16 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner secara Alami sejak Dini

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 3 Februari 2020 15:21
16 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner secara Alami sejak Dini
Dikenal sebagai penyakit yang mematikan, ada banyak cara mencegah penyakit jantung.

Penyakit jantung disebut sebagai penyebab utama kematian di Amerika. Sedangkan di indonesia, penyakit ini merupakan pembunuh kedua terbanyak setelah penyakit stroke. Meski begitu, bukan berarrti penyakit jantung nggak bisa dicegah.

Ada banyak hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang disebut dengan faktor risiko. Dalam cara mencegah penyakit jantung, beberapa faktor risiko tersbeut bisa dikendalikan, namun ada pula yang nggak bisa kamu kontrol. Dan mempelajari risiko tersebut bisa kamu lakukan sebagai cara mencegah penyakit jantung

1 dari 3 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

ilustrasi olahraga lari © Diadona

Penyakit jantung koroner terjadi saat pembuluh darah utama yang memasok jantung dengan darah, oksigen dan nutrisi  menjadi rusak atau sakit. Kerusakan ini akibat adanya timbunan plak berupa lemak dan kolesterol.

Saat plak menumpuk, maka pembuluh darah akan menyempit dan mengurangi aliran darah ke jantung. Akibatnya, terjadilah nyeri dada, sesak nafas dan gejala penyakit jantung koroner lainnya. Saat aliran tersebut benar-benar tersumbat, maka akan akan menyebabkan serangan jantung. 

Masuk dalam kategori penyakit mematikan, berikt hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Jangan Merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara mencegah penyakit jantung yang bisa kamu lakukan. Bahkan kalau kamu bukan perokok, pastikan untuk menghindari jadi perokok pasif.

Mengapa? Karena bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Asap rokok mengurangi oksigen dalam darah, yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung kamu karena jantung harus bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup ke tubuh dan otak kamu.

Olahraga

Cara mencegah penyakit jantung bisa kamu lakukan dengan aktivitas fisik harian. Ini karena aktivitas fisik membantu kamu mengontrol berat badan dan mengurangi peluang kamu mengembangkan kondisi lain yang mungkin membuat jantung kamu tegang, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Bingung mau olahraga apa dalam cara mencegah penyakit jantung? Setidaknya lakukan kegiatan berikut:

  • 150 menit seminggu olahraga aerobik sedang, seperti berjalan dengan langkah cepat
  • 75 menit seminggu aktivitas aerobik yang kuat, seperti berlari
  • dua atau lebih sesi latihan beban seminggu.

Pertahankan Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan peluang kamu terkena penyakit jantung - termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2.

Untuk itu sebagai cara mencegah penyakit jantung, penting untuk kamu melakukan kontrol berat badan.

Risiko penyakit jantung kamu lebih tinggi jika ukuran pinggang lebih besar dari:

101,6 sentimeter untuk pria dan 88,9 cm untuk wanita
Bahkan penurunan berat badan yang kecil pun bisa bermanfaat.

Mengurangi berat badan kamu hanya dengan 3% hingga 5% dapat membantu mengurangi lemak tertentu dalam darah kamu (trigliserida), menurunkan gula darah (glukosa) dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, dan sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Saat kamu kurang tidur, maka akan terjadi peningkatan isiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Ketiga hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kamu harus mengambil waktu tidur yang cukup dan berkualitas sebagai cara mencegah penyakit jantung.

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Penyakit jantung dapat menyebabkan kematian secara mendadak, karena keberadaannya sering kali tak terdeteksi. Dan begini cara mencegah penyakit jantung sejak dini.

Pilih Makanan Sehat

Coba deh untuk membatasi konsumsi lemak jenuh, makanan yang mengandung banyak sodium, dan konsumsi gula berlebih. Makan banyak buah segar, sayuran, dan biji-bijian sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Untuk itu sebagai cara mencegah penyakit jantung, penting untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur.

Hindari Minum Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol ternyata dapat meningkatkan tekanan darah kamu dan ada ekstra kalori di dalamnya. Keduanya merupakan pontensi terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu, bila kamu ingin cara mencegah penyakit jantung maka usahakan untuk tidak bergantung dengan alkohol.

Kontrol Gula dalam Darah

Mengidap diabetes berarti melipatgandakan risiko penyakit jantung diabetes. Ini karena seiring waktu, gula darah tinggi dari diabetes dapat merusak pembuluh darah kamu dan saraf yang mengendalikan jantung dan pembuluh darah kamu. Sebagai cara mencegah penyakit jantung, kamu harus mengontrol kadar gula dalam darah.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung secara Alami

Sayuran Hijau © Diadona

Apa yang kamu makan sangat menentukan gimana kesehatan kamu. Termasuk pemilihan makanan sehat, bisa digunakan sebagai cara mencegah penyakit jantung. Nggak cuman itu, makanan tertentu juga akan memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Lalu, makanan apa saja sih yang sebaiknya kamu konsumsi dalam cara mencegah penyakit jantung?

Sayuran Hijau

Dalam cara mencegah penyakit jantung, sawi, kangkung dan bayam adalah sumber vitamin K yang bagus, yang membantu melindungi arteri kamu dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat.

Nggak cuman itu, sayuran tersebut juga punya kandungan nitrat yang tinggi, yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Gandum Utuh

Diantaranya yakni beras merah, gandum, gandum hitam, gandum, gandum dan quinoa. Dibandingkan dengan biji-bijian olahan, biji - bijian utuh lebih tinggi serat, yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL " buruk" dan sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Buah Berry

Diantaranya strawberry, blueberry, blackberry dan raspberry penuh dengan nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan sebagai cara mencegah penyakit jantung.

Avokad

Avokad bisa menjadi cara mencegah penyakit jantung karena merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Sebuah penelitian menyebut kalau konsumsi avokad dapat menurunkan kolesterol buruk, yang keberadaannya diyakini secara signifikan dpat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Minyak Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3 telah dipelajari secara luas untuk manfaat kesehatan jantung. Seperti kadar kolesterol total yang lebih rendah, trigliserida darah, dan tekanan darah sistolik.

Kacang Kenari

Penelitian menyebut bahwa konsumsi kenari bisa sebagai cara mencegah penyakit jantung. Ini karena makan kenari dapat mengurangi kolesterol jahat hingga 16%, menurunkan tekanan darah diastolik 2–3 mm Hg dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Kacang

Kacang mengandung pati resisten, yang tahan terhadap pencernaan dan difermentasi oleh bakteri bermanfaat dalam usus kmau. Nah, pati resisten ini dapat sebagai cara mencegah penyakit jantung karena dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Tomat

Kabar baik nih untuk kamu yang suka makan tomat, karena buah yang satu ini bisa sebagai cara mencegah penyakit jantung. Tomat mengandung lycopene, pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan kuat, dimana keberadaan antioksidan tersebut berkontribusi pada sakit jantung.

Beri Komentar