7 Cara Membuat Jamu Beras Kencur Tradisional untuk Anak dan Kunir Asam Instan Bubuk yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 17 April 2020 00:37
7 Cara Membuat Jamu Beras Kencur Tradisional untuk Anak dan Kunir Asam Instan Bubuk  yang Enak
Minuman jamu beras kencur selain menyehatkan, juga memiliki rasa khas dan menyegarkan. Cocok sekali sebagai salah satu minuman sehat keluarga. Yuk Moms coba buat sendiri di rumah!

Dikutip dari Fimela.com, meminum jamu beras kencur setiap hari bisa digunakan sebagai penghilang rasa capek dan pegal-pegal di tubuh. Bagi orang yang bekerja dengan mengandalkan otot dan pekerja berat bisa minum jamu beras kencur secara teratur untuk menghilangkan capek dan pegal-pegal di tubuhnya.

Moms bisa banget membuat minuman jamu beras kencur ini di rumah. Bahan utama untuk membuat jamu beras kencur adalah beras dan kencur. Kombinasi dari kedua bahan alami ini mengandung vitamin B yang bisa merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar. Sehingga juga bisa digunakan untuk mengembalikan rasa nafsu makan yang hilang.

Yuk Moms langsung saja berkreasi di dapur dengan resep cara membuat jamu beras kencur yang telah Diadona ulas selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri

Ilustrasi Jamu Beras Kencur © Diadona

Cara membuat jamu beras kencur sendiri di rumah sangatlah mudah. Moms akan merasakan aroma khas dan kesegarannya. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat jamu beras kencur sederhana berikut ini.

Bahan:
- 1500 ml air
- 150 gram gula jawa
- 125 gram kencur
- 5 cm jahe
- 1/2 sdm asam jawa
- 50 gram beras putih
- 5 sdm gula pasir

Cara membuat jamu beras kencur:

a. Cuci bersih beras, rendam di dalam air selama 1 jam, sisihkan. Rebus asam jawa, gula pasir, gula merah dan jahe dengan air hingga mendidih. Tunggu hingga sedikit dingin dan saring airnya, isihkan.

b. Cuci bersih kencur yang masih segar, kupas kulitnya dan potong-potong. Tiriskan air rendaman beras, blender beras, kencur dengan air rebusan gula tadi hingga halus.

c. Saring jamu beras kencur. Peras ampas hingga benar-benar kering. Beras kencur siap disajikan dengan es batu atau simpan di dalam kulkas agar segar.

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Jamu Kunir Asam dan Beras Kencur

Ilustrasi Jamu Beras Kencur dan Kunir Asam © Diadona

Jamu beras kencur akan semakin nikmat jika dicampur dengan bahan kunir dan asam jawa. Rasanya yang khas akan berpadu dengan nikmat segarnya bahan minuman ini. Cocok sekali diminum saat cuaca panas. Simak langsung resep cara membuat jamu beras kencur dengan kunir asam di bawah ini, ya Moms. 

Bahan:
- 200 gram kencur
- 200 gram kunir
- 200 gram beras
- 200 gram jahe
- 150 gram gula merah
- 2 buah jeruk lemon
- 50 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 4 lembar daun pandan
- 1 bungkus kecil asam jawa
- 2000 ml air

Cara membuat jamu kunir asam dan beras kencur:

a. Cuci bersih beras, rendam minimal 3 jam supaya lunak. Rebus gula merah dan daun pandan hingga mencair dengan 500 ml air, saring. Rendam asam jawa dengan air panas.

b. Kupas dan cuci bersih kencur, jahe, dan kunir, lalu potong tipis. Rebus irisan kencur, jahe, kunir, asam jawa, garam, dan gula pasir di dalam air 1500 ml hingga mendidih.

c. Biarkan dingin, saring, dan ambil ampasnya. Blender ampasnya bersama beras yang sudah ditiriskan terlebih dahulu dengan 500 ml air rebusan. Setelah halus, campurkan kembali semua bahan yang telah diblender dengan air rebusan pertama.

d. Tambahkan larutan gula merah, air perasan jeruk lemon, dan air asam jawa. Rebus lagi hingga mendidih sambil terus diaduk agar jamu sedikit kental. Biarkan dingin, saring menggunakan kain tipis agar lebih bersih dari ampas halus. Beras kencur dan kunir siap disajikan.

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Jamu Beras Kencur Bubuk

Ilustrasi Jamu Beras Kencur © Diadona

Jamu beras kencur memang hidangan minuman yang enak  dan menyegarkan. Moms tentunya juga bisa membuatnya dengan sederhana dan praktis di rumah. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat jamu beras kencur bubuk berikut ini.

Bahan:
Kencur Bubuk:
- 125 gram kencur
- 5 cm jahe
- 50 gram beras putih
- 150 ml air
- 150 gram gula jawa
- 5 sdm gula pasir
- 1/2 sdm asam jawa

Cara membuat jamu beras kencur bubuk:

a. Cuci bersih bersih jamu di dalam air rendaman. Masukan asam jawa, gula pasir, gula merah, jahe dan air menjadi satu hingga semua mendidih.

b. Kupas kulit kencur dan potong menjadi kecil-kecil. Tiriskan terlebih dahulu lalu blender kencur dengan air rebusan tadi. Saring jamu beras kencur tersebut, sajikan.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Jamu Beras Kencur untuk Anak

Ilustrasi Jamu Beras Kencur untuk Anak © Diadona

Jika sang anak sedang tidak nafsu makanan, maka Moms bisa banget membuatkan jamu beras kencur ini. Yuk Moms buat saja ramuan mujarapnya dengan resep cara membuat jamu beras kencur untuk anak di bawah ini.

Bahan:
- 4-5 buah kencur
- 1 sdm asam jawa
- 50-60 gram jahe
- 80 gram beras
- 1400 liter air
- 200 gram gula merah
- 2 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam

Cara membuat jamu beras kencur untuk anak:

a. Cuci bersih beras lalu rendam selama 3 jam. Geprek jahe dan kencur, sisir gula merah lalu siapkan panci. Masukkan air, jahe, kencur, asam jawa dan garam. Nyalakan kompor dan tunggu hingga mendidih sekitar 5 menit. Masukkan gula pasir, aduk-aduk lalu matikan kompor, biarkan airnya dan tunggu hingga hangat.

b. Ambil biji dari asem jawa, sisihkan lalu ambil beras. Tambahkan air gula, masukkan juga jahe dan kencur. Blender hingga halus dan saring. Blender lagi sisa ampas dengan air gula hingga beberapa kali Simpan di dalamwadah, lalu siap untuk disajikan.

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Jamu Beras Kencur yang Enak

Ilustrasi Jamu Beras Kencur yang Enak © Diadona

Moms, bisa banget menikmati sajian minumna dingin dan mnyegarkan dengan meliht resep cara emmbuat jamu beras kencur yang enak berikut ini. Rasa khas beras kencur sangat cocok untuk meredakan dahaga dan baik untuk keshatan tubuh.

Bahan:
- 200 gram beras, rendam 3 jam
- 1 bungkus asam jawa
- 200 gram kencur
- 200 gram jahe
- 1 buah kunyit
- 2 sdm gula pasir
- 250 gram gula merah
- 1500 ml air putih

Cara membuat jamu beras kencur yang enak:

Tumbuk beras dan bahan lainnya hingga halus. Masak sambil masukkan gula merah dan gula pasir. Setelah matang lalu di saring. Beras kencur siap disajikan.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Jamu Beras Kencur Tradisional

Ilustrasi Jamu Beras Kencur Tradisional © Diadona

Jamu beras kencur ini merupakan salah satu minuman tradisional yang sudah dikenal mujarap dan ampuh untuk membantu menghilangkan berbagai keluhan kesehatan. Cocok banget dibuat sebagai minuman keluarga, Moms. Yuk simak selengkapnya resep cara membuat jamu beras kencur tradisional berikut ini.

Bahan:
- 5 ruas kencur
- 3 sdm beras
- 1 ruas jahe
- 3 buah gula merah
- 1 lembar daun pandan
- 1 liter air

Cara membuat jamu beras kencur tradisional:

a. Rendam beras selama semalam. Cuci bersih beras dan buang airnya. Sangrai beras hingga kuning kecoklatan. Rebus gula dengan air dan tambahkan daun pandan. Biarkan mendidih dan gula benar-benar larut. Matikan api dan tunggu hingga sedikit dingin.

b. Kupas kencur dan jahe lalu cuci bersih. Masukkan bahan ke dalam blender. Blender sampai bahan halus. Saring dengan saringan halus atau saringan kain dan peras. Masukkan ke dalam wadah botol dan dinginkan dalam kulkas supaya lebih segar.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Jamu Beras Kencur Instan

Ilustrasi Jamu Beras Kencur Instan © Diadona

Salah satu minuman enak yang menyegarkan sekaligus sehat untuk dikonsumsi keluarga adalah jamu beras kencur ini. Moms bisa banget membuatnya di rumah dan disimpan di dalam kulkas untuk salah satu minuman instan yang sewaktu-waktu bisa disajikan untuk keluarga atau tamu. Yuk Moms berkreasi di dapur dengan resep cara membuat jamu beras kencur instan berikut ini.

Bahan:
- 250 gram kencur, cuci dan kupas
- 2 sdm beras putih, rendam selamaa semalam
- 4 cm jahe bakar, kupas
- 4 sdm gula jawa, sisir
- 1 sdm gula pasir
- Sejumput garam
- 300 ml air

Cara membuat jamu beras kencur instan:

a. Potong bahan kencur dan jahe lalu blender hingga halus. Masak air lalu masukkan gula jawa, gula pasir dan garam, tunggu hinga mendidih.

b. Masukkan semua bahan kecuali beras, lalu tunggu hingga mendidih kembali sambil diaduk-aduk. Matikan api, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan beras.

c. Tes rasansesuai selera. Saring dan sajikan hangat atau bisa ditambah es batu. Jamu beras kencur siap disajikan.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat jamu beras kencur yang Moms bisa buat sendiri di rumah dengan mudah. Yuk Moms membuat minuman segar yang sehat sendiri. Beras kencur yang segar selain meredakan dahaga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Segera persiapkan bahan sederhana dari resep cara membuat jamu beras kencur ini ya Moms. Selamat berkreasi!

 

Beri Komentar