13 Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol Secara Cepat yang Sehat dan Alami

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 20 Februari 2020 13:12
13 Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol Secara Cepat yang Sehat dan Alami
Selain rutin berobat, penderita gula darah juga bisa mengonsumsi makanan penurun gula darah, agar kadar gula darah dalam tubuh bisa tetap stabil.

Gula darah atau gula darah adalah penyakit di mana kadar gula darah melebihi batas normal karena tubuh tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau ketika tubuh tidak lagi dapat menggunakan insulin dengan efektif (resistensi insulin).

Jika sudah terkena gula darah, kadar gula darah akan lebih sulit dijaga. Terutama bila pasien gula darah memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau makanan yang manis yang mengandung gula tinggi.

Nah, agar penderita gula darah bisa tetap hidup sehat, maka kadar gula darah harus dijaga. Salah satunya adalah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari dan mengonsumsi makanan penurun gula darah.

1 dari 4 halaman

Makanan Penurun Gula Darah Secara Cepat

Untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, protein, dan Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu menurunkan gula darah secara cepat. Lalu apa saja makanan penurun gula darah yang dianjurkan? berikut ulasannya untukmu.

Pare

25 Manfaat Jus Sayur Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan © Diadona

Sayuran dengan rasa pahit ini cukup digemari masyarakat Indonesia karena diyakini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai makanan penurun gula darah.

Di banyak tempat makan atau di jajanan pinggir jalan seperti siomay, pare bisa dengan mudah kita temukan. Pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam pare layaknya karoten serta momocidin memiliki kemampuan untuk membuat tubuh menurunkan kadar gula darah pada orang sehat dan mereka yang menderita diabetes.

Pare bisa dikonsumsi secara mentah atau lalapan, ditumis, atau bahkan dijadikan jus meski tentu saja rasa pahitnya akan sangat terasa.

Bayam

Sayuran hijau yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan khas Indonesia layaknya sayur bening atau pecel ini ternyata bisa menjadi salah satu alternatif makanan penurun gula darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai kandungan sehat di dalamnya.

Sebagai contoh, bayam tinggi kandungan beta karoten, vitamin C, dan polifenol. Kandungan ini bisa berperan layaknya antioksidan yang mencegah terbentuknya radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel pankreas yang berpengaruh besar pada hormon insulin, hormon yang mengendalikan kadar gula darah.

Jika sampai tubuh memproduksi insulin dengan lebih baik, maka kadar gula darah diharapkan akan bisa dikendalilkan. Bayam juga tinggi kandungan magnesium yang bisa memperbaiki sensitivitas insulin tubuh.

Kandungan sehat lain di dalam bayam adalah asam lemak tak jenuh linolenic acid. Asam lemak ini juga mampu membuat sensitivitas insulin tubuh menjadi semakin membaik. Karena alasan ini pulalah bayam termasuk dalam sayuran yang paling direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Mentimun

Ilustrasi Mentimun © Diadona

Mentimun termasuk dalam sayuran dengan indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai makann penurun guula darah.

Di dalamnya juga terdapat kandungan sehat layaknya vitamin C, beta karoten, mangan, dan flavonoid yang bisa berperan sebagai antioksidan. Berbagai kandungan ini akan mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel pankreas. Dengan pankreas yang sehat, hormon insulin bisa diproduksi dengan baik sehingga kadar gula darah pun bisa dikendalikan.

2 dari 4 halaman

Makanan Penurun Gula Darah Cepat

Jika kita membicarakan masalah gula gula darah dan kolesterol, hal pertama yang akan terpikirkan biasanya adalah risiko diabetes. Masalahnya adalah diabetes termasuk dalam penyakit yang cukup suit diobati dan bisa menyebabkan komplikasi yang mengerikan layaknya amputasi hingga penyakit jantung yang mematikan.

Karena alasan inilah kita sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang bisa menjaga atau menurunkan kadar gula darah. Saah satu jenis makanan penurun gula darah yang ada di sekitar kita adalah sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang ada di sekitar kita mengandung zat aktif yang bisa menurunkan kadar gula darah secara efektif. Lalu apa saja makanan penurun gula darah ceat ini? berikut informasinya untukmu.

Terong

Ilustrasi Terong Hijau © Diadona

Terong yang dimasak bersama dengan kulitnya ternyata tinggi kandungan antioksidan bernama anthocyanin.

Antioksidan ini bisa menjaga kesehatan sel beta pankreas yang memiliki peran dalam memproduksi hormon insulin. Kandungan antioksidan ini juga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi pada jaringan perifer yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Jadi sudah sangat jelas jika terong merupakan salah satu jenis sayur yang bisa dijadikan sebagai makanan penurun gula darah.

Wortel

Wortel © Diadona

Di dalam wortel terdapat kandungan karotenoid yang bisa dijadikan sebagai makanan penurun gula darah dan membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah. Hanya saja, mengingat indeks glikemik wortel cukup tinggi, penderita diabetes sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi sayuran ini.

Brokoli

Brokoli © Diadona

Kandungan sulforaphane di dalam brokoli bisa membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah sekaligus melindungi pembuluh darah dari risiko terkena penyakit berbahaya. Senyawa ini juga bisa membantu mencegah datangnya kanker dan tumor.

Mengingat sayuran ini mudah didapatkan dan bisa diolah menjadi makanan enak, jangan ragu lagi rutin mengonsumsinya demi menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Dengan semua manfaat dan kandungannya tak heran jika brokoli menjadi salaah satu jenis sayuran yang disarankan sebagai makanan penurun gula darah.

3 dari 4 halaman

Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol

Bagi orang yang mempunyai kadar gula darah dan gula darah dan kolesterol, kestabilan kadar gula darah dan kolesterol sangat perlu diperhatikan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Selain obat dan olahraga, ada beberapa makanan yang bisa jadi penurun gula darah secara efektif.

Apa saja makanan penurun gula darah dean kolesterol? Yuk, lihat ulasannya berikut ini.

Ikan dengan Kandungan Omega 3

Ilustrasi ikan salmon © Diadona

Ikan juga bisa menjadi pilihan lain makanan penurun gula darah dan kolesterol. Ikan mempunyai kandungan leamk Omega-3 yang sangat bagus untuk tubuh. Omega 3 dapat meningkatkan darah naik dan menjaga kesehatan jantung.

Cara paling aman memasak ikan adalah dengan mengukus atau merebusnya. Memngonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan darah jahat.

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan © Diadona

Salah satu pilihan makanan penurun gula darah dan kolesterol yang bisa kamu temui di sekitar kamu adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mengandung lemak yang aman bagi tubuh.

Kacang-kacangan juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang dalam sehai bisa menurunkan kolesterol jahat atau sebesar 5%.

Cokelat Hitam

Ilustrasi Cokelat Hitam © Diadona

Opsi pertama makanan gula darah dan kolesterol adalah cokelat hitam. Penelitian memverifikasi klaim bahwa cokelat hitam dan cokelat menjadi makanan gula darah dan kolesterol.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang sehat minum minuman cokelat dua kali sehari selama sebulan. Mereka mengalami pengurangan kolesterol jahat sekitar 0,17 mmol / l (6,5 mg / dl). Tekanan darah mereka juga menurun dan kolesterol baik mereka meningkat.

Namun coklat hitam atau coklat juga memlili kandungan gula yang cukup tinggi. kandungan gula secara negatif dapat memengaruhi kesehatan jantung.Karena itu, pilihlah cokelat hitam rendah gula untuk dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

Makanan Penurun Kadar Gula Darah

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Setelah mengetahui dampak dan bahaya tubuh yang mengandung gula darah tinggi, baiknya kamu segera membuat perubahan kecil, yakni memilih mengubah pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan penurun gula darah.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan penurun kadar gula darah, di antaranya:

Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh. Dengan kandungan senyawa kuat seperti allicin, nggak heran bawang putih banyak menjadi pilihan makanan penurun kadar kolesterol tinggi.

Kentang

Kentang yang memiliki kandungan potasium sehat bisa juga menjadi opsi makanan penurun gula darah sekaligus kolesterol yang efektif. Selain itu, dengan kandungan yang dimilikinya, kentang mampu berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Tomat

Tomat © Diadona

Sumber potasium lain yang bisa menjadi opsi makanan penurun gula darah dan mudah kamu temui di rumah adalah tomat. Tomat mengandung banyak kandungan baik bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan lycopene.

Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi opsi lain dalam menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Alpukat memiliki kandungan lemak baik dan serat tinggi. Selain bisa menurunkan kadar kolesterol, alpukat juga bisa mencegah tubuh dari penyakit kardiovaskular dan stroke. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau dengan mengolahnya menjadi jus.

 

Nah, itulah tadi makanan penurun gula darah dan kolesterol yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bila sudah rutin mengonsumsi salah satu atau beberapa makanan di atas, namun kadar gula darah tidak segera turun, konsultasikan dengen dokter ya!

Beri Komentar