24 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kulit pada Wanita dan Anak-Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Februari 2020 15:43
24 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kulit pada Wanita dan Anak-Anak
Meski gaya hidup sehat nggak serta merta bisa menjauhkan kamu dari seluruh macam penyakit, tapi apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk tubuh yang satu-satunya kamu miliki seumur hidup ini?

Sakit memang kondisi yang nggak enak. Mau beraktivitas jadi susah, makan pun juga nggak enak. Sakit menghalangi kamu untuk melakukan aktivitas penting, menunda agenda yang sudah terjadwal di lain hari, biaya berobat yang mahal. Duh, nggak enak banget deh.

Meski nggak semua penyakit bisa dicegah dengan cara pasti, tapi cara menjaga kesehatan tetap penting dong. Beberapa diantaranya pasti sudah kamu ketahui atau bahkan kamu lakukan dalam rutinitas sehari-hari, tapi atas nama rasa malas, kadang kamu nggak konsisten melakukannya.

Nah biar semangta lagi, yuk simak pembahasan Diadona kali ini tentang gimana cara menjaga kesehatan tubuh.

1 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Ilustrasi wanita tertawa © Diadona

Sebagai perempuan apalagi yang telah menikah dan punya anak, biasanya akan cenderung mengabaikan kebutuhan makanan kita sendiri. Kamu mungkin merasa terlalu sibuk untuk makan dengan benar, terbiasa mengutamakan kebutuhan keluarga, atau lagi nyoba diet ekstrim yang bikin kamu akhirnya kekurangan beberapa nutrisi tertentu.

Padahal balik lagi nih, sebagai perempuan yang banyak aktivitas, kamu justru perlu banyak perhatian untuk diri kamu sendiri melalui cara menjaga kesehatan tubuh. Kamu perlu banyak amunisi untuk memerangai perubahan suasana hati, meningkatkan kesuburan, menikmati kehamilan yang sehat, atau meredakan gejala menopause.

Untuk itu, yuk simak cara menjaga kesehatan tubuh di bawah berikut untuk membantu kamu tetap sehat dan bersemangat sepanjangan hari.

Jangan Stres

Nggak cuman wanita, pria juga perlu manajemen stres sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Baru-baru ini penelitian menyebut kalau stress bisa jadi faktor utama bagi masalah metabolisme dan dapat memperlambat kemampuan seseorang untuk membakar lemak.

Minum Susu

Coba deh inget-inget lagi, kapan terakhir kamu minum susu sebagai cara menjaga kesehatan tubuh Terlebih setelah berolahraga, minum susu adalah cara terbaik karena mengandung energi tambahan, protein, dan natrium. Nggak cuman itu, kamu juga butuh kalsium biat tulang kamu tetap kuat gendong anak cucu.

Banyak Minum Air

kamu apsti sudah tahu kan gimana pentingnya air dalam cara menjaga kesehatan tubuh. Tapi mungkin kamu akan bergegas minum setelah tahu bahwa ternyata, kekurangan air bisa berpotensi bikin payudara terlihat kasar dan mengendur, kata Dr. James C. Grotting, MD, presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

Kok bisa? Karena minum cukup akan membuat kulit kamu kuat dan meningkatkan kekencangan dan kekuatan keseluruhan jaringan payudara.

Jangan Lupakan Asupan Protein

Kalau kamu sedang dalam program diet, mengkonsumsi protein bisa jadi pilihan yang bagus. Protein akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh lho karena dengan diet rendah kalori akan menghindarkan kamu dari kemungkinan kenaikan berat badan dan gula darah.

 

2 dari 5 halaman

Bahagia dan Bebas © Diadona

Kenali Jenis Keputihan

Meski kadang terlihat sebagai sesuatu yang normal, keputihan bisa menunjukkan tingkat kesehatan kamu lho. Misalnya saat kamu mengalami keputihan yang berwarna kuning atau hijau, bisa menandakan terjadinya suatu penyakit pada tubuh kamu. Mengetahui dengan cermat tentang kondisikeputihan dan makna kesehatan di baliknya merupakan cara menjaga kesehatan tubuh.

Batasi Kopi

Kamu mungkin memang suka menyeruput kopi di pagi hari, tapi kopi nggak selalu bersahabat baik dengan saluran pencernaan kamu. Ahli gizi dan koki di Philadelphia, Katie Cavuto, MS, RD mengatakan kalau asam dan kafein pada kopi sangat mungkin mempercepat saluran pencernaan dan dapat menyebabkan diare. Untuk itu sebagai cara menjaga kesehatan tubuh, batasi konsumsi kopi hanya satu cangkir setiap hari.

Cukup Tidur

Jangan lupakan tidur sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Tidur mengembalikan fungsi tubuh, dan kalau kamu sedang sangat perhatian dengan berat badan kamu, ada sedikit informasi nih : nggak cukup waktu tidur bisa membuat diet kamu berantakan, karena lemak di perut akan bertahan lebih lama.

SADARi Berkala

Untuk kanker payudara, kamu bisa mengeceknya dengan Periksa Payudara Sendiri, atau melakukan vaksin HPV untuk menurunkan risiko kanker ovarium. Hal tersebut memang bukan sebagai cara menjaga kesehatan, namun sebagai deteksi dini agar bila penyakit tersebut benar terjadi, dapat segera dilkukan tidnakan medis dan meningkatkan peluang kesembuhan.

3 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Ilustrasi perempuan dengan kulit cerah © Diadona

Kulit cantik bikin terlihat lebih awet muda yah. Meski begitu, walaupun cara merawat kesehatan kulit tuh terlihat gampang, tapi susah banget untuk melakukannya dengan konsisten.

Berikut cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang bisa kamu jadikan rutinitas harian kamu.

Jangan Merokok

Ini karena merokok bisa menghambat pasokan darah yang membuat jaringan kulit tampak kenyal dan sehat. Jadi nggak cuman sebagai cara menjaga kesehatan tubuh, merokok juga bikin kamu terlihat jauh lebih tua dariumur kamu sebenarnya.

Pakai Sunscreen

Terpapar matahari dalam dosis kecil memang bagus untuk asupan vitamin D kamu. Tapi bila terlalu banyak kena paparan sinar, bisa bikin kamu punya flek hitam, keriput, bintik-bintik penuaan dan masalah kulit lainnya - serta meningkatkan risiko kanker kulit. Sebagai cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit, jangan lupakan sunscreen minimal SPF 15.

Membersihkan Kulit secara Teratur

Ini penting sebagai cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit, karena pembersihan bisa mencegah penumpukan bakteri penyebab jerawat, minyak, dan kotoran. Gunakan pembersih yang kandungan produknya sesuai dengan jenis kulit kamu.

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Facial Sesekali

Sebagai cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit wajah, kamu sepertinya perlu melakukan facial sesekali. Facial ini berhasil membersihkan kulit dan pori-pori serta meremajakan kulit yang sudah mulai menua atau tampak kering.

Peeling

Dengan melakukan peeling dalam cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit, artinya kamu menghilangkan lapisan sel kulit mati yang ada di luar dan menampilkan sel sehat ke permukaan kulit kamu.

Makan Makanan yang Sehat

Beberapa penelian menyebut kalau diet yang kaya akan minyak ikan, rendah lemak tidak sehat dan rendah karbohidrat dapat sebagai cara menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Minum banyak air membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

4 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Hujan

Ilustrasi Hujan dan Wanita Bahagia © Diadona

Musim hujan memang gampang bikin sakit nih. Yuk cari tahu gimana cara menjaga kesehatan tubuh saat sedang dilanda musim hujan.

Siapkan Perlengkapan Hujan

Saat musim hujan datang, jangan lupa menyiapkan payung, jas hujan, dan sepatu atau sepatu bot tahan air. Ini bisa sebgaai cara menjaga kesehatan tubuh karena terkena hujan bisa bikin kamu rentan sakit.

Mandi Air Hangat

Di musim yang hujan dan dingin, kamu perlu cara menjaga kesehatan tubuh dengan mandi air hangat. Ini membantu menstabilkan suhu dingin yang dibawa oleh hujan, membantu tubuh kembali ke suhu normal setelah kering dan berpakaian.

Hindari Genangan Air

Genangan air menjadi tempat berkembang biar bagi nyamuk penyebab demam berdarah. Sebagai cara menjaga kesehatan tubuh, kamnu perlu menutup saluran air, mencegah tergenangnya air di pekarangan bahkan hingga ke mangkok air hewan peliharaan.

Hindari Menerabas Air saat Banjir

Memang godaan bangte tuh menerobos air saat sedang terjadi banjir. Tapi hindari melakukan ini yah untuk cara menjaga kesehatan tubuh kamu. Terlebih kalau kamu melakukannya dengan bertelanjang kaki, karena air banjir mengandung bakteri dan kotoran dari hewan yang tercampur jadi satu.

Sering Mencuci Tangan

Gejala pilek biasa dapat meningkat selama musim hujan. Untuk menjaga kesehatan tubuh dari flu karena kontaminasi bakteri, bersihkan tangan secara teratur dan selalu bawa pembersih tangan saat bepergian.

5 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

ilustrasi anak sakit © Diadona

Terlebih saat dia sudah mulai masuk usia sekolah, sekolah jadi tempat di mana mereka sering terkena kuman yang bikin rentan sakit. Yuk cari tahu apa aja cara menjaga kesehatan tubuh buat anak biar mereka gak gampang sakit.

Cuci Tangan Sesering Mungkin

Seluruh dokter anbak pasti setuju deh kalau mencuci tangan penting banget sebagai cara menjaga kesehatan tubuh anak. Pastikan anak-anak mencuci tangan setelah bermain, sebelum setelah bersin atau batuk, sebelum makan, dan lainnya. Kamu juga harus mengajarkan mereka cara mencuci tangan yang benar biar kuman beneran hilang.

Jangan Terlalu Ketat dengan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri memang bisa membunuh bakteri penyebab penyakit, dan disebut sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Tapi, sabun tersebut juga menghancurkan bakteri baik yang membantu menjaga kita tetap sehat.

Istirahatkan Anak-Anak di Rumah saat sedang Sakit.

Saat anak sakit, maka usahakan agar mereka istirahat di rumah dan jangan biarkan berangkat sekolah. selain takut menularkan ke anak yang lain, juga sangat rentan terkena infeksi sekundar karena sedang berada dalam fase daya tahan tubuh yang lemah.

Vaksinasi

Pemberian vaksin sangat ampuh dan terbukti sebagai cara mejaga kesehatan tubuh untuk penyakit yangs angat berat seperti difteri, dan campak. Meski belum umum di masyarakat kita, sekarang sudah banyak orang yang melakukan vaksin influenza.

Prebiotik

Pemberian prebiotik bagus banget sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Ini karena bakteri tersebut menjaga agar usus tetap sehat. Penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara probiotik dan sistem kekebalan tubuh.

Beri Komentar