadona

Semua jenis ikan bakalan cocok banget dimasak dengan bumbu kecap, termasuk ikan kembung berikut.

Bahan : 

  • 4 ekor ikan kembung
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 3 cabai merah
  • 3 cabai ijo
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 sdm kecap manis
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak goreng
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya air

Cara Membuat ikan kembung masak kecap :

  • Bumbui ikan kembung dengan garam dan asam lalu goreng sampai matang tapi jangan terlalu kering
  • Iris semua bumbu, tumis sampai harum, masukkan kecap, air, ikan, aduk rata lalu tutup sampai bumbu meresap, siap hidangkan. Ikan kembung masak kecap cocok banget untuk kamu yang baru saja bisa memasak.

21 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Bumbu Padang

Resep Ikan Bakar Kembung Bumbu Padang © Diadona

Ikan kembung bakar bumbu Padang adalah salah satu menu populer di rumah makan Padang. Bikin sendiri di rumah yuk!

Bahan :

  • 3 ekor ikan kembung
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 3 sdm fibercream dilarutkan air sedikit
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 3 cabai merah
  • 3 daun salam
  • 3 daun jeruk
  • 1/2 sdm ketumbar bubuk

Cara Membuat Ikan Kembung Bumbu Padang :

  • Haluskan semua bumbu tumis sampai harum
  • Tambahkan ikan kembung, tunggu sampai meresap. Jangan lupa bolak-balik ikan dengan hati-hati agar matang merata tapi tidak hancur.
  • Panggang ikan kembung di pan panggang /grilled/ teflon/oven.
  • Sajikan ikan kembung bumbu padang.

22 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Goreng Dabu-Dabu

Resep Ikan Kembung Goreng Dabu-Dabu © Diadona

Ciri khas dari sambal dabu-dabu ini adalah irisan tomat dan cabai mentah yang disiram dengan minyak panas. Rasa gurih, asam dan pedasnya cocok banget dengan daging ikan kembung. Pantengin resep dari Quinne Linn berikut :

Bahan :

  • 5 ekor ikan kembung, cuci dan bersihkan dalamnya, iris bagian kulit dagingnya
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya, untuk merendam ikan
  • 1/2 sdt garam untuk merendam ikan
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 1/2 sdt jahe bubuk
  • 100 ml air
  • 6 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah, buang bijinya, iris tipis
  • sesuai selera cabai rawit jawa, untuk rasa pedasnya
  • 1 buah tomat merah, potong kotak kecil
  • 2 lembar dun jeruk, buang tulangnya, iris tipis daunnya
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat Ikan Kembung Goreng Dabu-Dabu :

  • Siapkan Ikan kembung yang sudah dibersihkan. Buat bumbu rendaman, campurkan air dengan kunyit bubuk, garam, merica, jahe bubuk, dan air perasan jeruk nipis. 
  • Balurkan ke seluruh permukaan ikan dan biarkan selama 10 menit agar ikan tidak berbau amis dan menyerap bumbu agar ikan goreng gurih dan wangi
  • Sambil menunggu rendaman ikan, buat sambal dabu-dabu. 
  • Campurkan semua cabai yang sudah dipotong-potong, tomat, irisan daun jeruk, garam, gula, dan merica ke dalam wadah lalu aduk rata. Kemudian panaskan 5 sdm minyak dan setelah minyak panas, langsung tuangkan minyak ke dalam wadah sambal tadi. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  • Panaskan minyak dengan api kecil untuk menggoreng ikan yang sudah direndam. Goreng ikan kembungnya. Bolak balik setiap 5 - 10 menit, jangan terlalu sering agar ikan tidak hancur.
  • Setelah ikan kembung matang, atur ikan di dalam wadah dan tuangkan sambal dabu-dabu ke atasnya.

23 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Acar Kuning

Resep Ikan Kembung Acar Kuning © Diadona

Ikan kembung dengan bumbu acar kuning yang asam juga tentu tak kalah menggiurkan.

Bahan :

  • 4 buah ikan kembung+bumbu ikan goreng
  • 3 btg wortel iris memanjang
  • 2 buah timun iris memanjang
  • 1 batang sereh
  • 10 buah cabe rawit utuh
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lbr daun jeruk

Bumbu halus :

  • 5 butir kemiri
  • 8 butir bawang merah ukuran besar
  • 4 butir bawang putih ukuran besar
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 2 ruas kunyit bakar
  • Gula, garam, kaldu jamur (opsional)

Cara Membuat Ikan Kembung Acar Kuning :

  • Uleg bawnag merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit
  • Bumbui ikan kembung lalu goreng.
  • Sambil menggoreng, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh sampai matang dan harum. Masukkan wortel masak sampai layu.
  • Masukkan timun dan cabe rawit. Tambahkan air masak sampai empuk dan layu. Tambah airnya sedikit saja yaa. Beri gula, garam dan kaldu jamur lalu tes rasa lalu masukkan ikan kembung gorengnya. Aduk sampai rata. Matikan api dan sajikan ikan kembung acar kuning.

24 dari 28 halaman

Resep Tim Ikan Kembung untuk MPASI

Resep Tim Ikan Kembung © Diadona

Manfaat ikan kembung yang beragam bisa kamu dapatkan untuk buah hati dengan mengolahnya sebagai tim ikan kembung.

Bahan :

  • 2 ekor ikan kembung
  • 1 ruas jahe dipotong korek api
  • 2 siung bawang putih diiris
  • 4 siung bawang merah diiris
  • 1/2 buah tomat, potong
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 batang bawang daun diiris serong
  • 1 batang serai diiris serong
  • Merica sejumput
  • 1 buah jeruk nipis

Cara membuat ikan kembung untuk MPASI :

  • Lumuri ikan kembung dengan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit lalu cuci.
  • Campur kecap asin, saus tiram, merica dan minyak wijen. Sisihkan.
  • Siapkan pinggan tahan panas. Taburi dengan jahe, serai,bawang putih, bawang merah, bawang daun dan tomat. Beri sedikit campuran kecap asin. Simpan ikan diatasnya. Taburi kembali dengan bumbu iris dan campuran kecap.
  • Kukus ikan kembung selama 20 menit, sajikan.

25 dari 28 halaman

Resep Pindang Ikan Kembung

Resep ikan Kembung © Diadona

Bumbu pada resep ikan kembung di bawah ini memang banyak banget, tapi worthy banget dengan rasanya yang sedap.

Bahan:

  •  4 ekor ikan kembung
  • 1 buah jeruk nipis, air perasan untuk ikan
  • 7 siung bawang putih, iris
  • 5 siung bawang merah, iris
  • Sejempol jahe, iris
  • Sejempol kunyit, iris
  • Sejempol lengkuas muda, iris
  • 3 batang serai, iris serong
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 10 biji cabe rawit merah, utuh
  • 10 biji cabe rawit ijo, utuh
  • 1 buah tomat merah, potong kotak
  • 1 sdm asam jawa, larutkan dengan sedikit air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula aren
  • 1 sdm gula 
  • 500 ml air

Cara membuat pindang ikan kembung :

  1. Bersihkan ikan kembung, lumuri perasan jeruk nipis kemudian bilas bersih, lalu tiriskan
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih
  3. Tambahkan air dan tunggu hingga mendidih,
  4. Setelah mendidih, tambahkan air asam, garam, gula aren dan gula, aduk hingga rata
  5. Kemudian masukkan ikan dan duo cabe rawit, dengan api kecil saja ya
  6. Icip rasa, jika ada yang kurang bisa ditambahkan sesuai selera
  7. Terakhir masukkan tomat, pindang ikan kembung siap dihidangkan

26 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Kukus Kuah Asam

Resep Ikan Kembung Kukus Kuah Asam © Diadona

Selain ditim, ikan kembung juga bisa dikukus.

Bahan :

  • 500 gr ikan kembung segar
  • 1 jeruk nipis
  • Kuah asam
  • segenggam cabe rawit ijo
  • 2 cabe rawit merah
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 tomat merah
  • 1/2 sdm asam jawa
  • 1/2 sdt terasi goreng
  • Garam &dankaldu jamur

Cara membuat ikan kembung kukus :

  • Bersihkan ikan kembung trus keluarin kotoran di perut ikan. Caranya dengan congkel pake sumpit atau ujung pisau yang runcing pelan-pelan dari leher ikan
  • Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas, bumbui lagi ikan dengan garam dan air jeruk nipis lalu kukus selama 30 menit. Jangan alasi kukusan dengan daun pisang biar ikan gak lengket
  •  Larutkan terasi goreng, asam jawa, garam dan kaldu jamur bubuk dengan 1/2 gelas kecil air panas, lalu saring. 
  • Campurkan dengan irisan cabe, tomat dan bawang merah
  • Tata ikan kembung kukus di piring, siramkan kuah asam

27 dari 28 halaman

Resep Ikan Kembung Masak Kemangi

Resep Ikan Kembung Masak Kemangi © Diadona

Daun kemangi kerap ditambahkan ke dalam olahan masakan untuk rasa dan aroma yang sedap, termasuk dimasak dengan ikan kembung berikut.

Bahan-bahan:

  • 4 ekor ikan kembung, bersihkan
  • Jeruk nipis + garam
  • Minyak goreng
  • Segenggam kemangi yang sudah dipetik
  • 100 ml air

Bumbu-bumbu:

  • 10 bawang merah, iris-iris
  • 3 siung bawang putih, iris-iris
  • 10 buah cabe merah keriting, iris serong
  • 1 buah tomat, potong besar
  • 2 lembar daun salam
  • Seruas lengkuas
  • 1 batang serai ikat simpul
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • Garam, kaldu jamur
  • Gula

Cara Membuat Ikan Kembung Masak Kemangi :

  • Lumuri ikan dengan garam dan perasan jeruk nipis. Goreng hingga matang. Sisihkan.
  • Tumis hingga layu bawang merah, bawang putih dan cabe merah, masukkan tomat, daun salam, lengkuas dan serai.
  • Tuang air, tambahkan kecap manis dan saus tiram, garam kaldu jamur dan gula pasir. Tunggu hingga mendidih.
  • Koreksi rasa, masukkan kemangi dan ikan kembung. Aduk pelan, sajikan

28 dari 28 halaman

Resep Pangek Mesin

Resep Pangek Mesin © Diadona

Bahan :

  • 1 kg ikan, disayat kedua sisinya
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1sdt garam
  • 2 sdt gula
  • 800 ml santan dari 1 butir kelapa ( me: 4 sdm creamer)
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 1 sdt garam

Bumbu lain :

  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 6 buah cabai merah, iris serong
  • 2 batang serai, geprak
  • 1 lembar daun kunyit, simpul
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 buah asam kandis

Cara membuat :

  1. Tumis irisan bawang merah hingga menguning, masukkan bumbu halus dan bumbu lain, tumis hingga harum
  2. masukkan air, didihkan, masukkan ikan dan asam kandis, tutup wajan, kecilkan api. Masak 5 menit, balikkan ikan, masak 5 menit lagi, masukkan gula dan garam
  3. Cek kematangan dan koreksi rasa. Masukkan air jeruk nipis, aduk rata

Dengan deretan resep ikan kembung ini, nggak bakalan bingung lagi nih bikin olahan ikan yang murah, sehat dan tentu saja enak!

Beri Komentar