24 Manfaat Jus Wortel dan Tomat Sebelum Tidur Setiap Hari untuk Diet

Reporter : Sofi
Rabu, 8 Januari 2020 18:00
24 Manfaat Jus Wortel dan Tomat Sebelum Tidur Setiap Hari untuk Diet
Pernahkah kalian membuat jus wortel dan tomat? Manfaat yang terkandung sungguh mengesankan, apa saja? Berikut manfaat jus wortel dan tomat yang harus kamu ketahui.

Wortel adalah sumber vitamin, nutrisi, dan serat. Minum jus wortel adalah cara mudah untuk menambahkan wortel ke dalam menu harianmu. Jus tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium.

Jika kedua buah dan sayur ini dipadukan tentu kandungan nutrisi yang terdapat pada jus wortel dan tomat akan menghasilkan manfaat yang sangat mengesankan bagi tubuh. Berikut manfaat jus wortel dan tomat yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jus Wortel dan Tomat

jus wortel dan tomatjus wortel dan tomat © rawpixel.com

Tomat dan wortel adalah paduan yang biasa dicampur untuk dijadikan jus. Hal ini karena kandungan masing-masing buah dan sayur ini sangatlah banyak. Berikut manfaat jus wortel dan tomat yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi dan kontrol diabetes

Manfaat jus wortel dan tomat yang pertama adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol diabetes. American Heart Association (AHA) menyarankan seseorang untuk mengonsumsi makanan kaya serat, kalium dan vitamin A seperti jus wortel dan tomat. Kandungan dalam jus wortel ini bermanfaat untuk melindungi dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat jus wortel dan tomat dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Manfaat ini berarti jus wortel bisa mencegah risiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular.

3. Mencegah risiko kanker

Jus wortel dan tomat memiliki warna oranye kemerahan dan mengandung antioksidan yang dapat melindungi seseorang dari serangan kanker. Kandungan karoten dalam jus wortel juga memiliki sifat antikanker. Sehingga minuman ini bisa mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

Kandungan antioksidan dalam jus wortel dan tomat juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker. Sebelum mengonsumsi jus wortel, pilihlah wortel yang matang, mulus, dan segar.

4. Baik untuk mata minus

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health (NIH), kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan dan kerabunan mata. Jus wortel dan tomat bisa meningkatkan kesehatan mata karena mengandung vitamin A tinggi.

Oleh karena itu, jus wortel mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah mata minus atau rabun jauh. Selain itu, jus wortel memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang mampu melindungi retina dan lensa mata.

5. Mempercantik kulit

Karena mengandung banyak antioksidan dan vitamin A, jus wortel dapat membantu menjaga kulit tetap bercahaya. Ini membantu membersihkan racun dari tubuh yang pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan seluruh bagian tubuh, termasuk rambut dan kulit. Jus tomat murni juga kaya akan vitamin C yang membantu pembentukan kolagen. Kolagen sendiri sangat diperlukan oleh kulit untuk menjaga elastisitas. Karena itulah kamu disarankan untuk mengonsumsi jus wortel dan tomat secara rutin.

6. Menghancurkan radikal bebas

Vitamin A dan C dalam tomat punya tugas untuk menghancurkan radikal bebas pada tubuh. Jadi minum jus tomat secara rutin bisa digunakan sebagai pencegah berbagai penyakit secara alami.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Jus Wortel Sebelum Tidur

Manfaat Tidur dalam Keadaan TelanjangManfaat Tidur dalam Keadaan Telanjang © © MEN

Meminum jus sebelum tidur tentu juga dapat mendapatkan manfaat di pagi hari seperti melancarkan pencernaan. Berikut manfaat jus wortel sebelum tidur.

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat jus wortel yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel, yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

2. Menyembuhkan luka

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Manfaat jus wortel selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat jus wortel selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

4. Manfaat wortel untuk kesehatan mulut

Selain untuk mata, manfaat jus wortel juga berguna untuk kesehatan mulut. Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

5. Antiradang

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat jus wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

6. Membuat kulit lebih bersinar

Wortel mengandung vitamin C. Berkat kandungan ini manfaat jus wortel untuk wajah adalah membuat kulit lebih glowing. Disarankan untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat.

7. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Manfaat jus wortel untuk wajah juga dapat mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Jika dilakukan secara rutin konsumsi jus wortel, secara perlahan kulit kusam akan terlihat lebih sehat. Wortel juga bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah.

8. Melembabkan wajah

Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kamu bisa memanfaatkan manfaat jus wortel untuk wajah sebagai cara melembabkan wajah secara alami. Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari.

9. Menstimulasi produksi kolagen

Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Maka dari itu kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit. Berkat kandungan tersebut, manfaat jus wortel untuk wajah adalah menstimulasi produksi kolagen.

10. Mengencangkan kulit

Vitamin C yang terkandung dalam manfaat jus wortel untuk wajah membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuhmu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Jus Tomat dan Wortel Setiap Hari

ilustrasi minum jusilustrasi minum jus © rawpixel.com

Mengonsumsi sayur dan buah setiap hari adalah sebuah keharusan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harianmu. Berikut manfaat minum jus tomat dan wortel setiap hari.

1. Kaya antioksidan

Tomat mengandung lycopene dan wortel mengandung beta karoten, satu jenis antioksidan yang punya khasiat melindungi kulit dari sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting.

2. Melawan kanker

Lycopene dan betakaroten adalah senyawa antioksidan yang dipercaya memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat untuk melawan kanker.

3. Mencegah penyakit jantung yang kambuh

Penelitian menyebutkan kalau lycopene dalam jus tomat mampu mencegah penyakit jantung datang kembali, sehingga pasien penyakit tersebut dianjurkan minum jus tomat secara teratur.

4. Baik bagi penderita diabetes

Menurut sebuah penelitian, jus tomat ampuh dalam menghambat penggumpalan pembuluh darah. Sehingga minuman ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7. Melancarkan pencernaan

Sebelum makan, ada baiknya jika jus tomat dan wortel dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Manfaat da;am jus wortel dan tomat ini adalah untuk melancarkan pencernaan.

5. Sumber nutrisi bayi

Vitamin C dan kalium yang terkandung dalam jus tomat dan wortel sangat baik bagi ibu hamil sebab mereka sama saja dengan menyalurkan nutrisi penting bayi bayi dalam kandungan.

6. Memberikan energi

Kandungan kalium dalam jus tomat bisa mengatasi rasa letih dan lesu. Setelah berolahraga, minum jus tomat pun sangat dianjurkan jika ingin mendapatkan energi secara instan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Tomat dan Wortel untuk Diet

ilustrasi dietilustrasi diet © rawpixel.com

1. Sebagai peluntur lemak

Bahan:
- 150 g tomat merah
- 200 g wortel
- 20 g buah bit
- 2 buah cabai merah
- 1 sdm air jeruk lemon

Cara:
1. Untuk mempercepat proses, ambil sari tomat, wortel, bit, dan cabai menggunakan mesin juice extractor.

2. Jika memakai blender, haluskan bahan-bahan tersebut dengan tambahan sedikit air. Saring jus, buang ampasnya dan ambil sari (airnya) saja.

3. Campur dengan air jeruk lemon, aduk-aduk sampai tercampur rata.

4. Jus tomat peluntur lemak siap disajikan.

Catatan :
Jus tomat untuk diet ini sebaiknya diminum malam hari menjelang tidur agar proses pelunturan lemak bisa berjalan saat kamu tertidur.

2. Untuk diet

Bahan:
- 1 buah tomat
- 1 buah wortel
- 1 buah jeruk manis
- 100 ml air es

Cara:
1. Kupas buah jeruk, peras dan ambil airnya.

2. Cuci bersih tomat dan wortel, potong-potong.

3. Masukkan semua bahan ke dalam blender.

4. Haluskan.

5. Sajikan jus tomat wortel untuk diet selagi masih dingin.

Banyak bukan manfaat jus wortel dan tomat ini? Apakah kamu penggemar dari jus wortel dan tomat ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar