Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak agar Tidak Hancur dengan Panci Biasa

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 5 Mei 2020 23:51
Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak agar Tidak Hancur dengan Panci Biasa
Moms harus mencoba resep cara membuat bandeng presto ini di rumah. Hanya dengan panci biasa, akan menghasilkan tulak lunak juga tips memasak bandeng agar tidak hancur saat digoreng.

Cara membuat bandeng presto cukuplah mudah. Moms harus menyiapkan berbagai bahan bumbu rempahnya seperti lengkuas, serai, jahe, kunyit, daun salam, daun jeruk dan juga perasan jeruk lemon atau nipis. Ikan bandeng harus dilumuri dulu menggunakan bahan garam serta perasan jeruk untuk menghilangkan bau amisnya Moms.

Bandeng presto sendiri merupakan salah satu kuliner khas Semarang. Bandeng presto yang terkenal di sana adalah olahan Bandeng Juanda. Banyak variasi bandeng yang ditawarkan seperti bandeng presto kremes, otak-otak, hingga selimut telur. Bandeng presto mampu bertahan selama 4 minggu, oleh karena itu olahan ini sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Lawang Sewu ini.

Moms harus mencoba membuat olahan bandeng presto sendiri di rumah. Jangan khawatir gagal, yuk langsung saja simak resep cara membuat bandeng presto tulang lunak agar tidak hancur dengan panci biasa yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Bandeng Presto agar Tidak Hancur

Cara Membuat Bandeng PrestoCara Membuat Bandeng Presto © Cookpad.com/@Xander's Kitchen

Ada beberapa tips cara membuat bandeng presto agar tidak hancur Moms. Yap salah satunya adalah membalut bandeng presto dengan kocokan telur sebelum digoreng. Selangkapnya, simak saja langsung resep cara membuat bandeng presto berikut ini.

Bahan cara membuat bandeng presto:
- 500 gram bandeng ukuran sedang
- 5 cm lengkuas yang telah dimemarkan
- 2 buah jeruk nipis yang telah diperas
- 2 batang serai yang telah dimemarkan
- 2 lembar daun salam
- Daun pisang secukupnya

Bahan bumbu halus:
- 4 siung bawang putih
- 1 cm jahe sudah dibersihkan
- 3 cm kunyit yang telah dihaluskan
- 1 sdm garam
- 1/2 sdt gula pasir

Bahan bumbu pelapis:
- Garam secukupnya
- 2 butir telur ayam yang telah dikocok

Cara membuat bandeng presto agar tidak hancur:

a. Baluri ikan bandeng menggunakan bahan air peraan jeruk nipis lalu diamkan selama beberapa menit hingga meresap. Hal ini berguna untuk mengurangi bau amisnya, ya Moms.

b. Masukkan air secukupnya dalam panci presto. Alasi daun pisang pada setiap sela tingkatan bandeng. Lumuri dengan bahan bawang putih, jahe, kunyit, serai, dan daun salam.

c. Pada lapisan daun kedua, lumuri dengan bumbu halus ke seluruh ikan. Tutup permukaan atas menggunakan daun pisang. Tutup panci prestonya.

d. Nyalakan api kompor dengan bara sedang, tunggu selama kurang lebih 30 menit, angkat dan tiriskan.

e. Baluri bandeng dengan bahan telur kocok. Goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

f. Cara membuat bandeng presto agar tidak hancur sudah selesai dan siap untuk dihidangkan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Bandeng Presto dengan Panci Biasa

Cara Membuat Bandeng PrestoCara Membuat Bandeng Presto © Fimela.com

Jika Moms nggak punya alat presto, maka juga bisa kok menggunakan panci manual. Moms tapi harus memerlukan sedikit banyak waktu untuk membuatnya. Lalu, bagaimana dengan rasa dan teksturnya? Tenang, rasa bandeng ini juga nggak kalah dengan bandeng presto umumnya, kok. Simak langsung resep cara membuat bandeng presto dengan panci biasa berikut ini.

Bahan cara membuat bandeng presto:
- 500 gram ikan bandeng
- 1 buah lemon yang diperas dan ambil air jusnya
- Secukupnya kunyit bubuk
- Secukupnya daun pisang sebagai alas

Bahan bumbu halus:
- 8 siung bawang putih ukuran besar
- 4 butir kemiri
- 1/2 sdm ketumbar
- 3 butir ragi tape
- Secukupnya lengkuas
- Secukupnya jahe
- Secukupnya garam

Bahan bumbu iris dan geprek:
- 4 batang serai yang digeprek
- Secukupnya kunyit yang diiris
- Secukupnya lengkuas yang diiris
- Secukupnya daun salam
- Secukupnya daun jeruk

Cara membuat bandeng presto dengan panci biasa:

a. Cuci bersih bahan ikan bandeng. Cuci juga bahan empon-empon seperti kencur dan jeruk lemon. Lumuri bahan di permukaan ikan bandeng.

b. Haluskan bahan bumbu di atas ulekan, masukkan juga bahan serai, kunyit, dan lengkuas. Cuci juga bahan daun salam dan daun jeruk.

c. Setelah 30 menit, bilas dan cuci lagi ikan bandeng. Tambahkan bumbu halus tadi dengan bahan kunyit bubuk, diamkan lagi hingga 1 jam.

d. Siapkan panci yang dialasi dengan daun piang. MAsukkan bandeng yang telah didiamkan selama 1 jam tadi ke dalam panci.

e. Tata ikan bandeng yang rapi dan tambahkan juga bahan kunyit, serai, dan lengkuas. Beri juga daun salam dan daun jeruk.

f. Tutup lagi permukaan bahan dengan daun pisang. Di atas daun pisang yang paling atas bisa ditambahkan lah=gi daun slam, dan daun jeruk.

g. Selanjutnya, Moms bisa menambahkan air hingga seluruh bahan bandeng terendam dan tutup lagi menggunakan daun pisang.

h. Masak menggunakan api sedang hingga air asat kira-kira selama 2 1/2 jam. Cara membuat bandeng presto sudah selesai dan siap untuk dihidangkan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Bandeng Presto Tulang Lunak

Cara Membuat Bandeng PrestoCara Membuat Bandeng Presto © Cookpad.com/@nanda aulia

Siapa sih yang bisa menolah bandeng presto dengan tektur tulak lunak yang gurih. Tentunya, kita sudah nggak khawatir lagi dengan gangguan duri kecil-kecilnya itu. Yap, sajian bandeng presto tulang lunak memang selalu menjadi primadona segala olahan bandeng. Simak langsung deh! Berikut resep selengkapnya cara membuat bandeng presto yang enak dengan tulak lunak.

Bahan cara membuat bandeng presto:
- 8 ekor bandeng yang dilumuri dengan 2 sdm garam dan 2 buah jeruk nipis
- 20 lembar daun salam yang disobek
- 10 lembar daun jeruk yang disobek
- 1 lembar daun pandan, iris ukuran 2 cm
- 2 buah lengkuas ukuran besar yang diiris tipis
- 4 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris tipis
- 3 batang kunyit yang diiris tipis
- 2 liter air atau secukupnya
- 3 sdm air asam jawa
- Daun pisang secukupnya

Bahan bumbu halus:
- 6 butir bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 4 cm kunyit
- 2 sdm ketumbar
- 3 cm jahe
- 1 sdm garam
(Blender bahan ini dengan menggunakan 150 ml air)

Cara membuat bandeng presto tulang lunak:

a. Bersihkan ikan bandeng dari insang, isi perut dan sisiknya. Lumuri ikan dengan rata menggunakan bahan 2 sdm garam dan 2 buah jeruk yang diambil air perasanya.

b. (Catatan: Moms, ikan bandeng dalam tahap ini bisa untuk tidak dicuci lagi, ya. Jadi bisa langsung dimasukkan ke dalam panci dengan kondisi berlumur bahan garam dan perasan jeruk nipis).

c. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah besar. Beri 2 liter air dan aduk rata. Masukkan garam dan sisihkan.

d. Siapkan bahan rempah, tata selembar daun pisang di dasar panci. Lumuri permukaan dengan bahan rempah-rembah.

e. Tata ikan di atasnya dan lumuri lagi dengan rempah-rempah. Tutup lagi dengan daun pisang. Nah Moms, daun pisang ini berfungsi untuk membuat ikan bandeng tidak menembel satu smalain dalam proses memasaknya nanti.

f. Ulangi proses menata ikan bandeng dengan melumurinya menggunaka n bahan rempah-renmpah ini hingga ikan habis ya Moms.

g. Tahap melumuri yang terakhir adalah dengan menaburi sisa rempah-rempah dan siram ikan bandeng menggunakan bahan air bumbunya.

h. Tutup permukaan bahan dengan daun pisang. Moms harus memastikan agar seluruh bahan ikan bandeng terendam air, ya. Tutup panci dengan benar dan terdengar bunyi klik.

i. Rebus ikan bandeng hingga air asat kira-kira selama 45 menit dalam cooker. Jika sudah, maka buka penutup panci, diamkan hingga uap hilang dan benar-benar dingin.

j. Cara membuat bandeng presto tulang lunak sudah selesai. Bandeng bisa disimpan dalam wadah tertutup atau digoreng ulang.

Moms, itulah resep cara membuat bandeng presto tulang lunak agar tidak hancur dengan panci biasa. Dijamin enak, gurih, dan nggak bakal bisa nolak, deh. Yuk buat dan praktikkan sendiri di rumah!

Beri Komentar