17 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Bibir

Reporter : Sofi
Rabu, 5 Februari 2020 13:05
17 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Bibir
Tidak hanya dibuat jus dan bermanfaat untuk kesehatan, manfaat tomat untuk wajah bisa untuk menambah kecantikan paripurnamu loh! Berikut manfaat tomat untuk wajah kamu.

Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk kebutuhan kecantikkan kulit wajahmu jika kamu bisa mendapatkannya dengan murah. Tapi murah ini akan lebih aman untuk kulitmu karena tidak mengandung bahan kimia. Dengan memanfaatkan tomat, kamu bisa mendapatkan manfaat kecantikan bagi kecantikan kulit wajahmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat tomat untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Tomat untuk Wajah dan Bibir

Manfaat tomat untuk wajah dan bibir dapat menyehatkan dan tampil lebih cantik. Tomat dianggap sebagai obat mujarab dalam berbagai permasalahan kulit. Manfaat tomat untuk wajah dan bibir sudah banyak ditemukan dalam produk kecantikan mulai dari masker hingga pembersih wajah.

Berikut adalah manfaat tomat untuk wajah dan bibir yang mengesankan.

Ilustrasi Bibir © Diadona

Meningkatkan produksi kolagen

tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Selain meningkatkan sistem kekebalan, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen. Jika diaplikasikan secara topikal ke kulit dan bibir, tomat bisa membuatnya lebih kencang dan sehat.

Vitamin B pada tomat juga membantu mencegah penuaan dini. Vitamin ini memiliki sifat antipenuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Mereka dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

Mengangkat sel kulit mati

Enzim dalam tomat dapat menawarkan manfaat tomat untuk wajah dan bibir untuk pengelupasan kulit ketika diterapkan pada kulit. Pengelupasan menghilangkan sel kulit mati. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah dan bibir.

Untuk membuat scrub tomat, campurkan gula dan tomat yang telah dihaluskan. Gosok secara lembut pada wajah dan bibir. Tomat juga bisa menjadi masker wajah sebagai pembersih. Campur jus tomat dan soda kue hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada kulit, tunggu hingga kering, dan bilas.

Melembabkan kulit dan bibir

Kulit kering yang tidak diobati dapat menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Lotion dan krim yang berbeda dapat mengatasi kekeringan. Manfaat tomat untuk wajah dan bibir yang dijadikan jus bisa digunakan untuk membantu memberikan kelembapan kulit dan bibir yang kering.

Tomat adalah sumber kalium yang sangat baik. Menurut penelitian, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang dengan dermatitis atopik, sejenis eksim.

Cerahkan kulit dan bibir

Manfaat tomat tidak hanya merupakan bagian penting dari diet sehat tetapi juga keajaiban ketika dioleskan pada kulit. Menerapkan jus tomat atau menggosokkan bagian tomat pada kulit meratakan kulit dan bibir akan menghidupkan kembali cahaya kulit yang kusam. Vitamin C dalam tomat membantu mencerahkan kulit.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di kulit yang menyebabkan kulit kusam dan kehilangan cahayanya. Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C. Mengonsumsi tomat atau menggunakan masker tomat dapat membantu menyediakan antioksidan bagi tubuh dan memerangi radikal bebas. Maka dari itu, manfaat tomat untuk wajah dan bibir bisa untuk mencerahkan kulit dan bibir.

2 dari 3 halaman

Manfaat Masker Tomat untuk Wajah

Manfaat tomat untuk wajah ini bisa diolah dengan membuatnya masker. Caranya sangat mudh dan sederhana, tetapi manfaat tomat untuk wajah yang didapat tidak akan mengecewakan. Berikut manfaat masker tomat untuk wajah.

ilustrasi masker wajah © Diadona

Masker tomat sederhana

Cara membuat masker tomat yang pertama tentunya adalah yang paling sederhana terlebih dahulu. Cukup dengan menyediakan 1 buah tomat, maka kamu bisa melakukan cara membuat masker tomat sederhana ini. Begini langkah-langkahnya:

- Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian.
- Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selamat sekitar 15 menit.
- Bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur

Masker tomat halus

Cara membuat masker tomat selanjutnya masih dengan menggunakan 1 bahan saja. Namun bedanya sekarang, kamu bisa menyiapkan 2 buah tomat segar dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Begini cara membuat masker tomat halus yang harus kamu ketahui:

- Haluskan hingga lembut kedua tomat setelah dicuci bersih.
- Oleskan secara merata ke seluruh wajah.
- Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih.
- Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Masker tomat dan lemon

Selanjutnya, kamu bisa membuat masker tomat yang dikombinasikan dengan lemon. Cara membuat masker tomat dan lemon ini pun tidak sulit, cukup menyediakan 1 buah tomat dan 1/2 buah lemon, maka kamu sudah bisa membuatnya. Begini cara membuat masker tomat ditambah lemon ini:

- Haluskan tomat dan tambahkan sari jeruk lemon.
- Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit.
- Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Manfaat tomat untuk wajah ini untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah bersinar dan lebih halus. Maka tidak ada salahnya melakukan perawatan ini secara rutin agar wajah kamu tetap sehat sepanjang hari.

Masker tomat dan minyak zaitun

Kombinasi selanjutnya adalah masker tomat dengan minyak zaitun. Sebagai dua bahan alami yang memang sering digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah, ternyata tomat dan minyak zaitun juga bisa dicampur menjadi masker. Cukup dengan menyediakan 1 buah tomat dan 1 sendok makan minyak zaitun. Begini cara membuat masker tomat ditambah zaitun:

- Hancurkan tomat dengan menggunakan blender, kemudian tambahkan minyak zaitun.
Aduk hingga rata.
- Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
- Bilas dengan air hangat, akhiri dengan mengompres dengan es batu.

Dengan menerapkan masker tomat yang ditambah dengan minyak zaitun ini, maka kamu bisa mendapatkan manfaat seperti menghilangkan bekas jerawat di wajah dan melembabkan kulit.

Masker tomat dan madu

Ilustrasi Tomat dan Madu © Diadona

Cara membuat masker tomat selanjutnya adalah dengan mencampurkannya dengan madu. Madu merupakan bahan alami yang juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel kulit. Oleh karena itu, mengombinasikan dua bahan alami yang baik untuk kulit wajah ini akan menimbulkan hasil yang baik pula. Kamu bisa mencampurkan 1 buah tomat segar dengan 1 sendok makan madu. Begini cara membuat masker tomat dengan tambahan madu:

- Haluskan tomat yang telah dicuci.
- Campurkan tomat dengan madu dan aduk rata.
- Oleskan pada wajah, dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kombinasi tomat dan madu dengan mentimun. Cara membuat masker tomat yang ditambahkan dengan madu dan mentimun itu juga tidak begitu sulit. Kamu hanya harus mempersiapkan 1 buah tomat segar, 100 gram mentimun, serta 3 sendok makan madu. Begini cara membuat masker tomat tersebut:

- Potong tomat jadi dua bagian dan haluskan.
- Haluskan mentimun dengan cara diparut, kemudian satukan kedua bahan dan tambahkan madu.
- Aplikasikan masker pada wajah dengan menggunakan kapas, dan diamkan hingga mengering selama 15-20 menit.
- Bilas dengan menggunakan air dingin

Dengan menggunakan masker tomat ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah. Masker tomat ini dapat membuat wajah bebas dari kelebihan minyak serta mencegah munculnya jerawat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Tomat untuk Wajah

Buah tomat dengan warna merahnya tetntu terlihat cantik bukan? Tidak hanya itu, manfaat tomat untuk wajah ini sangatlah membantu dalam merawat kulitmu. Berikut manfaat tomat untuk wajah.

Ilustrasi Tomat © Diadona

Menunda penuaan dini

Manfaat tomat untuk wajah ini dapat membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat. Kupas tomat dan hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya.

Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Oleskan pada wajahmu sebagai masker dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar kulit wajah terasa lembab.

Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Campur jus tomat dengan jus mentimun, dan aplikasikan pada wajah dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari ini untuk mengatasi permasalahan minyak berlebih pada wajah. Manfaat tomat untuk wajah memiliki sifat zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih, dan mentimun dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit.

Untuk meredakan jerawat

Manfaat tomat untuk wajah mengandung vitamin A dan C, yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Potong tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulit selama sekitar 10 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Mengecilkan pori-pori terbuka

Campur jus tomat dengan sedikit jus lemon dan aplikasikan pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu untuk melihat pori-pori terlihat mengecil.

Untuk mengobati kulit yang terbakar matahari

Kandungan lycopene dalam tomat, dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari. Aplikasikan jus tomat yang dicampur dengan buttermilk ke area kulit yang terbakar dan bilas setelah 30 menit. Ini akan meringankan luka bakar dan membantu menyembuhkan belang pada kulit.

Membuat kulit berkilau

Ilustrasi Wanita © Diadona

Jika kulitmu kusam, gunakan masker wajah dengan mencampur pure tomat dengan yogurt. Manfaat tomat untuk wajah akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit, sementara yoghurt akan mencerahkan dan menutrisi kulit. Perawatan ini sangat baik untuk dilakukan saat musim panas.

Untuk membersihkan kulit

Gunakan tomat yang dicampur dengan alpukat untuk membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi. Alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent alami, yang keduanya bekerja dengan baik menutrisi kulit.

Pengelupasan sel kulit mati

Celupkan potongan buah tomat ke dalam mangkuk gula dan gosok wajah dengan lembut. Proses ini membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat tomat untuk wajah ini? Apakah kau sudah pernah menggunakan manfaat ini untuk wajahmu? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar