12 Makanan Penambah Sperma yang Alami dan Tanpa Efek Samping

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 30 Januari 2020 13:19
12 Makanan Penambah Sperma yang Alami dan Tanpa Efek Samping
Menjaga pola makan sehat bisa meningkatkan kuantitas sperma pada pria.

Jika kamu memiliki maslahkesburan, mungkin sala satu faktor yang mempengaruhinya adalah asupan makanan kamu. Kebiasan makan yang buruk dan tak sehat dapat menurukan kualitas dan kuantitas sperma. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pria dengan asupan makanan dan suplemen dari mikronutrien tertentu, seperti vitamin E, vitamin C, vitaminA, folat dan seng yang tinggi dapat memproudksi sperma dengan kerusakan DNA yang lebih sedikit terutama pada pria yang lebih tua. Jadi sangat penting bagi kamu yang ingin mempunyai kesuburan untuk mengonsumsi makanan penambah sperma.

 

1 dari 4 halaman

Makanan Penambah Sperma Kental

Ilustrasi Udang Selkingkuh © Diadona

Bagi kamu yang ingin menmabh kesuburan dan ingin segara memliki buah hati, berikut ini berbagai jenis makanan penambah sperma yang bisa kamu coba konsumsi selagi di rumah.

Makanan yang Mengandung Zinc

Mengonsumsi makanan yang mengandung zinc telah terbukti mampu meningkatkan jumlah sperma. Hormon ini bisa membuat testosteron jadi stabil. Dampaknya, dapur pembuatan sperma bisa berjalan dengan lancar. Lebih lanjut, zinc juga bermanfaat untuk mencegah kemandulan akibat penggumpalan pada sperma.

Makanan penambah sperma yang mengandung zinc bisa didapatkan bila kamu mengonsumsi daging sapi, lobster, ayam, dan tiram.

Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan akan membantu menambah jumlah sperma yang dihasilkan oleh testis. Selain itu, zat yang mencegah tubuh dari radikal bebas ini juga meningkatkan pergerakan sperma sehingga pembuahan bisa terjadi.

Makanan penambah sperma berkat kandungan antoksidan adalah buah yang asam, wortel, teh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan yang MengandungAsam Folat

Ilustrasi Buah Jeruk © Diadona

Asam Folat atau vitamin b9 sudah teruji secara klinis sebagai makanan penambah sperma saat ejakulasi. Zat ini akan membuat testis jadi subur sehingga sperma yang dihasilkan menjadi melimpah.

Kamu bisa mendapatkan makanan penambah sperma yang mengandung asam folat dari buah-buahan atau sayuran yang berwarna oranye.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penambah Sperma

Ilustrasi Ikan Tuna © Diadona

Apakah kamu tahu bahwa apa yang kamu makan dapat mempengaruhi kualitas dan kuantit5as sperma? Bberapa makanan dapat mempengaruhi kualiras spermamu, ada yang membnantu menyuburkan atau bahkan ada juga yang menjadikannya buruk. Nah berikut kami rekomendaskan makanan dan miuamn penambah sperma yang bisa kamu konsumsi di rumah.

Makanan yang Mengandung Selenium

Makanan penambah sperma yang bisa kamu coba selanjutnya adalah makana yang mengandung selenium. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung selenium produksi sperma dalam tubuh akan meningkat dengan kualitas yang lebih sehat. Makanan penambah sperma yang mengandung selenium bisa didapatkan dari ikan tuna, salmon, udang, ayam, beras merah, wortel, dan oatmeal.

Vitamin C

Selain menjadi antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. vitamin C juga bermnafaat sebagai sumber makanan penambah sperma. Dengan rutin mengonsumsi makakanan bervitamin C, terbukti bisa meningkatkan mobilitas, umlah, dan morfologi sperma seacara sempurna. Makanan penambah sperma yang mengandung vitamin C di antaranya dari buah jeruk,, paprika, kiwi, stroberi, dan blewah. Sementara sayuran seperti tomat, brokoli, kubis Brussel, kol, kentang. Dan makanan lainnya seperti sereal yang diperkaya, susu, dan produk makanan lainnya. Anja juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C.

vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah nutrisi penting bagi kesehatan sperma. Vitamin B-12 mampu membantu meningkatkan motilitas sperma, meningkatkan jumlah sperma, dan mengurangi kerusakan DNA sperma.

Makanan penambah sperma yang mengandung B-12 adalah ikan dan makanan laut lainnua (terutama kerang), daging dan unggas (terutama hati), produk susu (seperti telur dan susu), sereal sarapan yang diperkaya. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B-12.

3 dari 4 halaman

Makanan Penambah Sperma Pria

Ilustrasi Bayam © Diadona

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sperma adalah asupan maanan. Vitamin dan mineral dalam makanan berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sehingga membantu sperma untuk bergerak dan melakukan pembuahan. Bebebrapa makanan penambah sperma pria yang diperlukan di antaranya yaitu:

vitamin D

Berdasarkan penelitian, suplemen vitamin D dapat berpotensi untuk meningkatkan hormon testosteron dan motilitas sperma, sehingga cocok dijadikan sebagai makann penambah sperma.

Sementara sebuah studi lain, menemukan bahwa kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh bukan faktor risiko kualitas sperma yang buruk. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar memahami apakah vitamin D memiliki efek.

kamu dapat menambah asupan vitamin D dengan mengonsumsi ikan berminyak (seperti salmon, mackerel, dan tuna), hati sapi, keju, kuning telur, susu yang diperkaya (yogurt, dan produk makanan lainnya), dan jamur. Jika ingin lebih praktis, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin D.

Vitamin E

Vitamin E bersama antioksidan lainnya dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mencegah dari kerusakan.

Makanan penambah sperma yang mengandung vitamin E adalah minyak nabati (seperti jagung, safflower, bunga matahari, dan minyak kedelai), kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau (seperti brokoli dan bayam), jus, margarin, dan produk makanan lainnya yang diperkaya.

Ginseng

Ilustrasi Ginseng © Diadona

Makanan penambah sperma yang bisa kamu ooba selanjutnya adalah ginseng. Mengaoa? karena ginseng dipercaya dapat meningkatkan beberaoa faktor yang berkaitan dengan kesehatan soerma, termasuk dapat meningkat jumlah sperma pada pria. Namun, kamu harus konsultasi terlebuh dahulu dengan dengan dokter sebelum mengonsumsi ginseng. Kenapa? Karena ini terkait dengan perubahan tekanan darah dan efek samping berbahaya lainnya.

4 dari 4 halaman

Makanan Penambah Sperma Pria dengan Cepat

Roti gandum © Diadona

Menurut penelitian, pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi serta kualitas sperma kamu. Agar kinerja sperma saat proses pembuahan berjalan optimal, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah sperma kaya nutrisi yang bisa membantu merangsang produksi sperma yang berkualitas. Berikut kami ulas beberapa makanan penambah sperma pria dengan cepat dan alami.

Asam D-aspartat

Seperti testosteron, asam D-aspartat adalah asam amino yang terlibat dalam pengaturan hormon seks pria. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen asam natrium D-aspartat mampu meningkatkan konsentrasi dan motilitas sperma pria.

Makanan penambah sperma yang memiliki asam D-aspartat di antaranya, daging dan unggas, telur dan produk susu (termasuk susu rendah lemak, keju, dan yogurt), biji-bijian (seperti dedak gandum, beras, dan pasta yang diperkaya), buah segar dan kering, dan sereal sarapan yang telah diperkaya.

Asam Lemak Omega-3

Selain bermanfaat untuk kesehatan otak, asam lemak Omega-3 juga bisa menjadi piihan makanan penambah sperma. kamu dapat mengonsumsi makanan penambah sperma yang mengandung asam lemak Omega 3, seperti ikan dan makanan laut (terutama salmon, makerel, tuna, haring/herring, dan sarden), kacang-kacangan dan biji-bijian (termasuk biji chia, biji rami, dan kenari), minyak nabati (seperti biji rami, kedelai, dan minyak kanola), telur, yogurt, dan minuman yang diperkaya.

L-arginin

Ilustrasi Biji Labu © Diadona

L-arginin adalah asam amino yang memainkan beberapa peran berbeda untuk kesuburan pria. L-arginin akan berubah menjadi oksida nitrat, yang dapat meningkatkan fungsi sperma.

Berdasarpan penelitian, suplemen L-arginin dapat meningkatkan jumlah sperma pada kelinci dengan dosis tertentu. Sementara penelitian yang sama menemukan bahwa dosis L-arginin yang terlalu tinggi akan menurunkan motilitas sperma.

Sebelum mengonsumsi suplemen L-arginin, kamu harus konsultasi dengan dokter tentang bagaimana L-arginin memengaruhi tubuh kamu.

Makanan penambah jumlah sperma yang mengandung L-arginin adalah daging dan unggas (seperti kalkun dan ayam), kacang-kacangan dan biji-bijian (terutama biji labu dan kacang tanah), kacang dan lentil, dan produk berbahan susu. kamu juga bisa memperoleh L-arginin dalam bentuk suplemen.

Jadi penting untuk mempersiapkan sperma yang berkualitas dengan makanan penambah sperma. Jangan lupa hindari semua pemicu yang bisa merusak spermamu. Jika masalah kesburuan masih berlanjut, ada baiknya kamu berkonsultasi pada Dokter ya.

Beri Komentar