Minum Es Bikin Pilek Makin Parah, Serius?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 23 Februari 2020 07:38
Minum Es Bikin Pilek Makin Parah, Serius?
Siapa yang masih percaya kalau pilek nggak boleh minum es? Sini-sini merapat.

Dari kecil, rata-rata orang Indonesia termasuk saya sudah dicecokkin mitos yang aneh-aneh. Mulai dari hal yang remeh-temeh, bahkan sampai yang ekstrim sekalipun.

Salah satu mitos yang sudah tertanam di dalam otak kita adalah "Jangan minum es, kamu lagi pilek!" Bahkan, nggak jarang juga orang tua kita sering menyalahkan minuman dingin sebagai penyebab kita batuk-batuk dan pilek.

1 dari 3 halaman

Pasti pernah dengar, kan? Tapi pernah nggak kamu mencari kebenarannya, apakah minum es pas lagi benar-benar pilek bisa memperparah keadaan?

Dari berbagai sumber, saya menyimpulkan bahwa minum es memperparah pilek adalah mitos.

Nggak percaya?

Dari Hellosehat.com, bersin atau batuk merupakan tanda-tanda seseorang terkena flu. Flu atau influenza merupakan salah satu jenis penyakit infeksi saluran pernapasan, dan penyebabnya adalah virus dari jenis ribonucleic acid atau RNA.

Penyebaran virus tersebut biasanya dari penderita flu ke orang lain melalui udara. Jika dihirup ketika seseorang batuk atau bersin, kita kemungkinan besar akan tertular. Bisa juga melalui air liur, ingus, kotoran, dan juga darah.

2 dari 3 halaman

Kalau minum es, apakah kondisi flu akan semakin parah?

Ilustrasi Wanita Minum Es © Diadona

Nggak. Minum es nggak bakal bikin batuk atau pilek kamu semakin parah, apalagi disalahkan sebagai penyebabnya.

Vice memublikasikan sebelumnya, bahwa Dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, anggota Ikatan Dokter Indonesia, menjelaskan:

" Nggak ada kaitannya sama sekali antara minum es dengan batuk, pilek, atau flu. Suhu tubuh nggak menyebabkan flu ataupun batuk-batuk. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, tapi biasanya adalah karena virus."

Kata Dr. Irna Cecilia di Aladokter, ketika batuk maupun pilek, kamu bisa bebas meminum es ketika sakit flu. Tapi, tentu saja perlu diperhatikan kebersihan minuman atau bahkan es tersebut, bahkan wadahnya.

 

3 dari 3 halaman

Jadi, minum es bisa pilek itu bikin parah adalah mitos belaka. Dr. Dewi Punama, seorang dokter yang khusus menangangi anak-anak, mengatakan kepada Vice. " Mitos semacam ini ada karena kurangnya pendidikan medis."

Beri Komentar