15 Makanan yang Mengandung Zinc, Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 31 Maret 2020 14:14
15 Makanan yang Mengandung Zinc, Penguat Sistem Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat makanan yang mengandung zinc adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Zinc atau juga dikenal sebagai seng, merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tidak banyak makanan yang kaya akan zinc, sehingga Anda harus lebih jeli dalam memilih makanan tersebut. Menurut para ahli medis, konsumsi zinc dalam jumlah tepat dapat membantu menyembuhkan diabetes dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu apa saja makanan yang mengandung zinc? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Zinc

Ilustrasi Daging © Diadona

Zinc atau seng merupakan salah satu jenis mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Bagaimana tidak, keberadaannya di dalam tubuh dapat membantu memperkuat imunitas, mempercepat proses penyembuhan luka, berperan dalam pertumbuhan sel dan banyak manfaat zinc lainnya.

Sayangnya, mineral ini tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga harus diperoleh dengan cara mengonsumsi berbagai sumber makanan yang mengandung zinc. Lalu apa saja makanan yang banyak mengandung zinc? Simak informasinya di bawah ini.


Daging Sapi

 


Makanan yang mengandung zinc yang pertama adalah daging sapi. Daging sapi tidak hanya berperan sebagai sumber protein yang baik. Lebih dari itu, daging sapi juga dibekali berbagai nutrisi dan mineral penting termasuk zinc, zat besi, fosfor, vitamin B12, B6 dan B5 atau asam pantotenat. Selain dagingnya, kandungan hati sapi pun tak kalah hebatnya. Bahkan di dalam hati sapi terkandung kadar zinc atau seng yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dagingnya.

Daging Domba

 


Makanan yang mengandung zinc berkutnya adalah daging domba. Di dalam 100 gram daging domba terkandung sekitar 8,66 mg zinc dan 264 kalori. Daging domba juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat bermanfaat dalam mempertahankan bentuk tubuh sekaligus dapat meningkatkan kinerja fisik berkat kehadiran asam amino beta-alanine didalamnya.

Daging Ayam

 

Ilustrasi Dada Ayam © Diadona


Jenis daging lain yang termasuk dalam makanan yang mengandung zinc aadalah daging ayam. Tak hanya mengandung zinc, daging ayam yang kerap menjadi menu makan sehari-hari ini juga kaya akan selenium, mineral penting yang diketahui dapat memerangi kanker. Ditambah kehadiran vitamin B6 dan B3 yang mampu meningkatkan metabolisme dan memperbaiki sel tubuh yang rusak semakin melengkapi manfaat daging ayam bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi

Tubuh tidak bisa memproduksi zinc. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung zinc secara rutin. Terlebih lagi, 300 enzim yang ada di dalam tubuh Anda, membutuhkan zinc supaya bisa berfungsi baik. Jadi, tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi makanan mengandung zinc ini. Lalu apa saja jenis makanan yang mengandung zinc tinggi? Check this out!


Kepiting

 

Ilustrasi Kepiting Soka © Diadona

Sebagai salah satu menu seafood yang banyak digemari, kepiting juga termasuk ke dalam makanan yang megandung zinc dengan kadar yang relatif tinggi. Membuatnya layak masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung zinc. Kadar lemaknya pun cukup rendah, namun yang perlu diwaspadai adalah kadar natriumnya yang cukup tinggi sehingga dapat memengaruhi tekanan darah.

Udang

 

Siapa yang dapat menyangkal kelezatan rasa dari menu seafood satu ini. Meski kerap menjadi salah satu pemicu alergi pada beberapa orang, nyatanya dalam 100 gram udang terkandung 1,34 mg zinc dan 85 kalori. Tak heran udang juga masuk dalam kategori makanan yang mengandung zinc. Kandungan protein udang juga termasuk kategori complete protein, karena kaya akan asam amino, berprofil lengkap dan hampir 95% proteinnya mudah dicerna tubuh.

Tiram

 

Kerang tiram mentah © Diadona

Selain udang, tiram juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung zinc. Kandungan zinc yang ada dalam tiram dapat berperan dalam menjaga kesehatan sperma. Kabarnya lagi, tiram merupakan salah satu sumber afrodisiak terbaik sehingga mampu membangkitkan gairah bercinta para pria.

Salmon

 

Dalam berbagai referensi kesehatan, salmon acap kali dijuluki sebagai superfood. Bagaimana tidak, ikan dengan harga jual tinggi ini memiliki begitu banyak nutrisi dan mineral penting. Mulai dari zinc, kalium, selenium, vitamin B12, asam lemak omega-3 hingga asam lemak essensial EPA dan DHA yang kesemuanya berperan besar bagi kesehatan. Jadi jangan heran lagi ya kalau salmon uga masuk dalam jenis makanan yang mengandung zinc.

9. Lobster

Meski harga lobster tergolong mahal, namun akan sebanding dengan manfaatnya bagi kesehatan, termasuk sebagai makanan yang mengandung zinc. Lobster mengandung nilai gizi tinggi, seperti protein, asam lemak omega-3, omega-6 dan berbagai mineral penting seperti selenium, zinc, natrium, kalium, kalsium, magnesium. Di tambah lagi lobster rendah lemak, cocok dijadikan menu diet.

3 dari 4 halaman

Makanan yg Mengandung Zinc

Salah satu manfaat zinc adalah untuk menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh menjaga pembentukan sel, mempercepat proses penyembuhan luka, hingga memecah karbohidrat. Maka dari itu, mari konsumsi beberapa makanan mengandung zinc ini. Oleh karenanya penting untuk kita mengonsumsi makanan yg mengandung zinc. Apa sajakah itu? Diantaranya ada dalam info berikut ini ya.

Kacang Merah

 

Ilustrasi kacang merah © Diadona

Kacang merah merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zinc terbaik. Kacang yang kerap dicampurkan ke dalam sop, rendang atau menu es ini juga dapat membantu meningkatkan energi dan menciptakan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya yang begitu tinggi.


Kacang Tanah

 

Kacang yang identik sebagai teman cemilan ini termasuk ke dalam salah satu sumber makanan yang mengandung zinc. Dalam 100 gram kacang tanah ada sekitar 3,27 mg zinc dan 318 kalori. Kacang tanah juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan kulit karena sarat akan vitamin E, riboflavin dan vitamin B.

Kacang Mete

 

Ilustrasi kacang mete © Diadona

Banyak orang menggemari kacang mete karena kelezatan rasanya. Selain lezat, ternyata kacang mete juga menyediakan berbagai nutrisi, mineral termasuk zinc dan berbagai senyawa antioksidan seperti proanthocyanidins, asam anakardat, kardol dan kardanol.

Yang tak kalah menggoda, lemak dalam kacang mete merupakan lemak sehat. Jadi tak perlu takut berat badan melonjak ketika mengonsumsinya. Berbahagialah kalau kamu sering mengonsumsi makanan yang mengandung zinc satu ini ya

4 dari 4 halaman

Jenis Makanan yang Mengandung Zinc dan Kalsium Tinggi

      View this post on Instagram      

A post shared by namaste organic official (@namaste_organic) on

 

Zinc adalah salah satu mineral penting yang berperan lebih dari seratus reaksi enzimatik dalam tubuh, itulah sebabnya mengapa mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc itu sangat penting.

Nah, agar kebutuhan tubuh akan zinc kita terpenuhi setiap harinya, yuk kita sama-sama lihat jenis makanan yang mengandung zinc apa saja yang bisa dimakan.


Biji Wijen

 

Dalam 100 gram biji wijen terkandung 7,8 mg mineral zinc. Biji wijen juga merupakan sumber fitosterol yang hebat karena berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Di tambah lagi dengan kehadiran senyawa khas didalamnya yang disebut dengan sesamin. Senyawa ini mampu membantu menyeimbangkan kadar hormon dan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kacang polong

 

Ilustrasi Kacang Polong © Diadona

Selain mengandung zinc atau seng dalam jumlah cukup, kacang polong juga memiliki kadar lemak, kolesterol dan sodium yang rendah. Di samping itu, kacang yang kabarnya didatangkan oleh penjajah Belanda ke Indonesia ini juga mengandung lutein, yakni senyawa antioksidan yang mampu mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak.

Bayam

 

Ada banyak alasan mengapa sayur bayam wajib dikonsumsi setiap hari. Tak lain, karena bayam mengandung begitu banyak nutrisi dan mineral penting termasuk zinc. Salah satu senyawa antioksidannya yang dikenal dengan alpha-lipoic acid pun terbukti dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus mampu mencegah stres oksidatif, terutama pada penderita diabetes.


Itulah beberapa makanan yang mengandung zinc dan bisa kita temukan di sekitar kita. Makanan-makanan ini tidak hanya kaya akan zinc, namun juga memiliki manfaat lainnya.

Beri Komentar