26 Resep Masakan Ayam Sederhana Sehari-hari, Mudah dan Ekonomis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 26 Maret 2024 09:14
26 Resep Masakan Ayam Sederhana Sehari-hari, Mudah dan Ekonomis
Memasak ayam tanpa perlu banyak bahan, sederhana, tak membutuhkan waktu lama, dan bisa dipraktikan di rumah.

Memasak untuk keluarga di rumah sepertinya sudah menjadi aktifitas harian bagi ibu rumah tangga. Memasak bisa jadi menjadi momen pelekat hubungan antar anggota keluarga. Namun, agar momen itu tak hilang karena menu masakan yang disajikan itu-itu saja ibu-ibu perlu menambah variasi menu masakan sederhana yang bisa dimasak.

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi. Harganya bisa dijangkau, mudah didapat dan yang paling penting adalah bisa diolah dengan menu apa saja. Mulai dari resep masakan sederhana yakni soto ayam, hingga masakan ayam berbumbu pedas seperti ayam woku, ayam balado dan masih banyak lagi. 

Diadona udah ngumpulin sederet resep masakan ayam sederhana sehari-hari yang bikin kamu nggak akan pusing mengolah stok ayam. Apa saja? Cus simak!

 

1 dari 9 halaman

Buat kamu yang lagi sibuk, sederet resep masakan ayam sederhana ini harus masuk dalam daftar menu harianmu.

1. Resep Masakan Sederhana - Sup Ayam

Resep Masakan Sederhana - Sup Ayam

Dengan bahan bahan sederhana yang mudah dicari, kamu bisa sesuaikan resep sop ayam dengan isian sayur yang sehat.

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam, potong sesuai selera
  • 1,5 liter air bersih
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 batang seledri
  • 400 gr kentang kupas, cuci bersih, potong dadu
  • Daun bawang bagian ujung yang putih, secukupnya
  • 1/2 buah bawang bombay potong kasar
  • 3 siung bawang putih(memarkan)
  • 1 buah tomat (dipotong-potong besar)
  • 100 gr wortel (potong menyamping)
  • 100 gr kembang kol
  • merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • Garam

Cara Membuat Sup Ayam:

  1. Masak air hingga mendidih di dalam panci sedang.
  2. Masukkan daging ayam yang telah dipotong-potong. Sertakan juga tulangnya agar kaldu tulang bisa meresap ke dalam kuah.
  3. Masukkan juga daun bawang dan juga seledri.
  4. Rebus menggunakan api sedang sampai mendidih dan ayam benar-benar matang.
  5. Sembari kuah sup sedang dididihkan, tumis bawang bombay dan bawang putih di wajan terpisah hingga harum dan layu.
  6. Masukkan tumisan (beserta minyaknya) ke dalam panci.
  7. Saatnya memasukkan sayuran. Masukkan wortel dan kentang terlebih dahulu (karena teksturnya yang paling keras), biarkan empuk, lalu baru masukkan kembang kol, lalu tomat.
  8. Saatnya membumbui. Bumbu kuah sup kamu dengan garam, lada, dan pala bubuk. Koreksi rasa. Masukkan garam sedikit-demi sedikit jika kurang gurih.
  9. Biarkan tetap mendidih perlahan dengan api kecil agar semua elemen rasa menyatu.
  10. Sajikan dengan taburan daun bawang dan bawang goreng.

2. Resep Masakan Ayam Sederhana - Ayam Goreng Mentega

Resep Masakan Ayam Sederhana - Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng mentega ini cocok buat menjadi referensi untuk olahan ayam sederhana yang sat set.

Bahan :

  • 500 gr ayam bagian sayap, potong jadi 2 bagian
  • 2 bawang putih kecil haluskan dengan garam secukupnya
  • Tepung bumbu serbaguna
  • Bahan (saus mentega) :
  • 2 siung bawang putih besar, geprek dan cincang halus
  • 2 siung bawang bombay
  • 6 sdm margarin
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram

Cara membuat :

  1. Rebus ayam sampai mendidih kemudian buang air dan cuci kembali. Lalu ungkep ayam dengan bawang putih dan garam yg sudah dihaluskan sampai daging ayam empuk.
  2. Setelah matang dan empuk, tiriskan dan lumuri dengan tepung bumbu serbaguna (langsung tepung kering). Lalu goreng ayam sampai kecoklatan dan angkat, sisihkan. 
  3. Siapkan wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay dengan sedikit margarin sampai wangi, kemudian masukkan 3 sdm kecap manis dan 2 sdm saus tiram, aduk merata. 
  4. Selanjutnya masukkan ayam yang sudah digoreng tadi, aduk rata dengan api sedang sampai rata dan meresap sempurna. Sajikan. 

3. Resep Masakan Ayam Sederhana - Ayam Teriyaki

Resep Masakan Ayam Sederhana - Ayam Teriyaki

Bikin sajian rumahan ala cafe dengan resep masakan ayam yang ternyata sederhana banget ini.

Bahan :

  • 300 gr paha ayam fillet, iris tipis memanjang
  • 1 bawang bombay, iris

Bahan (saus teriyaki untuk marinasi) :

  • 3 sdm kecap asin
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm mirin (boleh skip)
  • 1½  sdm gula pasir
  • 2 siung bawput parut
  • 2 cm jahe parut
  • 1/2 sdm maizena

Bahan pelengkap :

  • Biji wijen sangrai
  • Telur mata sapi

Cara membuat :

  1. Siapkan semua bahan. Campurkan dalam wadah bersih semua bahan saus teriyaki, aduk rata dan koreksi rasa. 
  2. Marinasi ayam yang sudah dicuci bersih sebelumnya dengan saus teriyaki tadi selama 1 jam atau semalaman.
  3. Panaskan wajan, tumis bawang bombay sampai harum. Kemudian masukkan ayam dan masak sampai matang. 
  4. Sajikan ayam teriyaki dengan nasi hangat, lalu taburi dengan biji wijen dan telur mata sapi (sesuai selera). 

2 dari 9 halaman

Tips bagi kamu yang ingin memasak ayam adalah pilih ayam lebih muda, jangan simpan ayam terlalu lama, dan rebuslah dengan tebu atau air kelapa.

4.Resep Masakan Ayam Kecap

Ilustrasi ayam kevap

Bahan:

  • 300 gram ayam potong
  • 1 ruas jahe
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 butir bawang merah
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • merica bubuk secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 200 ml air
  • garam secukupnya

Cara memasak:

  1. Goreng ayam setengah matang, tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih, tambahkan jahe memar, irisan cabai hingga harum.
  3. Beri garam dan merica bubuk, lalu tuang air.
  4. Setelah mendidih, masukkan ayam. Tambahkan kecap dan gula pasir secukupnya.
  5. Masak sampai ayam matang dan kuah menyusut hingga separuhnya.

5. Resep Masakan Sederhana - Ayam Bawang Putih Pedas Manis

Ilustrasi ayam goreng bawang putih pedas manis

Bahan:

  • 300 gram dada ayam, potong sesuai selera
  • 1 butir telur
  • 1 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam

Bumbu pedas manis:

  • 4 buah cabai merah kering, haluskan beberapa
  • 6 siung bawang putih, geprak, tak perlu dibuang kulitnya
  • 1 sdm madu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm margarin
  • 2 siung bawang merah, haluskan

Cara memasak:

  1. Campur semua tepung, garam, dan telur. Rendam ayam dan biarkan selama 30 menit.
  2. Goreng ayam hingga kecokelatan, tiriskan.
  3. Tumis bawang putih sampai kering dan matang. Masukkan margarin, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan gula pasir, cabai kering dan madu.
  4. Masukkan ayam goreng dan aduk rata dengan bumbu.

6. Resep Masakan Ayam Bakar Bumbu Rujak Sederhana

Resep Masakan Ayam Bakar Bumbu Rujak Sederhana

Asam manis bumbu rujak dengan daging ayam yang juicy, dapat menciptakan perpaduan rasa serta aroma yang bisa bikin siapa saja akan tergoda. Selain dengan bumbu rujak, resep ayam bakar juga bisa dibuat dengan bumbu lainnya.

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, bersihkan dan belah dadanya
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdt air asam jawa

Bahan (bumbu rujak) :

  • 5 siung bawang merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 4 buah cabai merah, haluskan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis semua bahan bumbu rujak dan tambahkan sedikit air, masak hingga mendidih. Masukkan gula merah dan air asam, koreksi rasa. Masak kembali hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih masukkan ayam, lalu ungkap dengan api kecil hingga bumbu meresap dan matang sempurna. Angkat. 
  3. Siapkan alat pemanggang, bakar ayam hingga permukaannya kering. Angkat dan sajikan.

3 dari 9 halaman

Sebenarnya, banyak sekali resep masakan ayam yang biasa kita temui di sekitar kita. tapi kadang bingung mau masak apa? Nah barangkali resep masakan ayam dibawah ini akan memberikan pilihan baru memasak ayam di rumah.

7. Resep Masakan Ayam Bakar Bumbu Madu

Masakan Ayam Bakar Madu untuk Sehari-Hari

Manisnya madu bisa menjadi salah satu perpaduan yang nikmat saat dioleskan pada ayam bakar yang hangat. Caranya simpel tapi soal rasa pastinya juara. 

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • 4 sdm madu
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya
  • 3 sdm air asam jawa
  • 250 ml santan
  • Air secukupnya

Bahan (bumbu halus) :

  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 sdm merica butiran

Bahan (bumbu untuk olesan) :

  • 2 sdm madu
  • 1 sdm air
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1 sdt bubuk cabe

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ayam lalu potong menjadi 4 bagian. Lumuri dengan perasan jeruk nipis dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas bersih.
  2. Tumis bahan halus dengan sedikit minyak sampai wangi, lalu masukkan serai yang sudah digeprek, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, aduk rata.
  3. Kemudian masukkan ayam, aduk dan masak sampai berubah warna. Setelah itu masukkan santan, air secukupnya, air asam jawa, garam, madu dan kaldu bubuk secukupnya. Masak sampai ayam empuk dan bumbu meresap.
  4. Setelah matang, angkat lalu panggang ayam dengan terus dibolak-balik sambil diolesi sisa bumbu dan bumbu olesan hingga matang. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Selain dengan bumbu madu, kamu jugaharus cobain resep masakan ayam bakar dengan bumbu rujak yang tak kalah enak.

8. Resep Ayam Geprek Sederhana

Resep Ayam Geprek

Mau tahu rahasia membuat olahan ayam geprek seperti yang di jual di pinggir jalan. Ikuti langkah berikut, yakin kamu pasti bisa. 

Bahan :

  • 2 potong ayam, bagian paha dan dada ayam
  • 1 butir telur
  • 5 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 siung bawang putih
  • Garam dan merica secukupnya 
  • Minyak goreng secukupnya 
  • 1 batang daun kemangi

Bahan (sambal) :

  • 22 buah cabe rawit
  • 2 siung bawang putih, digoreng
  • Garam secukupnya 

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan bawang putih halus, merica, garam dan bumbu (sesuai selera). Remas dan aduk rata sampai bumbu tercampur merata dan meresap. Lalu diamkan selama kurang lebih 2 jam. 
  2. Setelah bumbu meresap, kocok 1 telur lalu lumuri semua permukaan ayam dengan merata. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu dan tepung maizena. Lalu masukkan ayam yang telah dilumuri telur kedalam tepung, tutup semua permukaan ayam dengan sempurna. 
  3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ayam dengan api kecil agar ayam matang sampai didalamnya. Setelah ayam berubah warna menjadi kuning keemasan, balik perlahan dan kembali masak. Jika kedua sisi ayam sudah matang dan berubah menjadi kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan bawang putih yang telah digoreng, cabe dan garam, lalu ulek sampai halus. Tambahkan 2 sdm minyak goreng panas bekas menggoreng ayam tadi.
  5. Geprek ayam pada sambal, berikan daun kemangi jika suka. Ayam geprek siap disantap!

9. Resep Ayam Woku Kemangi untuk Masakan Sederhana Sehari-hari

Resep Ayam Woku Kemangi untuk Masakan Sederhana Sehari-hari

Suka olahan makanan dengan cita rasa pedas gurih? Resep berikut mungkin akan cocok untuk lidahmu. Resep ayam woku mirip dengan ayam rica-rica namun, adanya tambahan taburan daun bawang dan kemangi, membuat olahan ini semakin nikmat dan memiliki aroma yang kuat. 

Bahan :

  • 1/2 kg daging ayam (me: bagian dada)
  • 400 ml air putih
  • 1 ikat daun kemangi
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas geprek
  • 1 batang serai geprek
  • Garam/kaldu jamur dan gula pasir secukupnya 

Bumbu (halus) :

  • 8 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai rawit (sesuaikan selera)
  • Merica secukupnya 

Cara membuat :

  1. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, masak dan aduk merata. 
  2. Tambahkan air putih, lalu bumbui dengan garam/kaldu jamur dan gula pasir secukupnya saja, agar kuah tidak terlalu asin karena nanti air akan menyusut. 
  3. Masak kembali hingga ayam empuk dan kuah menyusut, koreksi rasa. Matikan api kompor, tambahkan kemangi, aduk rata. Jika rasanya sudah pas angkat dan sajikan

4 dari 9 halaman

10. Resep Ayam Taliwang untuk Menu Sehari-hari

Resep Ayam Taliwang untuk Menu Sehari-hari

Cobain nih resep ayam taliwang khas bumbu Lombok yang mudah banget buat diikutin. 

Bahan :

  • 1 kg ayam potong (rekomendasi pakai bagian paha dan sayap)
  • 65 ml santan instan + 300 ml air
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh geprek
  • 1/2 keping gula merah
  • Garam secukupnya 

Bumbu (halus) :

  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri sangrai dl
  • 2 cm kencur
  • 3 buah cabe merah besar buang bijinya
  • 1 sachet terasi abc

Cara membuat :

  1. Pertama-tama tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum, lalu masukan daun jeruk dan sereh, tumis kembali hingga bumbu matang. Bumbui dengan gula dan garam aduk rata. 
  2. Setelah itu masukkan santan, aduk kembali merata lalu masukan ayam dan ungkep hingga empuk dan kuah menyusut kental. Angkat dan sisihkan. 
  3. Simpan sisa bumbu ungkepan di wadah bersih sebagai bahan oles dan tambahkan kecap manis jika suka. 
  4. Siapkan panggangan (bisa pakai teflon), panggang ayam sambil diolesi bumbu dan dibolak- balik hingga matang sempurna. 

11. Opor Ayam Ala Rumahan

Opor Ayam ala Rumahan

Masak opor sekarang gak perlu ribet dan lama, ini dia resep sederhana opor ayam ala rumahan yang bisa menjadi ide menu untuk makan sehari-hari. 

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung muda (bobot 1kg me pake bagian dada ke atas 2)
  • 1 bungkus santan kara instant 200ml

Bahan (bumbu halus) :

  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri, sangrai
  • 3 cm jahe
  • 1/4 sdt ketumbar, sangrai
  • 1/4 sdt merica

Bahan (bumbu cemplung) :

  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sereh geprek
  • 5 cm lengkuas geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • Gula, garam dan kaldu jamur bubuk secukupnya 

Cara membuat :

  1. Langkah pertama cuci bersih ayam. Tumis bumbu halus sampai harum lalu tambahkan daun jeruk, daun salam lengkuas dan sereh.
  2. Setelah bumbu matang tambahkan air secukupnya lalu masukkan ayam, aduk rata. Bumbui dengan gula dan garam secukupnya, lalu ungkep ayam sampai matang dan bumbu meresap. 
  3. Setelah ayam matang, tambahkan santan kental lalu kaldu jamur bubuk, koreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor, angkat dan sajikan. 

12. Soto Ayam Rumahan

Soto Ayam Rumahan

Soto ayam adalah olahan ayam yang sering kita jumpai di kedai pinggir jalan dengan mudah. Semangkuk soto ayam yang gurih dan segar cocok untuk kamu yang lagi butuh kehangatan dan pastinya bikin perut kenyang. 

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang sereh, geprek
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang daun bawang prei
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt bawang putih goreng, remas
  • Air secukupnya (kurang lebih 1/2 liter)
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Bahan (bumbu halus) :

  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/4 sdt jinten

Bahan pelengkap :

  • Soun
  • Telur rebus
  • Kol/ kubis
  • Koya (4 krupuk udang besar + 1 sdm bawang putih goreng)
  • Jeruk nipis
  • Seledri
  • Sambal cabe Rawit
  • Bawang merah goreng, untuk taburan

Cara membuat :

  • Potong dan cuci bersih ayam, berikan perasan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit lalu bilas kembali. 
  • Siapkan panci, masak air hingga mendidih. Masukkan sereh, daun salam, lengkuas dan daun jeruk, masak dengan api sedang cenderung kecil hingga matang.
  • Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cara diulek ataupun diblender (jika di blender tambahkan minyak goreng agar mudah halusnya). Kemudian tumis sampai wangi, dan beri irisan daun bawang prei (1 batang), aduk rata. Masukkan hasil tumisan bumbu ke dalam panci yang berisi ayam. Bumbui juga dengan garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu jamur. Aduk rata dan masak hingga matang. 
  • Jika ayam sudah empuk, sesaat sebelum api kompor dimatikan, masukkan irisan daun bawang prei (1 batang) dan beri taburan bawang putih goreng yang di remas. Untuk ayam bisa diangkat lalu suwir. 
  • Siapkan semua bahan pelengkap, tata bahan di dalam mangkok lalu siram kuah ke dalamnya. Soto ayam siap disajikan. 

Soto ayam punya banyak varian, pilih salah satu yang kamu suka.

5 dari 9 halaman

13. Ayam Goreng Lengkuas

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Siapa saja pasti akan tergoda dengan aroma yang khas dan gurihnya remahan bumbu yang menjadi ciri khas dari olahan ayam goreng lengkuas. Mau tahu gimana cara buatnya? Cek resepnya ya. 

Bahan :

  • 3 ekor ayam blaster potong 4/8 bagian
  • 6 lembar daun salam
  • 3 batang serai geprek
  • Garam, gula dan air secukupnya

Bahan (bumbu halus) :

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 3 sdm ketumbar
  • 2 ruas jahe
  • 6 ruas kunyit
  • 100 gr lengkuas
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Siapkan semua bahan lalu campur semua bahan jadi satu kecuali air, diamkan kurang lebih selama 30 menit. 
  2. Tambahkan air secukupnya, lalu ungkep ayam sampai matang, bumbu meresap dan air menyusut. Jika sudah matang angkat dan dinginkan sampai suhu ruang. 
  3. Panaskan minyak dan goreng ayam sampai berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan lalu ayam goreng siap disajikan. 

14. Resep Ayam Katsu

Resep Ayam Katsu  Sederhana

Crispy diluar dan lembut didalam, satu gigitannya bisa bikin siapa saja ketagihan. Ayam katsu sangat pas menjadi menu makan andalan sehari-hari.

Bahan :

  • 250 gr dada ayam (fillet)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • Garam dan lada secukupnya 
  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 1 sdt penyedap rasa / kaldu jamur
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung panir secukupnya

Cara membuat :

  • Lumuri dada ayam fillet dengan bawang putih, garam, dan lada. Diamkan sedikitnya 30 menit didalam kulkas.
  • Keluarkan ayam yang sudah di marinasi, balurkan merata ke campuran tepung serbaguna dan penyedap rasa. Pijit-pijit biar bumbu meresap.
  • Balurkan merata ayam ke kocokan telur. Lalu, balurkan merata ke tepung panir.
  • Goreng dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan. Angkat.

15. Ayam Goreng Bawang Putih 

Resep Ayam Goreng Bawang Putih

Khusus buat kamu yang suka aroma bawang putih, wajib banget untuk coba resep masakan ayam yang sempet viral ini. Yakin deh bikin nagih dan mau buat lagi. 

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong 10
  • 1 bonggol bawang putih
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt lada putih

Bahan (bumbu halus) :

  • 10 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 100 ml Air

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ayam lalu marinasi dengan garam, kaldu jamur, lada dan bahan bumbu halus. Aduk rata dan diamkan selama 1 jam.
  2. Panaskan minyak, goreng ayam dengan api sedang jangan lupa untuk di bolak-balik agar matang merata. Kemudian masukan 1 bonggol bawang putih, goreng selama 15-20 menit, angkat bawang kemudian besarkan api kembali goreng ayam selama 3-4 menit.
  3. Jika sudah berwarna kecoklatan dan kering, angkat lalu tiriskan. Ayam goreng bawang putih siap disajikan. 

6 dari 9 halaman

16. Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Resep Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Ciri khas warna kuningnya yang merekah, menyimpan cita rasa gurih dan kaya akan rempah. Cara buatnya yang mudah dan bisa tahan lama, olahan ini cocok untuk menjadi ide makanan sehari-hari dan stok yang bisa dimakan kapan saja.

Bahan :

  • 1 kg daging ayam
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis

Bahan (bumbu halus) :

  • 6 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas jempol kunyit
  • 1 ruas jempol jahe
  • 1 ruas jempol lengkuas
  • Garam, gula dan penyedap rasa secukupnya 

Cara membuat :

  1. Bersihkan ayam, lalu beri perasan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. 
  2. Haluskan semua bumbu halus dengan ulekan atau blender.
  3. Masukkan bumbu halus ke dalam penggorengan lalu campur dengan ayam. Berikan minyak secukupnya (jangan terlalu banyak), aduk hingga merata sampai seluruh ayam dilumuri dengan bumbu halus. 
  4. Tuangkan setengah gelas kecil air. Aduk rata. Masukkan serai dan daun jeruk purut. Lalu masak dengan api kecil, tutup wajan dan biarkan sampai ayam empuk, air habis dan bumbu mengental.
  5. Jika air dalam wajan sudah habis dan bumbu mengental, matikan api. Angkat ayam dan sisihkan. 
  6. Panaskan minyak di wajan lain, lalu goreng ayam hingga kuning kecoklatan (jangan terlalu lama). Angkat, tiriskan dan ayam goreng bumbu ungkep siap untuk disantap. 

17. Resep Opor Ayam Bumbu Kuning

Resep Opor Ayam Bumbu Kuning

Resep Olahan Ayam yang satu ini sangat cocok dimakan menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, cobain deh!

Bahan:

  • ½ kg ayam
  • 1 sdm gula jawa
  • 1 bungkus santan instan (65 ml)
  • 750-1000 ml air
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya, untuk taburan

Bahan untuk bumbu halus:

  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ¼ sdt lada bubuk
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah

Bahan untuk aromatik:

  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam

Cara membuat:

  1. Siapkan wajan dan tumis bahan-bahan untuk bumbu halus sampai menjadi harum. Kemudian masukkan bahan aromatik.
  2. Tambahkan ayam dan aduk secara merata, tambahkan air kemudian tunggu sampai mendidih.
  3. Bumbui dengan gula jawa, garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai ayam menjadi setengah empuk.
  4. Tambahkan santan dan aduk terus supaya santan tidak pecah dan ayam menjadi empuk. Koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan bersama taburan bawang merah goreng.

18. Resep Ayam Goreng Lengkuas Kremes

Resep Ayam Goreng Lengkuas Kremes

Dengan bahan yang simple, kamu akan mendapatkan rasa yang sangat enak dari Resep Olahan Ayam yang satu ini!

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian
  • 1 sdm ketumbar
  • ½ ruas jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 batang sereh
  • 2 ruas lengkuas, parut dan sisihkan
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 4 lembar daun salam
  • 5 butir kemiri
  • 100 ml air
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan bawang putih merah, ketumbar, kemiri, kunyit, dan jahe. Haluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama lengkuas parut, daun salam, dan sereh sampai menjadi harum.
  3. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk. Tambahkan juga sedikit air.
  4. Masak sampai ayam menjadi empuk dan bumbu meresap sempurna dan air menyusut. Aduk sesekali.
  5. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Goreng semua ayam dengan api sedang.
  6. Goreng sisa bumbu ungkepan sampai menjadi kering dan kecoklatan. Tiriskan dan sisihkan untuk taburan ayam goreng.
  7. Jika ayam sudah matang, angkat dan sajikan bersama taburan kremes.

7 dari 9 halaman

19. Resep Ayam Bakar Teflon

Resep Ayam Bakar Teflon

Resep Olahan Ayam yang satu ini pasti otomatis akan menjadi favorit anak-anak karena rasanya yang mantap banget!

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 ruas jahe, geprek

Bahan untuk bumbu ungkep:

  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • ½ sdt merica
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sdm gula merah sisir
  • 4 siung bawang merah
  • 7 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam dan cuci sampai bersih. Rebus ayam sebentar dengan jahe yang telah digeprek.
  2. Siapkan semua bahan untuk bumbu ungkep kecuali gula, garam, kecap, dan daun salam. Haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender.
  3. Siapkan wajan dan tumislah bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai menjadi harum.
  4. Bumbui dengan gula, garam, dan daun salam. Tuangkan sedikit air supaya gula cepat larut.
  5. Masukkan ayam dan aduk merata. Masak sebentar sampai bumbu menjadi agak meresap.
  6. Tuangkan air sekitar 2 gelap lalu bumbui dengan kecap dan aduk kembali sampai tercampur merata.
  7. Masak sampai air menyusut sambil aduklah sesekali, angkat.
  8. Siapkan teflon dan bakar ayam menggunakan api kecil. Pastikan permukaan ayam mengkaramel dan menjadi kecoklatan.
  9. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

20. Resep Tongseng Ayam Santan

Resep Tongseng Ayam Santan

Dengan ditambah santan, Resep Olahan Ayam yang satu ini enak dan gurih banget! Selain itu, aromanya juga wangi banget, lho~

Bahan:

  • 500 gr daging ayam, potong-potong
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 butir kentang ukuran sedang, potong-potong
  • 4 buah tomat hijau
  • 5 lembar kol, iris-iris
  • 10 sdm santan kental
  • 10 buah cabe rawit merah utuh
  • 600 ml air
  • Kecap manis secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

  • ½ sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah keriting
  • 6 siung bawang merah

Cara membuat:

  1. Siapkan bumbu halus dan haluskan menggunakan blender.
  2. Siapkan wajan dan tumislah bumbu halus lalu tambahkan serai dan masaklah sampai menjadi harum.
  3. Masukkan ayam kemudian aduklah sampai berubah warna menjadi putih.
  4. Masukkan santan dan air. Tambahkan juga kentang, cabe, dan tomat.
  5. Bumbui dengan kaldu bubuk, garam, gula, merica, dan kecap sesuai selera masing-masing.
  6. Masukkan kol ketika kentang sudah mulai menjadi empuk. Koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  7. Jika sudah matang, angkat dan sajikan bersama taburan bawang goreng.

21. Resep Ayam Rica Kemangi

Resep Ayam Rica Kemangi

Resep Olahan Ayam yang satu ini pasti bisa menambah selera makan, lho! Eits, tapi kalau kamu ga suka makanan pedas, hati-hati dengan varian yang satu ini~

Bahan:

  • 6 potong ayam
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • 1 batang daun bawang, iris-iris
  • 3 ikat kemangi
  • 7 lembar daun jeruk
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

  • 1 sdm gula merah
  • 2 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 6 buah cabe merah keriting
  • 13 buah cabe rawit merah (opsional)
  • Jahe secukupnya
  • Kunyit secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam dan cuci sampai bersih. Kemudian beri perasan jeruk nipis dan diamkan sementara waktu.
  2. Siapkan wajan dan goreng sebentar bawang putih, bawang merah, cabe, dan jahe sampai menjadi layu. 
  3. Kemudian haluskan bahan-bahan yang telah digoreng dengan menggunakan blender.
  4. Tumislah bumbu halus sampai menjadi harum kemudian masukkan sereh, lengkuas, dan daun jeruk.
  5. Masukkan ayam dan masaklah sampai menjadi berubah warna. Tuang air secukupnya dan masak sampai mendidih kuahnya.
  6. Bumbui dengan garam dan kaldu jamur, koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  7. Masak sampai kuah menjadi kental dan ayam menjadi empuk matang.
  8. Jika sudah matang, angkat dan sajikan bersama daun bawang dan kemangi.

8 dari 9 halaman

22. Resep Semur Ayam Kecap

Resep Semur Ayam Kecap

Dengan rasa nikmat yang bakal bikin kamu ketagihan, Resep Olahan Ayam yang satu ini juga mempunyai daya tarik dari aromanya yang sedap, lho~

Bahan:

  • ½ ekor ayam, potong menjadi 7-8 bagian
  • 1 buah kentang, potong kecil-kecil

Bahan untuk bumbu halus:

  • 1 ruas jahe
  • 1 buah tomat ukuran kecil
  • 2 buah kemiri
  • 2 siung bawang putih besar
  • 3 buah cabe merah keriting
  • 5 siung bawang merah

Bahan untuk bumbu pelengkap:

  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 lembar daun salam
  • Kecap bango secukupnya
  • Lada putih bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Royco rasa sapi secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam dan cucilah sampai bersih. 
  2. Siapkan bumbu halus dan haluskan menggunakan blender sampai tercampur merata. 
  3. Siapkan wajan dan tumis bumbu halus sampai menjadi harum. Tambahkan daun salam dan lengkuas, masak sampai menjadi layu.
  4. Tambahkan ayam dan aduk-aduk sampai menjadi berubah warna.
  5. Tuangkan air secukupnya sampai ayam terendam. Bumbui dengan kecap manis, garam, royco, dan lada putih bubuk.
  6. Aduk sampai air menyusut dan kuahnya mengental.
  7. Tambahkan kentang lalu masak sampai ayam menjadi matang dan empuk.
  8. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

23. Resep Ayam Lemon

Resep Ayam Lemon

Kamu wajib banget cobain Resep Olahan Ayam yang satu ini, rasanya enak dan segar banget, lho!

Bahan untuk ayam:

  • 500 gr daging fillet, bagian paha
  • 1 butir telur
  • 1 ½ sdm kecap asin
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 3 siung bawang putih, parut

Bahan pelapis (aduk rata):

  • 3 sdm tepung maizena
  • 5 sdm tepung terigu protein sedang

Bahan untuk saus:

  • ½ sdt tepung maizena
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 3 ½ sdm kecap asin
  • 3 ½ sdm air perasan lemon
  • 4 sdm air
  • 15 gr lemon zest
  • 40 gr madu
  • 45 gr brown sugar (atau gula pasir)

Cara membuat:

  1. Potong daging ayam sampai menjadi agak pipih.
  2. Campurkan semua bahan untuk ayam sampai tercampur merata. 
  3. Tuangkan daging ayam yang telah dibaluri bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk yang berisi bahan pelapis yang telah dicampur.
  4. Campur secara merata ayam sampai terbalur dengan tepung secara sempurna.
  5. Siapkan wajan dan panaskan minyak cukup banyak. Goreng dengan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  6. Kupas kulit lemon zest dan buang bagian putihnya dengan menggunakan pisau.
  7. Irislah tipis-tipis kulit lemon dan campurkan bersama semua bahan saus. Aduk merata, kamu bisa menambahkan 1 sdt sambal.
  8. Panaskan wajan tanpa diberi minyak dengan api cenderung besar. Tuangkan bahan saus dan masak sampai bahan saus mengental dan mendidih.
  9. Koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  10. Masukkan ayam yang telah digoreng sebelumnya dan aduk secara merata kemudian taburi dengan wijen sangrai. Aduk perlahan.
  11. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

24. Resep Ayam PopCorn Crispy

Resep Ayam PopCorn Crispy

Kalau kamu penggemar makanan kriuk, wajib banget cobain Resep Olahan Ayam yang satu ini!

Bahan:

  • 250 gr fillet ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt penyedap rasa jamur
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • ¼ sdt baking powder
  • 2 sdm tepung maizena
  • 5-10 sdm air
  • 8 sdm tepung terigu protein rendah
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk marinasi:

  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • ½ sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam dan bersihkan sampai bersih. Potong menjadi dadu kecil-kecil.
  2. Campurkan bahan untuk bumbu marinasi dan ayam. Aduk secara merata sambil diremas-remas lalu diamkan di kulkas selama minimal 1 jam.
  3. Siapkan mangkuk besar dan masukkan tepung terigu, tepung maizena, merica bubuk, garam, penyedap rasa jamur, dan baking powder. Aduk merata.
  4. Ambil 2 sdm tepung mix ke dalam wadah lain dengan sendok kemudian tuang sedikit air dan aduk kembali sampai merata. 
  5. Masukkan telur yang telah dikocok ke dalam adonan dan aduk kembali sampai tercampur merata.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng agak banyak sampai ayam bisa terendam.
  7. Masukkan ayam yang sudah selesai dimarinasi ke dalam adonan tepung cair.
  8. Guling-gulingkan ayam ke dalam mangkuk campuran tepung sambil di tepuk-tepukkan di tepi baskom.
  9. Masukkan ayam ke dalam wajan yang telah berisi minyak goreng panas. Goreng dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan.
  10. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

9 dari 9 halaman

25. Resep Ayam Kecap Bombay

Resep Ayam Kecap Bombay

Resep Olahan Ayam yang satu ini cocok banget kalau kamu kedatangan banyak tamu yang masih anak-anak! Mereka pasti bakal ketagihan~

Bahan:

  • ½ kg ayam
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • 1 sdm saus tiram
  • ½ sdt lada bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula
  • 3-5 sdm kecap manis (sesuaikan selera)
  • 3 siung bawang putih

Cara membuat:

  1. Siapkan wajan lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai menjadi harum.
  2. Tuangkan air dan bumbui dengan garam, gula, kecap manis, saus tiram, dan lada bubuk. Aduk sampai tercampur merata.
  3. Masukkan ayam dan masaklah ayam sampai bumbu meresap dengan sempurna. Koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  4. Pastikan sampai ayam menjadi empuk dan kuah mengental.
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

26. Resep Sawi Putih Gulung isi Ayam Tahu

Resep Sawi Putih Gulung isi Ayam Tahu

Resep Olahan Ayam yang satu ini gak hanya enak tapi juga sehat karena ada sayurannya, yuk coba langsung!

Bahan:

  • 1 bonggol sedang sawi putih

Bahan untuk isian:

  • 200 gr daging ayam cincang
  • 110 gr tahu putih
  • 1 butir telur
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah wortel, potong dadu
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt kaldu bubuk
  • 2 batang daun bawang

Bahan untuk saus:

  • 1 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 100 ml air

Cara membuat:

  1. Masukkan daging ayam, tahu, wortel, kecap ikan, dan telur ke dalam chopper. Proses sampai semua bahan menjadi halus.
  2. Tambahkan irisan daun bawang, lada, kaldu bubuk, dan garam. Aduk sebentar dan sisihkan.
  3. Siapkan panci dan rebuslah daun sawi putih sekitar kurang lebih 2 menit kemudian tiriskan.
  4. Ambil 1 lembar daun sawi dan isilah dengan 1 sdm isian. Gulung dan ratakan bagian tepinya.
  5. Susun semua gulungan sawi putih di atas kukusan. Kukus selama kurang lebih 10 menit atau sampai matang.
  6. Siapkan wajan dan tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai menjadi layu dan berubah warna.
  7. Tuangkan air, saus tomat, saus sambal, dan saus tiram. Aduk sampai tercampur merata.
  8. Ketika sudah mendidih, masukkan larutan maizena dan aduk kembali sampai menjadi kental. Koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  9. Susun gulungan sawi putih yang telah matang di atas piring dan beri saus di atasnya atau sediakan di samping untuk cocolan.

 

Dengan sederet resep masakan ayam sederhana ini, mikirin menu lauk yang lezat jadi nggak pusing lagi.

Penulis: Husnul Khotimah, Dhiyaa Ul Husna Salisa

Beri Komentar