Cara Menurunkan Panas dan Pusing pada Bayi dan Anak dengan Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 8 Februari 2020 12:34
Cara Menurunkan Panas dan Pusing pada Bayi dan Anak dengan Cepat
Sebelum membawanya ke dokter, barangkali demam anak bisa diatarai dengan cara menurunkan panas berikut ini..

Demam adalah jenis sakit yang sering dialami oleh orang, dan dianggap sebagai peringat dini tubuh. Mengapa? Karena sebagian besar demam disebabkan oleh infeksi, dan demam muncul sebagai respon terhadap keberadaan infeksi tersbeut.

Dilansir dari britannica.com, suhu tubuh yang tinggi diiperkirakan akan memabntu pertahanan tubuh terhadap mikroba karena merangsang gerakan, aktivitas, dan penggandaan sel darah putih serta meningkatkan produksi antibodi.

1 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Panas Anak

ilustrasi anak sakit © Diadona

Saat terjadi demam atau panas pada badan anak, sebenarnya sedang terjadi pertahan tubuh dalam melawan infeksi. Suhu tubuh yang meninggi pada anak terjadi untuk membunuh kuman penyakit. Dalam kebanyakan kasus, panas tubuh tersebut tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya dalam 3 hari.

Meski begitu, yang namanya orang tua tetap saja tidak akan merasa tenang. Sebelum kamu memutuskan untuk ke dokter, nggak ada salahnya untuk mencoba cara menurunkan panas anak berikut:

Banyak Minum

Saat sedang panas, maka cara menurunkan panas bisa dengan konsumsi lebih banyak air, misalnya air putih, es teh, atau jus yang sangat encer untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat. Tapi hindari kafein atau soda karena minuman tersebut justru akan membuat mereka jadi lebih dehidrasi.

Saat sedabn demam, tubuh yang berkeringat berfungsi untuk mendinginkan tubuh. Tapi saat amus edang kehilangan bnayak air, maka tubuh akan mematikan saliran keringat untuk mencegah kehilangan air lebih lanjut, sehingga lebih sulit lagi untuk mengatasi demam. Maka, cara menenurunkan panas yakni dengan konsumsi banyak cairan.

Jus encer

Mau sebergizi apapun, jus terlalu kental untuk bsia diserap oleh tubuh saat sedang demam. Bukan nggak mungkin kalau kamu malah terkena diare. Kalau memang ingin menambah hidrasi sebagai cara menurunkan panas, encerkan jus buah atau sayuran 100 persen agar air lebih mudah diserap oleh tubuh.

Teh

Teh memang baik untuk cara menurunkan panas, tapi ada beberapa jenis yang berkhasiat banget. Diantara teh tyme karena efek antibakterinya, teh bunga chamomile karena mengurangi peradangan.

Untuk cara menurunkan panas, rendam satu sendok teh ke daam satu gelas air matang selama lima menit, saring lalu minum dalam keadaan hangat selama beberapa kali sehari.

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Panas pada Bayi

Ilustrasi Bayi © Diadona

Dalam kondisi normal, suhu tubuh bayi berkisar antara 37 derajat celcius, dan bervariasi dari pagi hingga sore hari. Namun saat tubuh bayi bersuhu 37.5 derajat celcius maka kondisinya tersebut sudah masuk dalam kondisi demam.

Untuk mengukur suhu dan memastikan bahwa bayi atau anak sedang mengalami panas tubuh, maka penting untuk melakukan pengukuran dengan menggunakan termometer. Karena seringkali kamu akan menemukan perbedaan suhu pada kepala dan kaki. Jadi untuk memastikan, harus diperiksa melalui termometer.

Pada bayi di bawah usia 3 bulan, demam yang tidak terlalu tinggi dan masih ada dalam rentang 24 jam sebenarnya belum selalu memerlukan pengobatan medis. Apalagi jika kondisinya masih terliht ceria. Ada beberapa pengobatan ala rumahan sebagai cara menurunkan panas pada badan anak.

Asetaminofen

Jika anak berusia di atas 3 bulan, maka cara menurunkan panas tubuh mereka bisa dengan pemberian acetaminophen anak dalam jumlah yang aman. Sedangkan pada bayi di atas 6 bulan, maka cara menurunkan panas dilakukan dengan pemberian ibuprofen.

Untuk dosis pemberian obat ini bisa kamu berikan dengan merujuk pada berat badan anak. Kalau7 bayi nggak rewel karena demam dan masih dalam suhu yang aman, sebenarnya pemberian obat belum terallu diperlukan. Kamu bisa melajkukan cara menurunkan panas lebih lanjut yang akan Diadona ulas di bawah berikut:

Longgarkan Baju Mereka

Sebagai cara menurunkan panas, kamu bisa mengenakan pakain yang longgar dan ringan kepada bayi untuk membautnya tetap ringan dan sejuk. Kalau kamu memakaikan baju yang tebal dan ketat justru dapat mengganggu metode pendinginan alami tubuh mereka.

Tambah Cairan

Ada kemungkinan kalau dehidrasi merupakan komplikasi dari demam, sehingga cara menurunkan panas pada bayi bisa kamu lakukan dengan memberikan ASI atau susu formula. Pastikan juga kalau bayi mengompol secra teratur.

Cara menurunkan panas anak ini hanya bisa kamu lakukan saat kondisi anak masih terlihat stabil dengan suhu tubuh yang tidak terlalu tinggi. Misalnya, bayi di atas usia tiga bulan dan suhu demam yang masih di kisaran angka 38 derajat.

Jangan tunda perawatan medis untuk bayi baru lahir dengan demam apa pun atau bayi dengan demam terus-menerus. Selain itu, jangan berikan obat ke bayi tanpa konsultasi ke dokter serta dalam cara menurunkan panas pada bayi, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan es atau alkohol untuk menurunkan suhu tubuh bayi.

 

3 dari 4 halaman

Cara Cepat Menurunkan Panas Anak

Ilustrasi Bayi Menangis © Diadona

Saat anak demam, mereka biasanya masih saja aktif bermain. Beberapa sumber menyatakan bila keadaan masih demikian dan suhu tubuh tidak terlalu tinggi, ornag tua tidak perlu terlalu panik. Namun bila anak terlihat lemas, maka pertimbangkan untuk ke dokter sebagai cara menurunkan panas anak.

Kompres

Mengompres badan bisa sebagai cara menurunkan panas karena membantu mengurangi suhu tubuh. Kompres panas maupun lembab dapat menurunkan suhu dengan baik. Kalau panas kompres tersebut sudah mulai terasa nggak nyaman, lepaskan kompres lalu letakkan ke dahi, pergelangan tangan, atau betis.

Jaga agar semua bagain tubuh tertutup. Tapi kalau demam sudah naik ke angka 39.5, maka berikan kompresi dingin

Mandi dengan Air Hangat

Saat anak memang perlu mandi, maka gunakan air hangat sebaga cara menurunkan panas di badannya, dan membuat dia jadi lebih nyaman. Tapi kalau anak sampai menggigil karena mandi, maka segera atasi. Menggigil justru akan membuat suhu tubuh mereka jadi naik.

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing

Ilustrasi Tidur © Diadona

Panas tubuh biasanya juga disertai dengan pusing yang dirasakan poada kepala. Kombinasi keduanya bikin badan jadi lemas dan nggak kuat mau ngapa-ngapain.

Ini lho cara menurunkan panas sekaligus bisa untuk memghilangkan rasa pusing di kepala.

Berbaring

Kalau kamu sedang berdiri, maka cara menurunkan panas dan menghilangkan pusing yakni pusing dengan berbaring selama beberapa menit. Posisi ini akan mendorong aliran darah ke otak, sehingga rasa pusing akan berkurang. Setelah berbaring, coba duduk secara bertahap dan tetap duduk selama beberapa menit lagi sebelum berdiri - perlahan.

Tidur Nyenyak

Saat kamu sedang sakit demam atau pusing, bawaannya memang males dan pengen rebahanaja yekan. Untuk itu, coba deh kamu tidur dengn nyenyak biar badan kamu bisa beristirahat dan sebagai cara menurunkan panas badan.

Beri Komentar