18 Aneka Minuman Segar Puasa yang Siap Menguras Dahagamu

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 24 Februari 2020 10:35
18 Aneka Minuman Segar Puasa yang Siap Menguras Dahagamu
Hilangkan dahaga dengan aneka minuman segar puasa berilkut ini.

Aneka minuman segar puasa yang manis dan sehat menjadi menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia. Di saat-saat menjelang buka puasa, pasti akan banyak kita temui banyak penjual minuman takjil buka puasa di pinggir-pinggir jalan. Maklum saja seetelah menjalaani puasa sehari penuh, tubuh terasa butuh asupan yang bisa menyegarkan dan melegakan dahaga.

1 dari 4 halaman

Aneka Minuman Segar Berbuka Puasa

Setelah menahan dahaga selama beribadah menjalankan puasa seharian di bulan Ramadan, tentu kita akan memilih aneka minuman segar puasa yang sulit kamu lewatkan. Lalu apa saja minuman segar untuk buka puasa yang bisa kamu coba?

Aneka Minuman Segar Puasa Es Timun Jeruk Nipis

      View this post on Instagram      

A post shared by by Rempah Indonesiaku (@emakuindonesia) on

 

Siapa sangka, timun yang umumnya menjadi sayur untuk lauk pauk bisa diolah menjadi aneka minuman segar puasa lezat. Es timun ini sendiri merupakan satu dari aneka minuman segar puasa khas Aceh yang sudah cukup populer.

Bahan-bahan:

- 3 buah ketimun jepang
- 1/2 buah melon
- 200 gram gula pasir
- 200 ml air
- air perasan 3 buah eruk nipis
- 2 sendok teh kulit jeruk nipis
- 5 lembar daun mint
- 2 buah jeruk nipis
- es batu secukupnya

Cara membuat minuman buka puas es timun jeruk nipis:

- Larutkan gula pasir dengan air yang sudah dipanaskan.
- Setelah larut dan didinginkan, tambhakn air perasan jeruk nipis.
- Keruk ketimun dan melon yang telah dikupas dan dibuang bijinya dan masukkan kedalam larutan gula, lalu didiamkan selama kurang lebih satu jam.
- Setelah itu, tambahkan irisan jeruk nipis, daun mint yang disobek dan juga es batu sesuai selera.

Aneka Minuman Segar Puasa Yakult Melon

      View this post on Instagram      

A post shared by Resep Bunda (@resepaslibunda) on

 

Variasi minuman olahan yakult juga kini tengah digandrungi. Nggak ada salahnya berkreasi dengan salah satu dari aneka minuman segar puasa satu ini.

Bahan-bahan:

- ¼ buah melon
- 2 botol yakult
- 1 sendok teh chia seed
- 100 ml air soda
- Es batu secukupnya

Cara membuat minuman berbuka yakult melon:

- Blender buah melon yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil bersama es batu dan yakult.
- Setelah tercampur rata, tambahkan chia seed yang sebelumnya sudah direndam dengan air.
- Tambahkan air soda dan aduk minuman hingga rata, yakult melon siap disajikan.

Aneka Minuman Segar Puasa Jus Mangga

      View this post on Instagram      

A post shared by KULINER JOGJA (@kulinerjogja) on

 

Pernah coba jus mangga kekinian yang dicampur dengan es krim dan juga potongan buah mangga segar? Toppers juga bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah untuk pilihan dari aneka minuman segar puasa satu ini lho!

Bahan-bahan:

- 2 Buah Mangga Matang
- 1 cup es krim vanilla
- Whipped cream secukupnya

Cara membuat es buah mangga kekinian:

- Potong dadu buah mangga, sebagian di blender menjadi jus, sebagian tiriskan sebagai topping.
- Masukkan es krim vanilla kedalam jus mangga, kemudian tambahkan whipped cream secukupnya.
- Terakhir, taburkan sisa potongan buah mangga diatas whipped cream dan es buah mangga siap menemanimu berbuka puasa.

2 dari 4 halaman

Aneka Minuman Segar untuk Buka Puasa

Bisa dibilang, kalau bulan puasa sudah datang, it artinya akan ada aneka minuman segar puasa yang siap menghilangkan dahagmu. Aneka minuman segar puasa itu bisa dengan mudah kita temui di pinggir jlana, di rumah makan, atau bahkan kita sering membuatnya sendiri di rumah. Nah, mau tahu apa saja minuman buka puasa yang bisa kamu nikmati? Yul, simak beberapa pilihan aneka minuman segar untuk buka puasa berikut ini.

Es Cendol atau Es Dawet

      View this post on Instagram      

A post shared by Ridwan MD | Kuliner Surabaya (@laparlagimakanlagi) on

 


Es Cendol atau yang juga dikenal dengan nama Es Dawet juga merupakan salah satu pilihan aneka minuman segar puasa khas Indoensia, saat bulan puasa Es Condel ini begitu populer dan menjadi minuman favorit keluarga untuk dihidangkan. Bahan utama dari minuman es Cendol ini adalah dawet yang dibuat dari tepung beras dan hunkwe.

Dawet diolah dengan ditambahkan perwarna makanan yang menjadikan dawet ini begitu khas. Umunya berwarna hitam agak kecoklatan untuk yang berbentuk kotak, ada pula yang berwarna hijau.

Kuah untuk es manis ini berasal dari santan dan air rebusan yang sudah di campur dengan daun pandan. Rasa manis yang khas ada pada minuman ini diperoleh dari gula merah cair, kamu bisa mengatur kadar manisnya sesuai seleramu.

Es Lidah Buaya

      View this post on Instagram      

A post shared by DOYANCAKE2 (@doyancake2) on

 


Boleh saya bilang, es lidah buaya adalah es segar yang paling nikmat. Memang rasanya tidak seenak es buah lainnya namun es lidah buaya bisa memberikan kesan paling kuat dan selalu membuat ketagihan. Tekstur rasa dari irisan daunnya begitu mengesankan lidah dan tenggorokan.

Salah satu pilihan minuman dari aneka minuman segar puasa ini mudah untuk dibuat dan menyehatkan, tentu tanaman lidah buaya akan banyak kita temui di daerah kita. Resep dan cara membuatnya juga cukup praktis dan tidak membutuhkan bahan-bahan lain yang sulit didapat.

Tentunya akan lebih praktis jika kamu punya tanaman lidah buaya (aloe vera) ini di pekarangan rumahmu. Kamu akan mendapatkan daun lidah buaya segar yang baru saja kamu petik.


Untuk membuat es lidah buaya kamu cukup mengambil dan mencuci daging lidah buaya. Lalu rebus air, gula, bersama pandan sampai mendidih. Setelah hampir matang, masukkan daging lidah buaya dan matikan api.

Lalu diamkan rebusan lidah buaya selama 1 jam, lalu sajikan dengan es batu. Agar lebih nikmat, saat di sajikan kamu bisa menambahkannya biji selasih untuk menambah sensasi menikmati es lidah buaya. Es ini sangat tepat ini dihidangkan saat berbuka puasa.


Es Sop Buah

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????????? ???????????????????????????????? | ???????????????????????????? ???????????? (@kenyangmakan) on

 


Sop buah adalah pilihan coock dari aneka minuman segar puasa yang sehat dan cukup mengenyangkan. Bahkan es sop buah menjadi menu takjil yang cukup favorit bagi masyarakat kita. Di saat-saat menjelang buka puasa, pasti akan banyak kita temui penjual sop buah di pinggir-pinggir jalan.

Cara membuat sop buah ini pun cukup mudah Kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 jenis buah favoritmu, buah-buahan yang bisa kamu pakai bebas dan bisa kamu lebihkan, sebagai petunjung buah yang sangat rekomended seperti buah naga, jeruk, semangka, melon, kiwi, stroberi, pepaya, dan anggur.

Nah, untuk membuat kuah sop buah, cukup siapkan air matang, susu kental manis, dan sirup rasa stroberi. Namun, tidak masalah jika kamu tidak ingin menambahkan sirup. Campurkan buah-buahan ke dalam susu dan sajikan dengan es yang sudah di pecah / di serut.

Es Selendang Mayang

      View this post on Instagram      

A post shared by Genika yulia (@genikayu) on

 

Jika kamu sedang berada diluar Jakarta, mungkin kamu akan sulit mendapatkan Es Selendang Mayang, ya karena minuman ini adalah minuman khas daerah Betawi. Es Selendang mayang ini adalah minuman manis yang sangat menyegarkan lho.

Nggaki ada alasan buat kamu untuk nggak mencicipi salah satu aneka minuman segar puasa satu ini. Cara membuat es selendang mayang sediakan dahulu tepung hunkwe sebagai bahan utama. Kemudian tepung hunkwe dijadikan adonan dan dicampur dengan air dan sagu tani.


Setalah adonan sudah siap, adonan tersebut diberi tanmabhan pewarna makanan umunya dipilih merah dan hijau, jangan lupa buat juga adonan yang tidak diberi pewarna. Tumpuk adonan dengan susunan pink, putih, dan hijau.

Setelah jadi, kamu tinggal membuat kuahnya dengan air rebusan daun pandan, santan, dan gula merah, lalu tiriskan sebentar. Setelah dingin sajikan es selendang mayang ini dengan es batu, karena minuman ini lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin.

Es Kacang Hijau

      View this post on Instagram      

A post shared by Veronica Dhani (@veronicadhani) on

 

Kalau kamu mencari pilihan aneka minuman segar puasa yang kaya akan manfaat, makaa es kacang hijau bisa jadi adalah jawabannya.
Ini adalah minuman spesial yang kaya akan manfaat, mungkin kamu sudah tahu semua akan manfaat dari kacang hijau yang kaya protein baik untuk kesehatan tubuh. Kacang dihijau juga bisa dijadikan minuman segar dan manis untuk takjil berbuka puasa.


Minuman es kacang hijau ini sangat mudah dibuat sendiri dirumah, selain itu saat puasa es kacang hijau juga banyak dijual di warung kaki lima. Proses pembuatan kacang hijau ini cukup mudah, kamu cuma perlu merendam kacang hijau mentah di dalam air hangat hingga mengembang.

Setelah itu kacang hijau rebus ulang agar diperoleh tekstur yang lebih empuk. Untuk kuahnya dibuat dari air rebusan daun pandan, susu kental manis, sedikit santan, dan gula merah cair. Minuman ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

Jika kamu ingin menyajikannya dalam bentuk es kacang hijau, tambahkan serutan es batu lalu ditambahn dengan sirup manis seperti sirup marjan yang berwarna merah atau hijau. Minuman buka puasa es kacang hijau ini sangat pas untuk disajikan menjelang buka puasa.

3 dari 4 halaman

Aneka Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa

Setelah lebih dari 12 jam kamu menahan lapar dan haus seharian, tubuh akan terasa lemas. Maka dari itu, untuk mengembalikan energi pada tubuh baiknya mengonsumsi menu yang sehat. Saat buka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi minuman buka puasa yang manis-manis sekaligus menyegarkan. Berikut rekomendasi aneka resep minuman segar untuk buka [puasa yang enak dan sehat.

Aneka Minuman Segar Puasa Sobyah

      View this post on Instagram      

A post shared by Resep Bunda (@resepaslibunda) on

 

Biar lebih afdol, selingi sajian menu minuman buka puasa dengan minuman dingin khas Bulan Ramadan asal Arab bernama Sobyah. Berikut cara mudah membuat Sobyah untuk aneka minuman segar puasa di rumah:

Bahan-bahan:

- 1 lembar roti gandum
- 1,2 liter air
- 300 gram gula pasir
- 1 sendok teh bubuk - kayumanis
- ½ sendok makan kapulaga
- 1 sendok makan oatmeal atau sereal gandum

Cara membuat Sobyah:

- Potong roti menjadi bentuk dadu.
- Rendam potongan roti, oatmeal, 200 gram gula dengan 0,6 liter air selama 24 jam.
- Peras roti dan tiriskan 2 kali menggunakan saringan. Ambil airnya saja.
- Tambahkan kapulaga, kayumanis, aduk rata. Tiriskan kembali.
- Tambahkan sisa air dan gula, aduk hingga gula larut.
- Tuang ke dalam mangkok dan dinginkan di dalam lemari es hingga dingin dan Sobyah siap disajikan.

Aneka Minuman Segar Puasa Setup Buah Jambu

      View this post on Instagram      

A post shared by Ramurasa (@ramurasa.id) on

 

Bahan:

- 4 buah Jambu Biji
- 1 batang Kayu Manis
- 300 ml Air
- 100 gram Gula Pasir
- Es Batu secukupnya
- 2 butir Cengkeh
- Madu secukupnya
- Air Jeruk Nipis secukupnya

Langkah:

a. Rebus air, kemudian masukkan gula pasir, kayu manis dan cengkeh. Tunggu sampai mendidih.
b. Setelah itu masukkan jambu biji sampai buah terasa lunak. Lalu angkat. Setup jambu hangat bisa sudah bisa dihidangkan.
c. Bagi kamu yang ingin mendapatkan sensasi dingin, kamu bisa menambahkan es batu sesuai selera. Setup jambu juga bisa kamu beri sedikit air jeruk nipis dan madu, lalu aduk rata. lalu hidangkan.


Aneka Minuman Segar Puasa Setup Buah Nanas

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????????? ???????????????????????????????????????????????????????????? (@icenguik) on

 

Bahan:

- 1 buah nanas, kupas dan potong-potong kecil
- 1/4 sdt garam
- 1 buah kayu manis (panjang sekitar 10 cm)
- 5 buah cengkeh
- 800 ml air
- gula pasir secukupnya
- pewarna makanan warna kuning

Langkah:

a. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan kayu manis dan cengkeh.
b. Tambahkan gula pasir, sejumput garam lalu aduk hingga larut sampai mendidih.
c. Masukkan nanas dan biarkan hingga nanas agak layu. Tambahkan sedikit pewarna makanan. Masak hingga harum dan nanas matang. Matikan api.
d. Setup nanas siap dihidangkan hangat dalam gelas atau mangkuk. Kamu juga bisa mendinginkan setup dahulu dan diberi es batu.

4 dari 4 halaman

Aneka Minuman Segar di Bulan Puasa

Selama berpuasa seharian penuh, kebanyakan orang akan merasa letih karena kekurangan cairan dalam tubuhnya.

Apalagi dengan cuaca yang panas, akan menyebabkan rasa dahaga semakin menjadi-jadi. Oleh karenanya, hal pertama yang dipikirkan untuk berbuka puasa adalah minuman yang sangat segar.

Selain mengonsumsi air putih, ada sangat banyak sekali aneka minuman segar si bulan puasa yang bisa diminum saat berbuka puasa.


Es Biji Selasih

      View this post on Instagram      

A post shared by Widia W (@wie_widi90) on

 


Sudahkah kamu tahu apa itu biji selasih? Biji selasih diperoleh dari tanaman selasih yang banyak dimanfaatkan daun, bunga dan bijinya sebagai konsumsi rempah-rempah.


Biji selasih sendiri di dalmnya banyak terkandung zat yang baik untuk tubuh manusia. Beberapa kandungan penting yang dimiliki biji selasih ini adalah eugenol, tymol, metal eugenol, berbagai macam vitamin kompleks, serat dan juga lemak.

Gurihnya biji selasih akan nikmat jika disandingkan dengan nata de coco yang kenyal dicampur dengan buah segar serta kuah dingin yang manis. Tentunya kamu bisa membanyangkan betapa segarnya minuman yang satu ini.

Untuk membuat salah satu dari aneka minuman segar puasa satu ini, caranya adalah rendam terlebih dahulu biji selasih mentah ke dalam air hingga bijinya mengembang. Lalu buat kuah untuk minuman ini dengan cara mencampur air matang dengan sirup rasa melom / stoberi.

Masukkan potongan agar-agar, buah melon / stoberi, nata de coco, dan biji selasih yang sudah mengembang kedalam kuah sirup yang sudah dibuat. Setelah biji selasih, potongan buah dan kuah sudah bercampur, tambahkan serutan es batu agar rasanya semakin segar.

Es biji selasih sangat pas dihidangkan untuk minuman berbuka puasa, atau kamu ingin mencoba menjualnya sebagai peluang usaha musiman di bulan puasa. Minuman ini sangat favorit dan disukai banyak orang lho.


Es Dalimun

      View this post on Instagram      

A post shared by @nana_jajan (@nana_jajan) on

 

Kalau contoh dari aneka minuman segar puasa satu ini biasa kita sebut dengan es cinca.

Cincau dibuat dari daun tumbuhan cincau. Cincau ini banyak mengandung zat-zat yang pula baik untuk kesehatan, diantaranya adalah kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kalsium dan fosfor. Saat ini cincau sangat baik dikonsumsi untuk program diet dikarenakan rendah kalori tetapi mengandung tinggi serat.

Selain itu tumbuhan ini memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh diantaranya kandungan karbohidrat, air, lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimel tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida. Dengan kandungan gizi inilah Daun Cincau bisa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita

Es dalimun ini dibuah dengan bahan utamanya adalah dari cincau hijau yang telah jadi. Cincau hijau yang sudah matang disajikan dengan kolang kaling, di campur dengan kuah santan dan hula merah cair. Es dalimun begitu nikmat disajikan saat dingin (tambahkan es batu serut) untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Minuman segar ini terbuat dari cincau hijau. Cincau hijau yang sudah matang ini dicampur dengan kolang-kaling, kuah santan, dan gula merah cair. Kesegarannya akan lebih terasa saat disajikan dalam keadaan dingin, pilihan es yang paling pas adalah es batu serutan.


Es Kopyor

      View this post on Instagram      

A post shared by Kevinnn (@riderkulineran) on

 


Setelah berpuasa sehari penuh, segelas minuman segar untuk buka puasa akan menjadi suatu hal yang sangat nikmat untuk membasahi tenggorokan yang terasa kering. Minuman segar es kopyor bisa kamu pilih untuk menjadi minuman segar saat berbuka puasa.

Es kopyor yang asli umunya dibuat dari serutan daging buah kelapa muda yang masih kenyal. Kuahnya tentunya adalah air kelapa itu sendiri, biasanya ditambah dengan gula merah cair agar terasa lebih manis.

Akan tetapi jika kamu tidak mendapati buah kelapa asli untuk diambil dagingnya. Kamu bisa membuat daging kelapa imitasi dengan agar-agar tanpa warna kemudian dicampur dengan santan.

Setelah agar-agar sudah berbentuk padat, agar-agar bisa dipotong-potong bebentuk dadu. Lalu siapkan air yang sudah dicampur dengan sirup cocopandan. Selanjutnya, masukkan agar-agar ke sirup cocopandan dan tambahkan es batu sebelum disajikan.

Es Pisang Ijo

      View this post on Instagram      

A post shared by Anisa (@mommyzaina) on

 

Minuman es pisang ijo ini begitu nikmat dan segar, biasanya menjadi sangat dicari-cari saat bulan puasa, Rasanya nikmat, manis dan segar sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus, atau untuk berbuka setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Selain rasanya yang enak, es pisang ijo ini mempunyai tampilan yang menarik. Pisangnya dibalut dengan adonan yang berwarna hijau dan dihidangkan bersama kuah saus sirup.  

Minuman es pisang ijo ini berasalh dari daerah Makasar, untuk mendapatkannya kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makasar. Kamu bisa kok membuatnya sendiri dirumah. Bahan-bahanya diataranya pisang raja, siapkan adonan dari tepung terigu, tepung sagu, gula, santan, tambahkan sedikit garam serta rebusan air pandan.

Setelah adonan jadi, pisang raja digulung bersama adonan yang sudah jadi lalu dikukus sampai matang. Untuk kuah sausnya, cara membuatnya adalah dengan air, santan, gula pasir dan daun pandan. Aduk pelan-pelan hingga menyerupai bubur.

Setalah kukusan pisang jadi, iris-iris dan tuangkan saus bubur yang sudah dibuat, terakhir tambahkan sirup manis warna merah dan tambahkan juga serutan es baru. Minuman es pisang ijo siap dihidangkan.

Es Blewah

      View this post on Instagram      

A post shared by TinaAmira (@tina.ibukamira) on

 

Es blewah juga minuman yang Indonesia sekali, sama halnya dengan kolak, es blewah sangat populer dan menjadi minuman favorit saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan dengan tambahan buah blewah yang diiris kecil kecil menjadi minuman ini terasa menyegarkan.


Minuman ini adalah minuman keluarga dan harganya cukup terjangkau. Cara membuatnya siapkan buah blewah kemudian daging dari buah blewah diserut, untuk kuahnya dibuah dari sirup cocopandan, akan lebih nikmat jika ditambahkan susu putih kental manis. Jangan lupa tambahkan es batu untuk menciptakan sensasi dinginnya.

Segar-segar banget ya aneka minuamn segar puasa di atas. Selamat menikmati ya!

Beri Komentar