12 Cara Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol di Usia Muda dengan Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 18 Januari 2020 14:03
12 Cara Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol di Usia Muda dengan Cepat
Dengan menerapkan 12 cara menurunkan darah tinggi di bawah ini, kamu juga bisa sekaligus menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Seseorang bisa dikatakan punya tekanan darah tinggi bila dalam pemeriksaan, tekanan darahnya mencapai sekitar 140/90 mmHG pada tekanan sistolik dan diastolik berturut-turut. Saat berobat, biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat-obatan, merekomendasikan perubahan gaya hidup dan pemberian suplemen.

Darah tinggi biasanya terjadi karena gaya hidup, konsumsi makanan, kurang olahraga, stres, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Resiko penyakit ini semakin tinggi seiring dengan pertambahan usia karena dinding arteri akan kehilangan elastisitasnya.

Setelah mengetahui kondisi tersebut, kamu pasti segera mencari cara menurunkan darah tinggi. Bila obat-obatan medis dirasa masih belum dibutuhkan, kamu bisa mencoba berabagai cara menurunkan darah tinggi yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk simak!

1 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi Timbangan Badan © Diadona

Berita baiknya, gaya hidup memegang peran penting dalam cara menurunkan darah tinggi. Ini sangat berguna kan bagi kamu yang ingin menjalani pengobatan dengan menghindari atau mengurangi konsumsi obat-obatan medis. Seperti halnya dengan perawatan penyakit yang lain, dibutuhkan konsistensi dan disiplin.

Menurunkan Berat Badan

Kalau kamu termasuk dalam golongan yang punya berat badan berlebih, nggak ada salahnya untuk mengurangi 2.5 hingga lima kilogram. Secara umum, kamu bisa menurunkan tekanan darah 1 mmHg untuk setiap kilogram penurunan berat badan. Selain sebagai cara menurunkan darah tinggi, berat badan ideal juga menghindarkan dari kemungkinan berbagai macam penyakit.

Mengurangi Kafein

Kefein bisa membuat tekanan darah kamu meningkat segera setelah konsumsinya. Meski begitu, mengurangi kafein dalam cara menurunkan darah tinggi memang masih diperdebatkan hingga kini. Ini karena mungkin hanya beberapa orang yang sensitif pada kafein dibanding dengan orang lain.

Makan Coklat berwarna Hitam

Coklat hitam mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung dalam jangka pendek dan termasuk dalam cara menurunkan darah tinggi. Untuk efek yang lebih kuat lagi, sebaiknya konsumsi coklat bubuk non alkali yang masih tinggi kandungan flavonoid dan rendah gula.

Kamu bisa menggunakannya untuk campuran minuman atau ke dalam makanan, namun hati-hati terhadap pengolahannya karena flavonoid rentan terhadap kerusakan akibat suhu.

 

2 dari 4 halaman

Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi juga sering disebut dengan 'silent killer', karena kamu bisa saja mengalaminya tanpa merasakan gejala yang menyertainya. Bila tidak segera dicari cara menurunkan darah tinggi dengan cepat, penyakit ini bisa menyebabkan resiko penyakit jantung, stroke, dan kondisi lainnya.

Suplemen Ekstrak Bawang Putih

Di dalam bawang putih terdapat zat yang bekerja dngan merangsang tubuh untuk menghasilkan nitric oxide dan hidrogen sulphida, yang dapat menurunkan ketegangan pada pembuluh darah, yang kemudian diikuti dengan terjadinya penurunan tekanan darah. Namun dalam cara menurunkan darah tinggi, bawang putih lebih baik dikonsumsi dalam bentuk ekstrak dibanding tablet bubuk bawang putih biasa.

Suplemen Asam Lemak Tak jenuh Ganda Omega 3

Ada hubungan antara konsumsi minyak ikan dengan tekanan darah. Sebuah penelitian menyebut kalau konsumsi minyak ikan dalam diet bisa jadi cara menurunkan darah tinggi sebesar 4,5 mm Hg sistolik dan 3,0 mmHg diastolik.

Magnesium

Konsumsi magnesium bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi. Meski penelitian membuktikan baru terjadi penurunan dalam angka yang kecil, tapi nggak ada salahnya mencoba diet ini sekaligus juga untuk meningkatkan konsumsi kalsium harian kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda

ilustrasi olahraga lari © Diadona

Meski salah satu faktor resiko penyakit ini adalah pada usia, namun bukan berarti tidak bisa terjadi pada mereka yang berusia muda.

Banyak Olahraga

Berolahraga atau berkegiatan bisa jadi cara menurunkan darah tinggi. Saat melakukan olahraga rutin, maka secara teratur terdapat peningkatan irama jantung dan laju pernafasan, sehingga jantung akan lebih kuat dan memompa dengan sedikit lebih usaha. Ini nih yang akan mengurangi tekanan pada arteri sekaligus sebagai cara menurunkan darah tinggi.

Tidak Merokok

Pada saat merokok, akan terjadi peningkatan langsung denyut sementara pada tekanan darah sekaligus peningkatan denyut jantung. Berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi. Ini karena bahan kimia dalam tembakau bisa merusak dinding pembuluh darah, menyebabkan peradangan, dan mempersempit pembuluh darah.

Tidur Berkualitas

Cara menurunkan darah tinggi ternyata bisa dilakukan semudah tidur. Penelitian membuktikan kalau tidur kurang dari 7 jam dan lebih dari 9 jam berkaitan dengan resiko prevalensi hipertensi. Sedangkan untuk mereka yang tidur kuirangd ari 5 jam perhari punya risiko yang signifikan pada hipertensi.

Hindari Stress

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalau stress bisa membuat tekanan darah naik. Tapi kok bisa ya? Ini karena saat stres, tubuh akan mengeluarkan gelombang hormon tertentu yang bisa meningkatkan tekanan darah dengan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat serta pembuluh darah menyempit.

Tapi sampai saat ini nggak ada bukti yang menunjukkan kalau stres bisa menyebabkan tekanan darah tinggi jangka panjang dan menghindarinya merupakan cara menurunkan darah tinggi. Namun lebih kepada gimana sih reaksi kita terhadap stres yang akan mentukan bagaimana resiko terhadap darah tinggi itu sendiri.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Ilustrasi Oatmeal © Diadona

Penyakit darah tinggi dan kolesterol umumnya terjadi karena gaya hidup dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Maka cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan. Berikut contoh makanan yang bisa kamu tambahkan dalam menu diet kamu sehari-hari.

Oatmeal

Cara menurunkan darah tinggi dan kolesterol dengan konsumsi outmeal mungkin sudah banyak diketahui orang. Oatmeal terbuat dari gandum utuh dengan kadar serat yang tinggi. Serat tersebut nantinya akn mengikat kolesterol di usus, dan membuangnya melewati usus halus. Oatmeal punya kandungan rendah gula, sehingga baik untuk jantung dan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Makan Pisang

Pisang mengandung senyawa potassium yang bisa membantu mengubah kristal asam urat ke dalam bentuk cair. Selanjutnya, kristal yang sudah mencair akan keluar ke dalam tubuh lewat urin. Dalam kaitannya dalam cara menurunkan darah tinggi, pisang punya kandungan kalium tinggi.

Beri Komentar