25 Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga untuk Sayur dan Lauk, Murah dan Sederhana Banget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 3 Februari 2023 21:47
25 Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga untuk Sayur dan Lauk, Murah dan Sederhana Banget
Resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga memang banyak tersedia di internet. Tapi yang paling dicari adalah yang cocok di lidah dan pas di kantong.

Resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga memang banyak, tapi nggak jarang para ibu rumah tangga mengalami kebingungan menentukan menu apa yang dimasak hari ini. Kadang ibu rumah tangga udah nentuin menu apa yang akan dimasak, namun ternyata bahan - bahan yang akan digunakan nggak tersedia di rumah atau sulit ditemui di pasar.

Padahal agar tak bosen, ibu kudu memutar otak menyajikan menu yang beragam. Nah untuk inspirasi resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga, yuk simak artikel Diadona berikut ini:

1 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari Hari Ibu Rumah Tangga Menu Sayur

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Dalam memasak masakan sehari-hari, biasanya ibu rumah tangga butuh banget yang namanya menu sederhana, murah, cepat dilakukan namun menggunakan bahan-bahan yang murah. Coba deh intip rekomendasi Diadona berikut:

Sayur Bayam

Sayur yang mudah, murah, enak dan terasa segar banget. Dalam resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga sayur bayam, biasanya ditambahkan pipilan jagung atau irisan jagung, wortel, atau oyong. Padukan dengan tempe goreng atau pepes ikan.

Selain jadi sayur, bayam juga bisa dimasak sebagai tumis bayam lho!

Sayur Sop

Sayur ini paling mudah dibuat dan kata gizi karena terkandung berbagai jenis sayuran. Sayur sop cocok disajikan di siang hari dengan tambahan sambal tomat dan lauk apapun yang disukai keluarga.

Sayur Asem

Rasa asam pada sayur andalan resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga ini didapat dari buah asam yang ditambahkan sedikit saja. Namun bila kehabisan atau tak ingin terlalu asam, ibu bisa menggantinya dengan irisan tomat.

2 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Tumis Tauge

Meskipun cuman taoge yang ditumis, tapi dijamin rasa gurih dan renyahnya bikin nambah kalau disantap dengan nasi panas. Tambahkan dengan bahan lain misalnya buncis atau sumber protein misalnya ayam, telur, atau tuna.

Tumis Kangkung

Kangkung ditumis dengan geprekan bawang putih, laos, dan saos tiram serta irisan cabai. Hmm, nikmat banget dimakan dengan sambal tomat terasi dan lauk tempe atau ayam goreng.

Tumis kangkung bisa dibumbui secara sederhana dengan bawang putih saja, kecap, tauco, dan masih banyak lagi.

Tumis Kacang Panjang

Sayuran kacang panjang yang murah meriah dan gurih cocok banget di segala kondisi keuangan ibu rumah tangga. Ibu bisa tambahkan udang atau bakso. Sebagai tambahan cita rasa, tambahkan saos tiram atau bumbu pedas.

Oseng Buncis

Siapa sih yang ngak suka buncis? Tumisan buncis ini kerap disandingkan dengan sayur lain seperti wortel dan lainnya. Bila ingin menikmati buncis dengan cita rasa renyah, gunakan baby bunci dalam resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga di rumah, tambahkan dengan udang atau bakso.

Buncis nggak cuman bisa dimasak secara sederhana dengan tumis atau sayur tapi juga bisa divarisikan dengan daging ayam, daging sapi, tahu, telur dan masih banyak lainnya.

3 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Tumis Kacang Panjang

Salah satu jenis sayuran yang kerap diolah sebagai tumis adalah kacang panjang. Biasanya ditambahkan dengan sayuran lain atau potongan tempe, tahu, atau udang.

Tumis Daun Pepaya

Rasa daunnya memang agak pahit, tapi penggemarnya banyak banget. Salah satu trik untuk mengurangi rasa pahit dari daun pepaya adalah dengan meremas dengan sedikit garam hingga layu lalu diperas. Atau direbus dengan sedikit garam hingga lunak lalu diperas airnya. Sebagai penambah cita rasa, tambahkan ikan asin.

Tumis Daun Singkong

Tumisan daun singkong cocok banget untuk teman makan beragam lauk. Sama halnya dengan resep masakan ibu rumah tangga dengan daun pepaya, ibu bisa tambahkan ikan asin untuk meningkatkan rasanya.

Agar cepat empuk tapi tetap hijau, rebus dengan menambahkan baking soda, garam dan gunakan daun singkong yang masih muda.

4 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Sayur Lodeh

Sayur bersantan ini wajib banget masuk dalam resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga. Banyak banget sayur yang bisa dimasak dengan bumbu mldeh, mulai dari kacang panjang, labu siam, nangka muda dan lainnya. Ibu bisa menyetok bumbu lodeh halus dalam toples dan disimpan di lemari pendingin atau gunakan bumbu instan.

Bobor Bayam

Punya persediaan bayam tapi bosan dengan sayur bening? Tambahkan santan dalam bumbu ibu, dan jadi deh bobor bayam yang segar dan gurih.

Capcay Kuah

Capcay goreng versi rebus ini gampang banget dibuat dan wajib masuk dalam daftar resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga. Ibu bisa tambahkan segala macam sayur yang baik untuk eksehatan, mualid ari jagung, wortel, kacang kapri dan lainnya

5 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Urap Sayur

Penggemar sayur mayur nggak boleh melewatkan urap ini lho. Agar urap sayur bisa bertahan lama, bumbu urap sebaiknya dikukus sebelum dicampurkan ke sayuran.

Pecel

Pecinta pecel mana suaranya? Pasti selalu punya persediaan bumbu pecel di rumah kan? Nah, tingga merebus beberapa sayur yang akan dijadikan pecel misalnya tauge,

Sop Ayam

Sup ayam bening cocok banget sebagai menu andalan di segala situasi. Gurihnya kaldu ayam berpadu dengan kesegaran potongan sayuran.

Soto Ayam

Resep sehari-hari ibu rumah tangga cocok banget bila memasukkan soto ayam dalam salah satu variannya. Bila tak ingin repot, ibu bisa menggunakan bumbu soto instan yang banyak dijual di pasaran.

6 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari Hari Ibu Rumah Tangga Menu Lauk

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Untuk menu lauknya, coba inspirasi lauk berikut ini:

Menu Olahan Ayam

Selain ayam goreng laos, ayam goreng krispi dan ayam goreng bawang, ayam bisa diolah juga dengan bumbu kecap, bumbu gulai, dan masih banyak lagi. Untuk resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga menu ayam yang lebih lengkap, ibu bisa intip di tautan berikut ini.

Menu Olahan Telur

Bahan makanan ini murah banget, cocok di segala lidah dan mudah disimpan. Tapi biar ngga bosen dengan resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga menu telkur yang gitu-gitu doang, ibu harus sering berkreasi nih. Misalnya menu telur balado, telur kecap, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya, ibu bisa intip di ulasan berikut ini.

Menu Olahan Ikan

Mulai dari ikan goreng, ikan bakar hingga digulai. Atau pepes, pemol dan olahan lainnya. Dalam resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga, ibu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis ikan misalnya mujair, gurame dan lainnya.

7 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Menu Olahan Cumi-Cumi

Nggak cuman kaya dnegan kandungan gizi, rasa dan tekstur dari cumi-cumi ini juga menarik banget lho. Bila dimasak dengan tepat, cumi-cumi bakalan terasa kenyal dan nggak alot. Cumi-cumi dalam resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga biasanya diolah dalam bentuk:

Menu Olahan Ceker

Menikmati ceker menciptakan sensasi tersendiri, terlebih bial diolah dalam bumbu pedas yang sedap. Harganya murah banget, cocok untuk dimasukkan dalam resep masakan sehari-hari ibu rumah tangg di tanggal tua. Salah satu yang paling favorit adalah ceker masak pedas.

Agar ceker cepat empuk walau tanpa presto, masak ceker dengan menerapkan metode 7/20/10.

8 dari 9 halaman

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Menu Olahan Udang

Rasanya yang gurih dan segar, bertpadu dengan daging ayang lembut membuat bumbu apa saja yang dipadukan tetap terasa lezat. Udang goreng cocok banget untuk dijadikan lauk pendamping segala jenis sayur.

Sementara itu udang berbumbu berikut juga nggak kalah lezat dan mudah dibuat:

Menu Olahan Tempe

Masak tempe goreng takut bikin bosen? Jangan khawatir, bahan murah meriah namun enak ini bisa diolah dalam berbagai resep mulai dari tempe bacem, tempe nugget, orek tempe dan masih banyak lagi.

Menu Olahan Tahu

Nah, saudaranya tempe ini juga wajib masuk dalam menu resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga. Sama halnya dengan tempe, tahu bisa diolah sebagai tahu bacem, tahu balado dan sederet tahu yang lainnya.

Selain lauk di atas, ada juga nih olahan berupa sambal goreng kentang yang cocok untuk lauk nasi campur, nasi liwet dan masih banyak lagi.

9 dari 9 halaman

Menu Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga

Resep Masakan Sehari-Hari Ibu Rumah Tangga © Diadona

Dalam menyusun menu sehari-hari ibu rumah tangga, kadang ditemui beberapa kendala misalnya bahan yang tak tersedia di pasar atau harganya sedang mahal. Atau juag bisa nih ketiak akan emmulai masak ternyata ada salah satu bumbu yang nggak ada di kulkas. DAn bisa juga malah kadang ibu tiba-tiba terkendala waktu memasak sehingga bahan yang telah dibeli di kulkas harus menunggu diolah.

Ada beberapa tips sederhana agar menentukan menu masakan nih, antara lain:

1. Tentukan resep trus bikin daftar bumbu apa saja yang dibutuhkan. Periksa persediannya di kulkas.

2. Sebelum belanja, buat fdaftar belanja sesuai dengan menu yang udah ibu tentukan. Menu yang dipilih bisa berdasarkan kesukaan keluarga atau kondisi budget.

3. Memasak memang membutuhkan wakytu dan energi yang tak sedikit. Agar terasa mudah dan menyenangkan, permudah dengan mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu sebelumnya. Ibu bisa menggunakan teknik food - prep, yakni memasak sampai tahap setengah matang lalu bahan makanan disimpan di dalam freezer dan dipanaskan ketika akan disantap.

4. Atau bisa juga dengan mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu misalnya memotong sayur dan diletakkan di kotak kedap udara dan dialasi tissu untuk membuat potongan sayuran tersebut tahan lama. Bila akan dimasak, tinggal dicemplungin deh!

Resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga ternyata ada banyak banget lho. Satu bahan aja bisa dibuat bebrapa sajian, tinggal rajin mengulik resep sesuai dengan selera keluarga di rumah.

Beri Komentar