6 Minuman Yang Baik Untuk Diabetes

Reporter : Sofi
Kamis, 26 Desember 2019 17:28
6 Minuman Yang Baik Untuk Diabetes
Minuman yang dijual dipasaran kebanyakan mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan diabetes. Maka kamu harus mengetahui minuman yang baik untuk diabetes agar meminimalisir penyakit diabestes.

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan penyakit diabetes. Seperti data dari Internasional Diabetes Federation pada 2017 menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 negara dengan jumlah orang dengan diabetes terbanyak. Menurut paparan data yang dipresentasikan oleh dr. Bhanu, orang yang menderita diabetes di Indonesia berjumlah sekitar 10,3 juta orang.

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya. Jadi untuk menghadapi penyakit diabetes ini disarankan untuk diet sehat dan minum minuman rendah kalori. Dilansir dari boldsky.com (14/11/2019) The American Diabetes Association menyarankan minuman rendah kalori untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Berikut adalah minuman dengan kadar kalori rendah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

1 dari 6 halaman

1. Teh Akar Manis

Minuman akar manis © Diadona

Liquorice atau tanaman akar manis adalah ramuan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak akar manis memiliki kemampuan untuk membatu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

2 dari 6 halaman

2. Air Putih

Air putih © Diadona

Penderita diabetes harus minum cukup air untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dalam jumlah yang lebih tinggi menurunkan risiko diabetes tipe 2. Jumlah air putih yang direkomendasikan oleh Institute of Medicine adalah 9 gelas air untuk wanita, dan 13 gelas air untuk pria.

3 dari 6 halaman

3. Kopi

kopi hitam © Diadona

Para peneliti menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kopi mengandung komponen aktif seperti asam kuinat, asam klorogenat, lignan secoisolariciresinol dan trigonelin yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

4 dari 6 halaman

4. Infused Water

infused water © Diadona

Air yang diberi irisan buah seperti buah jeruk, lemon, jeruk nipis, buah beri, daun mint, dll, yang kemudian didiamkan semalaman dalam lemari es ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena memiliki nol kalori namun memiliki cita rasa buah yang terkandung didalamnya. Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan bubur lidah buaya ke dalam air juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena lidah buaya memiliki sifat antidiabetes.

5 dari 6 halaman

5. Susu

Susu © Diadona

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi produk susu termasuk susu selama masa remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

6 dari 6 halaman

6. Teh Hijau

green tea © Diadona

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa minuman teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena antioksidan polifenol yang ada di dalamnya. Penderita diabetes harus minum teh hijau karena membantu fungsi sistem metabolisme yang lebih baik.

Apakah ada minuman kesukaanmu pada daftar diatas? Atau kamu punya minuman yang baik untuk diabetes sendiri? Bagikan jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar