12 Minuman Sehat yang Baik untuk Diet dan Ibu Hamil

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 23 Januari 2020 13:11
12 Minuman Sehat yang Baik untuk Diet dan Ibu Hamil
Minuman sehat penting sebagai pelengkap nutrisi bagi tubuh.

Tak hanya mengKamulkan olahraga dan makanan sehat gar tubuh senantiasa dalam keadaan fit, namun juga perlu mengonsumsi minuman sehat. Dengan tambahan nutrisi yang didapatkan dari minuman sehat, tubuh akan bekerja secara normal dan tetap sehat bugar.

1 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Sehat

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang punya manfaat gKamu jika disatukan menjadi satu. Paduan kandungan gizi antara makanan dan minuman ini akan menghasikan manfaat yang baik untuk tubuh. Lalu apasaja makanan dan minuman sehat yang baik untuk tubuh? beriku infonya untukmu

Salad dan Alpukat

Ilustrasi Salad dan Alpukat © Diadona

Makanan dan minuman sehat yang pertam,a adalah salad dan alpukat. Biasanya salad terbuat dari buah dan sayuran, maka cobalah untuk membuat salad alpukat. Kandungan phitochemical dari campuran salad hijau mampu diserap oleh tubuh 3x lebih efektif jika dikonsumsi dengan 1,5 sendok teh alpukat dibanding tanpa alpukat. Kamu dapat mencampur kedua makanan ini dalam salad sayur. Dengan begitu, konsumsi keduanya akan lebih efektif untuk melawan penyakit jantung, katarak dan kanker.

Susu dan Pisang

Ilustrasi Susu dan Pisang © Diadona

Makanan dan minuman sehat selanjutnya adalah susu dan pisang. Gabungan susu dan pisang meningkatkan penyerapan mineral pada tubuh. Pisang dan susu bisa dibuat jus dan dikonsumsi pada pagi atau malam hari. Kamu dapat mengolah keduanya untuk dijadikan smoothies. Kandungan vitamin yang terdapat pada pisang dan susu akan membuat minuman semakin sehat. Jika dikonsumsi di pagi hari, akan membuat Kamu lebih kenyang.

Oatmeal dan Buah

Ilustrasi Oatmeal dan Buah © Diadona

Oatmeal dan buah juga bisa menjadi paduan yang cocok sebagai makanan dan minuman sehat. Kamu dapat mencampurkan oatmeal dengan buah-buahan. Vitamin yang terkandung dalam buah akan menjadi pelengkap dalam olahan ini. Cobalah membuat oatmeal dengan buah blueberry. Oat mengandung serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan juga mampu mencegah penumpukan plak lemak pada pembuluh arteri. Jika Vitamin C yang dikandung blueberry bertemu dengan zat phitochemical dari oat, mampu menurunkan kolesterol dari pembuluh arteri. Konsumsi oat yang hangat dengan taburan blueberry bisa menjadi alternatif sarapan.

2 dari 4 halaman

Minuman Segar dan Sehat

Beberapa jenis minuman sehat yang ada disekitar kita juga bisa menyegarkan dahaga saat meminumnya. Dengan meminum minuman sehat, tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi, selain itu minuman sehat yang segar juga bisa membantu menambah semangat dalam menjalani hari. Berikut kami rekomendasikan beberpa pilihan minuman segar dan sehat.

Air Jeruk dan Lemon

Ilustrasi Air Jeruk dan Lemon © Diadona

Minuman sehat sekaligus menyegarkan satu ini cocok banget buat kamu yang harus buru-buru berangkat ke kantor. Segarkan tubuh dan piiran dengan segelas air lemon atau jeruk yang kaya akan vitamn C.

Selain itu antioksidan yang nterkandung dalam lemon ii ikut membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga kamu tak gampang sakit. Car membuatnya mudh banget lho, malam sebelumnya kamu bisa membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebotol air putih, kemudain dinginkan di kulkas selama kamu tidur.

Air kelapa

Ilustrasi Air Kelapa © Diadona

Jika kamu tak terlalu suka dengan ras aasam, kamu bisa mencoba meminum minman sehat satu ini. Air kelapa adalah alternatif minuman sehat sekaligus menyegarkan di pagi hariyang punya banyak manfaat buat tubuh.

Minum air kelapa di pagi hari da[at membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman tak makan dan minum. Air kelapa juga kaya antioksidan yang baik untuk membantu membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Wajib coba nih!

Teh dan Jahe

Ilustrasi Teh dan Jahe © Diadona

Minuman sehat ini cocok untuk kamu yang suka dengan minuamn hangat. Rasanya teh jahe bisa jadi alternatif yang baik untuk kesehatan badan.

Teh jahe adalah minuman sehat di pagi hari yang dapat memberikan segudang manfaat sepanjang hati. konon, jahe sudah dipakai sejak dulu untuk meredakan mual serta menyembuhkan nyeri dan askt otot. Jadi jangan ragukan lagi, teh dan jahe ini adalah jenis minuman sehat yang sangat baik untuk tubuh.

3 dari 4 halaman

Minuman Sehat untuk Diet

Bagi kamu yang sedang mengikuti program diet dengan menjaga pola hidu[ sehat, dianjurkan pula untuk meminum minuman sehat agar proses dietmu berjalan lebih cepat. Berikut adalah informasi mengenai minuman sehat untuk diet paling aman dikonusmi untuk tubuh.

Air Putih

Ilustrasi minum air putih © Diadona

Sebagai permulaan air putih diangap sebagai minuman sehat paling ideal untuk tubuh. alah satu kelebihannya adalah tidak mengandung kalori, sehingga mengurangi risiko penambahan berat badan. Kelebihan lain adalah tidak berdampak kepada kerusakan gigi. Selain tidak mengandung kalori yang bisa menyebabkan kegemukan, air putih justru membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh, yang akan menunjang program diet.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air sebanyak 1,5 liter per hari selama 8 minggu, dapat membantu penurunan berat badan. Kamu disarankan untuk meminum dua gelas air putih sebelum makan untuk memberikan efek rasa kenyang. Trik ini membuat Kamu tidak menyantap menu makanan dengan porsi berlebihan.

Susu Kedelai

Ilustrasi Susu Kedelai © Diadona

Susu kedelai juga termasuk dalam minuman sehat yang baik untuk diet. Susu kedelai juga dapat menjadi pilihan yang baik bagi Kamu yang menderita intoleransi laktosa. Susu kedelai memiliki manfaat lain, yaitu membantu mengurangi risiko osteoporosis dan penyakit jantung. Agar lebih sehat, pilih susu kedelai yang sudah ditambahkan vitamin D dan kalsium.

Kopi

Ilustrasi Kopi dan Kue © Diadona

Bagi kamu yang sedang mencoba menurunkan berat badan, kopi dapat menjadi pilihan yang baik. Tentu saja dalam kadar yang tidak berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah ideal (sekitar 2 – 3 cangkir per hari) berhubungan dengan berkurangnya risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, Parkinson, dan gangguan fungsi hati. Kafein dalam jumlah yang ideal dapat membantu meningkatkan stamina fisik dan menambah kewaspadaan.

4 dari 4 halaman

Minuaman Sehat untuk Ibu Hamil

Selain makanan yang sehat, ibu hamil jga bisa menikmati berbagai jenis minuman yng lezat dan sehat. Malah bebebrapa minuman yang akan kami rekomendasikan bisa dipadupadankan dengan buah. Dengan tambahan nutrisi dari minuman saehat yang diminum, kesehatan janin dalam kandungan akan lebih terjaga. Berikut rekomendasi minuman sehat untuk ibu hamil.

Cokelat Panas

Ilustrasi Cokelat Panas © Diadona

Minuman sehat yang bisa kami rekomendasikan adalah Cokelat panas. Suiapa sih yang tak suka minum cokelat panas? Selain mampu mengubah suasan hati ibu ham,il, cokelat panas jga membantu melindungi kesehatan jantungmu.

Minumlah cokelat panas yang terbuat dari kakao murni. Jika ingin menambahkan rasa manisnya, kamu bisa menambahkan sirup mapel atau sirup almond.

Smoothies

Ilustrasi smoothies Jus Buah © Diadona

Smoothies adalah minuman sebelum Kamu sarapan, bagus untuk menambah semangat. Kamu juga dapat menambahkan beberapa sayuran atau kacang untuk membuatnya lebih sehat.

Smoothie buah dikemas dengan protein, kalsium dan serat, dapat membantu menjaga tubuh Kamu fit dan aktif selama kehamilan. Gunakan buah-buahan seperti pisang, stroberi, serta mangga untuk membuat smoothie sehat.

Jus Buah

jus buah © Diadona

Jus buah adalah jenis minuman sehat yang sngat baik sekaligus menjadi cara yang sangat mudah untuk menjaga tubuh Kamu energik selama masa kehamilan. buah-buahan segar seperti melon, semangka, jeruk, nanas. Sebagian besar campuran jus buah ini memiliki berton-ton mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Kamu selama kehamilan. Serta rasanya sangat lezat.

Yuk, mari tetap jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat setiap hari.

Beri Komentar