Batuk Pada Anak Jangan Dianggap Remeh, Karena Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 14 Januari 2020 07:00
Batuk Pada Anak Jangan Dianggap Remeh, Karena Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Jangan menganggap batuk pada anak tidak lebih dari pilek. Berikut adalah penyebab umum batuk anak usia balita, pilihan perawatan terbaik, dan kapan harus khawatir terhadap hal ini.

Batuk terjadi ketika lapisan tenggorokan menjadi iritasi. Ini sering terjadi ketika anak sakit atau melawan penyakit, contohnya batuk berdahak. Tindakan yang dilakukan adalah menghilangkan lendir ekstra dan membiarkan udara mengalir lebih mudah melalui tenggorokan ke paru-paru. Berikut adalah alasan umum untuk batuk balita dan anak-anak, dan cara terbaik untuk mendiagnosis dan mengobati gejala ini.

1 dari 4 halaman

Jenis Batuk pada Balita

Alasan paling umum untuk batuk pada balita adalah virus dan asma, yang kemungkinan juga memiliki gejala seperti tersedak, atau gejala seperti pilek. Batuk dan demam juga dapat mengindikasikan influenza. Jika anak kamu sembuh dari penyakit, batuk mungkin merupakan gejala terakhir untuk sembuh. Faktanya, tidak jarang batuk kering bertahan selama tiga minggu setelah pilek.

Ada empat jenis batuk: kering, basah, croup, dan rejan. Penting untuk mengetahui jenis batuk yang dimiliki anak Anda, dan apa artinya batuk.

Batuk Kering Balita: Infeksi pada saluran pernapasan bagian atas, seperti pilek atau influenza, sering menyebabkan batuk kering. Batuk batita pada malam hari bisa menjadi lebih buruk karena pilek atau flu. Namun, batuk kering juga bisa menjadi tanda awal infeksi saluran pernapasan bagian bawah, seperti bronkitis (radang saluran udara kecil di paru-paru) atau pneumonia (radang jaringan paru-paru itu sendiri). Penyebab batuk kering balita lainnya termasuk asma, yang pertama kali muncul sebagai batuk kering di malam hari, dan paparan asap rokok atau iritasi serupa lainnya.

Batuk Croup: Croup adalah penyakit yang menyebabkan batuk yang keras, kering. Croup pada balita menghasilkan trakea bagian atas yang bengkak atau tenggorokan, dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Seorang anak dengan croup dapat mengeluarkan suara bernada tinggi, yang dikenal sebagai stridor, ketika menarik napas.

Batuk Basah Balita: Jika batuk basah Anda batuk, kemungkinan disebabkan oleh sekresi cairan dan lendir yang ditemukan di saluran pernapasan bagian bawah (batang tenggorokan dan paru-paru). Penyebab umum batuk basah termasuk infeksi dan asma.

Batuk rejan (Pertusis): Batuk rejan memiliki gejala yang mirip dengan pilek biasa, tetapi batuk berangsur-angsur menjadi lebih buruk dengan batuk yang dalam dan batuk cepat. Batuk yang sering terjadi biasanya terdiri dari 5 sampai 15 batuk secara berurutan. Setelah batuk, anak akan bernapas dalam-dalam, kadang-kadang mengeluarkan suara " rejan" . Batuk rejan dapat menyebabkan masalah pernafasan dan membuat anak terlihat biru karena kekurangan oksigen sementara.

2 dari 4 halaman

Batuk Karena Sesuatu di Tenggorokan

Sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi pernapasan. Namun, bisa saja ada sesuatu yang masuk dari mulutnya. Gejala-gejalanya termasuk batuk yang cepat, gerakan mencengkeram tenggorokan, berubah pucat atau biru, tidak bersuara.

Untuk ini kamu harus lakukan tindakan cepat dengan menghubungi dokter atau membawanya ke UGD. Untuk benda yang bersarang sebagian (anak masih bisa bernafas dengan baik), Kamu bisa menepuk punggung untuk berusaha mengeluarkan benda yang masuk dalam tubuh tersebut atau mengunjungi dokter jika itu tidak berhasil. X-ray akan menunjukkan penyebabnya, tetapi kadang-kadang seorang anak akan membutuhkan bronkoskopi, di mana sebuah tabung diturunkan ke tenggorokan untuk melihat-lihat dan membersihkan sesuatu

Kacang tanah, popcorn, dan sedikit makanan keras sangat rentan, oleh karena itu kamu nggak boleh memberikan makanan ini kepada anak di bawah 4 tahun. Ini dapat menyebabkan pneumonia, yang akan menyebabkan anak Anda terserang demam, sesak napas, dan mulai terlihat dan bertingkah sakit.

3 dari 4 halaman

Kapan Kamu Harus Melakukan Tindakan Cepat?

Jika anak mengalami salah satu dari gejala berikut, hubungi dokter, karena ini bisa menjadi tanda komplikasi potensial yang berkaitan dengan batuk.

1. Batuknya tidak lebih baik setelah tiga minggu, memburuk, atau mulai terdengar basah.
2. Dia mulai demam.
3. Dia kesulitan bernapas, bernafas cepat, atau menderita asma.
3. Dia tampak lesu.
4. Dia muntah atau berubah merah saat batuk.
5. Dia mengalami demam tinggi selama lebih dari 72 jam atau tiga hari.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Penanganannya?

Apakah anak Anda batuk di malam hari atau sepanjang hari? Coba opsi perawatan berikut.

Tetap terhidrasi. Beri dia banyak minum untuk mencegah lendir mengental. Cairan panas atau sup akan meringankan rasa sakit dan iritasi di dada, dan mereka dapat melonggarkan lendir juga.

Manfaatkan kelembaban. Biarkan anakmu menghirup udara yang dilembabkan (udara yang mengandung uap air). Uap air dapat meredakan dan mengurangi batuk anak Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:

1. Gunakan pelembab kabut dingin di kamar tidur anak Anda.
2. Jalankan shower hangat di kamar mandi dengan pintu tertutup. Saat ruangan dipenuhi uap, duduklah di kamar mandi bersama anak Anda di pangkuan Anda selama kurang lebih 10 menit. Buat si kecil merasa santai dan nyaman.
3. Gantung handuk basah di kamar tidur anak Anda.

Biarkan di udara sejuk. Jika anak Anda menderita batuk kering atau batuk kecil, biarkan dia menghirup udara dingin. Menghirup ini akan mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasan, yang kemudian akan menekan batuk. Anda dapat melakukan ini dengan beberapa cara:

1. Buka jendela sehingga si kecil dapat menghirup udara sejuk dan lembab.
2. Bawa si kecil keluar untuk berkendara dengan jendela mobil terbuka.
3. Biarkan si kecil menghirup uap dari kulkas atau freezer terbuka.

Hindari aktivitas fisik. Balita dengan batuk kering yang berbeda harus menghindari olahraga. Anak yang lebih besar sering melihat batuknya memburuk selama aktivitas fisik.

Hindari obat batuk yang dijual bebas. Lebih baik menghindari obat yang dijual bebas untuk balita yang berusia kurang dari 2. Kamu bisa memakai obat alami, seperti madu (jika anak berusia di atas 1) atau larutan hangat.

Beri Komentar