12 Makanan yang Mengandung Zat Besi Cocok untuk Ibu Hamil dan Bayi

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 Januari 2020 12:55
12 Makanan yang Mengandung Zat Besi Cocok untuk Ibu Hamil dan Bayi
Zat besi merupakan zat dalam makanan yang bermanfaat sebagai pembentuk sel darah merah dalam tubuh.

Banyak makanan yang mengandung zat besi baik untuk tubuh dan juga menjaga kesehatan. Makanan ini bisa kamu temukan dan konsumsi kapanpun dan di manapun kamu berada. Makanan yang mengandung zat besi sangat baik, karena zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu fungsi utama dari zat besi adalah sebagai komponen pembentuk hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah. Hb ini berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh. Selain itu, zat besi juga bermanfaat dan berfungsi penting dalam mwnjaga daya tahan tubuh.

1 dari 4 halaman

Makanan yang banyak Mengandung Zat Besi

Karena pentingnya zat besi bagi tubuh, jika kamu kekurangan zat besi bisa menyebabkan terhambatnya pasokan hemoblogin dalam darah. Berbagai penyakit akan muncul salah satunya adalah kekurangan darah merah atau anemia. Kekurangan zat besi yang menyebabkan kekurangan darah juga bisa membuat mudah lelah, penurunan daya otak, penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga gangguan tumbuh kembang pada anak.

Maka dari itu, kamu harus memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh secukupnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa makanan yang banyak mengandung zat besi
yang bisa kamu konsumsi di rumah.

Buncis

Ilustrasi Buncis © Diadona

Buncis termasuk dalam makanan yang mengandung zat besi karena dalam 100 gram buncis hijau mengandung 1 mg zat besi. Jika kamu sangat menyukai buncis dan bisa mengonsumsinya lebih dari itu maka bisa memenuhi kebutuhan zat besi per hari.

Masak buncis bersama tempe dan jadikan tumisan yang enak. Ini bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian kamu dan keluarga.

Biji Wijen

Ilustrasi Biji Wijen © Diadona

Wijen juga termasuk dalam makanan yang mengandung zat besi. Biji wijen mengandung sekitar 14 mg zat besi dan kaya akan vitamin E, seng. dan fosfor. Untuk mendapatkan manfaatnya dalam sajian, biji ini dapat ditaburkan pada salad, sup, ataupun roti. Jika kamu sedang membutuhkan energi tambahan bisa memberikan biji wijen ekstra pada martabak manis.

Daging

Daging merupakaan makanan yang cukup mudah untuk kamu temui. Makanan ini merupakan slah satu makanan hewani yang bsia dijadikan pilihan makanan yang mengandung zat besi. Contoh dari daging merah adalah daging sapi. Di dalam 100 gram daging sapi segar setidaknya mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 miligram zat besi. Selain itu daging sapi juga dipercaya mengandung protein yang tinggi.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil

23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi © Diadona

Setelah positif hamil, ibu hamil harus selalu menjaga makanan yang dikonsumsi. Menjaga pola makan yang sehat dimaksudkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya sendiri dan janin dalam kandungan. Termasuk dengan mengonusmi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Lalu apa saja makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil? berikut infonya untukmu.

Brokoli

Brokoli sudah lama diketahui sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. termasuk seba gai makanan yang mengandung zat besi tinggi. Satu mangkok sajian brokoli yang sudah direbus mengandung 84 mikrogram zat besi yang memenuhi seperlima dari kebutuhan harian.

Hati Ayam

Selain menjadi makanan yang mengandung zat besi tinggi hati ayam juga sangat mudah kita dapatkan di supermarket atau pasar terdekat. Hati ayam juga termasuk dalam makanan yang mengandung Kalsium tinggi yang paling direkomendasikan. Saat kamu mengonsumsi 100 gram hati ayam, terdapat 1.000 mikrogram kandungan Kalsium sebagai asupan daam tubuh.

Ikan Salmon

Selain memiliki kandungan minyak Omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, ikan salmon juga termasuk dalam makanan yang mengandung zat besi tinggi. Dengan mengonsumsi ikan salmon atau jenis ikan lain, kesbuuran reproduksimu diyakini akan meningkat. Perlu dicoba nih!

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung zat besi Tinggi

Kalsium sangat berperan penting untuk kesehatan manusia. Tanpa asupan Kalsium yang mencukupi, tubuh akan kehilangan zat yang berfungsi sebagai pembentuk protein baru. Itulah mengapa kita harus selalu mengonsumsi makanan yang mengandung Kalsium. Nah, makanana di sekitar kita juga banyak lho yang mengandung Kalsium. Apa saja itu? berikut makanan yang banyak mengandung Kalsium.

Tomat

Tomat kaya akan kandugan zat besi dan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tubuh ibu hamil. Mengonsumsi 6 buah tomat dalam sehari juga bisa menghindarkanmu dari penyakit diabetes. Jadi jagan heran kalau tomat banyak dijadikan sebagai makanan yang mengandung zat besi.

Kismis

Ilustrasi Kismis © Diadona

Kismis adalah makanan yang mengandung zat besi yang biasa kita temui sebagai taburan ang ada di atas kue atau martabak. Buah anggur yang dikeringkan ini memliki manfaat yang banyak bagi kesehatan ibu hamil,. Selai tinggizat beso. kismis juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kacang Tanah

Selain menjadi makanan yang mengandung zat besi, kacang tanah banyak dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin A, B kompleks, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan yang ada dalam kacang tanah sangat baik untuk dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Bayi

tomat © Diadona

Kekurangan zat besi masih menjadi masalah pada beberapa anak, khsuusnya anak yang pilih-pilih makan,kebanyakan minum susu, dan kurang makanan yang mengandung zat beso. Padahal zat besi sangat penting untuk tubuh, maka dari itu, makan makanan yang mengandung zat besi untuk anak tak boleh dilewatkan begitu saja. 

Anak harus mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi makanan sumber zat besi, tapi dari mana sajakah sumber maknaan yang mengandung zat besi untuk anak? Simak ulasan di bawah ini.

Telur

Telur merupakan makanan yang mempunyai seribu manfaat untuk kesehatan manusia. Tak heran, telur juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung zat besi yang baik untuk bayi. Selain itu telur juga mempunyai kandungan protein, selenium, riboflavin, dan vitamiin B12. Mengonsumis satu butir telur berukuran besar mengandung 23,5 mikrogram zat besi.

Hati Sapi

 

Selain hati ayam, hati sapi juga termasuk dalam makanan yang mengandung zat besi yang baik untuk bayi. Walaupun harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan hati ayam, namun makanan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam 85 gram hati sapi mengandung 212 mikrogram zat besi atau sekitar 54% dari kebutuhan harian.

Bayam

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran hijau yang satu ini. Manfaatnya dan juga kandungan nutrisi dalam bayam memang tidak diragukan lagi. Salah satu kandungan nutrisi dari bayam adalah zat besi. Makanan yang mengandung zat besi ini mengandung lebih dari 2 miligram zat besi, vitamin A, vitamin E, kalsium, dan serat dalam 100 gramnya.

Tetap jaga kebutuhan gizi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat ya, agar tubuh kita terhindari dari penyakit berbahaya.

Beri Komentar