15 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Bopeng dan Rambut

Reporter : Sofi
Rabu, 29 Januari 2020 11:21
15 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Bopeng dan Rambut
Lidah buaya dimanfaatkan untuk banyak hal dalam kecantikan. Berikut manfaat lidah buaya untuk wajah yang harus kamu ketahui.

Lidah buaya adalah tanaman obat yang telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan selama ribuan tahun. Biasanya aman juga digunakan secara langsung dari tanaman atau kamu dapat membelinya dalam bentuk gel. Krim, gel, dan salep lidah buaya mengandung gel bening yang ditemukan dalam lidah buaya.

Produk-produk ini dapat dioleskan untuk mengobati berbagai kondisi kulit. Lidah buaya dijual dalam bentuk kapsul atau cairan untuk dikonsumsi secara internal untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Lidah buaya sudah terkenal untuk kecantikan. Terlebih manfaat lidah buaya untuk wajah yang sering digunakan. Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk wajah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Lidah buaya ini sering digunakan sebagai produk kecantikan, terutama kulit wajah. Manfaat lidah buaya untuk wajah memang banyak digunakan oleh masyarakat karena bahannya yang dingin dan berkhasiat ketika digunakan. Berikut manfaat lidah buaya untuk kulit wajah.

Mencerahkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit. Pada wajah, kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalu banyak terpapar sinar matahari, stress, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu.

Kulit yang terbakar oleh matahari bisa diobati dengan lidah buaya secara alami. Kamu bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah. Selain itu, manfaat lidah buaya untuk wajah juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

Manfaat lidah buaya untuk wajah juga berfungsi untuk menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah. Untuk kamu yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan gel lidah buaya ini untuk menyamarkannya.

Membersihkan make up

Setiap orang yang mengenakan makeup, pasti sudah mengetahui seberapa besar pentingnya untuk membersihkan wajah. Ya, membersihkan riasan wajah atau makeup sebelum tidur sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi.

Maka tidak heran, kalau gel lidah buaya dapat menjadi penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami. Itulah cara yang aman dan efektif untuk menyegarkan kulit wajah. Maka dari itu, manfaat lidah buaya untuk wajah adalah untuk membersihkan make up.

Menyembuhkan luka bakar

Tidak banyak obat yang bisa meringakan rasa terbakar yang gatal dan melembutkan seperti lidah buaya ini. Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati luka bakar.

Pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan berisiko sembuh lebih besar rata-rata. Sembilan hari lebih cepat dibandingkan dengan luka bakar yang tidak diobati. Maka dari itu, manfaat lidah buaya untuk wajah ini adalah menyembuhkan luka bakar.

Melembapkan kulit

Buat kamu yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung kering, pasti kerap kesulitan mendapatkan kondisi kulit yang lembap. Nah, manfaat lidah buaya untuk wajah ini dipercaya dapat membantu melembapkan tanpa membuat kulit berminyak. Oleh karena itu, buat kamu yang memiliki kondisi kulit wajah cenderung kering, bisa banget memanfaatkan tanaman ini untuk pelembapnya.

Mengatasi penuaan dini

Manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah untuk mengatasi penuaan dini. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan hilangnya kelenturan pada kulit. Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

Kandungan nutrisi dan pelembap alami yang ada di dalam lidah buaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, menguatkan kulit dan mencegahnya dari bertambahnya kerutan. Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker. Berikut adalah manfaat masker lidah buaya untuk wajah.

Masker lidah buaya campur madu dan kunyit

- Ambil gel lidah buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, dan beberapa tetes air mawar.

1. Aduk semua bahan tersebut sampai merata dan kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit secara merata.

2. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas wajah sampai bersih.

3. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker lidah buaya murni

1. Siapkan lidah buaya dan cuci hingga benar-benar bersih.

2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening.

3. Oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata di seluruh permukaan kulit.

4. Tunggu beberapa menit agar gel lidah buaya bisa meresap ke kulit.

5. Cuci wajah kamu sampai bersih.

6. Ulangi cara tersebut paling tidak dua kali dalam seminggu sebelum tidur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Bopeng

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Cara menghilangkan bopeng perlu di ketahui oleh para penderitanya. Bopeng merupakan bekas luka yang biasanya di sebabkan karena jerawat. Bekas jerawat jenis ini yang paling meresahkan karena mengubah tekstur pada wajah sehingga mengganggu penampilan. Di lansir dari HealthLine, bekas jerawat terdiri dari beberapa jenis, di antaranya :

1. Hypertrophic scar

Bekas luka yang diakibatkan karena terlalu banyak kolagen. Biasanya muncul pada pemilik kulit yang memiliki genetik keloid

2. Dark Spot

Bekas jerawat ini menyebabkan perubahan warna pigmen kulit

3. Atrophic Scar

Jenis ini merupakan bekas jerawat bopeng. Hal ini disebabkan karena kekurangan kolagen pada saat proses penyembuhan. Bopeng juga di bedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bentuknya.

Ice Pick, adalah scar berbentuk V yang sempit dan dalam. Biasanya terlihat seperti lubang kecil berbentuk bulat atau oval di atas permukaan kulit. Rolling, tipe ini memiliki bentuk yang melebar tapi tidak terlalu dalam. Boxcar, bekas luka lebar dengan bentuk U dan memiliki tepi yang tajam.

Cara alami untuk mengurangi bopeng ini adalah dengan cara menggunakan manfaat lidah buaya yang memang terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk menghilangkan bopeng, bisa dilakukan dengan mengoleskan lendir lidah buaya ke seluruh muka dan diamkan sampai agak mengering. Kemudian bilas dengan air. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Wajah

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

Selain untuk wajah, lidah buaya juga sering kali digunakan untuk kecantikan rambut. Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah yang harus kamu ketahiu.

Melembabkan kulit kepala dan rambut

Aloe vera memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan membuat rambut kuat dan juga sehat. Karena memiliki sifat antibakteri dan juga antijamur, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe. Sementara itu, aloe vera juga memiliki enzim gel, yang mampu membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi jaringan kulit di area folikel rambut. Bahkan saat kulit kepala kering tak jarang akan menimbulkan rasa gatal, maka dengan menggunakan gel aloe vera dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berkaitan dengan hal tersebut ataupun ketombe.

Rambut mudah diatur

Mengaplikasikan lidah buaya pada rambut dapat membuatnya lebih lembut dan halus. Dengan begitu, rambut semakin mudah diatur dan ditata sehingga penampilan lebih memukau.

Mempercepat pertumbuhan rambut

Enzim proteolitik pada lidah buaya bermanfaat menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut serta membuat pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

Mengurangi rambut rontok

Perawatan rambut dengan lidah buaya juga meminimalisir rambut rontok. Hal ini tentu membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat.

Menutrisi rambut

Selain enzim proteolitik, lidah buaya juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala. Perawatan rutin menggunakan lidah buaya, dapat membuat rambut terasa lebih kuat, lembut, dan berkilau.

Bagaimana menurutmu mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah tersebut? Sudahkah kamu mencobanya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Beri Komentar