8 Cara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap Hijau, Sederhana Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 6 September 2022 10:35
8 Cara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap Hijau, Sederhana Banget!
Dengan penambahan dua bahan sederhana, kamu bisa merebus daun singkong agar tetap empuk namun warnanya masih hijau segar.

Sebelum diolah menjadi tumisan atau dijadikan lalapan, daun singkong direbus terlebih dahulu. Tapi kalau proses ini nggak dilakukan dengan benar, daun singkong jadi berubah warna menjadi coklat hitamanan dan hilang warna hijaunya. Selain itu daun singkong juga rentan kaku, alot dan nggak empuk.

Biar daun singkong kamu empuk serta tetap berwarna hijau cantik ketika dimasak, Diadona udah ngumpulin beberapa tips dan cara merebus daun singkong agar cepat empuk dan tetap hijau dari berabgai sumber. Yuk praktekkan!

1 dari 2 halaman

Cara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap HijauCara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap Hijau © shutterstock.com/Ani Fathudin

Pilih Daun Singkong Muda

Saat membelinya di pasar, penjual biasanya juga mengikutsertakan daun yang sudah tua yang berada di bagian bawah. Daun yang udah tua ini nih biasanya akan kaku dan lama empuk ketika direbus, jadi bagian ini bisa kamu buang saja.

Hanya pilih daun singkong yang masih muda. Biasanya, daun singkong muda berada di bagian dekat dengan pucuk pohon singkong, memiliki warna yang lebih muda

Cuci Daun Singkong Sampai Bersih

Dengan mencuci daun singkong di bawah air yang mengalir, kotoran-kotoran yang masih menempel bisa hilang dengan cepat.

Gunakan Air yang Sudah Mendidih untuk Merebus Daun Singkong

Cara merebus daun singkong agar cepat empuk dan tetap hijau adalah dengan merebusnya menggunakan air yang sudah mendidih. Setelah air sudah medidih, kecilkan api lalu masukkan daun singkong. Merebus daun singkong dalam air yang sudah mendidih menjadi salah satu cara untuk membuat daun layu dan mudah empuk.

2 dari 2 halaman

Cara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap HijauCara Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap Hijau © shutterstock.com/Ryan Wijaya Tan

Tambahkan Baking Powder

Baking powder sudah dikenal luas sebagai cara merebus daun singkong agar cepat empuk dan tetap hijau. Cukup dengan menambahkan 1 sendok teh baking powder ke dalam 1000 ml air rebusan, daun singkong akan tetap hijau meskipun telah matang. Jangan berlebihan memberikanbaking powder karena bisa bikin daun singkong jadi pahit lho!

Beri Garam

Selain baking powder, garam juga ditambahkan dalam cara merebus daun singkong agar cepat empuk dan tetap hijau. Garam berguna menetralisir bau tak sedap, membuat tekstur menjadi empuk, dan rasa daun singkong menjadi lebih gurih. Garam ditambahkan beberap saat sebelum daun singkong matang.

Jangan Tutup Panci Rebusan

Lho, kok gitu? Yup. Katanya nih merebus daun singkong dengan menutup tutup panci akan menghalangi keluarnya asam yang dihasilkan dari rebusan daun singkong. Makanya nih saat merebusnya, lakukan dengan panci terbuka sambil diaduk agar daun singkong matang merata.

Aduk Rata

Saat direbus, aduk dan balik daun singkong terus menerus. Tujuannya agar daun singkong matang merata.

Peras Daun Singkong

Selain ditiriskan airnya, peras juga daun sinkong yang sudah direbus tersebut. Cara ini ampuh lho agar rasa pahit dari daun singkong bisa berkurang. Selanjutnya, daun singkong yang sudah diperasi bisa dikonsumsi atau lanjut diolah menjadi tumisan dan masih banyak lagi.

Cara merebus daun singkong agat cepat empuk dan tetap hijau nyatanya sangat sederhana, bukan?

Beri Komentar