21 Manfaat Buah Apel Hijau, Merah dan Fuji Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 Januari 2020 18:22
21 Manfaat Buah Apel Hijau, Merah dan Fuji Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Apel adalah buah populer yang sudah tidak asing lagi. Selain rasanya yang lezat, buah ini juga memiliki segudang manfaat.

Buah yang satu ini tentu sangat populer di kalangan masyarakat. Buah yang sangat familiar ini bisa dijumpai di manapun kamu berada. Di pasar, swalayaan, bahkan supermarket. Di balik rasanya yang enak dan tampilanya yang menarik, buah ini memiliki banyak kandungan dan manfaat.

Nah kali ini kami akan mengulik berbagai jenis dan manfaat buah apel. Apa saja sih manfaat buah apel untuk kamu? Berikut adalah ulasannya yang telah kami rangkum. Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Apel Hijau

apel hijau © Diadona

Buah apel hijau mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Nutrisi dan vitamin yang ada dalam kandungan buah ini mampu memberikan berbagai asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Apa saja manfaat apel hijau bagi kesehatan? berikut rangkumannya.

1. Memperlancar pencernaan

Manfaat apel hijau yang pertama adalah dapat memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi mampu memperlancar pencernaan dengan baik karena kandungan zat pada daging buahnya.

Kamu bisa mendapat manfaat buah apel hijau ini dengan rutin mengonsumsinya.

2. Memperbaiki jaringan tubuh

Manfaat buah apel hijau yang kedua adlah dapat memperbaiki jaringan tubuh. Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah apel hijau adalah vitamin C. Vitamin C dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

3. Menyehatkan mata

Manfaat buah apel hijau selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata. Buah apel hijau selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Kamu bis mendapat manfaat buah apel hijau untuk kesehatan mata ini dengan mengonsumsinya secara rutin.

4. Memperbaiki gangguan hati

Buah apel hijau mampu untuk membantu menghancurkan sebuah kirstal-kristal yang berada dalam empedu. Sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah apel hijau untuk memperbaiki gangguan hati atau batu empedu.

5. Menyehatkan gigi

Manfaat buah apel hijau selanjutnya adalah dapat menyehatkan gigi. Kandungan vitamin K dalam daging buah dapat menyehatkan gigi. Dengan rutin mengunyah buah apel hijau, kamu akan mendapat gigi yang sehat.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Apel Merah

ilustrasi buah apel © Diadona

Selain buah apel hijau, yang juga populer di kalangan masyarakat adalah buah apel merah. Buah ini juga tidak kalah manfaatnya dengan buah apel hijau.

Apa saja manfaat buah apel merah? Berikut ulasannya.

1. Menurunkan Diabetes

Manfaat apel merah dapat menurunkan diabetes. Kandungan pektin yang terdapat pada buah apel merah bisa membantu mengatur kadar gula darah.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah apel merah juga dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan quercetin yang ditemukan pada apel merah bisa membantu mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko penumpukan plak di arteri.

3. Kesehatan

Manfaat buah apel merah selanjutnya dapat membantu kesehatan otak. Buah apel merah kaya akan boron, yaitu mineral yang ampuh meningkatkan aktivitas otak. Apel merah mampu meningkatkan transmisi sinyal antara neuron di otak. Kandungan boron dapat merangsang sel-sel otak yang penting dalam menjaga sistem saraf yang sehat dan aktif.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan

Selain populer, buah apel memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apel dapat mengobati berbagai macam penyakit dan mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, masih banyak manfaat buah apel bagi kesehatan. Apa saja itu? Yuk kita simak!

1. Mencegah Stroke

Manfaat buah apel bagi kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah penyakit stroke. Menurut penelitian Journal of American Heart Association, daging putih pada apel mengandung senyawa phytochemical yang memiliki manfaat seperti karotenoid dan flavanoid yang mana keduanya berfungsi sebagai antioksidan.

Kamu bisa terhindar dari penyakit stroke dengan rutin mengonsumsi buah apel secara teratur.

2. Membantu diet

Manfaat apel bagi kesehatan yang kedua adalah membantu diet. Apel dipercaya mampu merespon lambung untuk membuat cepat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya.

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat apel bagi kesehatan bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Apel mengandung antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, hal ini masih perlu diperlukan penelitaian lanjutan.

4. Mengobati Asma

Apel dapat mengobati asma. Kandungan quercetin yang tinggi bisa menjadi anti histamin dan antioksidan untuk mengurangi penyakit asma.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat buah apel bagi kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Jika kamu konsumsi apel secara rutin kamu akan mendapat manfaat buah apel bagi kesehatan kulit seperti menghilangkan bekas jerawat, mendapat kulit bersih dan sehat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Buah apel adalah salah satu apel yang boleh dikonsumi ibu hamil. Buah apel memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Seperti Antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi lainnya.

Lalu, apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil?

1. Mengurangi mual dan muntah

Manfaat buah apel dapat mengurangi mual pada ibu hamil. Nutrisi dalam apel memiliki fungsi yang dapat menurunkan asam lambung. Rasa asam pada buah apel ini dapat mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil.

2. Antioksidan

Manfaat buah apel juga sebagai antioksidan untuk ibu hamil. Racun-racun dalam tubuh mampu dibasmi, sehingga dapat mengurangi radikal bebas dari luar. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin

3. Menurunkan risiko lahir prematur.

Manfaat buah apel untuk ibu hamil selanjutnya dapat menurunkan risiko bayi lahir prematur. Penyebab umum kelahiran bayi prematur adalah saat ibu mengalami sekresi empedu berlebih, sehingga mengalami komlikasi. Solusi untuk mengatasi ini adalah rutin mengonsumsi apel hijau. Selain itu, konsumsi apel hijau dipercaya bisa membantu proses kelahiran bayi.

4. Meningkatkan energi

Mudah lelah adalah hal yang sering dialami ibu hamil. Dengan mengonsumsi apel secara rutin kamu akan mendapat karbohidrat kompleks yang dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Apel Fuji

apel fuji © Diadona

Apel fuji merupakan persilangan antara Ralls Janet dan Red Delicious. Sejak diperkenalkan, apel ini langsung populer di jepang, Amerika Serikat, China dan Korea. Hal ini karena rasa apel fuji yang enak dan nutrisi yang tinggi di dalamnya.

Selain itu, ada banyak manfaat mengonsumsi apel fuji yang perlu kamu tahu. Apa saja itu?

1. Mencegah Alzheimer

Manfaat buah apel fuji yang pertama adalah dapat mencegah alzheimer. Peneliti melihat dengan rutin mengonsumsi buah apel fuji akan mengurangi efek penuaan yang terjadi di dalam otak dengan meningkatkan kadar asetilkolin neurotransmitter.

2. Membuat gigi lebih putih

Manfaat buah apel fuji selanjutnya dapat membuat gigi lebih putih. Mengunyah apel fuji dapat menrangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini berfungsi mengurangi terjadinya kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri dalam mulut.

3. Mencegah penyakit parkinson

Manfaat buah apel fuji berikutnya dapat mencegah penyakit parkinson. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi dan juga antioksidan dipercaya dapat menghindarkan kita dari penyakit parkinson.

4. Mencegah wasir

Manfaat buah apel fuji selanjutnya dapat mencegah wasir. Wasir adalah gangguan pada pembuluh darah di anus. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang amat sangat. Konsumsi makanan berserat tinggi mampu mencegah datangnya penyakit ini.

Nah banyak ya ternyata manfaat buah apel. Selain itu, jenisnya juga beragam dan sama-sama memiliki segudang khasiat untuk tubuh. Jangan ragu lagi untuk rutin mengonsumsi buah apel. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar