6 Cara Memasak Ceker Agar Empuk secara Cepat Tanpa Presto

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 4 Januari 2023 15:17
6 Cara Memasak Ceker Agar Empuk secara Cepat Tanpa Presto
Tanpa presto, kamu bisa memasak ceker yang empuk dengan bumbu meresap melalui beberapa teknik berikut

Rasanya lezat, harganya yang murah serta sensasi makannya yang unik bikin ceker ayam punya banya penggemar. Terlebih dengan cita rasanya yang cenderung lembut sehingga mampu menyerap bumbu dengan baik. Yang tak kalah penting lainnya dalam mengolah ceker adalah tahu gimana cara memasak ceker agar empuk.

Ceker biasanya dibumbui dengan bumbu merah pedas yang sedap. Ceker juga cocok jadi isian sop sayur dan juga dimasak sebagai soto. But first, penting banget untuk tahu gimana cara memasak ceker agar empuk :

1 dari 3 halaman

Cara Memasak Ceker Agar Empuk © Diadona

Potong Kuku Ceker

Pertama, potong kuku ceker yang masih menempel. Gunakan pisau tajam lalu bersihkan ceker secara menyeluruh dengan menggunakan air bersih mengalir. Memotong kuku ceker memang bukan salah satu metode memasak ceker agar empuk, namun tahap persiapan awal agar ceker lebih bersih.

Tambahkan Bumbu Rempah

Rebus ceker bersamaan dengan irisan jahe, daun salam dan juga daun jeruk. Sekali lagi nih ini bukan untuk membuat ceker jadi empuk hehe melainkan untuk menghilangkan bau amis pada ceker.

2 dari 3 halaman

Cara Memasak Ceker Agar Empuk © Diadona

Rebus Ceker Selama 20 Menit di Api Besar

Salah satu cara memasak ceker agar empuk yakni dengan merebusnya menggunakan api besar selama 20 menit. Jangan lupa tutup bagian atas panci ya! Cara ini dilakukan oleh Laila El seperti yang dituliskan di akun cookpad miliknya. Dengan cara ini, ceker jadi empuk lebih cepat.

Rebus dengan Metode 7/20/10

Metode 7/20/30 di atas yakni dengan cara merebus masukkan ceker ke dalam panci lalu isi dengan air sampai seluruh bagian ceker terendam. Selanjutnya rebus ceker selama 7 menit dengan panci tertutup rapat. Lalu matikan api dan diamkan ceker berada di dalam panci tertutp selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, rebus kembali ceker selama 10 menit.

Kamu membutuhkan total waktu sekitar 37 menit untuk cara memasak ceker agar empuk berikut ini. Tapi gas yang kamu butuhkan lebih sedikit karena api hanya menyala selama 17 menit saja guys.

Cara ini meniru metode memasak 5/30/7 pada daging yangs empat viral beberapa waktu yang lalu. Sayangnya Diadona belum nemu nih penjelasan ilmiah keefektifan metode ini hanya sja nih kayaknya proses mendiamkan bahan makanan dalam panci rebusan api api yang padam kemungkinan dilakukan untuk proses pemasakan lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Cara Memasak Ceker Agar Empuk © Diadona

Rebus Ceker di Magic Com

Cara ini praktis banget terlebih bila kamu ingin hemat pemakaian gas. Caranya, masukkan ceker ke dalam panci magic com dan tambah air hingga seluruh bagian ceker terendam. Nyalakan tombol 'cook' dan masak selama 1 sampai 1,5 jam.

Goreng dan Rendam di Air Dingin

Ada cara memasak ceker agar cepat matang lainnya selain dengan merebusnya nih guys. Selain empuk, ceker juga akan memiliki lapisan kulit luar yang garing. Pertama rebus ceker selama beberapa saat lalu goreng ceker di minyak panas hingga kering.

Lalu angkat dan rendam di air es selama kurang lebih 2 jam hingga ceker mengembang, merekah dan bertekstur empuk.

Cara merebus ceker mana nih yang menurutmu paling efisien?

 

Beri Komentar