11 Resep Udang Saus Padang Simple yang Seenak Restoran, Cuman Butuh Tiga Saus

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 3 Agustus 2022 14:50
11 Resep Udang Saus Padang Simple yang Seenak Restoran, Cuman Butuh Tiga Saus
Memiliki rasa manis, pedas, gurih yang nendang banget, resep udang saus padang ternyata sangat mudah dan sederhana lho

Udang saus padang adalah salah satu sajian makanan laut yang rasanya lezat banget dan favorit di restoren Chinnese. Resep udang saus Padang yang dimaksud bukan udang dengan bumbu berempah kuat seperti pada masakan padang yah, namun karena saus ni berwarna merah khas masakan Padang.

Resep udang saus padang juga cuman terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapat ditambah dengan campuran saus sambal, saus tomat, saus tiram serta kecap manis. Diadona udah ngumpulin belasan resepnya dari berbagai sumber dan bisa kamu pantengin dengan scroll terus halaman berikut ini.

1 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang Super Simple

Resep Udang Saus Padang Super Simple Resep Udang Saus Padang Super Simple © instagram.com/ressazu/

Disebut dengan resep udang saus padang yang super simple karena kamu pasti sudah punya bahan-bahan ini di rumah. Cara bikinnya pun gampang banget tinggal cemplung doang dan jadi deh!

Bahan :

  • 250 gram udang buang kotoran kepala
  • 2 buah jagung manis dipotong²
  • 1 butir telur
  • 1/2 bawang Bombay iris
  • 500 ml air, bolah ditambah bila ingin kuah banyak

Bumbu halus :

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabe merah keriting
  • 1 ruas jahe

Bumbu cemplung :

  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang daun bawang
  • Saos tiram secukupnya
  • Saos tomat
  • Kecap manis
  • Saos sambal
  • Garam halus

Cara buat :

  • Panaskan minyak sedikit, tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bawang Bombay,aduk aduk.
  • Masukkan air, bumbu cemplung, jagung manis dan udang.
  • Masak sampai jagung matang.
  • Terakhir supaya kuah mengental, masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  • Aduk aduk, jangan lupa koreksi rasa lalu sajikan.
  • Sajikan

2 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang ala Restoran

Resep Udang Saus Padang ala RestoranResep Udang Saus Padang ala Restoran © Instagram.com/@ sukmawati_rs

Agar tidak amis dalam membuat resep udang saus padang, udang bisa dibaluri dengan parutan kunyit sebagai pengganti jeruk nipis. Lho, nanti warnanya jadi kuning dong? Tidak apa-apa karena akan menyatu dengan saus Padang yang berwarna merah.

Bahan :

  • 500 gr udang segar, bersihkan, kucuri air jeruk nipis
  • 1 buah jagung manis, potong-potong, rebus matang
  • 1/2 bawang bombay iris kasar
  • 3 lbr daun jeruk, sobek
  • 1 butir telur, kocok lepas.??
  • 2 sdm saus tiram.??
  • 3 sdm saus sambal
  • 3 sdm saus tomat
  • 2 cm jahe, geprek
  • Secukupnya kecap manis
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya air
  • 1 batang daun bawang, iris kasar

Bumbu Halus :

  • 6 butir bawang merah.??
  • 3 siung bawang putih.??
  • 4 buah cabe keriting merah
  • 3 cabe rawit

Cara membuat :

  • Panaskan secukupnya minyak, goreng udang hingga berubah warna, angkat, sisihkan.
  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, jahe, daun jeruk hingga harum dan matang. Masukkan bawang Bombay, aduk-aduk hingga layu.
  • Tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, garam. Aduk rata sebentar. Tuang air, setelah mendidih masukkan kocokan telur perlahan sedikit demi sedikit sambil diaduk memutar, aduk rata.
  • Masukkan udang dan jagung, masak hingga bumbu meresap, terakhir daun bawang, koreksi rasanya. Sajikan segera.

3 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang Nikmat

Resep Udang Saus Padang NikmatResep Udang Saus Padang Nikmat © instagram.com/linagui.kitchen/

Resep udang saus padang ini dibuat dengan menggoreng udang terlebih dahulu dengan mentega sehingga terasa lebih nikmat.

Bahan :

  • 300 gram udang, bersihkan dan beri perasan air jeruk nipis dan sedikit garam
  • 1/2 buah bawang bombai, iris memanjang
  • 3 sdm mentega untuk menggoreng udang
  • 1 sdm mentega untuk menumis
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt gula pasir
  • merica secukupnya
  • 1 sdt perasan air jeruk nipis/limo
  • 1/2 sdm tepung maizena larutkan dengan 50ml Air

Cara membuat :

  • Panaskan 3 sdm mentega lalu goreng udang sampai matang, sisihkan
  • Kemudian masak bumbu saos dengan api sedang-kecil
  • Panaskan mentega , tumis bawang bombai hingga harum kemudian tuang saos tiram, kecap manis, Aduk rata, beri gula dan merica.
  • Koreksi rasa
  • Tuang larutan maizena, aduk hingga mendidih dan kental
  • Masukkan udang yang sudah di goreng kedalam bahan saos, beri perasan air jeruk limo dan langsung matikan api kompor dan aduk sampai udang tercampur bumbu hingga rata
  • Angkat dan sajikan

4 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang Simple

Resep Udang Saus Padang SimpleResep Udang Saus Padang Simple © cookpad.com/Vinia Rahma

Makan seafood dengan tambahan jagung jadi makin enak dengan resep udang saus padang berikut.

Bahan :

  • 500 gr udang segar (buang kepala, punggung dibelah)
  • 4 lembar daun jeruk

Bahan iris :

  • Daun bawang
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 buah jagung manis rebus
  • 4 buah cabe rawit
  • 4 buah cabe merah besar
  • Jahe 1 ruas, geprek
  • 1 butir telur, kocok

Bumbu halus:

  • 15 buah cabe keriting merah
  • 4 buah cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah

Bumbu saos, siapkan jadi satu dalam mangkok :

  • 400 ml air
  • 5 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • Minyak untuk menumis
  • 2 sdm mentega
  • secukupnya gula, garam, penyedap rasa, lada

Cara membuat :

  • Tumis bumbu menggunakan minyak dan 2 sdm mentega di atas api kecil sampai harum. Tambahkan jahe geprek.
  • Masukkan irisan bawang bombay, cabe merah besar, cabe rawit. Aduk hingga bawang bombay sedikit layu.
  • Masukkan udang segar dan masak samapi kemerahan lalumasukkan saos yang telah disiapkan. Tambahkan air secukupnya dan daun jeruk lalu masak hingga matang sempurna dan saus mengental.
  • Tambahkan potongan jagung dan irisan daun bawang, irisan cabe rawit.
  • Tambahkan juga telur kocok
  • Masukkan gula, garam, penyedap rasa secukupnya. Koreksi rasa dan sajikan.

5 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang dengan Kuah Melimpah

Resep Udang Saus Padang dengan Kuah MelimpahResep Udang Saus Padang dengan Kuah Melimpah © Instagram/@enengsari

Kuah melimpah pada resep udang saus padang ini dijamin enak banget. Bahkan bila udangnya saja sudah habis, kamu masih bisa menikmati sausnya yang bersisa dengan nasi hangat.

  • Bahan:
  • 500 gr udang, cuci bersih, goreng sebentar
  • 6 buah bawang putih, geprek cincang
  • 1 buah bawang bombai, iris kasar
  • 2 ruas jahe geprek
  • 2 lembar daun bawang iris agak panjang
  • 15 buah cabai rawit merah iris kasar
  • 1 buah jagung rebus, potong-potong
  • 12 sdm saus cabai
  • 5 sdm saus tomat
  • 5 sdm saus tiram
  • 200 cc air putih
  • 1 sdm gula putih

Cara membuat:

  • Lelehkan 2 sdm margarin dalam penggorengan. Tumis bawang putih dan jahe hingga berubah warna, campurkan air putih dan seluruh saus. Aduk hingga meletup.
  • Masukkan bawang bombai, daun bawang, cabai, jagung rebus, udang, gula, lanjut masak sebentar saja.
  • Sajikan

6 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang Homemade

Resep Udang Saus Padang HomemadeResep Udang Saus Padang Homemade © instagram.com/yusrisalaprianti/

Ada stok udang di freezer dan ingin masak cepat sat sewt wat wet? Bikin resep udang saus padang ini aja deh!

Bahan:

  • 250 gram udang kupas
  • 3 cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1/2 bawang bombai
  • 2 ruas jahe, geprek
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt garam
  • air secukupnya

Cara membuat:

  • Iris semua bawang dan cabai.
  • Panaskan minyak dan tumis sampai harum.
  • Masukkan jahe dan udang, masak sampai udang berubah warna.
  • Tambahkan kecap, garam, saus sambal, saus tiram, kemudian aduk rata.
  • Tambahkan sedikit air.
  • Masak sampai matang. Angkat dan hidangkan.

7 dari 11 halaman

Resep Cumi dan Udang Saus Padang

Resep Cumi dan Udang Saus PadangResep Cumi dan Udang Saus Padang © cookpad.com/Merinda WS

Udang yang keras di luar dan lembut di bagian dalam terasa sangat cocok dipadukan dengan cumi yang kenyal dan sedap. Cobain resep udang saos padang beserta dengan cumi berikut ini yuk!

Bahan :

  • 250 gr udang
  • 250 gr cumi
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah jagung manis
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 3 lembar daun jeruk
  • 250 ml air
  • 1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 4 sdm minyak goreng

Saus:

  • 3 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt kecap manis

Bumbu:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 buah cabe merah
  • 3 buah cabe rawit
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula

Cara membuat :

  • Buang kepala udang, kupas kulit dan bersihkan kotoran di punggung, cuci bersih dan masukkan dalam wadah, sisihkan. Pisahkan cumi dari kepalanya, ambil bagian badannya, cuci bersih lalu potong. Beri cumi dan udang perasan air jeruk nipis, diamkan sebentar lalu bilas dengan air, tiriskan. Potong2 jagung, rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  • Iris2 bawang bombay dan daun bawang. Campur bahan saus dalam mangkuk, aduk rata. Ulek bumbu hingga halus, sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak dlm wajan, tumis 1/2 bagian bawang bombay hingga harum lalu tambahkan bumbu halus dan daun jeruk, tumis hingga bumbu tanak. Lanjutkan dengan menambahkan saus dan air, aduk rata hingga mendidih. Masukkan udang dan cumi, aduk kembali hingga udang berubah warna.
  • Masukkan jagung, sisa bawang bombay dan irisan daun bawang kedalam wajan. Aduk hingga rata dan mendidih.
  • Koreksi rasa. Masukkan larutan maizena lalu aduk lagi hingga mengental. Angkat dan sajikan

8 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang ala Tasyi Athasya

Resep Udang Saus Padang TasyiResep Udang Saus Padang Tasyi © Youtube.com/Tasyi Athasyia

Kalau Tasya Farasya adalah seorang beauty vlogger, Tasyi Athasya kerap menunjukkan kemampuan memasaknya di akun Youtube miliknya. Salahs atunya adalah resep udang saus padang yang nampak menggoda ini.

Bahan :

  • Udang
  • Jagung
  • Daun bawang

Bumbu :

  • lada
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm garam
  • 5 gram jahe
  • 10 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 10 gram kunyit
  • 4 cabe rawit
  • 8 cabe merah

Bumbu cemplung :

  • 3 lembar daun salam
  • bawang bombay
  • 3 buah tomat
  • 3 sdm saos tomat
  • 3 sdm saos sambal
  • 1 pcs lemon
  • daun ketumbar

Resep udang saus padang dan cara membuatnya secar alengkap bisa kamu intip pada video di bawah ini

9 dari 11 halaman

Resep Udang dan Cumi Saus Padang ala Devina Hermawan

Resep Udang dan Cumi Saus Padang ala Devina HermawanResep Udang dan Cumi Saus Padang ala Devina Hermawan © youtube.com/ Devina Hermawan

Kalau kamu mencari resep masakan rumahan yang pasti enak dan gampang dibuat, kanal Youtube Devina Hermawan to the rescue!

Bahan:

  • 350 gr udang, belah
  • 250 gr cumi, potong
  • 1 kg kepiting
  • 2 buah jagung, potong, rebus

Bahan marinasi cumi:

  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm cuka
  • 1 sdt garam

Bahan bumbu halus:

  • 10 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 8 buah cabai rawit merah
  • Minyak secukupnya

Bahan lainnya:

  • 3 batang daun bawang, potong
  • 3 jempol jahe
  • 6 sdm saus tiram
  • 6 sdm saus tomat
  • 6 sdm saus sambal
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdm seasoning sauce
  • 800 ml air
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 buah bawang bombai, iris
  • 1 ½ sdm margarin
  • 1 sdm gula pasir
  • ½ sdm kaldu bubuk
  • 2 sdm maizena

Cara membuat :

  • Potong cumi lalu marinasi dengan baking soda, cuka, dan garam, diamkan selama 10 menit lalu bilas
  • Belah punggung udang lalu potong bagian tajam pada udang, bilas
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan minyak dengan blender kemudian tumis hingga wangi
  • Masukkan jahe yang telah digeprek, daun salam dan daun jeruk, tumis hingga wangi dan matang
  • Masukkan kecap ikan, seasoning sauce, saus tiram, saus tomat, saus sambal, daun bawang bagian putih, dan bawang bombai, aduk rata
  • Tambahkan air dan larutan maizena, aduk rata lalu masukkan gula, kaldu bubuk dan margarin
  • Masukkan kepiting lalu masak dengan keadaan tertutup
  • Panaskan minyak, goreng cumi dan udang selama 30-60 detik, tiriskan
  • Masukkan jagung, sisa daun bawang, cumi, dan udang yang telah digoreng, masak hingga mendidih kemudian matikan api
  • Seafood saus padang siap disajikan dengan nasi sebagai pelengkap

10 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang Telur

 Resep Telur Udang Saus PadangResep Telur Udang Saus Padang © Youtube.com/CR Cook

Tambahkan kocokan telur pada resep udang saus padang untuk menambah cita rasa masakan satu ini

Bahan :

  • ½ kg udang
  • 1 buah jagung
  • ½ buah bawang bombay
  • 5 sdm saus sambal
  • 4 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 3 sdt gula pasir
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 butir telur
  • 250 ml air

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Sedikit Jahe
  • 3 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe kriting merah
  • 5 buah cabe rawit merah

Biar lebih jelas, pantengin cara bikin resep udang saus padang tersebut di video berikut.

 

11 dari 11 halaman

Resep Udang Saus Padang tanpa Penyedap Rasa

Resep Udang SAus Padang 2 SausResep Udang SAus Padang 2 Saus © Youtube.com/ Rosmalena

Untuk resep udang saus padang ini dibuat hanya dengan saus tiram dan saus tomat serta tanpa tambahan bahan penyedap masakan. Meski begitu rasanya tetap lezat dan aman dikonsumsi anak-anak.

Bahan :

  • 500 gram udang
  • cabe keriting sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • jahe
  • kunyit
  • bawang bombay
  • 3 lembar daun jaruk
  • 2 sdm saus tiram
  • 3 sdm saos tomat
  • daun bawang
  • 1 sdm tepung maizena
  • garam
  • lada bubuk

Lebih jelang tentang resep udang saus padang berikut beserta cara membuatnya ada di video di bawah ini ya!

Beri Komentar