20 Manfaat Buah Jeruk Lemon, Air dan Maskernya untuk Kesehatan, Pendamping Diet, Serta Untuk Wajah

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 28 Desember 2019 13:20
20 Manfaat Buah Jeruk Lemon, Air dan Maskernya untuk Kesehatan, Pendamping Diet, Serta Untuk Wajah
Jeruk lemon lebih sering dijadikan bahan minuman. Rasanya yang segar dan khasiatnya yang banyak membuat buah ini banyak digemari masyarakat.

Jeruk lemon merupakan salah satu buah-buahan yang banyak dijadikan sebagai bahan untuk minuman. Jeruk lemon memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain itu. Manfaat lemon juga untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cantik. 

Untuk pengolahan jeruk lemon, kamu bisa membuatnya menjadi minuman hangat maupun dingin untuk menambah kesegaran dari minuman ini. Kamu juga bisa mencampurnya ke dalam bahan makanan maupun dibuat menjadi masker untuk kecantikan wajah. Lalu apa saja sih manfaat lemon untuk tubuh kita? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

lemon © Diadona

Manfaat lemon cukup beragam karena dalam buah jeruk lemon terkandung nutrisi sehat seperti folat, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, niasin, vitamin A, Vitamain C, dan vitamin E. Banyaknya kandungan ini membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat lemon untuk kesehatan yang bisa kamu simak!

1. Mencegah Kanker

Manfaat lemon yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Dalam buah jeruk lemon terkandung 22 senyawa anti kanker seperti limonin yang ampuh memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Ada pula flavonol glikosida yang bagus untuk menghentikan pembelahan diri sel kankar.

2. Mengandung Sifat Anti Bakteri

Manfaat lemon yang kedua yaitu buah ini memiliki sifat anti bakteri. Kandungan dalam jeruk lemon ini bagus untuk mematikan bakteri serta virus dengan sifat asamnya. Sifat anti bakteri akan membunuh virus dan bakteri penyebab sakit.

3. Meningkatkan produksi sel darah putih

Manfaat lemon selanjutnya yaitu dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Buah jeruk lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan ini bagus untuk meningkatkan produksi sel darah putih. 

Sel darah putih berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Buah jeruk lemon ini juga mampu melindungi sel dari terjadinya kerusakan oksitatif.

4. Mengatasi terjadinya gangguan pencernaan

Manfaat lemon ternyata juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi buah jeruk lemon untuk membuat pencernaan jadi lebih lancar sehingga menghindarkan kamu dari sakit perut seperti sembelit dan diare.

5. Menghindari masalah tekanan darah

Buah jeruk lemon ternyata bisa menghindarkan kita dari masalah tekanan darah. Kamu bisa merasakan manfaat lemon dengan mengonsumsi buah jeruk lemon secara rutin.

2 dari 5 halaman

Manfaat Masker Lemon Untuk Wajah

lemon © Diadona

Buah lemon yang memiliki rasa asam ini sering digunakan sebagai penyegar masakan atau jus. Asal kamu tahu, ternyata manfaat lemon juga sangat baik untuk kecantikan kulit wajah. Untuk itu, beberapa cewek sering menggunakan buah yang satu ini sebagai masker. Apa saja manfaat masker lemon untuk wajah? Yuk kita simak!

1. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat lemon ternyata bisa mencerahkan kulit wajah. Dengan rutin menggunakan masker lemon, kamu akan merasakan manfaat lemon yang satu ini. Lemon memiliki kandungan yang dapat meratakan warna kulit belang dan mencerahkannya hingga kulit tampak cerah dan berkilau.

2. Mengurangi peradangan pada jerawat

Manfaat lemon yang kedua dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Masker lomon dapat membasmi bakteri penyebab jerawat sehingga dapat mengeringkan jerwat dengan seketika. Hal tersebut karena kandungan asam pada lemon yang bisa bekerja untuk membasmi bakteri dan kuman pada kulit wajah.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat lemon selanjutnya bisa menyamarkan bekas jerawat. hal ini karena asam sitrat yang terkandung dalam lemon. Kamu bisa mendapat lemon satu ini dengan rutin menggunakan masker lemon.

4. Mengontrol minyak berlebih

Mengontrol minyak berlebih ternyata menjadi salah satu manfaat lemon. Asam pada lemon dipercaya bisa menghancurkan lemak dan minyak. Dengan rutin menggunakan masker lemon, kamu bisa menghilangkan lemak dan minyak berlebih pada wajah.

5. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat lemon bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Dengan sel kulit mati yang terangkat, kamu juga akan terhindar dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat.  

Kandungan asam pada lemon dapat bkerja mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Kamu bisa merasakan manfaat lemon yang satu ini dengan rutin menggunakan masker lemon pada wajah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Lemon

lemon © Diadona

Lemon memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi jeruk lemon adalah dengan minum air lemon.
Air lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Cara yang paling tepat untuk minum air lemon adalah di pagi hari. Apa nggak sakit perut kalau minum asam-asam pagi hari? Jangan takut dulu. Nyatanya bila diminum dengan porsi yang tepat, kamu bisa mendapat manfaat lemon dengan maksimal.  Apa saja sih manfaat air lemon? Yuk kita simak!

1. Mengatasi dehidrasi

Manfaat air lemon memiliki khasiat mengatasi dehidrasi. Dengan menambahkan potongan atau sedikit perasan lemon ke dalam air putih akan membuat air putih lebih segar.

2. Mengurangi bau mulut

Setiap bangun tidur, mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap. Ini bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari. Manfaat lemon dapat merangsang air liur, sehingga bau mulut bisa tertutupi dengan air lemon ini.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat lemon pada pagi hari bisa membantu melancarkan pencernaan. Dengan rutin minum air lemon di pagi hari, dipercaya bisa mencegah sembelit karena asam yang terdapat pada buah lemon bisa membantu menguraikan makanan dalam perut. Dengan begiu, kotoran yang sudah nggak diperlukan oleh tubuh akan lebih cepat keluar.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lemon Untuk Diet

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Selain bermanfaat untuk kesehatan, manfaat lemon lainnya adalah membantu dalam proses diet. Apa saja manfaatnya?

1. Menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat yang tinggi pada jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Kamu bisa mendapat manfaat lemon yang satu ini dengan rutin minum segelas air lemon hangat di pagi hari. Larutan ini dipercaya dapat menghindarkan tubuh dari obesitas.

2. Mengecilkan perut buncit.

Manfaat lemon utnuk diet juga dapat membantu mengecilkan perut buncit. Caranya sama, kamu bisa menggunakan air lemon hangat dan konsumsi di pagi hari. Kamu akan mendapat hasil yang maksimal dengan rutin minum air lemon ini.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lemon Tea

lemon © Diadona

Lemon tea berbeda dengan teh biasa. Lemon tea lebih sehat dibanding teh biasa. Apa saja manfaat lemon tea untuk tubuh?

1. Pembersih dan detoksifikasi

Manfaat lemon tea yang pertaman adalah sebagai detoksifikasi. Lemon dapat membersihkan tubuh dengan mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Obat flu

Manfaat lemon tea dapat membantu menghilangkan gejala flu. Dengan rutin minum lemon tea akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

3. Antiseptik alami

Lemon tea memiliki sifat anti bakteri. Konsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko infeksi.

4. Meningkatkan aktivitas insulin.

Manfaat lemon tea dapat meningkatkan aktivitas insulin. Insulin berfungsi untuk memecah glukosa dalam tubuh. Dengan rutin minum lemon tea dapat meningkatkan kinerja insulin.

5. Anti kanker

Manfaat dari lemon tea dapat mencegah kamu dari kanker. Hal ini karena lemon tea bersifat antioksidan.

Bagaimana? Banyak kan, manfaat lemon yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu punya tips menarik lainnya silahkan tambahkan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar