Penyebab Penyakit Prostat, Bahaya dan Obat Alaminya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 4 April 2020 16:37
Penyebab Penyakit Prostat, Bahaya dan Obat Alaminya
Kalau perempuan selalu parno dengan penyakit pada payudaranya, laki-laki juga punya organ seksual penting yang rawan penyakit.

Pria punya organ bernama prostat, sebuat kelenjar berotot yang seukuran buah aprikot dan menghasilkan bahan semen. Letaknya ada di depan rektum dan di bawah kandung kemih.

Nah, prostat ini punya fungsi yaitu mengeluarkan cairan yang membuat sperma tetap hidup sambil melindungi diri mereka dan kode genetika yang dibawa.

Saat sedang ejakulasi, prostat berkontraksi dan menyemprotkan cairannya ke dalam uretra. Prostat ini memproduksi cairan prostatik, yang membentuk sekitar 30 persen dari total cairan saat pria sedang mengalami ejakulasi.

Apa fungsinya buat reproduksi? Cairan prostat ini bakalan melindungi sperma, membantu sperma tetap hidup lebih lama, lebih mobile . Kandungannya terdiri dari sejumlah enzim, seng dan asam sitrat.

Nah, ada beberapa kondisi media yang bisa menjadi penyakit prostat, yaitu

Kanker Prostat

Merupakan penyakit prostat yang paling umum pada pria, menyerang 1 dari 7 pria selama hidupnya. dean 1 dari 39 pria meninggal karena kanker prostat.

Pembesaran Prostat

Penyakit prostat atau yang disebut dengan hipertrofi prostat jinak (BPH), ini mempengaruhi hampir semua pria berusia 50 atau lebih.

Ini terjadi saat sel-sel kelenjar prostat mulai berkembang biak. Sel-sel tambahan ini menyebabkan kelenjar prostat membengkak, yang menekan uretra dan membatasi aliran urin. Nah, penyakit prostat BPH ini ngak sama dnegan kanker prostat serta nggak meningkatkan risiko kanker, mesti sama-sama berhubungan dengan munculnya massa baru dalam tubuh.

Penyakit prostat BPH membuat sulit buang air kecil dan, dalam kasus yang jarang, serta serius, dapat menyebabkan pria nggak bisa buang air kecil sepenuhnya. Paling umum, pembesaran terjadi di zona transisi, yang sering kali mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Prostatitis

Yakni penyakit prostat di mana terjadi peradangan, yang kadang-kadang disebabkan oleh infeksi.

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Prostat

Ilustrasi laki-laki memandang ke luar jendela © Diadona

Kayaknya penyakit prostat ini umum banget terjadi pada banyak pria yah. Lalu, apa aja penyebabnya?

Berikut bakalan Diadona jabarin satu-satu deh apa aja penyebab penyakit pada tiap jenisnya. Simak yuk!

Kanker Prostat

Nggak ada penyebab jelas terjadinya penyakit prostat satu ini. Yang diketahui yaitu bahwa penyakit kanker prostat ini dimulai saat beberapa sel di prostat yang nggak normal.

Mutasi pada DNA sel abnormal menyebabkan sel tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel-sel abnormal terus hidup, ketika sel-sel lain akan mati. Sel-sel abnormal yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya

Penyakit Prostat berupa Pembengkakan (BPH)

Sama halnya kayak kanker, para medis nggak tahu apa yang menyebabkan penyakit prostat berupa pembesaran ini terjadi. Penyakit prostat biasanya dimulai saat umur 30 tahun, trus bervolusi perlahan, dan umumnya menyebabkan gejala setelah umur 50 tahun.

Meski begitu, ada kemungkinan penyakit prostat ini disebabkan karena perubahan hormon seks pada pria yang datang seiring dengan bertambahanya usia.

Penyakit Prostat Prostatitis

Penyebab penyakit prostat ini tergantung pada jenisnya. Misalnya nih, infeksi bakteri yang biasanya masuk dari saluran kemih. Trus juga ada sindrom nyeri pangguul kronis yang erasal dari infeksi awal atau cedera atau dari mengepal serta kejangnya otot-otot dasar panggul.

2 dari 3 halaman

Bahaya Penyakit Prostat

Ilustrasi laki-laki depresi © Diadona

Karena fungsinya terkait dengan organ reproduksi dan sekresi, apa aja bahaya yang bisa mengintai dari penyakit prostat berikut ini?

Kanker Prostat

Sesuai dengan namanya, kanker ini merupakan penyakit prostat, dan paling umum pada pria. Biasanya kanker ini tumbuh secara lambat dan awal mulanya terbatas pada kelenjar prostat aja, yang mana mungkin nggak menyebabkan masalah yang serius.

Sementara penyakit prostat ini tumbuh dengan lambat. dan sebagian dari mereka meninggal karena sebab lain, bahkan nggak tau kalau kena kanker prostat.

Kalau penyakit prostat berupa kanker ini terdeteksi secara dini, maka peluang keberhasilan pengobatan akan lebh besar.

Selain itu, penyakit prostat berupa kanker ini bisa berujung pada komplikasi yaitu penyebaran sel kanker ke organ terdekat, inkontonensia urin, dan juga disfungsi ereksi.

Kanker prostat yang menyebar dengan cepat biasanya berbahaya, terlebih kalau udah menjalar ke organ yang lain kayak tulang, kelenjar getah bening, paru-paru. Penyakit prostat yang sudah mencapai tahap ini nggak bsia disembuhkan, tapi dapat dikendalikan selama bertahun-tahun.

Pembengkakan Prostat (BPH)

Banyak pria yang mengabaikan gejala penyakit prostat ini. Padahal, perawatan dini bisa membantu menghindari bahaya dari komplikasi. Pria dengan riwayat BPH bisa mengalami komplikasi berikut

  • Infeksi saluran kemih
  • Kencing batu
  • Kerusakan ginjal
  • Pendarahan saluran kemih
  • Tiba-tiba nggak bisa buang air

Penyakit Prostatitis

Ada beberapa jenis penyakit prostat prostatitis ini, salah satunya yang disebabkan oleh bakteri. Memang sih ini merupakan radang prostat yang nggak umum, tapi gejalanya bisa aja parah.

Prostatitis bakteri akut harus segera diobati, karena kondisi ini bisa menyebabkan penderita kebingungan trus mengalami tekanan darah rendah, dan bisa berakibat fatal.

3 dari 3 halaman

Obat Alami Penyakit Prostat

Ilustrasi pasangan melakukan hubungan seks © Diadona

Sebenernya ada beberapa obat alami yang bisa digunakan unk mengobati penyakit prostat, tapi lagi-lagi, tergantung pada jenis penyakitnya yah.

Misalnya pada penyakit prostat berupa infeksi, bisa diredakan gejalanya dengan beberapa kegiatan berikut:

  • Mandi air hangat atau pijat prostat
  • Terapi panas dari botol air panas
  • Latihan kegel
  • Latihan relaksasi
  • Akupuntur

Untuk Penyakit prostat berupa pembengkakan, perawatan alami dapat mencangkup tindakan spesifik atau perubahan gaya hidup untuk mengurangi gejalanya.

Termasuk diantaranya:

  • Segera buang air kecil
  • Menghindari dekongestan atau obat anti histamin yang dijual bebas
  • Menghindari alkohol dan kafein, terutama di jam-jam setelah makan malam
  • Mengurangi tingkat stres
  • Latihan senam kegel
  • Menjaga badan tetap hangat, karena kedinginan bisa memicu kambuhnya gejala penyakit prostat

 

Beri Komentar