17 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 26 Februari 2020 11:04
17 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk yang Perlu Kamu Ketahui
Vitamin C bermanfaat untuk menjaga tubuh dari penyakit dan kesehatan kulit.

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat. Sebuah Penelitian mengatakan bahwa makanan yang mengandung vitamin C tinggi bisa membantu mencegah kanker dan menghilangkan racun yang terakumulasi dalam tubuh. Vitamin C juga dapat mencegah perdarahan gusi dan mengobati sakit mulut.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C

Ilustrasi Kiwi © Diadona

Vitamin C juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berkontribusi dalam produksi hormon tertentu dalam tubuh seperti dopamin dan hormon peptida. Salah satu sumber vitamin C yang sering kita konsumsi adalah jeruk. Namun jeruk bukan satu-satunya sumber vitamin C, karena ada makanan yang mengandung vitamin C lebih tinggi. Lalu apa saja makanan yang banyak mengandung vitamin C? Simak informasinya di bawah ini ya

Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau ini ternyata merupakan buah yang termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin C, lho! Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi lebih besar ketimbang jeruk. Sebagai informasi, satu buah jeruk mengandung 71 mg vitamin C, sedangkan kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 92,7 mg per buahnya.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan Vitamin K. Mineral dan asam lemak omega-3 juga tidak luput dari kandungan buah kiwi, yang mana kedua zat tersebut penting sekali untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

Pepaya

Ilustrasi Pepaya © Diadona

Pepaya juga merupakan buah yang termasuk dalam jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi, yakni 94 mg per buahnya. Sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh sangat banyak, seperti memperkuat tulang dan merawat kulit.

Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah

Nanas

Selain kiwi dan pepaya, buah lain yang bisa menjadi opsi makanan yang mengandung vitamin C ada;ah Nanas.
Kandungan vitamin C dalam nanas sekitar 125 ml atau setengah gelas buah nanas mengandung 39-49 gram vitamin C, jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini.

Tidak hanya vitamin C, nanas juga mengandung zat bernama Bromelain. Bromelain adalah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan, pun mengurangi rasa kembung pada perut.

2 dari 4 halaman

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin C

Mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C adalah cara terbaik untuk memenuhi vitamin C dalam tubuh. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran segar, dengan kadar yang berbeda-beda. Beberapa jenis buar dan sayur memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Mau tahu apa saja conto makanan yang mengandung vitamin C? Simak terus ulasannya di bawah ini ya.

Stroberi

Ilustrasi Stroberi © Diadona

Buah dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan 52 mg vitamin C per 125 ml-nya. Menurut sejumlah penelitian, buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan syaraf, peradangan, hingga kanker sekalipun. Ini karena selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, fluor, dan iodium. Buah satu ini memang cocok banget dijadikan sebagai opsi makanan yang mengandung vitamin C.

Mangga

Kadar vitamin C pada buah mangga memang tidak sebanyak buah-buah di atas, yakni hanya 29 mg. Namun, tetap saja buah mangga jadi salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin C yang patut untuk kamu konsumsi. Lagipula, mangga juga diperkaya dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan pencegah kanker payudara dan usus besar.

Paprika

Ilustrasi Paprika Kuning © Diadona

Berbahagialah bila kamu adalah penyuka makanan pizza, karena paprika yang terdapat dalam pizza termasuk ke dalam makanan yang mengandungvitamin C. Nah, ternyata paprika, baik paprika merah maupun paprika kuning, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 190 mg (paprika merah), dan 155 mg (paprika kuning).

 

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E

Ilustrasi Brokoli © Diadona

Sama seperti jenis vitamin lainnya, vitamin C dan E memiliki banyak sekali manfaat dalam kaitannya menjaga kesehatan tubuh, pun mengatasi berbagai penyakit yang menghinggapi tubuh. Seperti melindungiu tubuh dari serangan penyakit, menjaga kesehatan kulit fan rambut, dan lain-lain. Untuk merasakan manfaat vitamin C dan E, kamu bisa mendapatkannya melalui sejumlah buah dan makanan yang mengandung vitamin C dan E. Lantas, apa saja buah dan makanan yang mengandung vitamin C dan E? Simak terus informasinya di bawah ini ya.

Brokoli

Brokoli wajib ada di antara daftar menu sehat kamu. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat berigizi, termasuk menjadi makanan yang mengandung vitamin C dan E. Kandungan vitamin E pada brokoli sanggup mencukupi 15 persen dari total kebutuhan vitamin E harian.

Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Bayam

Ilustrasi Bayam © Diadona

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang menjadi makanan yang mengandung vitamin C dan E tinggi. Bayam mengandung sekitar 41,4 mg vitamin E, sehingga kontribusinya besar dalam mencukupi kebutuhan vitamin E harian.

Selain vitamin E, bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Leci

Leci yang berasal dari Tiongkok juga merupakan salah satu jenis buah yang termasul ke dalam makanan yang mengandung vitamin C. Ini didasari kenyataan bahwa buat yang mirip dengan rambutan ini memiliki kandungan vitamin C yang banyak, yakni 132 mg per 100 gram-nya.

Kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah leci yakni:

Polifenol, berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menyeimbangkan kadar cairan tubuh, dan mencegah infeksi.
Vitamin B kompleks dan flavonoid, berfungsi untuk melindungi tubuh dari risiko kanker dan tumor.
Tidak hanya itu, mengonsumsi buah leci secara rutin juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan, baik pada pria maupun wanita.

Markisa

Di balik rasanya yang menyegarkan, apalagi kalau disajikan dalam bentuk sirup, markisa ternyata masuk ke dalam jenis makanan yang mengandung vitamin C. Markisa menyimpan kandungan vitamin C yang cukup banyak, yakni 72 mg/100 gram. Ini menjadikan markisa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

Menangkal radikal bebas
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mencegah pertumbuhan sel kanker
Mengurangi risiko penyakit jantung

Belimbing

Ilustrasi Buah Belimbing © Diadona

Belimbing adalah buah tropis yang juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah yang kalau dipotong-potong akan memiliki bentuk menyerupai bintang ini mengandung 46 mg vitamin C per 100 gram-nya. Selain itu, belimbing mempunyai kandungan serat sebanyak 4 gram dan 40 kalori.

Manfaat belimbing bagi kesehatan di antaranya bisa mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi, membantu metabolisme tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke. Jadi, jangan lupa juga untuk mengonsumsimakanan yang mengandung vitamin C satu ini, ya!

4 dari 4 halaman

Bahan Makanan yang Mengandung Vitamin C

Sebetulnya ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin C di sekitar kamu. Dari mulai buah-buahan, sayuran-sayuran,biji-bijian, bisa kamu manfaatkan sebagai makanan yang mengandung vitamin C. Untuk kamu yang masih belum tahu tentang berbagai makanan yang mengandung vitamin E, simak bahan makanan yang mengandung vitamin E berikut ini ya.

Melon

Ilustrasi Melon © Diadona

Kandungan vitamin pada melon memang didominasi oleh vitamin A. Meskipun begitu,melon juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin C. Kita masih tetap bisa merasakan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh melalui buah berwarna hijau ini. Ya, melon memiliki kandungan 26.3 mg vitamin C per potongnya.

Manfaat vitamin C pada melon antara lain untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi, dan meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Anggur Hijau

Buah lain yang juga merupakan makanan yang mengandung vitamin C, adalah anggur hijau. kendati kadarnya tidak banyak, yakni hanya 15 mg per 100 gram. Selain vitamin C, anggur hijau juga diperkaya dengan antioksidan sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah risiko munculnya penyakit kanker.

Adanya kandungan zat resveratrol pun menjadikan anggur hijau sebagai penangkal serangan jantung dan pembakar lemak yang baik bagi tubuh.

Pisang

Ilustrasi Buah Pisang © Diadona

Suka makan pisang? Buah berkulit kuning ini menjadi buah vitamin C selanjutnya yang direkomendasikan. Kandungan vitamin C pada pisang bermanfaat untuk mencegah, pun mengobati gejala gangguan kesehatan pada tubuh kita, seperti asam lambung, sembelit, dan lain-lain.

Tomat

Tomat © Diadona

Buah tomat adalah buah vitamin C yang kadarnya mencapai 14,5 mg per 50 gram. Manfaat vitamin C pada tomat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pun sejumlah fungsi penting lainnya. Selain itu, tomat juga diperkaya dengan kandungan lycopene yang berguna untuk melindungi otot jantung, mengendalikan kadar kolesterol, dan membakar lemak. Jadi jangan salah ya, tomast juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin C.

Alpukat

Satu alpukat kecil mengandung setidaknya 21 mg vitamin C. Adanya kandungan vitamin C ini memberikan sejumlah manfaat, seperti mengatasi gelaja penuaan dini yang ditkamui dengan kulit mengkerut, bintik hitam, dan gejala-gejala lainnya.

Jambu Biji

jambu biji © Diadona

Ini dia buah yang mengandung vitamin C paling tinggi di antara buah-buah lainnya. Kandungan vitamin C pada jambu biji mencapai lebih dari 200 gram per buahnya. Buah dengan daging berwarna merah muda ini juga kaya akan serat yang lagi-lagi, melebihi kadar serat yang dimiliki jeruk.

Banyaknya kandungan vitamin C pada buah jambu biji membuat buah tersebut dinilai ampuh dalam mencegah inflamasi tulang dan sejumlah gangguan kesehatan lainnya seperti penuaan dini.Dengan semua kandungan dan manfaatnya, tak heran kalau jambu biji juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin C.

Itu dia daftar makanan yang mengandung vitamin C untuk kamu ketahui. Perlu diingat juga bahwa asupan vitamin C juga harus diimbangi oleh asupan vitamin dan zat berigizi lainnya. Selain itu, aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup juga diperlukan guna memaksimalkan perawatan kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar