9 Cara Membuat Jus Mangga, Wortel, Buah Naga, Jeruk, Tomat, Lidah Buaya, Apel, Sirsak dan Jambu

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 20 April 2020 20:01
9 Cara Membuat Jus Mangga, Wortel, Buah Naga, Jeruk, Tomat, Lidah Buaya, Apel, Sirsak dan Jambu
Salah satu pilihan sajian minuman yang menyehatkan, cocok sekali untuk menu minuman berbuka puasa. Yuk Moms buat sendiri olahan jus buah di rumah!

Jus buah merupakan salah satu sajian minuman yang populer dan banyak diminati semua kalangan. Sajian minuman buah alami ini didapatkan dengan cara menghaluskan buah segar dengan campuran sedikit air. Beberapa diantaranya juga menambahkan bahan susu kental manis dan sedikit es batu balok atau serut sesuai selera untuk menambah aroma sedap dan segar.

Dilansir dari Liputan6.com, jus buah memiliki banyak kandungan vitamin dan kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi jus buah, membantu tubuh melawan virus dan menjegah penyakit seperti demem, batuk dan pilek. Hal ini diperoleh karena jus buah mengandung vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah Moms, pilihan yang tepat untuk membuat sendiri minuman yang manis dan menyegarkan dari buah alami ini. Selain rasanya yang enak, jus buah bisa menjadi salah satu pilihan yang pas untuk disajikan sebagai salah satu minuman berbuka puasa. Yuk Moms langsung saja simak resep mudah cara membuat jus buah mangga, wortel, buah naga, jeruk, tomat, lidah buaya, apel, sirsak dan jambu yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 9 halaman

1. Cara Membuat Jus Mangga

Ilustrasi Jus Mangga © Diadona

Mangga merupakan tumbuhan tropis yang hidup di iklim hangat, tak terkecuali di Indonesia. Dibalik rasanya yang manis dan sedikit asam, mangga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, kalium, serta zat besi yang baik untuk tubuh.

Pada olahan minuman jus mangga mengandung senyawa fenolik yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Selain itu, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus mangga memiliki kandungan potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini pula yang mampu dalam mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke.

Dari berbagai manfaat buah mangga di atas, Moms tentunya harus mencoba membuat sendiri resep cara membuat jus mangga berikut ini.

Bahan:
- 1 bungkus Nutrijell rasa mangga
- bungkus minuman bubuk rasa mangga
- 100 gram gula putih
- 700 ml air
- 1 buah mangga jenis harumanis
- 200 gram es batau serut
- 400 ml air dingin

Cara membuat jus mangga:

a. Masak bahan Nutrijell, air, dan gula hingga larutan mendidih. Aduk-aduk, angkat dan diamkan hingga dingin dan uap menghilang.

b. Masukkan ke dalam cetakan, dan potong kecil-kecil setelah dingin dan mengeras.

c. Blender buah mangga dengan 2 bungkus bubuk minuman, es batu serut dan air dingin hingga lembut.

d. Masukkan potongan jeli ke dalam botol atau gelas saji. Tuang jus mangga dan siap untuk disajikan.

2 dari 9 halaman

2. Cara Membuat Jus Wortel

Ilustrasi Jus Wortel © Diadona

Tidak hanya diolah menjadi sayuran sop dan ampuran capcay, wortel juga bisa diolah menjadi minuman jus yang menyehatkan. Jus wortel merupakan sumber beta karoten baik yang diolah menjadi vitamin A serta bagus untuk kesehatan mata dan kulit. Selain itu, dengan ritun mengonsumsi jus wortel dipercaya mampu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya demensia atau kepikunan.

Nah, terbukti kan bagaimana manfaat jus wortel bagi tubuh? Yuk Moms sekarang coba buat sendiri resep cara membuat jus wortel di bawah ini.

Bahan:
- 3 buah wortel
- 4 buah jeruk peras
- 1 sdm madu
- 100 ml air matang

Cara membuat jus wortel:

a. Kupas dan cuci hingga bersih buah wortel. Potong kecil-kecil buah wortel untuk memudahkan proses memblender.

b. Kupas jeruk dan peras menggunakan alat agar hasil air perasan jeruk lebih maksimal.

c. Blender buah wortel, jeruk peras, madu dan air hingga halus selama kurang lebih 15 menit. Tuang ke dalam gelas dan siap disajikan.

3 dari 9 halaman

3. Cara Membuat Jus Buah Naga

Ilustrasi Jus Buah Naga © Diadona

Buah naga memiliki tekstur daging buah yang empuk dan sedikit kress dengan warna khas umumnya adalah merah keunguan serta mengandung biji. Dibalik rasanya yang manis dan segar, buah naga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Kandungan licopene sebagai pemberi warna khas merah pada buah naga ini terbukti mampu menurunkan tingkat risiko penyakit kanker prostat. Tidak hanya itu, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Buah naga juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, yang mampu  membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh penyebab kanker. Nah, yuk Moms membuat minuman sehat dengan melihat rsep cara membuat jus buah naga berikut ini.

Bahan:
- 2 buah naga merah ukuran besar
- 100 ml susu kental manis warna putih
- 2 sdm gula pasir atau sesuai selera
- Air dingin secukupnya atau sesuai selera

Cara membuat jus buah naga:

a. Potong kecil buah naga. Masukkan ke dalam blender. Campurkan dengan bahan susu dan gula pasir.

b. Blender buah mangga hingga halus. Tuang ke dalam gelas, bisa tambahkan es batu dan siap disajikan.

4 dari 9 halaman

4. Cara Membuat Jus Jeruk

Ilustrasi Jus Jeruk © Diadona

Selain rasanya yang menyegarkan, buah jeruk yang populer bagi semua kalangan ini juga memiliki banyak manfaat dalam kandungannya. Buah jeruk memiliki kandungan asam sitrat dan sitrat yang memiliki manfaat dalam mencegah pembentukan batu ginjal. Biasanya dokter akan meresepkan obat sitrat dalam bentuk kalium sitrat dalam mengatasi penyakit batu ginjal yang diderita pasiennya. Nah, obat tersebut memiliki efek yang menyerupai dengan kandungan buah jeruk.

Karena banyak manfaat, Moms tentunya bisa banget membuat minuman ini di rumah dengan melihat resep cara membuat jus jeruk berikut.

Bahan:
- 2 buah jeruk manis lokal
- 4 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 2 gelas penuh es batu yang sudah dihancurkan atau sesuai selera

Cara membuat jus jeruk:

a. Peras sari buah jeruk menggunakan alat perasan, saring dan buang ampasnya.

b. Blender semua bahan hingga lembut. Masukkan ke dalam gelas saji dan siap dihidangkan.

5 dari 9 halaman

5. Cara Membuat Jus Tomat

Ilustrasi jus tomat © Diadona

Selain dijadikan bahan pelengkap dan penyedap masakan, tomat juga bisa diolah menjadi minuman sehat yang menyegarkan. Buah tomat memiliki kandungan vitamin dan nutrisi baik yang mampu mengatasi rasa kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan jumlah sperma pada laki-laki.

Dari berbagai manfaat buah tomat tersebut, Moms tentunya bisa membuatkan minuman sehat ini untuk keluarga di rumah. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat jus tomat berikut ini.

Bahan:
- 2 buah tomat merah
- 2 sdm madu
- 1 sdm gula pasir
- 150 ml air mineral dingin

Cara membuat jus tomat:

a. Cuci bersih buah tomat dan potong kecil-kecil.

b. Masukkan potongan tomat ke dalam blender. Tambahkan madu, gula pasir dan air mineral.

c. Blender semua bahan hingga halus. Tuang ke dalam gelas. Jus tomat siap disajikan.

6 dari 9 halaman

6. Cara Membuat Jus Lidah Buaya

Ilustrasi Jus Lidah Buaya © Diadona

Lidah buaya sudah terpercaya dalam mengatasi kulit akibat luka. Selain itu, lidah buaya juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Sebuah penelitian mengungpakna bahwa jus lidah buaya dipercaya membatu mengendalikan kadar gula darah pada penderita prediabetes yaitu orang dengan kadar gula darah mulai melebihi batas normal, namun belum terlalu tinggi untuk dapat dikategorikan sebagai penyakit diabetes.

Yuk Moms hidup sehat dengan mengonsumsi minuman-minuman sehat pula dengan resep cara membuat jus lidah buaya berikut.

Bahan:
- 2 kg lidah buaya kupas
- 2 helai daun pandan
- 15 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 1 buah lemon
- 2 liter air
- Secukupnya sirup

Cara membuat jus lidah buaya:

a. Potong lidah buaya, rendam di dalam air selama 5 hingga 7 menit. Kusa bagian pinggirnya dengan menggunakan alat pengupas wortel atau pisau biasa.

b. Kupas juga bagian cekungnya dengan pisau. Belah dagingnya menjadi beberapa bagian. kerok satu bagiannya dengan pisau pelan-pelan.

c. Cuci daging lidah buaya hingga tidak berlendir. rendam di dalam air selama 30 menit hingga 1 jam. Ambil dan saring lidah buaya, pindahkan ke dalam wadah. Potong dadu lidah buaya dan cuci lagi.

d. Masak air dalam panci dengan gula, pandan, dan air lemon. Tunggu hingga mendidih dan masukkan lidah buaya. Tunggu hingga lidah buaya empuk.

e. Tunggu hingga dingin suhu ruangan. Lidah buaya siap disajikan dengan sirup dan es batu.

7 dari 9 halaman

7. Cara Membuat Jus Apel

Ilustrasi Jus Apel © Diadona

Minuman sari buah selanjutnya adalah apel. Kandungan glukosa alami yang terdapat dalam buah apel dipercaya mampu memberikan tambahan energi untuk tubuh. Cocok banget nih Moms untuk membantu memberikan cadangan energi selama puasa ramadan.

Selain itu, apel juga merupakan salah satu bahan yang cocok dijadikan minuman dikala panas. Kadar air yang cukup tinggi  pada buah ini mampu menghidrasi tubuh. Yuk Moms langsung saja coba buat sendiri minuman sehat dengan melihat resep cara membuat jus apel berikut ini.

Bahan:
- 4 buah apel
- 2 bungkus susu kental manis
- 8 sdm gula atau sessuai selera
- 1 gelas air
- Es batu secukupnya

Cara membuat jus apel:

a. Kupas dan potog kecil buah apel.

b. Blender semua bahan menjadi satu hingga lembut.

c. Ambil gelas saji dan tuangkan ke dalam gelas. Jus apel siap dihidangkan.

8 dari 9 halaman

8. Cara Membuat Jus Sirsak

Ilustrasi Jus Sirsak © Diadona

Siapa sih yang belum kenal dengan buah sirsak yang khas dengan warna putih serta biji hitam ini? Yap, dibalik rasanya yang manis dan sedikit asam, buah sirsak memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat dalam membantu menangkal radikal bebas serta mengurangi risiko penyakit kronis diantaranya seperti diabetes dan hipertensi. Moms bisa mengolah buah sirsak ini menjadi minuman dengan melihat resep cara membuat jus sirsak di bawah ini.

Bahan:
- 6 sdm daging buah sirsak
- 4 sdm gula pasir
- 500 ml air
- Es batu kotak sesuai selera

Cara membuat jus sirsak:

a. Masukkan semua bahan ke dalam blender.

b. Blender semua bahan hingga halus.

c. Tuang ke dalam gelas saji dan siap dihidangkan.

9 dari 9 halaman

9. Cara Membuat Jus Jambu

Ilustrasi Jus Jambu © Diadona

Moms sudah tahu belum, jika buah jambu memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk? Yap, buah jambu memiliki kadar kandungan vitamin C yang empat kali lebih banyak dari jeruk. Nah vitamin C ini berguna untuk maningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari kuman penyakit. 

Nah, sedangkan kebutuhan vitamin c harian kita adalah sekitar 70-1000 mg per hari. Denga mengonsumsi 20 gram jambu biji baik dalam bentuk mentah atau minuman jus dipercaya mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada orang dewasa. Yuk Moms penuhi kebutuhan vitamin C dengan mempraktikkan sendiri resep cara membuat jus jeruk berikut ini.

Bahan:
- 500 gram jambu biji
- 1/4 gelas gula pasir atau sesuai selera, seduh dengan air panas
- Susu kental manis sesuai selera
- Es batu secukupnya

Cara membuat jus jambu:

a. Kupas buah jambu biji, potong kecil dan masukkan ke dlaam blender.

b. Masukkan es batu, air gula, dan susu kental manis sesuai selera.

c. Blender semua bahan hingga halus. Saring air jus untuk memisahkan bijinya. Jus jambu biji merah siap disajikan.

Nah, sudah tahu kan Moms bagaimana cara membuat jus buah kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk tubuh? Yuk Moms buat sendiri minuman sehat di rumah yang cocok menjadi sajian minuman berbuka puasa. Segera persiapkan bahan-bahannya ya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar